Skip to main content

Martabak Telur

Alhamdulillah sejak kenal sama resep ini, saya jarang beli martabak telur,kecuali malesnya lagi kumat hihihi. Resep martabak kulitnya saya dapat dari mb Rina Audie, terimakasih banyak ya mbak.

Kalau isinya saya coba mencincang daging yang sudah direbus dan ternyata hasilnya lebih mirip dengan martabak ala abang2. Kalau dengan daging mentah biasanya dalamnya kurang matang.

Langsung saja resepnya ada di bawah ini:
Martabak Telur
Bahan kulit:
1. Tepung terigu 200 gr
2. Minyak 3 sdm
3. Garam 1 sdt
4. Air 120 sampai 130 ml
Bahan isi:
1. Daging yang sudah direbus 1/4 kg dan cincang dengan food processor
2. 1 bungkus bumbu kare indofood
3. 7 buah daun bawang
4. 1 sdt garam
5. 1/2 sdt merica
56. 1-2 telur setiap satu adonan kulit

Cara membuat:
1. Adonan kulit, campur semua bahan jadi satu, uleni sampai kalis lalu bagi adonan menjadi 6 buah dan bulatkan, rendam dalam minyak hingga adonan tercelup semuanya.diamkan selama 15 menit.
2. Untuk adonan isi campur semua bahan jadi satu kecuali telur.
3. Setelah 15 menit ambil adonan kulit, tipiskan diatas wajan teflon.
4. Campur 2-3 sdm campuran daging dan aduk dengan telor.
5. Masukkan adonan daging ke adonan kulit, lalu lipat bentuk amplop
6. Hidupkan api, dan beri sedikit minyak, goreng hingga 2 sisi nya kecoklatan.
7. Angkat dan sajikan selagi hangat dengan saus atau cabe rawit, sayang nih rawit ijonya belom beli ^_^.

Comments

Rina Audie said…
gampang toh bikin kulitnya ? Meski belum bisa persis plek sama yang dibuat abang martabak, lumayan banget untuk menghemat budget belanja hihi...dasar emak emak yang dipikir ngirit mulu hihi....

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …