Skip to main content

Posts

Showing posts from August, 2017

Bubur Sumsum Keju

Assalamualaikum,


Per jenangan kalau kata saya, selalu ngangenin, apalagi sewaktu saya kecil tuh ada bapak2 yang jual jenang dibungkus kecil kecil sama daun, jadi aroma daunnya bikin sedep. Hampir semua jenang saya suka haha ^_^.Kali ini coba modif jenang sumsum, nggak pakai santan tapi susu yang ditambah dengan keju prochiz spready, hmm..rasanya gurih, mirip kalau pakai santan. Bedanya kalau pakai santan tuh lebih nglenyer (hmm apa ya bahasa indonesianya nglenyer hahaha) ya begitulah :D
Bubur Sumsum Keju

Bahan:
50 gram tepung beras
30 gr keju prochiz spready
350 ml susu plain
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan
Cara membuat:
1. Campur semua bahan dan aduk hingga rata
2. Nyalakan api dan masak hingga mengental
Kuah Gula Merah:
50 gram gula merah
Sedikit garam
100 ml air
Cara membuat :
1. Iris gula merah dan campuran dengan air dan sedikit garam
2. Masak hingga mendidih dan gula merah mengental.
Sajikan bubur sumsum keju dengan gula merah. Nggak kalah gurih sama yang pakai santan 😍😂😆

Kulit Sosis Solo

Assalamualaikum,

Menyambut weekend, bikin stock camilan yang simpel. beberapa kali bikin kulit risol atau sosis solo baru kali ini sama sekali nggak ada yang sobek, lentur banget, bakalan jadi resep favorit nih. Makasih mba Ety sudah berbagi.

Sosis solo nya biar lebih simpel lagi saya pakai isian abon sapi aja :D, cepet banget. Satu resep ini bisa jadi 34 pcs ukuran teflon kecil ya. Banyak banget kan , hihihi....dijamin lentur, recomended untuk dicoba.

Btw langsung saja ke resep ya
Kulit Risoles/ Sosis Solo
@etty yuni krisyanti
Bahan 200 gr terigu
1 sdm tapioka
Sedikit garam
1sdm margarin cair
2 btr telur
2 gelas air(kurang lebih)
Cara
Campur semua smp halus kalau perlu dimixer atau diblender lalu saring
Siap digunakan per 1 sdk sayur
Dadar tipis tipis
1 resep bisa 23 atau lebih (saya jadi 34 ukuran teflon dia kecil)

Bolu Jadul

Assalamualaikum
Bolu Jadul, udah lama kepingin bikin. Kue ini mengingatkan jaman dulu suka dibuatin ini kue seperti ini sama mami 😍. Bolu nya dibikin ala marmer cake hihi untuk GA nya @mitoelectronic_id@doyanbaking, kreasi bolu jadul merah putih #DB_MITOMERDEKA
Yuk mari sarapan bolu jadul pagi ini 😂😊😂
Bolu jadul
4 Butir telur utuh
100 gr gula pasir
100 gr terigu
20 gr susu bubuk
1/2 Sdt vanila extract
75 gr mentega (melted)
Cara membuat:
1. Panaskan oven 180° C
2. Oles loyang, saya pake loyang tulban diameter 18 cm olesi dgn margarin taburi sedikit tepung sisihkan
3. Kocok telur dan gula smpai putih pucat mengembang, sekitar 15 menit
4. Masukkan sedikit2 tepung, susu, yg sudah diayak, aduk rata tpi jgn overmix
5. Masukkan butter leleh dan pasta vanila, aduk rata pastikan butter tdk ada yg mengendap di bawah
6. Masukkan ke dalam loyang
7. Oven sekitar 25 menit atau tergantung oven masing2 ya
8. Setelah matang, segera keluarkan dri loyang agar tdk menciut
9. Hias sesuai selera

Resep butter cream: .

Mie Goreng Jadul

Assalamualaikum
Mau bikin tema merah putih, tapi belum kesampaian, ya sudah sarapan sama mie jadul aja deh 😂😂😂. Jaman kecil saya mami suka bikin mie keriting goreng yang kecapnya dikit, maklum jatim udah terkenalnya masakan asin 😆😀
Mie Goreng
Bahan
3 siang bawang putih geprek
6 siang bawang merah iris halus
2 buah bawang daun
1 buah sosis iris korek api
2 buah bakso ikan
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1/2 sdt saus tiram
1/4 sdt kecap
1 sdt minyak wijen
1 bungkus mie keriting rebus dulu lalu tiriskan
1 buah wortel rebus dulu lalu tiriskan
Cara membuat:
Tumis bawang merah, putih hingga harum
Masukkan sosis dan bakso ikan
Lalu masukkan mie, garam, merica, saus tiram, kecap. Aduk rata
Koreksi rasa, masukkan bawang daun, aduk rata.
Terakhir masukkan minyak wijen, aduk rata.
Siap disajikan dengan tabungan bawang merah dan telur dadar ✌️😊😊

Sponge Cake Pisang

Assalamualaikum,

Beginilah setelah kepoin IG nya mba fith, jadi kepingin bikin cake yang lembut, saya jarang banget bikin cake yang tipe tipe chifon atau sponge, karena saya lebih suka tekstur bolu jadul yang lebih padet, tapi tergiur dan penasaran dengan resepnya mba fith akhirnya nekat juga deh bikin. Eh tapinya saya nggak punya tape, adanya pisang yang sudah di rebus dan disimpan di dalam kulkas. Tetep nekat bikin, hahaha...Alhamdulillah hasilnya enak banget, jauh dari bayangan saya sebelumnya, maturnuwun ya mba fith sayang. Saya jadinya ketagihan nih bikin cake type sponge hihihi.

Monggo dicobain, berikut ya resepnya :
Spongecake Pisang
Bahan
120gr pisang kukus ,haluskan
5 butir telur
100gr terigu protein sedang
1sdt SP(emulfiser)
125gr gula halus
50gr minyak sayur
80ml susu cair
Sedikit garam
Keju parut ,untuk topping

Cara membuat
1) panasakan oven .. siapkan loyang oles margarin dan taburi terigu ketok2 loyang ..spy sisa terigu lepas
2) Dalam baskom kocok telur ,gula ,sampai berbu…

Nasi Goreng ala ala Stasiun

Assalamualaikum

Kuliner kampung halam memang selalu ngangenin ya, apalagi buat yang merantau. Saya pun sering kangen pingin makan makanan kampung halaman, salah satunya nasi goreng stasiun. Sayangnya saya hanya pulang setahun sekali dan itupun belum tentu bisa mencicipi nasi goreng stasiun favorit lama, habis pas lebaran warungnya tutupnya lama hingga setengah bulan biasanya, yaah nasib orang perantauan deh :D

Untuk obat kangen saya biasanya mencoba-coba masak sendiri. Aslinya nasi goreng stasiun ini tidak kaya akan rempah, sepertinya hanya bumbu bawang putih plus saus dan minyak yang biasa dipakai untuk membuat nasi goreng menjadi spesial, entah itu raja rasa, minyak kulit ayam atau minyak wijen, saya kurang paham :D. yang membuat nasi goreng stasiun ini spesial yaitu semur ati ampelanya, berwarna hitam pekat dan enak pokoknya, pas banget kalau sudah bercampur sama nasi goreng.

Kali ini saya mencoba membuat nasi goreng ala ala stasiun yang disesuaikan dengan bahan yang ada di kulkas…

Ayam Popcorn

Assalamualaikum,

Hari senin semangat kerja lagi ya, oh ya minggu kemarin saya bikin ayam popcorn kesukaan suami, lumayan penghematan kalau bikin sendiri :D,sengaja bikinnya sedikit, soalnya kalau sisa dan di goreng lagi biasanya jadi keras :D.

Langsung saja ke resep ala ala saya ya.
Ayam Popcorn

Bahan:
250 gr daging ayam tanpa kulit potong kotak kecil
Pencelup :
1 butir telur
2 siung bawang putih haluskan
1/4 sdt merica
sedikit garam
Pelapis :
4 sdm tepung ayam crispy
4 sdm tepung protein rendah
1/2 sdt merica
sedikit garam

Cara membuat:
Campur ayam dan bahan pencelup hingga rata

Panaskan minyak goreng

Masukkan bahan pelapis dalam wadah yang ada tutupnya, masukkan ayam yang sudah dicelup dalam wadah, tutup lalu kocok hingga ayam terbalur merata dengan tepung. Cara ini biar tangan nggak kotor :D

Goreng ayam dalam minyak panas hingga kecoklatan.
Siap disajikan ^_^

Croissant

Assalamualaikum
Tema baking bareng minggu ini croissant, sempet mau bolos, cuman penasaran banget pingin bisa bikin croissant, daripada nggak bisa  tidur, kamis malem nekat juga saya bikin. Pertama tama masih oke karena adonan belom ngembang, selanjutnya setelah lipat melipat selesai, instruksi nya dimasukkan ke kulkas selama 15 menit sebelum diulang lagi lipat melipat nya. Karena nyambi  setrika, meski masuk kulkas itu adonan ngembang. Tau lah ya semakin sulit buat digilas haha. Butuh perjuangan extra 😂😂😂. Saya hanya sanggup 3x melipat dan setelahnya saya nyerah. Padahal semakin banyak pengulangan melipat jadi tambah banyak itu layarnya tapi nyanyi dulu lah, ku tak sanggup 😅😅.

Jumat pagi pagi udah semangat itu keluar ini dari frezer adonan nya, karena buru buru duh jelek banget hasilnya 😰😰. Udah hopeless bakal gagal. Hari itu juga saya pindah di chiller adonan nya. Dan sabtu pagi coba lagi, siapa tau lebih bagus, mungkin pengaruh mood Weekend nih hasilnya lebih bagus dari kem…

BAVARIAN DONUTS

Assalamualaikum, 
Alhamdullilah masuk grid  😍😍😊









Awalnya pingin bikin donat kampung pakai kentang, cuman saya sedang malas mengukus kentang hihi 😁😁. Oh ya baru kali ini saya coba pakai tepung komachi, pas diuleni lebih lengket dari tepung cakra, tapi hasilnya lebih lembut 😍😍😊

Donat ini untuk setoran @baking_bareng dan untuk temen yang suka donat juga coklat, semoga membawa kebahagiaan di jumat ceria pagi ini 😊😊
BAVARIAN DONUTS
by @Mbaiyya
Bahan:
235gr tepung cakra
75gr segitiga biru
30gr gula pasir
4gr ragi instan
1 butir telur
120-140gr whip cream+susu cair (30gr whip cream cair+100ml susu cair)
30gr butter
3gr garam halus
Topping saya pakai Nutella

Cara:
Campur terigu+gula+ragi instan. Masukkan telur+whip cream, aduk rata. Masukkan susu perlahan, aduk rata. Jangan ampe kelembekan, hentikan susu bila dirasa sudahcukup.
Uleni hingga kalis. Masukkan butter+garam. Mixer/uleni lagi hingga kalis elastis.
Timbang adonan @50gr, bentuk bulat. Tutup rapat dgn cling wrap/serbet basah hingga men…

Banana Cake (No Mixer)

Assalamualaikum,

Ceritanya ini saya lagi kerajinan bikin kue dan masak-masak, malemnya masak dan paginya baking. Meski mood baking kayak gini nggak sering sering datang hihihihi...saya menikmatinya dengan senang, biar bahan bahan kue yang udah kebeli nggak kebuang sia - sia. Maklum mak, sukanya kalap beli ini itu begitu udah ada di rumah kesimpen gitu aja :D

Banana Cake
Source : Tintin Rayner
180 gr Tepung Kunci
1.5 sdt Baking Powder
1/2 sdt Soda Kue
1/2 sdt Cinnamon Powder (saya skip)
3 butir Telur kocok lepas
120 gr Gula Pasir
30 gr Gula Palem (saya skip)
120 gr Butter lelehkan
200 gr Pisang lumatkan
2 buah Apel malang potong dadu  (saya skip)
85 gr Kismis (saya skip)
Cara Membuar :
1. Panaskan oven 180 derajat,ayak terigu,bp+soda kue+kayu manis bubuk,buat lubang di tengah yaa
2. Tuang telur kocok+gula ke dalam lubang tepung tadi sambil diaduk whisk sampe basah,masukkan juga mentega leleh
3. Diikuti dengan pisang ambon,apel,kismis
4. Tuang adonan ke Loyang loaf yg uda dikasi kertas roti+olesan,…

Telur Bumbu Bali

Assalamualaikum,
There are many reason to wake up early morning 😊. Sajian sarapan ayangku pagi ini 😂😂😂 maafkan kalau kepedesan ✌️✌️ cabe merah besar nya nggak ada jadi pake cabe keriting, udah nggak pake cabe rawit tetep lumayan pedes. 😅😅 aku udah ketularan nggak suka pedes nih sejak masakin Juragan yang nggak suka pedes Hahaha...

TELUR BUMBU BALI
Bahan:
4 butir telur
5 tahu kulit potong jadi 2
Bumbu Dihaluskan:
10-15 cabe keriting
2 buah bawang putih
2 buah bawang merah
1 lembar daun jeruk ikut dihaluskan biar wangi
Sedikit jahe
Sedikit asam jawa
Bumbu lainnya
1 sdm gula jawa
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam, disesuaikan
2 iris laos
1 buah sereh
1 buah daun salam
1 sdt kecap manis
CARA MEMBUAT :
1. Blender bumbu yang dihaluskan dengan air. Saya nggak pakai minyak buat numis
2 tumis bumbu yang dihaluskan hingga air menyusut, tambahkan air
3. Masukkan bumbu lainnya, telur yang sudah di rebus dan tahu
4. Masukkan kecap, aduk rata dan masak hingga bumbu menyusut
5.siap disajikan