Skip to main content

Posts

Showing posts from August, 2015

Putri Ayu Bihun

Mumpung Bapak lagi di rumah, pingin bikin kue kesukaannya yaitu putu ayu bihun, dulu pernah bikin enak banget, eh tadi bikin kok kurang enak ya..hahaha...

masih penasaran besok pingin bikin lagi.kemungkinan sih dari bihunnya ya yang menentukan rasanya kenyal2 apa enggak :D

nah untuk resep ada di bawah ini ya.
Kue Rumput Laut/ Putu Ayu Bihun
Porsi: 8 orang
Waktu Masak: 40 menit


Bahan-BahanBihun Jagung Superior200 gramSantan230 mlGula Pasir160 gramTepung tapioka5 sendok makankelapa parut, kupas bersih dan parutsecukupnyaGaramsecukupnyapasta pandan1 sendok makanCara Membuat 1.rebus air sampai mendidih dan masukkan bihun, rebus satu menit (sesuai petunjuk dalam kemasan) 2.angkat dan tiriskan, potong-potong bihunagar tidak kepanjangan 3.masak santan dan gula 4.tambahkangaram secukupnya, masak hingga mendidih 5.setelah mendidih, masukkan pasta pandan, campur rata 6.masukkan bihun superior, kemudian tunggu sampai mendidih kembali, angkat 7.masukkan seta aduk cepat tepung tapioka, aduk sampai rata 8.o…

Bitterballen

Rencana bikin bitter ballen untuk dibawa ke kantor, ehh ternyata pas digorengkok keluar semua isinya hiks.
Jadi sisa dari bitter ballen masih ada di kulkas, nongkrong semingguan. bikinnya mudah cuman pas gorengnya itu agak dag dig dug hee..
Akhirnya diperbaiki kembali dengan membalut dengan adonan tepung bumbu dan panir. saya pastikan kembali bahwa adonan luarnya tertutup sempurna denga tepung panir. Dan juga api untuk menggorengnya kecil. Alhamdulillah jadilah bitter ballenya matang tanpa ada yang keluar2 :D

resepnya seperti diabwah ini
Cheesy Potato Bitterballen
ala Mbak R
====================
Bahan-bahan :
65 gr tepung kentang serpih (aku pakai merk Knorr - mashed potato), tambahkan air panas secukupnya , aduk-aduk hingga air terserap dan tepung kentang berubah lebih padat seperti kentang tumbuk.
200ml susu uht cair putih
1 sdm tepung terigu
3 sdm bawang bombay cincang
100 gr daging sapi cincang
1 sdm peterseli cincang/daun seledri cincang
Italian herbs secukupnya (oregano /ros…

Perut Ayam

yang ini perut ayam persis sama resep (hasilnya empuk namun tidak berongga)
Alhamdulillah bisa bikin kue favorit masa kecil, eh bukan masa kecil aja ding sewaktu kuliah juga rela antri pagi-pagi jam setengah 6 buat makan 2-4 potong perut ayam ini hihihi...enak banget dimakan anget-anget ;D
Beberapa kali bikin nggak berhasil dari adonan keenceran dan nggak bisa melingkar nyetaknya.


yang ini perut ayam dengan 1/2 sdt soda saja (hasilnya berongga dan menul tapi kurang empuk) Ada resep dari Mbak Tuty Fruty, kok mudah ya dengan takaran sendok. Akhirnya coba bikin dan alhamdulillah hasilnya enaak banget. Terimakasih ya Mbak Tuty Fruty..
Resepnya ada di bawah ini ;
- 10 sendok tepung terigu
- 2 sdm gula pasir
- 1/2 sdt fermipan
- 1/2 sdt baking powder
- air 10 sdm (vira pakai air hangat)
- 1/4 sdt vanila
- telur 1 butir

caranya:
semua bahan diaduk dan didiamkan sebentar, lalu masukkan ke plastik segitiga, dan gunting ujungnya.
Panaskan minyak, lalu cetak adonan melingkar. goreng hingga keco…

Asem-Asem Daging

Daging mahal ya seperempat kg 35 ribu, biasanya hanya 25 ribu. Hmm..semuanya serba mahal. Mudah-mudahan rupiah semakin menguat seperti sedia kala. Aamiin.

Alhamdulillah belimbing wuluh di depan rumah sudah mulai lebat berbuah. meski pertama kali berbuah udah lumayan banyak. Minggu kemaren sudah bikin sayur asem selada, hari ini kok kepikiran bikin asem-asem daging yang asem, pedes, asin dan manis. hihihi..kayak nano-nano. Meski belum pernah bikin tapi ngiler banget liat beberapa pic yang berseliweran di FB dan foodie blogger.
Ternyata emang seger banget yaa..awas nih bakal nambah makannya :D

Resepnya ada di bawah ini
Asem-Asem Daging
Sumber : Sajian Sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
400 gram daging sengkel, dipotong-potong
1.700 ml air
2 sendok teh air asam jawa
50 gram buncis, dipotong 3 cm
4 siung bawang putih, diiris tipis
8 butir bawang merah, diiris tipis
2 buah cabai merah, dipotong-potong
2 buah cabai hijau, dipotong-potong
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
4 buah …

Nuget Singkong

Hmmm..masih seputaran tentang singkong ya hihihi... habisnya enak dan sehat. Apalagi singkongnya meduk, hasil akhirnya bisa kenyil-kenyil gitu hihihi...

Kali ini mau cobain singkong dibikin lauk ala sajian sedap, singkong disulap jadi nuget. Rasanya enak banget ternyata sama sekali nggak ada rasa singkongnya sih menurutku heee..soalnya saya menambahkan takaran ayam gilingnya (ngepasin berat ayam gili yang saya beli).

Resepnya ada di bawah ini:
Nuget Singkong
Sumber ; Sajian Sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
400 gram singkong, dikupas, dikukus, dihaluskan
150 gram ayam giling
3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, dicincang kasar
1 sendok makan tepung terigu
25 gram tepung panir
1 1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
2 putih telur, dikocok lepas

Bahan Pelapis:
2 butir telur, dikocok lepas
80 gram panir kasar


Cara membuat nugget singkong :
Campur singkong, ayam giling, bawang putih, bawang bombay, tepung terigu, tepung panirmgaram, gula…

Combro

Bingung masih ada sisa singkong parut kemarin, akhirnya cobain bikin combro saja deh. Dari dulu pingin bikin sendiri tapi nggak kesampaian akibat penyakit males nya kambuh hihihi..
mumpung ada babe yang bantuin makan akhirnya bikinlah combro ini. Sayangnya saya terlalu banyak dan tebel biinnya jadinya tengahnya ada yang kurang materng. Besok lain kali dibikin yang kecil2 :D,
Untuk Resepnya berikut saya tuliskan kembali


Lapis Singkong

Lagi-lagi lapis singkong ya, kali ini pesenan istrinya temen, katanya dia suka banget sama lapis singkong ini. Sekali makan bisa 4-5 pcs, hihihi..alhamdulillah ya pada suka kuenya.

untuk resepnya masih sama, hanya kombinasi warnanya saja yang saya ubah biar nggak bosen.
resepnya ada di sini

Tempe Gembus

Kebetulan di Budhe sayur kok jual tempe gembus putih-putih dan bagus, hmmm..mumpung ada babe beli ahh buat di cemal cemil pake cabe rawit. Bedanya kalau di banyuwangi tempe gembusnya besar-besar, tapi kalau disini tempe gembusnya dibungkus plastik kecil-kecil. Meski begitu enaak empuk di dalem khas tempe gembus.

Untuk Resepnya ada di Bawah ini :
Tempe Gembus
- Tempe Gembus 4 bungkus potong segitiga (satu bungkus jadi 4 bagian)
- bawang putih 2 siung
-1/2 ruas kunir
- 1 buah kemiri
- 1 helai daun jeruk
- 1/2 sdt ketumbar
- 1/2 sdt garam (bisa ditambahkan jika kurang asin)
- tepung terigu secukupnya
- air secukupnya

Cara membuat :
- Panaskan minyak goreng
- Haluskan kemiri, ketumbar, daun jeruk, kunyit dan garam.
- Aduk rata dengan tepung terigu yang ditambahkan air secukupnya
- Goreng tempe gembus dengan dilumuri tepung berbumbu hingga kecoklatan
- Sajikan selagi hangat dengan cabe hijau rawit



Makan Bersama Babe

Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk masak dan makan bareng sama babe, hiks maklum anak perantauan yang jarang pulang jadi seneng banget saat2 kebersamaan bareng sama babe dan mami. Tapi kali ini hanya mam bareng babe, meski begitu udah seneng.

Masakan yang dimasak pun masakan favorit kami berdua, jadi teringat memori dulu sewaktu kecil, bareng-bareng goreng hasil beli ikan di nelayan. harganya murah rasanya fresh, dagingnya manis banget deh. dicocol dengan sambel buatan babe hmm...enaknyaaa.

Berhubung kami tidak menemukan ikan pogot kesukaan kami, akhirnya kami membeli cumi saja, sayangnya cuminya nggak bisa hitam ya, hanya agak kehitaman saja. Tapi meski begitu masakan babe enaaak :D

Resepnya hanya pakai takaran kira-kira saja ya, asal cemplung

Begitu pula dengan sayur asem ini, belimbing sayurnya alhamdulillah hasil panen pertama hihihihi...enaak deh seger


Lapis Singkong

Salah satu kue dari singkong yang laris manis di kalangan temen-temen kantorku salah satunya ya kue ini " Lapis Singkong" enaak katanya, meski pembuatannya tergolong praktis dan sederhana rasanya itu loh enak banget, ditemani dengan teh anget, hmm slruup dehh pokoknya maknyus, hihihi. pas bikin pertama kali agak kelembekan, karena singkongnya kurang bagus, berair, jadinya beberapa bagiannya masih basah. nah kali ini menggunakan singkong yang enak, hasilnya lebih keset, enaak banget. Hahaha..kebanyakan kata enaak nih kayaknya. Resepnya dari Mb Diah Didi, terimakasih mb Diah ya sharing resepnya.
Saya membuat dua versi satu tidak pakai pisang dan satu lagi pakai pisang, dua-duanya sama-sama enak, sayangnya pisang nya kemaren kurang mateng, lain kali mau coba dengan pisang raja, sepertinya lebih enak. Langsung saja ya resepnya ada di bawah ini: Lapis Singkong Pisang Bahan : 400 gram singkong, parut 100 gram gula pasir  1/4 sendok teh garam 1/2 gelas santan kental ( kira2 125 ml ) 1/2 aga…

Jenang Abang

Alhamdulillah genap sudah umurku menjadi 30 tahun, bersyukur kepada Allah atas limpahan rahmat dan kasih sayang Nya hingga masih diberikan kesehatan, kesempatan hidup, semoga dijadikan umur yang berkah dan bermanfaat, diampuni segala dosa-dosa yang banyak ini, dan diberikan kesabaran selalu dalam menjalani ujian-ujian hidup dari Nya. Aamiin.

Terimakasih spesial untuk suamiku yang dengan sabar selalu menemani hari2 ku, semoga rumah tangga kami sakinah mawadah warohmah selalu. Aamiin..

Untuk ulang tahun kali ini coba bikin jenang abang,saya pakai beras ketan dan dibuat di slow cooker, hmm..bener-bener legit banget ini jenang abangnya. Dengan slow cooker beras ketannya teksturnya masih bagus utuh tapi empuk, padahal nggak di rendem. Alhamdulillah.

Jenang abang ini merupakan tradisi dari nenek moyang di Banyuwangi, biasanya makanan ini dibuat pada saat selamatan kelahiran, selamatan ulang tahun, selamatan bersyukur atas kelulusan, dan lain-lain. Intinya hanya bersyukur atas kebaikan yang…

Crakers Tape Goreng

Sudah Lama sebetulnya oingin masukun keBlog resep crakers Tape Goreng dari Filma, Alhamdulillah dapet bingikian dari filma lumayan banyak isinya buat goreng-goreng dan bikin kue. Saya masih baru mencoba satu resep saja dan hasilnya enak banget, mana simple dan praktis buat dipraktekkan.

Mumpung lagi belum malas nulisnya, berikut ya saya tuliskan kembali resepnya ;

Crakers Tape Goreng
by Filma
Bahan :
16 buah crakers palin ukuran kecil, bentuk bulat
minya goreng filma untuk menggoreng

Isi :
250 gr tape singkong, buang sumbunya, haluskan
1/4 sdt kayu manis bubuk (saya skip)

Bahan Pencelup:
50 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
1 sdt gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 butir telur, kocok lepas
75 ml air

Cara Membuat:
1.Ambil satu bagian crakers, oleskan bahan isi, tutup dengan crakers. Padatkan. lakukan hal yang sama dengan sisa crakers.
2. Pencelup: campur tepung terigu, tepung beras, gula pasir dan garam. Aduk rata. Tuang air dan telur. Aduk rata.
3. Celupkan crakers ke bahan pencelup. Gore…

Talam Ebi

Setelah bikin talam abon, temen kantor kepingin dibuatin talam ebi, hitung-hitung sambi latihan hee.. akhirnya kesampaian juga biki talam ebinya, meskipun molor-molor dari janji bikinin ini talam :D

kalau sebelumnya bikin yang tanpa saus putih, kali ini saya cobain resepnya Mb Hesti. talam yang ini lebih lembuut banget sayangnya saya butuh latihan ngeluarin talamnya, sepertinya harus benar-benar dingin dan lepasin dari cetakannya kudu sabar, karena saus putihnya bahan adonan 2 harus benar-benar memadat.
Karena kurang sabar akhirnya agak boncel2 sih hihihihi...tapi yang penting rasanya maknyuuusss dan Bu Emilia sukaaaa, alhamdulillh. Terimakasih mb Hesti.

Resepnya saya tuliskan kembali ya: TALAM EBI Bahan I
- 150 gr tepung beras
- 45 gr tepung sagu
- 3/4 sdt garam
- 2 1/4 sdt gula pasir
- 800 ml santan dari satu butir kelappa
- 1 lmbr daun pandan Bahan II (masak semua sampai meletup-letup) :
- 10 gr tepung terigu
- 10 gr tepung beras
- 1/4 sdt garam
- 225 santan kental Taburan :
- 1 …

Butter Cake 2 Telur

Mau percobaan bikin kue simple untuk dibagikan ke temen-temen saat ulang tahun ke 30 nanti, heee..udah tua ya ternyata.
cari-cari, akhirnya kok pingin cobain butter cake yang atasnya dikasih keju atau coklat gitu, nah jadinya pas weekend kemarin cobain resep buttercake dasar 2 telurnya Ibu Fatmah, dari hasil tersebut cetaknya ada dua, pertama di loyang kotak dan setengah bagian di cup.
Pada loyang di oven di oven tangkring dan di cup dioven di oven listrik. Hasilnya hmm..enaaak banget. terimakasih Ibu fatmah. Alhamdulillah suami suka, bilangnya kue kemarin enak..hihihi yipiii tumben suami suka sama cake-cake an :D jadi seneng deh.

Resepnya saya tuliskan kembali seperti berikut :