Powered by Blogger.
RSS

Putri Ayu Bihun




Mumpung Bapak lagi di rumah, pingin bikin kue kesukaannya yaitu putu ayu bihun, dulu pernah bikin enak banget, eh tadi bikin kok kurang enak ya..hahaha...

masih penasaran besok pingin bikin lagi.kemungkinan sih dari bihunnya ya yang menentukan rasanya kenyal2 apa enggak :D

nah untuk resep ada di bawah ini ya.
Kue Rumput Laut/ Putu Ayu Bihun
Porsi: 8 orang
 Waktu Masak: 40 menit


 Bahan-Bahan

  • Bihun Jagung Superior200 gram
  • Santan230 ml
  • Gula Pasir160 gram
  • Tepung tapioka5 sendok makan
  • kelapa parut, kupas bersih dan parutsecukupnya
  • Garamsecukupnya
  • pasta pandan1 sendok makan
  •  Cara Membuat

    1.rebus air sampai mendidih dan masukkan bihun, rebus satu menit (sesuai petunjuk dalam kemasan)
    2.angkat dan tiriskan, potong-potong bihunagar tidak kepanjangan
    3.masak santan dan gula
    4.tambahkangaram secukupnya, masak hingga mendidih
    5.setelah mendidih, masukkan pasta pandan, campur rata
    6.masukkan bihun superior, kemudian tunggu sampai mendidih kembali, angkat
    7.masukkan seta aduk cepat tepung tapioka, aduk sampai rata
    8.olesi cetakan putri ayu dengan minyak goreng
    9.masukkan 1 sdt kelapa parut kedalam cetakan, ditekan-tekan sedikit
    10.masukkan adonan bihun, ratakan
    11.kukus dalam dandang yang telah dipanaskan terlebih dahulu dan kukus selama kira-kira 20 menit
    12.setelah 20 menit angkat dan keluarkan dari cetakan, sajikan ^^
    Note :
    Jika tidak suka manis maka kurangi saja ya porsi gulanya :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bitterballen




Rencana bikin bitter ballen untuk dibawa ke kantor, ehh ternyata pas digorengkok keluar semua isinya hiks.
Jadi sisa dari bitter ballen masih ada di kulkas, nongkrong semingguan. bikinnya mudah cuman pas gorengnya itu agak dag dig dug hee..
Akhirnya diperbaiki kembali dengan membalut dengan adonan tepung bumbu dan panir. saya pastikan kembali bahwa adonan luarnya tertutup sempurna denga tepung panir. Dan juga api untuk menggorengnya kecil. Alhamdulillah jadilah bitter ballenya matang tanpa ada yang keluar2 :D

resepnya seperti diabwah ini
Cheesy Potato Bitterballen
ala Mbak R
====================
Bahan-bahan :
65 gr tepung kentang serpih (aku pakai merk Knorr - mashed potato), tambahkan air panas secukupnya , aduk-aduk hingga air terserap dan tepung kentang berubah lebih padat seperti kentang tumbuk.
200ml susu uht cair putih
1 sdm tepung terigu
3 sdm bawang bombay cincang
100 gr daging sapi cincang
1 sdm peterseli cincang/daun seledri cincang
Italian herbs secukupnya (oregano /rosemarry/thyme bubuk)
1/4 sdt merica hitam bubuk
40 gr keju cheddar parut
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt garam halus
2 sdm margarin/mentega, untuk menumis
**optional Keju mozarella , potong dadu kecil, atau saus keju -- untuk isian
Tepung terigu , secukupnya untuk memanir
Tepung panir/tepung roti, secukupnya untuk memanir
Putih telur, untuk celupan.
Minyak Goreng secukupnya
Cara membuat :
1. Hangatkan mentega/margarin dlm sebuah wajan, kemudian tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging sapi cincang, aduk-aduk hingga daging berubah warna, tambahkan italian herb (seperti oregano /rosemarry/thyme bubuk/fresh). Bubuhi juga merica hitam bubuk , aduk rata. Biarkan hingga daging mulai matang. Tambahkan gula dan garam halus , aduk rata.
2. Lalu tambahkan tepung terigu, aduk-aduk rata.
3. Selanjutnya masukkan susu cair , aduk-aduk cepat merata, biarkan adoan lembek , cicipi dulu rasanya bila sudah cukup rasa asin gurihnya, lalu tambahkan daun peterseli , aduk, kemudian mashed potatonya/kentang tumbuknya, aduk rata. Biarkan adonan mulai terlihat bisa dibentuk tangan. Matikan kompor, dinginkan suhu ruang.
4. Setelah itu, ambil 1 sendok penuh adonan potato bitterballen, pipihkan isi tengahnya dengan keju mozarella/saus keju, tutup kembali rapat, bentuk bulatan. Lakukan hingga adonan habis, lalu simpan sejenak dlm kulkas.
5. Setelah cukup kokoh teksturnya, keluarkan dari kulkas, lalu taruh tepung terigu dlm sebuah wadah datar, ambil bola-bola bitterballen, gulirkan diatas tepung terigu, hingga terbalut rata seluruh permukaannya dengan tepung.
6. Setelah di balut tepung , celupkan ke dalam putih telur, dan gulirkan lagi di atas tepung panir. Simpan sejenak dlm kulkas , baru kemudian siap digoreng.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Perut Ayam




yang ini perut ayam persis sama resep (hasilnya empuk namun tidak berongga)

Alhamdulillah bisa bikin kue favorit masa kecil, eh bukan masa kecil aja ding sewaktu kuliah juga rela antri pagi-pagi jam setengah 6 buat makan 2-4 potong perut ayam ini hihihi...enak banget dimakan anget-anget ;D
Beberapa kali bikin nggak berhasil dari adonan keenceran dan nggak bisa melingkar nyetaknya.


yang ini perut ayam dengan 1/2 sdt soda saja (hasilnya berongga dan menul tapi kurang empuk)
Ada resep dari Mbak Tuty Fruty, kok mudah ya dengan takaran sendok. Akhirnya coba bikin dan alhamdulillah hasilnya enaak banget. Terimakasih ya Mbak Tuty Fruty..
Resepnya ada di bawah ini ;
- 10 sendok tepung terigu
- 2 sdm gula pasir
- 1/2 sdt fermipan
- 1/2 sdt baking powder
- air 10 sdm (vira pakai air hangat)
- 1/4 sdt vanila
- telur 1 butir

caranya:
semua bahan diaduk dan didiamkan sebentar, lalu masukkan ke plastik segitiga, dan gunting ujungnya.
Panaskan minyak, lalu cetak adonan melingkar. goreng hingga kecoklatan. Dimakan hangat lebih enak. Silahkan mencoba


yang ini perut ayam dengan 1/4 sdt soda dan 1/4 sdt BP (hasilnya lebih empuk dan menul) lain kali coa airnya diganti dengan susu atau santan :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Asem-Asem Daging





Daging mahal ya seperempat kg 35 ribu, biasanya hanya 25 ribu. Hmm..semuanya serba mahal. Mudah-mudahan rupiah semakin menguat seperti sedia kala. Aamiin.

Alhamdulillah belimbing wuluh di depan rumah sudah mulai lebat berbuah. meski pertama kali berbuah udah lumayan banyak. Minggu kemaren sudah bikin sayur asem selada, hari ini kok kepikiran bikin asem-asem daging yang asem, pedes, asin dan manis. hihihi..kayak nano-nano. Meski belum pernah bikin tapi ngiler banget liat beberapa pic yang berseliweran di FB dan foodie blogger.
Ternyata emang seger banget yaa..awas nih bakal nambah makannya :D

Resepnya ada di bawah ini
Asem-Asem Daging
Sumber : Sajian Sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
400 gram daging sengkel, dipotong-potong
1.700 ml air
2 sendok teh air asam jawa
50 gram buncis, dipotong 3 cm
4 siung bawang putih, diiris tipis
8 butir bawang merah, diiris tipis
2 buah cabai merah, dipotong-potong
2 buah cabai hijau, dipotong-potong
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
4 buah tomat hijau, dipotong-potong (vira ganti pakai belimbing wuluh)
3 sendok makan kecap manis
4 sendok teh garam
25 gram gula merah, disisir halus
1 sendok makan minyak untuk menumis


Cara Pengolahan :
  1. Rebus daging dan air sampai mendidih.
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, daun salam, lengkuas, dan tomat sampai harum. (vira tidak pakai ditumis langsung saja dimasukkan ke air yang mendidih)
  3. Tuang ke rebusan daging. Masak sampai mendidih. Tambahkan kecap manis, garam, dan gula merah. Aduk rata.
  4. Masukkan air asam dan buncis. Masak sampai matang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nuget Singkong




Hmmm..masih seputaran tentang singkong ya hihihi... habisnya enak dan sehat. Apalagi singkongnya meduk, hasil akhirnya bisa kenyil-kenyil gitu hihihi...

Kali ini mau cobain singkong dibikin lauk ala sajian sedap, singkong disulap jadi nuget. Rasanya enak banget ternyata sama sekali nggak ada rasa singkongnya sih menurutku heee..soalnya saya menambahkan takaran ayam gilingnya (ngepasin berat ayam gili yang saya beli).

Resepnya ada di bawah ini:
Nuget Singkong
Sumber ; Sajian Sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
400 gram singkong, dikupas, dikukus, dihaluskan
150 gram ayam giling
3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, dicincang kasar
1 sendok makan tepung terigu
25 gram tepung panir
1 1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
2 putih telur, dikocok lepas

Bahan Pelapis:
2 butir telur, dikocok lepas
80 gram panir kasar


Cara membuat nugget singkong :
  1. Campur singkong, ayam giling, bawang putih, bawang bombay, tepung terigu, tepung panirmgaram, gula, merica, dan putih telur. Aduk rata.
  2. Ratakan campuran singkong dalam loyang ukuran 20x20x3 cm yang sudah dialas plastik dan dioles tipis minyak.
  3. Kukus di atas api sedang sampai setengah matang.
  4. Setelah dingin, potong-potong bentuk stik. Celup ke dalam telur. Gulingkan di atas tepung panir kasar. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.

Untuk 30 buah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Combro


Bingung masih ada sisa singkong parut kemarin, akhirnya cobain bikin combro saja deh. Dari dulu pingin bikin sendiri tapi nggak kesampaian akibat penyakit males nya kambuh hihihi..
mumpung ada babe yang bantuin makan akhirnya bikinlah combro ini. Sayangnya saya terlalu banyak dan tebel biinnya jadinya tengahnya ada yang kurang materng. Besok lain kali dibikin yang kecil2 :D,
Untuk Resepnya berikut saya tuliskan kembali



Combro isi tempe
Sumber ; Mbak Diah Didi
Bahan :
500 gram singkong, kupas dan parut halus
1 batang daun bawang, iris halus
2 siung bawang putih
¼ sendok teh ketumbar
Garam 1 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh


Bahan isi :
150 gram tempe
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Cabe merah 3 buah
Kencur 1 cm
Daun jeruk 2 lembar
Daun salam 1 lembar
Garam / bumbu kaldu instan dan gula merah secukupnya.
Air kurang lebih 500 ml


Cara Membuat :
Haluskan bawang putih dan ketumbar, campur dengan singkong parut, daun bawang dan bumbu lainnya, aduk rata.
Potong tempe kecil2,sisihkan.
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe dan kencur. Tumis hingga harum, masukkan tempe, daun jeruk dan daun salam, serta garam / bumbu kaldu dan gula. Masak sampai tempe matang dan kering , cicipi rasanya sampai pas..gurih, pedas dan sedikit manis ( seperti orek tempe ). Dinginkan.
Ambil 2 sendok adonan combro, isi dengan tempe yang sudah di bumbui. Bentuk lonjong sambil di kepal2 hingga padat. Goreng sampai kuning keemasan. Sajikan hangat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lapis Singkong







Lagi-lagi lapis singkong ya, kali ini pesenan istrinya temen, katanya dia suka banget sama lapis singkong ini. Sekali makan bisa 4-5 pcs, hihihi..alhamdulillah ya pada suka kuenya.

untuk resepnya masih sama, hanya kombinasi warnanya saja yang saya ubah biar nggak bosen.
resepnya ada di sini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tempe Gembus


Kebetulan di Budhe sayur kok jual tempe gembus putih-putih dan bagus, hmmm..mumpung ada babe beli ahh buat di cemal cemil pake cabe rawit. Bedanya kalau di banyuwangi tempe gembusnya besar-besar, tapi kalau disini tempe gembusnya dibungkus plastik kecil-kecil. Meski begitu enaak empuk di dalem khas tempe gembus.

Untuk Resepnya ada di Bawah ini :
Tempe Gembus
- Tempe Gembus 4 bungkus potong segitiga (satu bungkus jadi 4 bagian)
- bawang putih 2 siung
-1/2 ruas kunir
- 1 buah kemiri
- 1 helai daun jeruk
- 1/2 sdt ketumbar
- 1/2 sdt garam (bisa ditambahkan jika kurang asin)
- tepung terigu secukupnya
- air secukupnya

Cara membuat :
- Panaskan minyak goreng
- Haluskan kemiri, ketumbar, daun jeruk, kunyit dan garam.
- Aduk rata dengan tepung terigu yang ditambahkan air secukupnya
- Goreng tempe gembus dengan dilumuri tepung berbumbu hingga kecoklatan
- Sajikan selagi hangat dengan cabe hijau rawit



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Makan Bersama Babe






Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk masak dan makan bareng sama babe, hiks maklum anak perantauan yang jarang pulang jadi seneng banget saat2 kebersamaan bareng sama babe dan mami. Tapi kali ini hanya mam bareng babe, meski begitu udah seneng.

Masakan yang dimasak pun masakan favorit kami berdua, jadi teringat memori dulu sewaktu kecil, bareng-bareng goreng hasil beli ikan di nelayan. harganya murah rasanya fresh, dagingnya manis banget deh. dicocol dengan sambel buatan babe hmm...enaknyaaa.

Berhubung kami tidak menemukan ikan pogot kesukaan kami, akhirnya kami membeli cumi saja, sayangnya cuminya nggak bisa hitam ya, hanya agak kehitaman saja. Tapi meski begitu masakan babe enaaak :D

Resepnya hanya pakai takaran kira-kira saja ya, asal cemplung

Begitu pula dengan sayur asem ini, belimbing sayurnya alhamdulillah hasil panen pertama hihihihi...enaak deh seger


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lapis Singkong






Salah satu kue dari singkong yang laris manis di kalangan temen-temen kantorku salah satunya ya kue ini " Lapis Singkong" enaak katanya, meski pembuatannya tergolong praktis dan sederhana rasanya itu loh enak banget, ditemani dengan teh anget, hmm slruup dehh pokoknya maknyus, hihihi.
 
pas bikin pertama kali agak kelembekan, karena singkongnya kurang bagus, berair, jadinya beberapa bagiannya masih basah. nah kali ini menggunakan singkong yang enak, hasilnya lebih keset, enaak banget. Hahaha..kebanyakan kata enaak nih kayaknya. Resepnya dari Mb Diah Didi, terimakasih mb Diah ya sharing resepnya.

Saya membuat dua versi satu tidak pakai pisang dan satu lagi pakai pisang, dua-duanya sama-sama enak, sayangnya pisang nya kemaren kurang mateng, lain kali mau coba dengan pisang raja, sepertinya lebih enak.
Langsung saja ya resepnya ada di bawah ini:
Lapis Singkong Pisang
 
Bahan :
400 gram singkong, parut
100 gram gula pasir 
1/4 sendok teh garam
1/2 gelas santan kental ( kira2 125 ml )
1/2 agar-agar bubuk
1/8 sendok teh vanili


Pelengkap :
Pisang raja matang secukupnya
Kelapa parut kukus secukupnya

Cara membuat :
Aduk semua bahan, bagi dua adonan, satu biarkan putih, satu beri warna hijau
Panaskan kukusan, siapkan loyang setengah lingkaran, alasi dengan plastik, olesi sedikit minyak plastiknya
Tuang lapisan hijau, beri pisang di atasnya agak di benamkan ke adonan, kukus 15 menit
Tuang lapisan putih, kukus kembali 20 menit
Dinginkan dulu sebelum di potong
Alasi pisau dengan plastik waktu memotong agar hasilnya mulus dan rapi
Baluri dengan kelapa parut yang sudah di kukus, dan di beri sedikit garam
Lapis Singkong Pisang
Bahan :
400 gram singkong, parut
100 gram gula pasir 
1/4 sendok teh garam
1/2 gelas santan kental ( kira2 125 ml )
1/2 agar-agar bubuk
1/8 sendok teh vanili
Pelengkap :
Pisang raja matang secukupnya
Kelapa parut kukus secukupnya
Cara membuat :
Aduk semua bahan, bagi dua adonan, satu biarkan putih, satu beri warna hijau
Panaskan kukusan, siapkan loyang setengah lingkaran, alasi dengan plastik, olesi sedikit minyak plastiknya
Tuang lapisan hijau, beri pisang di atasnya agak di benamkan ke adonan, kukus 15 menit
Tuang lapisan putih, kukus kembali 20 menit
Dinginkan dulu sebelum di potong
Alasi pisau dengan plastik waktu memotong agar hasilnya mulus dan rapi
Baluri dengan kelapa parut yang sudah di kukus, dan di beri sedikit garam
- See more at: http://www.diahdidi.com/2015/08/lapis-singkong-pisang.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+blogspot%2FLNjea+(Me%2C+My+hobbies%2C+and+My+family)#sthash.k3eKMOJR.dpuf

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jenang Abang


Alhamdulillah genap sudah umurku menjadi 30 tahun, bersyukur kepada Allah atas limpahan rahmat dan kasih sayang Nya hingga masih diberikan kesehatan, kesempatan hidup, semoga dijadikan umur yang berkah dan bermanfaat, diampuni segala dosa-dosa yang banyak ini, dan diberikan kesabaran selalu dalam menjalani ujian-ujian hidup dari Nya. Aamiin.

Terimakasih spesial untuk suamiku yang dengan sabar selalu menemani hari2 ku, semoga rumah tangga kami sakinah mawadah warohmah selalu. Aamiin..

Untuk ulang tahun kali ini coba bikin jenang abang,saya pakai beras ketan dan dibuat di slow cooker, hmm..bener-bener legit banget ini jenang abangnya. Dengan slow cooker beras ketannya teksturnya masih bagus utuh tapi empuk, padahal nggak di rendem. Alhamdulillah.

Jenang abang ini merupakan tradisi dari nenek moyang di Banyuwangi, biasanya makanan ini dibuat pada saat selamatan kelahiran, selamatan ulang tahun, selamatan bersyukur atas kelulusan, dan lain-lain. Intinya hanya bersyukur atas kebaikan yang diterima dan dibagikan ke tetanga-tetangga.
sudah lama sekali nggak merasakan legitnya jenang abang. Nah untuk mengenang memory tempo dulu maka saya mencoba membuatnya. Alhamdulillah tetangga suka dengan rasanya.

Untuk resepnya saya tuliskan kembali :
Bubur Rang-Rang
sumber : Ibu Fatmah Bahalwan
via Dapur Pipit

Bahan:
500 gr beras atau beras ketan
750 gr gula jawa, 2500 ml air
1 butir kelapa untuk 1500 ml santan kental (untuk saus), dan 5000 ml santan encer.
5 lbr daun pandan.
1 ½ sdt garam

Saus:
1500 ml santan kental
6 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air
11/2 - 2 sdt garam

Cara membuatnya:
- masak santan encer dengan beras ketan dan garam sambil diaduk, biarkan hingga menjadi bubur.
- Ditempat lain, masak air, pandan dan gula jawa, hingga gula jawa larut. Saring. Masukkan air gula jawa kedalam bubur, masak lagi hingga bubur mengental. Angkat.
- Saus: masak santan dan garam, setelah agak panas, masukkan larutan tepung beras sambil diaduk-aduk. Aduk terus hingga mendidih. Angkat.
- Sajikan Bubur Rang-rang dalam mangkuk dengan disiram sedikit saus santan.
Hasil jadi 20 piring.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Crakers Tape Goreng



Sudah Lama sebetulnya oingin masukun keBlog resep crakers Tape Goreng dari Filma, Alhamdulillah dapet bingikian dari filma lumayan banyak isinya buat goreng-goreng dan bikin kue. Saya masih baru mencoba satu resep saja dan hasilnya enak banget, mana simple dan praktis buat dipraktekkan.

Mumpung lagi belum malas nulisnya, berikut ya saya tuliskan kembali resepnya ;

Crakers Tape Goreng
by Filma
Bahan :
16 buah crakers palin ukuran kecil, bentuk bulat
minya goreng filma untuk menggoreng

Isi :
250 gr tape singkong, buang sumbunya, haluskan
1/4 sdt kayu manis bubuk (saya skip)

Bahan Pencelup:
50 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
1 sdt gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 butir telur, kocok lepas
75 ml air

Cara Membuat:
1.Ambil satu bagian crakers, oleskan bahan isi, tutup dengan crakers. Padatkan. lakukan hal yang sama dengan sisa crakers.
2. Pencelup: campur tepung terigu, tepung beras, gula pasir dan garam. Aduk rata. Tuang air dan telur. Aduk rata.
3. Celupkan crakers ke bahan pencelup. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Talam Ebi




Setelah bikin talam abon, temen kantor kepingin dibuatin talam ebi, hitung-hitung sambi latihan hee.. akhirnya kesampaian juga biki talam ebinya, meskipun molor-molor dari janji bikinin ini talam :D

kalau sebelumnya bikin yang tanpa saus putih, kali ini saya cobain resepnya Mb Hesti. talam yang ini lebih lembuut banget sayangnya saya butuh latihan ngeluarin talamnya, sepertinya harus benar-benar dingin dan lepasin dari cetakannya kudu sabar, karena saus putihnya bahan adonan 2 harus benar-benar memadat.
Karena kurang sabar akhirnya agak boncel2 sih hihihihi...tapi yang penting rasanya maknyuuusss dan Bu Emilia sukaaaa, alhamdulillh. Terimakasih mb Hesti.

Resepnya saya tuliskan kembali ya:
 
TALAM EBI
Bahan I
- 150 gr tepung beras
- 45 gr tepung sagu
- 3/4 sdt garam
- 2 1/4 sdt gula pasir
- 800 ml santan dari satu butir kelappa
- 1 lmbr daun pandan
Bahan II (masak semua sampai meletup-letup) :
- 10 gr tepung terigu
- 10 gr tepung beras
- 1/4 sdt garam
- 225 santan kental
Taburan :
- 1 buah cabe merah
- 5 buah cabe rawit, potong-potong
- 50 gr ebi, rendam air panas, tiriskan
- 3 siung bawang putih
- 1 cm kencur
- 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya lalu iris halus
- 1/2 sdt gula pasir
- 2 sdm minyak
- 1 sdm bawang goreng, remas-remas
- daun seledri, cincang halus
 Cara membuat :
Larutkan tepung beras, tepung sagu, garam, gula, dan 200 ml santan.Rebus sisa santan dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Tuang ke larutan tepung beras. Aduk sampai licin. Kalau perlu saring.Kukus selama 10 menit dengan api sedang.Buka kukusan tambahkan adonan II ke atas adonan I. Kukus lagi selama 5 menit dengan api sedang agar tidak menggelembung.Bahan taburan : blender semua bahan kecuali cabe rawit, bawang goreng dan seledri. Tumis semua bahan yang telah diblender sampai harum. Tambahkan cabe rawit, aduk sampai layu. Matikan api.
Angkat kue talam dari kukusan. Setelah dingin, keluarkan perlahan. Bisa menggunakan bantuan sendok. Taburkan bahan taburan, hias dengan daun seledri dan bawang goreng.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Butter Cake 2 Telur





Mau percobaan bikin kue simple untuk dibagikan ke temen-temen saat ulang tahun ke 30 nanti, heee..udah tua ya ternyata.
cari-cari, akhirnya kok pingin cobain butter cake yang atasnya dikasih keju atau coklat gitu, nah jadinya pas weekend kemarin cobain resep buttercake dasar 2 telurnya Ibu Fatmah, dari hasil tersebut cetaknya ada dua, pertama di loyang kotak dan setengah bagian di cup.
Pada loyang di oven di oven tangkring dan di cup dioven di oven listrik. Hasilnya hmm..enaaak banget. terimakasih Ibu fatmah. Alhamdulillah suami suka, bilangnya kue kemarin enak..hihihi yipiii tumben suami suka sama cake-cake an :D jadi seneng deh.

Resepnya saya tuliskan kembali seperti berikut :


Buttercake Dasar 2 Telur (Cinnamon Cake)
Resep: Fatmah Bahalwan
Bahan:
120 gr mentega
½ sdt vanilla
250 g gula pasir (menurut saya terlalu manis, saya pakai 200 gr)
2 butir telur
200 g tepung terigu
1 sdt Baking Powder
150ml susu segar
Bahan pelengkap:
Gula bubuk dan bubuk kayu manis secukupnya
Cara membuat:
Panaskan oven 180 derajat Celcius.
Kocok mentega, gula, vanilla hingga mengembang dan pucat. Masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata.
Tuang ke dalam loyang kotak 22 cm, tinggi 3-4 cm, yang telah dioles margarine dan dialasi kertas roti. Panggang hingga matang, kurang lebih 30 menit.
Angkat, dinginkan. Taburi gula bubuk dan kayu manis, potong-potong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS