Powered by Blogger.
RSS

Sayur Manisa







bermacam-macam orang menyebutnya, kalau aku menyebut sayur ini "manisa" :), jadi inget sewaktu kuliah dulu di malang, beli di ibu sayur, aku nyebut beli manisa ibunya bingung, manisa itu yang mana ya mbak? hihi yang itu bu. Ibunya bilang ohhh...jipang..xixixixi ada juga yang menyebutnya labu siam....

Apalah namanya aku paling suka sama sayur ini, diolah apa aja tetep aja suka *hahaha suka apa doyan yah...
kali ini lagi kangen sama mami, biasanya suka masakin sayur manisa pake kuah santan. kebetulan si abang sayur membawa manisa beserta kelapa parut.klop deh jadilah ujan-ujan ini memasak sayur manisa :D..*lebay


Bahan :
4 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 cabe hijau
cabe rawit secukupnya
kemiri secukupnya
garam dan gula secukupnya
1 ruas jahe
2 lembar daun salam
manisa aku cuma pakai 1/2 manisa, iris memanjang seperti korek api
tempe 1/2 dari satu buah tempe biasa yang aku beli di abang sayur :D
1 bungkus kecil kerupukrambak
santan dari 1/4 kelapa

Cara membuatnya
- iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabe
- panaskan minyak, tumis bahan yang diiris sampai layu,masukkan jahe, cabe, daun salam , kemiri, garam dan gula, lalu masukkan tempe, oseng sebentar setelah itu masukkan manisa dan beri sedikit air.
- setelah manisa matang, dan air menyusut, masukkan santan dan masak hingga mendidih
-terakhir masukkan kerupuk rambak
- di icip terlebih dulu sebelum dihidangkan ya..^^

hmm..yummy dimakan bersama tempe goreng tepung dan ditemani kopi susu panas...hihihi...sarapan pagi akan terasa lebih menyenangkan :D....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jamur Kriuk

Masih penasaran bikin jamur kriuk-kriuk, kalau bikin selalu lembek saat dingin, hmmm...kebetulan sepulang kerja kemaren masih ada jamur segar di ibu penjual sayur, aku cuman beli sedikit soalnya huby yang biasa suka jamur goreng lagi ada di luar pulau (hiks...), :) ya sudahlah mau nyoba-nyoba dulu biar nanti kalau sudah bisa masakin buat huby lagi ^^....



beberapa pernah baca di bloging foodnya temen-temen tentang jamur kriuk, tipsnya dengan menggunakan campuran tepung beras dan dengan menggunakan wadah semacam tupperware untuk memudahkan mengocok tepung dan jamurnya tanpa mengotori tangan...*betul sekali, maaf aku lupa baca tipsnya dari siapa..:)

Seharusnya pakai putih telur biar lebih kriuk, tapi kali ini aku hanya pakai bahan seadanya yang ada di dapur,
Bahannya;
1.5 ons jamur tiram
kira-kira 2 sdm tepung kentucky yg pedas
1 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
sedikit garam dan merica

karena gak pakai putih telur, aku balut dulu jamur yang dicuci bersih dengan tepung kentucky nya lalu semua tepung dimasukkan ke dalam wadah semacam tupperware berikut jamur yang telah dibalut tadi, tutup wadah dan kocok deh...mudah, begitu dibuka tinggal digoreng dan..taraaa jadilah jamur yang kriuk2...xixixixi, hasilnya super pedass, wak besok lagi kalau pakai yg tepung pedas gak ditambah dengan merica lagi :D, untung aku suka pedas....hihihihi....



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Crispy Cornflake Cookies



Jagung...keripik jagung, dan yang berbau2 jagung favorit di keluagaku, jalan2 di blog nya teh ricke lagi dan ketemu resep ini...hemmm langsung deh g sabar pingin nyobain xixixixi....*ijin nyobain resepnya ya teh...:)

resep aslinya bisa dilihat di sini ya..

bener rasanya khas rasa jangungnya kerasa kriuk2 enak banget, g terlalu manis juga empat jempol xixixixi..

berikut kutulis lagi resepnya :



Bahan :
275 gr cornflake (aku pakai 200 gr) tumbuk kasar
200 gr mentega
50 gr mentega putih (aku pake mentega biasa)
100 gr gula halus
2 kuning telur
1 sdt BP
1 sdt essence vanilla
150 gr tepung trigu
1 sdm susu bubuk

Cara membuat :
-         Tempatan cornflake yang telah ditumbuk kasar, sisikan.
-          Kocok mentega dan gula hingga lembut, masukkan telur, kocok sebentar, tambahkan BP dan kocok cepat satu menit, masukkan essence vanilla, aduk rata
-          Masukkan tepung terigu dan susu bubuk yang telah diayak, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu.
-          Ambil adonan sebanyak ¾ sendok the , bulatkan dengan bantuan sendok dan gulingkan diatas cornflake, angkat dan tata diatas Loyang yang telah dioles mentega tipis
-         -Panggang dalam oven hingga kuning kecoklatan


silahkan mencoba ya.....^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kue Kering Kopi

Penggemar kopi harus coba kue kering satu ini, termasuk saya xixixixi....rasanya enaaakkk...:D, renyah, berasa kopi dan coklatnya hmmm perpaduanya yummy deh...hahahaha..lebih mantap lagi makannya sore-sore ditemani kopi lengkap sudah :D wooow...hahaha

Resep ini aku dapat dari blognya teh ricke, makasih ya teh atas sharing resepnya...:), bisa dilihat disini ya

Ku tuliskan lagi ya resepnya seperti di bawah ini :


Bahan :
180 gr margarin
125 gr gula halus
1 butir telur kocok lepas
1 sdm kopi instan larutkan dg 1 sdm air panas dinginkan(aku pakai good day mint)
½ sdt pasta moca
200 gr tepung protein rendah
30 gr tepung maizena
30 gr susu bubuk
½ sdt baking powder
100 gr milk cooking chocolate dicincang kasar (aku pakai 50 gr coklat bubuk dan 50 gr coklat delfi)
Cara membuat:
-         Kocok margarine dan gula halus selama 1 menit hingga agak pucat, masukkan larutan kopi dan pasta moca, kocok rata, masukkan telur, kocok rata
-          Masukkan tepung terigu, maizena, susu dan BP sambil diayak aduk rata dengan sendok kayu, masukkan coklat bubuk dan cincang, aduk rata.
-          Siapkan Loyang yang telah dioles margarin dan sendokkan adonan ke Loyang, beri jarak karena adonan nanti akan melebar
-          Oven dengan suhu 160 deg celcius sekitar 25-30 menit sampai matang (tergantung kondisi oven)

Silahkan dicoba ya....^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sagu Keju

Kue Sagu keju ini pingin banget bikinnya udah lama, tapi realisainya baru-baru aja, karena baru nemu sagu taninya xixixi....resepnya kudapat dari resepnya bu Fatmah Bahalwan disini ya...

 Rasanya hmm...bener-bener ngeju...mas ku bilang ini kue rasanya gurih banget xixixixi....apalagi buat bapak dan ibuku kuenya empuk itu yang no satu *xixixixi...



Ku tuliskan lagi resepnya sebagai berikut :

Bahan:
300gr   tepung sagu (sagu tani)
2 lbr     daun pandan
100 gr  margarine
50gr     mentega (butter)
150gr   gula halus
1 btr     kuning telur
100gr   keju edam, parut
50ml     santan kental Misal kara
Cara membuat:
  • Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
  • Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
  • Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  • Masukkan adonan kedalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang, semprotkan kedalam loyang tipis yg sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
  • Oven selama lk. 40menit....(ingat kenali oven masing-masing, wkt dan suhu yg diperlukan, selalu lakukan test)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS