Powered by Blogger.
RSS

Lapis Ketan Sarikaya Pandan




Dari dulu banget sebetulnya cookmark resepnya Mb Hesti ini tapi berfikir ulang nanti siapa yang habisin kalau sudah dibuat, suami kurang suka jajan an seperti ini hihi..jadi ya begitu deh ditunda-tunda terus sampai pas sabtu minggu ada bapak ibu di rumah, akhirnya kesampaian juga saya ngutek2 di dapur dan jadilah nih Lapis ketan sarikaya pandannya, cihuyyy...lapisan bawah gurih dan atasnya manis pas deh pokonya. terimakasih mb Hesti.

Saya tuliskan kembali resepnya  dibawah ini



Bahan untuk lapisan dasar :
- 250 gr ketan putih ,cuci bersih lalu rendam 2 jam
- 125 ml santan dari ½ butir kelapa
- 1/2 sdt garam halus
Bahan adonan sarikaya :
- 2 btr telur ayam
- 175 ml santan
- 150 gr gula pasir (kalau kurang suka manis bisa dikurangi)
- 2 sdm tepung terigu
- 50 ml pandan paste home made
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt garam halus
Cara membuat :
Panaskan dandang kukusan sampai airnya mendidih. Kukus beras ketan selama 15 menit hingga setengah matang. Angkat.
Campur santan dan garam, rebus hingga mendidih angkat. Tuangkan beras ketan ke dalam santan rebus, aduk hingga santan terserap. Kukus lagi ketan hingga matang, sekitar 20 menit.
Angkat, ratakan dan padatkan ketan dalam loyang beralas daun pisang dan diolesi sedikit minyak atau bisa juga menggunakan cetakan cucing plastik. Agar mudah dan tidak melengket, padatkan ketan menggunakan plastik. Usahakan benar benar padat agar tidak ada space kosong diantara beras dan supaya hasil ketannya legit.
Sarikaya : aduk telur dan gula hingga gula larut. Tambahkan semua bahan lainnya aduk rata. Saring.
Tuang bahan sarikaya ke atas lapisan ketan. Kukus lagi sampai matang dan tengahnya mengeras selama ± 40 menit dengan api sedang. Angkat dan dinginkan.  Agar memudahkan mengeluarkan kue dari loyang atau cetakan, kikis dulu pinggirannya perlahan dengan pisau. Untuk yang menggunakan cucing, setelah dingin, cukup ditekan tekan pinggirannya nanti akan mudah keluar sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Roti 40 Menit

Akhirnya ya ikut demam re rotian, hihihi... dari judulnya saja langsung tertarik karena bikin roti cuman 40 menit :), hmmm..langsung saja coba dan bener hasilnya menul dan lembut hihihi..jadi suka nih bikin roti, tapi sayangnya suami ku enggak doyan roti ya jadi bikinnya dikit-dikit saja :), terimakasih banyak mb Vita atas resep rotinya yang yummy..^^

resepnya saya tuliskan kembali ya





Roti 40 Menit 
by Vita Citra, diadaptasi dari resep Thedomesticgoddesswannabe

Bahan :
  • 125 ml air hangat
  • 25 gr gula
  • 1 sdm (sekitar 8 gr) ragi instant
  • 40 ml minyak sayur
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir kuning telur
  • 200 gr tepung terigu protein tinggi
  • 50 gr tepung terigu protein sedang

Cara :
  1. Panaskan oven 220 derajat celsius
  2. Aduk air hangat dengan gula dan ragi, biarkan selama 15 menit.
  3. Masukkan minyak, garam, telur dan tepung, aduk rata.
  4. Mixer memakai kaki mixer yang spiral selama beberapa menit, hanya sampai kalis, tidak perlu sampai kalis elastis, beri minyak pada tangan dan uleni 2-3 kali. Jika tidak punya mixer, uleni pakai tangan selama 5 menit, jika adonan terasa terlalu lengket, beri tambahan sedikit tepung (jangan banyak, nanti adonan bisa keras).
  5. Bagi adonan menjadi 6 bagian, rounding (bulatkan), tatah di loyang yang telah dialas kertas roti dan dioles margarin, biarkan 10 menit, tanpa olesan, panggang selama 10-12 menit, hingga terlihat kecoklatan, angkat, segera oles permukaannya dengan margarin.
  6. Setelah dingin simpan di wadah tertutup.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tongseng Daging Sapi




Intinya masih penasaran, kata hubby tongseng buatan ibu pakai kuah gule, nah akhirnya cari-cari resep lagi dan ketemu deh sama resepnya mb Diah Didi yang praktis hee..wajib dicoba nih resepnya sangat remomended ^^ terimakasih mb Diah yang selalu menginspirasi :)

saya tuliskan kembali resepnya :


Tongseng Sapi Praktis
Bahan:
300 gram daging sapi berlemak ,potong kecil
1 bungkus bumbu  gule instan ( Aku pakai merk Bamboe )
750 ml air untuk merebus daging
500 ml santan encer
Bumbu tambahan untuk tongseng:
6 butir bawang merah, iris tipis, goreng
3 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai rawit, iris kasar / biarkan utuh
100 g daun kol, iris kasar
1 batang daun bawang, iris kasar
1 buah tomat merah, iris kasar
Kaldu bubuk atau garam seckupnya jika masih kurang ( bumbu gulenya sudah gurih biasanya )
3 sdm kecap manis
Cara Membuat :
Rebus daging kambing dengan bumbu gule instan dan air.
Masak sampai daging empuk dan kuah menyusut.
Tambahkan santan encer, masak sampai mendidih.
Masukkan bumbu tambahan dan sayuran kecuali cabai rawit dan tomat.
Masak sampai sayuran layu, tambahkan bumbu jika ada yang kurang.
Masukkan cabai rawit dan tomat. Aduk sebentar, angkat.
Sajikan hangat dengan nasi putih



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Poffertjes


Dari dulu kepingin banget bikin kue bulet satu ini, sampai dibela2in beli cetakannya hihihi..dan baru sempat eksekusi pagi tadi, karena liat postingan poffertjes mbak R kok jadi tambah penasaran rasanya itu gimana, dan ternyata enaak sekali dimakan hangat-hangat, manisnya pas banget. Telat banget ya saya praktekin resep kue bulet ini, dan bakalan sering2 bikin kalau kayak gini :D, meski bulatannya belum bulat sempurna. Ternyata susah euy baliknya biar bisa bulet :D

Berikut resepnya saya tuliskan kembali
Poffertjes by Emma Isti
==================
Bahan-bahan:
250ml susu cair putih uht
200gr tepung terigu
40gr gula halus
Sedkit garam
1 sdt ragi instant
2 butir telur utuh, kocok dgn whisker
60gr mentega leleh

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tongseng daging sapi


Hubby request tongseng daging sapi, sayangnya saya belum pernah makan tongseng daging sapi, ya sudah coba2 browsing dan nemulah resepnya mb Sri Sumaryatin, akhirnya coba bikin malem2 hihi demi suami tercinta ^^, tapi sayangnya kata suami tidak seenak masakan tongseng ibu mertua hahaha...ya iya lah :D, saya belom pernah makan tongseng ini jadi masih bingung rasa sebenernya tongseng seperti apa, haahaha, akhirnya pada saat makan yg kedua saya tambahkan kecap, laos dan jahe, nah tapi tetep g tau jadi enak atau tambah g enak :D. Padahal menurutku udah enak..^^ makasih mb Sri Sumaryatin atas resepnya ^^

resepnya saya tuliskan lagi
bahan :
1 kg daging kambing & tulang
minyak goreng utk menumis
6 lmbr daun jeruk
2 lmbr salam
1 btg sereh
1 ltr santan agak encer (kalo ada kuah gulai siap pakai)
kecap manis
kol, potong kasar (maaf, aq gak pakai)
1 bh tomat
bumbu halus :
2 sdm ketumbar
10 bh bawang merah
6 bh bawang putih
1 sdt jinten
1/2 sdt pala
garam
cara memasak :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampe wangi
- masukkan daging kambing, aduk2 sampe daging terlumuri bumbu & daging berubah warna
- masukkan daun jeruk, salam & sereh, aduk rata
- masukkan santan
- masak trus sampai mendidih & empuk
- masukkan kecap
- menjelang diangkat, masukkan kol & tomat
- tutup sebentar, angkat


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kaldu Kambing


Banyak sekali menu olahan kambing, dan salah satu menu kesukaan bapak saya ya kaldu kambing ini, bikinnya mudah hanya perlu ditambahkan kacang hijau saja, ini yang membedakan olahan kaldu kambing dengan gule, disamping bumbunya lebih simple dan tidak pakai santan.

Berikut resep kaldu kambing
Sumber : Ibu saya
Bahan dihaluskan :
Bawang putih 5 buah
merica 1/2 sdt
garam secukupnya
gula secukupnya

Bahan lainnya:
daging kambing 1/2 kg
bawang merah 5 buah di iris tipis
seledri
kacang hijau hampir 1/4 kg
tomat 1 buah iris 

Cara Membuat :
rendam kacang hijau, lalu rebus hingga matang
rebus daging kambing hingga empuk, sisakan airnya untuk kuah kaldu
tumis bumbu halus dan bawang merah yang telah diiris, hingga harus, masukkan kuah kaldu, daging kambing dan kacang hijau.
masukkan seledri,dan tomat, koreksi rasa dan siap dihidangkan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Siomay Ala Mb Diah Didi




Siomay ini rasanya enaak sekali hampir mirip sama hakau, makasih mb Diah Didi resep-resepnya selalu saya tunggu-tunggu lho.

sayangnya nih kulit siomaynya, beli jadi tapi belum nemu kulit siomay yg enak. padahal ya kulitnya sudah beli yg khusus siomay. Apa ada yang merekomendasikan dimana beli kulit siomay yg enak? wah sangat berterimakasih kalau ada yang mau berbagi info hihihi...

rasanya kulit siomaynya sih udah lumayan tapi masih agak kaku kalau dikukus, padahal juga sudah diberi air.

ya sudah langsung saja ya saya tulis kembali resepnya. sangat direkomendasikan untuk segera dieksekusi :D

SIOMAY UDANG ALA MB DIAH DIDI
Bahan :
80 gram udang kupas, cincang halus
80 gram daging ayam, cincang halus
Tepung bakso 30 gram / atau pakai tapioka biasa juga bisa
Kulit pangsit 10 lembar
Bumbu :
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh
Minyak wijen 1/2 sendok teh
Cara membuat :
Campur semua bahan dan bumbu hingga rata ( nggak perlu di uleni ya biar nggak keras ), koreksi rasa dengan cara ambil sedikit adonan, lalu di goreng. Jika udah pas gurihnya..ambil selembar kulit pangsit, isi dengan 1 sendok makan adonan, lalu bentuk sesuai selera. Kukus 10 menit atau hingga matang.
Sajikan hangat dengan saus sesuai selera.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS