Powered by Blogger.
RSS

Lapis Ketan Sarikaya Pandan




Dari dulu banget sebetulnya cookmark resepnya Mb Hesti ini tapi berfikir ulang nanti siapa yang habisin kalau sudah dibuat, suami kurang suka jajan an seperti ini hihi..jadi ya begitu deh ditunda-tunda terus sampai pas sabtu minggu ada bapak ibu di rumah, akhirnya kesampaian juga saya ngutek2 di dapur dan jadilah nih Lapis ketan sarikaya pandannya, cihuyyy...lapisan bawah gurih dan atasnya manis pas deh pokonya. terimakasih mb Hesti.

Saya tuliskan kembali resepnya  dibawah ini



Bahan untuk lapisan dasar :
- 250 gr ketan putih ,cuci bersih lalu rendam 2 jam
- 125 ml santan dari ½ butir kelapa
- 1/2 sdt garam halus
Bahan adonan sarikaya :
- 2 btr telur ayam
- 175 ml santan
- 150 gr gula pasir (kalau kurang suka manis bisa dikurangi)
- 2 sdm tepung terigu
- 50 ml pandan paste home made
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt garam halus
Cara membuat :
Panaskan dandang kukusan sampai airnya mendidih. Kukus beras ketan selama 15 menit hingga setengah matang. Angkat.
Campur santan dan garam, rebus hingga mendidih angkat. Tuangkan beras ketan ke dalam santan rebus, aduk hingga santan terserap. Kukus lagi ketan hingga matang, sekitar 20 menit.
Angkat, ratakan dan padatkan ketan dalam loyang beralas daun pisang dan diolesi sedikit minyak atau bisa juga menggunakan cetakan cucing plastik. Agar mudah dan tidak melengket, padatkan ketan menggunakan plastik. Usahakan benar benar padat agar tidak ada space kosong diantara beras dan supaya hasil ketannya legit.
Sarikaya : aduk telur dan gula hingga gula larut. Tambahkan semua bahan lainnya aduk rata. Saring.
Tuang bahan sarikaya ke atas lapisan ketan. Kukus lagi sampai matang dan tengahnya mengeras selama ± 40 menit dengan api sedang. Angkat dan dinginkan.  Agar memudahkan mengeluarkan kue dari loyang atau cetakan, kikis dulu pinggirannya perlahan dengan pisau. Untuk yang menggunakan cucing, setelah dingin, cukup ditekan tekan pinggirannya nanti akan mudah keluar sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: