Powered by Blogger.
RSS

Bubur Sum-Sum


Akhirnya kesampaian juga membuat bubur sum-sum ini,sayangnya hubby nggak suka sama bubur hihihi..ya sudah tapi yang penting buburnya enak..hihihi..

 berikut resepnya disini


Bubur Sum Sum Hijau
Fatmah Bahalwan

Bahan Bubur:
50 gr     tepung beras putih
200 ml   air daun pandan dan suji
300 ml   santan kental
½  sdt   garam
Bahan Kinca:
250 gr   gula jawa
100 ml   air
1 lembar daun pandan

Cara membuatnya:
  1. Campur air suji dengan santan aduk rata. Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
  2. Masak sisa santan dan garam hingga mendidih, tuang cairan tepung beras, aduk rata biarkan mendidih dan bubur meletup-letup sebentar. Matikan api, angkat.
  3. Sajikan bubur dengan kinca gula jawa.
  4. Kinca: masak air, gula jawa dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Saring


Bubur Sum Sum Hijau

Fatmah Bahalwan

Bahan Bubur:

50 gr     tepung beras putih
200 ml   air daun pandan dan suji
300 ml   santan kental
½  sdt   garam

Bahan Kinca:

250 gr   gula jawa
100 ml   air
1 lembar daun pandan

Cara membuatnya:

  1. Campur air suji dengan santan aduk rata. Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
  2. Masak sisa santan dan garam hingga mendidih, tuang cairan tepung beras, aduk rata biarkan mendidih dan bubur meletup-letup sebentar. Matikan api, angkat.
  3. Sajikan bubur dengan kinca gula jawa.
  4. Kinca: masak air, gula jawa dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Saring
- See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=1283#sthash.VmyNoFAL.dpuf

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cincau

mencari inspirasi utuk menu berbuka puasa, karena stock di kulkas ada cincau akhirnya dibuatlah minuman hangat dari cincau, bisa menggunakan milo, teh dicampur susu dan gula wah macem-mace disesuaikan dengan selera hihihi...kebetulan cincaunya aku parut saja jadi biar nggak usah dkunyah hahaha :D
enaaaak ternyataaaa.....


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pennylane's Brownies

 ini Pennylane's Brownies
 ini chocholate pan cake

 Penasaran banget sama brownies yang terkenal seantero millis dan internet xixii, populer sekali tapi saya takut gagal, karena beberapa laporan gagal membuat lapisan atasnya. tapi karena keingin tahuan untuk bikin akhirnya dibuatlah brownies ini weekend kemarin. Kebetulan juga ada bukber dengan temen-temen kuliah hubby.

dan taraa ternyata nggak begitu keluar lapisan atasnya hihihi...dibandingkan chocholate pan cake yang hari itu juga aku bikin ada lapisan diatasnya. tapi ternyata temen-temen hubby pada suka, katanya rasanya mirip brownies kartika sari hahahaha...di bahan tepunya sedikit aku kurangi dan aku tambahkan dancow bubuk...aku belum sempet sih nyobain rasanya gimana :D keburu abis hihihi
saya hanya memakai setengah dari resep berikut
Pennylane's Brownies
by Riana Ambasari
4 butir Telur (utuh)
360 gr Gula pasir 
225 gr Minyak goreng
60 gr Coklat bubuk (bensdrop atau Van Houten)
210 gr Tepung terigu
1/2 sdt Garam
1 sdt Vanili bubuk
120 gr Kenari utuh
85 gr Chocolate chips (pilih yg enak) (vira skip)

Cara membuat:

1) Alasi loyang dengan kertas roti dan olesi mentega. Panaskan oven 180 derajat celcius.
2) Campur coklat bubuk, terigu dan vanilla bubuk.
3) Kocok telur dan gula sampai mengembang dan butiran gula menjadi lebih halus. Masukkan garam, kocok lagi hingga rata.
4) Matikan mixer, ayakkan campuran tepung ke dalam adonan telur, aduk rata.
5) Masukkan minyak goreng, aduk rata.
6) Masukkan kenari dan chocolate chips, aduk rata.
7) Tuang adonan ke loyang, panggang kurang lebih 35 menit atau hingga matang. Tes dengan tusuk gigi/lidi bersih.
8) Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cake Labu







berawal dari postingan mbak Hesti hmm..pingin banget bikin cake labu kuning alias waluh, aku suka sekali sama waluh hihihi...di DM juga mbak Farida membuat resep cake labu kuning dan penampangannya moist banget keliatannya :) jadi deh semakin ingin, cek di kulkas ternyata masih ada waluhnya dan akhirnya menyempatkan diri untuk mencoba membuatnya :D

hanya saja hasilnya terlalu kering, kemungkinan karena saya memanggang dengan oven atas juga hmm...besok-besok pakai api bawah saja :D. Tapi jadinya bagus dan cantik :)

saya hanya membuat setengah resep dari resep mbak hesti, berikut resepnya sudah di jadikan setengah resep :)
Cake Labu
Kuning Telur 3 buah
Putih Telur 2 buah
Gula Pasir 80 gram
1/2 sdt emulsifier
Tepung Terigu 85 gram
Baking Powder1/2 sendok teh
Susu, bubuk 20 gram
Labu Kuning 150 gram
Margarin 30 gram
Butter 35 gram
Kenarisecukupnya
Kismissecukupnya
Cara Membuat :
-Panaskan oven 170 C
- panggang labu / kukus, haluskan dengan garpu
- Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan susu bubuk
- Lelehkan butter dan margarin tapi jangan sampai bening. campur rata dengan labu
Panaskan oven
- Kocok telur dan gula sampai kental berjejak
- Masukkan campuran tepung terigu, aduk asal rata
- Masukkan campuran labu, aduk asal rata
- Masukkan ke loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti (vira pakai loyang kotak 18 cm), taburi dengan kenari dan kismis. Panggang sampe matang --tes tusuk (vira panggang 30 menit)
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lidah kucing mini




Entah mengapa ini lidah kucing yang aku  bikin di weekend kemarin nggak mau mbleber dan jadinya seperti stick hihihihi..rasanya sih tetep enak dan renyah, analisaku ya gara-2 putih telur dari kulkas. yaaah...mau gimana lagi apalagi ini pesenannya teh lilis, hihih maap teh. jadinya imut-imut, ada sisa setengah tupperware kecil, dan hubby ternyata suka sepertinya. minggu ini pingin bikin ahh setelah nyobaik bikin kue seprit dulu tapi hahahaha....

resepnya masih pakai resepnya bu Fatmah :) terimakasih bu.

Lidah Kucing Mocca
by Fatmah Bahalwan


Bahan:

250 gr Mentega
175 gr Gula halus
75 cc Putih telur
250 gr Tepung terigu protein sedang
1 sdm Mocca pasta (vira pakai pasta vanili)
¼ gr Baking powder
½ sdt Emplex (perenyah kue kering, optional)

Cara Membuat:

Kocok mentega, gula, dan mocca pasta hingga mengembang sekali.
Tuang putih telur, lanjutkan mengocok, lalu masukkan tepung terigu dan baking powder, kocok dengan speed rendah hingga rata.
Poles loyang dengan mentega lalu spuit adonan bentuk jari lurus-lurus.
Panggang dengan panas api 150 C selama ± 20 menit (ovenku cuman butuh waktu 15 menit)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Onde-Onde Ketawa



Penasaran sama onde-onde ketawa, aku suka makannya tapi penasaran bikinnya kok bisa merekah gitu. kuncinya ternyata di gunting sedikit ujungnya jadi deh ketawa ngakak hahaha..asik senengnya.joget2..


sengaja aku bikin kecil-kecil biar renyah maksudnya hihihi..lumayan nggak terlalu manis rasanya alhamdulillah berhasil.#joget2 lebay :D
Pertama  liat postingan temen di DM dan  ternyata lupa pernah juga simpen resepnya bu Fatmah, nah akhirnya eksekusi langsung deh malem-malem sehabis pulang kerja kemarin :D

sekalian juga meramaikan adu resep ramadhan 2013 :) semoga bisa menang kali ini :D


Onde-Onde Ketawa
By Bu Fatmah bahalwan

Bahan:
500 gr tepung terigu protein rendah
1 sdt Baking Powder Double Acting (BPDA)
150 gr gula pasir
50 gr margarine
1 sdt vanilli
4 btr telur

Bahan lain:
1 mangkok air
100 gr wijen putih
1 ltr minyak goreng

Cara Membuatnya:

Campur tepung terigu dan BPDA, aduk rata. Sisihkan.
Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai mengembang. Matikan mikser.
Tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan ulen perlahan sampai bisa dipulung.
Bentuk bulat seperti bola ping-pong, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas wijen putih.
Goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api sedang hingga mekar dan berwarna kuning kecoklatan.
Angkat. Tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sus




 
Dalam rangka bukber dengan keluarga PV 2 hihi, aku bukin sus jepang saja ala Pak Sahak, tapi lihat dari blognya mbak hesti karena nggak bisa nyicip-nyicip rasanya flanya sepertinya agak sedikit asin hihi tapi masih wajar nggak banget asinnya, jadinya lebih ke gurih :D tapi alhamdulillah abis dan suamiku sepertinya suka. untuk adonan kulitnya aku terlalu encer hiks jadinya nggak bagus nih di spuit :( alhamdulillah masih bisa mekar di oven dan nggak ngimpes pas selesai keluar dari oven, hihihi gara-gara ikut milis NCC nih jadi bisa bikin kue sus dan ketagihan pingin bikin terus kalau lagi sempet :).
 
Bahan :
200 ml air
125 gr margarin
150 gr tepung terigu
3 butir telur ukuran besar (bisa juga memakai 4 butir telur ukuran sedang/kecil)
Filling :
600 ml susu cair
2 kuning telur
30 gr maizena +20 gr terigu
gula secukupnya
1/4 sdt garam
1 bungkus vanila bubuk
1 sdm butter
 
Cara Membuat :
- Masak air dan margarin hingga mendidih. Masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis dan adonan menjauh dari tepi panci. Angkat dan dinginkan.
- Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata. Matikan mixer
- Masukkan adonan ke dalam piping bag dan semprotkan di atas loyang yang sudah dioles tipis margarin. Lakukan hingga adonan habis.
cara membuat vla :
masukkan semua jadi satu kecuali butter, aduk sampai rata dan meletup-letup, masukkan butter terakhir

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bothok Mlanding

Lagi-lagi ngiler dengan postingan-postingan blognya mbak Diah, love your blog so much deh mbak :)
semoga ilmunya bisa jadi pahala ya mbak. kali ini bothok mlanding hmm ini yang aku pingin makan dari dulu. gara-gara bukber di kantor ada nih si botok. mau ambil banyak malu jadi ambil sedikit aja dan kurang hahaha :D akhirnya berniat membuat sendiri saja dan dimakan sepuas puasnya. hihihi..:D

 Bahan-Bahan

Mlanding20 gram
Kelapa, muda parut 300 gram
Tomat, hijau; iris tipis1 buah
Ikan teri 50 gram
Cabai (Cabe), hijau; iris tipis 1 buah
Daun Salam1 helai
daun pisang secukupnya
 
BUMBU HALUS :
Bawang Merah3 buah
Bawang Putih2 buah
Kemiri3 buah
Cabai (Cabe), merah3 buah
Garam1 sendok teh
Gula Pasir1 sendok teh




Cara Membuat :
campur kelapa parut, bumbu halus, dan daun salam yang dipotong-potong
tambahkan, mlanding, teri dan irisan tomat juga cabe
ambil selembar daun pisang dan isikan dengan adonan kelapa
bungkus dan semat dengan lidi. kukus 40 menit hingga matang, sajikan dengan nasi hangat ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sapi Lada Hitam


Punya daging sapi yang direbus terus tiap hari masih belum ada ide buat masaknya, akhirnya cari2 di dapur masak dan internet nemulah Sapi lada hitam, hmm sepertinya oke buat menu berbuka dan sahur hihihi...digabung :D ternyata enaaaak sesuai harapan meski masaknya cuman kira-kira dan nggak bisa nyicip karena puasa hihihi..#gaya.

Suamiku yang biasanya kurang suka dengan daging akhirnya mau makan banyak dan doyan sepertinya :) #dugaan soalnya nggak pernah bilang suka atau tidak semua masakanku dimakan :D

aku tuliskan yang versi resep majalah saji ya, tapi kalau aku pakai perkiraan aja disesuaikan dengan jumlah daging yang ku punya, berikut resepnya :


Sapi Lada Hitam
Bahan:
250 gram daging has dalam, diiris tipis melawan serat
1 sendok teh kecap manis
1 sendok teh saus tiram
1 sendol teh merica hitam bubuk
1/2 buah bawang bombay, dipotong panjang besar
3 siung bawang putih, dicincang kasar
1 sendok teh saus tiram
2 sendok teh kecap manis
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok makan merica hitam butiran, ditumbuk kasar
1/4 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, dipotong miring
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Cara membuat:
  1. Lumuri daging has dalam dengan kecap manis dan saus tiram. Remas-remas dan diamkan 1 jam dalam lemari es.
  2. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng dari 3 sendok makan minyak goreng. Masukkan daging satu persatu. Tumis daging sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan sisa minyak goreng. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan bawang bombay. Tumis sampai harum.
  4. Masukkan daging goreng, saus tiram, kecap manis, garam, merica hitam, dan gula pasir. Aduk rata.
  5. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Best Chocholate Cookies



Masih seputar persiapan lebaran,penasaran bikin cookies ini, sepertinya crunchy dan bentuknya bulat dengan sempurna, googling dan nemu resepnya di blognya mbak Camelia. barusan nyobain kemarin hmm mengang best deh renyah, recommended buat di coba deh :) saya tuliskan lagi resepnya, terimakasih mbak Camelia :)

BEST CHOCOLATE CHIP COOKIES
I cup mentega, suhu ruang
1 cup gula pasir
1 cup brown sugar
2 btr telur
2 sdt vanilla extract
3 cup tepung terigu serbaguna (protein sedang)
1 sdt baking soda
2 sdt air panas
1/2 sdt garam
2 cup chocolate chips (aku 2,5 cup)
1 cup walnut cincang (aku gak pake)


Caranya :
1. Panaskan oven hingga 350 F (175 C)
2. Mikser mentega, gula pasir, dan brown sugar hingga rata. Masukkan telur satu per satu, tambahkan vanilla. Larutkan baking soda dalam air panas, masukkan kedalam adonan bersama garam. Masukkan tepung, chocolate chips dan kacang, aduk rata. Cetak di loyang dengan sendok.
3. Panggang di oven lebih kurang 10 menit atau hingga pinggiran cookies mulai kecoklatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dawet Hijau




Terinspirasi resepnya mbak Diah Dawet ireng, sayang ya nggak punya abu merang. Nanti deh kalau di yogya minta mertua siapa tau ada dan jadilah makanan-makanan tradisional yg yummy deh :D..

berhubung nggak ada abu merang ya di ganti aja sama pasta pandan..enaaakkk lembut dawetnya sukaaa banget, makasih mbak Diah #big hug :)
saya tuliskan lagi resepnya di bawah ini
DAWET HIJAU
sumber : Mbak Diah Didi
  • Tepung Beras60 gram
  • tepung tapioka50 gram
  • Air, saya tambahkan 2 sdm rendaman air kapur 600 ml
  • Pasta Pandansecukupnya
  • Garam1 sendok teh
  • Santansecukupnya
  • Gula Merahsecukupnya
  • Daun Pandansecukupnya
  • Garamsecukupnya 
CARA MEMASAK

Larutkan tepung beras, tapioka, garam, air dan pasta pandan
Masak sambil diaduk hingga meletup-letup menjadi bubur kental
Cetak di cetakan dawet dan tekan-tekan hingga keluar, tampung di dalam air es (saya pakai parutan keju tupperware)
Untuk kuah santan aku gabung jadi satu masaknya :
santan, gula, daun pandan dan garam dimasak sampai mendidih smile
Siap disajikan untuk berbuka puasa nanti ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mangut Lele






Suami request mangut lele, akhirnya disempet-sempetin bikin si mangut lele, padahal pinginnya digoreng garing aja sama sambel pedes hahaha :D selera kita beda, ya sudah masakin aja buat suami, akhirnya searcing di DM liat postingan mbak Ekha dan di blognya mbah Diah, dapet resepnya mangut Iwak Pe, tapi bisa diganti jadi lele. Wahhhh terimakasih banyak mbak Diah dan mbak Ekha secara aku belum pernah masak makanan an mangut-mangutan xixixixi.

Tapi kalau menurutku sih masih enakan iwak pe ya, karena memang ada aroma khasnya yang hmm enak, biasanya ibukku bikin. Tapi kalau di bekasi susah dapet iwak pe sepertinya, belum pernah nemu yang jualan :D.

ini aku tuliskan lagi ya resepnya
MANGUT LELE


BAHAN :

5 potong iwak pe (vira 1 kg lele goring dulu)
200 gr tahu kulit/tempe (vira nggak pakai)
10 buah cabe rawit merah, iris serong
10 buah cabai merah, iris seong
10 buah cabe hijau, iris serong
10 butir bawarng merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
2 cm kencur haluskan
1 cm kunyit haluskan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 buah tomat hijau
1 papan petai (vira nggak pakai)
Garam secukupnya
Gula merah sesuai selera
800-1000 ml santan cair sedang

CARA MEMBUAT :
Tumis bawang putih dan merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyir halus serta semua cabai iris, tumis sampai harum.
Masukkan santan dan semua bumbu-bumbu lain. Didihkan.
Setelah mendidih masukkan lele goring. Ciicpi rasanya. Setelah hamper masak masukkan potongan tomat hijau.
Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap. Sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS