Powered by Blogger.
RSS

Tahu, Daging Masak Telur Kecap Kecap


Sebetulnya nama masakannya Sosis Daging Masak Telur Kecap, sore kemaren tiba-tiba tertarik membuat masakan resep ala Sajian Sedap ini, hanya saja seperti biasa ada beberapa pengurangan dan penambahan bahan karena menyesuaikan dengan bahan yang ada di rumah, nah jadinya judulnya berubah jadi Tahu, Daging Masak Telur Kecap Kecap heee..

Ternyata enaak, masakan ini mirip banget dengan semur, bahan yang saya hilangkan adalah sosis diganti dengan tahu, daging dan karena ada jamur maka saya masukkan jamurnya juga. Jahe juga saya skip karena udah dicari-cari malah g ada ya sudah tapi tidak mengurangi rasa enaknya. Biar ada sedikit pedesnya saya menambahkan cabe keriting merah beberapa buah, tapi tetep aja kurang pedes :D

Ya sudah langsung saja ya saya tuliskan kembali resepnya

SOSIS DAGING MASAK TELUR KECAP

Sumber : Sajian Sedap
Modif by Vira
Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

Bahan:
15 butir telur puyuh, direbus - vira pakai telur ayam kampung 2 butir
6 butir bawang merah, diiris - vira diuleg
3 siung bawang putih, diiris - vira diuleg
5 buah cabe merah keriting - tambahan vira diuleg juga
2 cm jahe, dimemarkan - skip
4 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh pala bubuk - adanya pala bijinya, tinggal dipotong dikit dan diuleg
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
350 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis
vira menambahkan beberapa tahu goreng dan jamur
1/4 daging yang telah direbus


Cara membuat sosis daging masak telur kecap:
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu yang diuleg sampai harum. Masukkan tahu, daging, jamur  dan telur rebus. Tambahkan kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata.
  2. Tuangkan air. Masak sampai matang dan meresap.
  3. Koreksi rasa dan sajikan dengan nasi hangat ^^...silahkan dicoba

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sup Makaroni

Masih tersisa satu bungkus makaroni,bingung mau dibikin buat apa, nah kebetulan galuh temen kantorku kok ya kepingin sup makaroni nah pas kan akhirnya kepikiran untuk bawa bekel sup makaroni dan tempe goreng saja hari ini.


Eeeh pagi-pagi udah ujan deres sekali jadinya mau masak kok males-malesan dan tiba-tiba jam uda jam setengah tujuh pagi huwaaa...akhirnya buru-buru deh masaknya.

Bahannya hanya kira-kira saja ya :
Sup Makaroni
daging 1/4 kg
wortel potong dadu 1 buah
kubis 1/4 buah
bawang daun 2 buah
makaroni kira-kira semangkuk kecil direndam

bumbu yang diuleg :
bawang putih 4 buah
bawang merah 2 buah iris tipis
merica bubuk secukupnya
pala sedikit saja
garam secukupnya
sedikit gula

Caranya :
tumis bumbu yang diuleg  hingga harum, masukkan kaldu daging sesuai selera, lalu masukkan semua sayur wortel, kubis juga makaroni dan daging, masak hingga semua matang dan koreksi rasanya, jika sudah pas masukkan bawang daunnya. Siap deh disajikan ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sukun Goreng




Senengnya dapet sukun gede dari mbak, tapi setelahnya bingung mau dibuat apa, belum pernah sama sekali bikin olahan dari sukun, makan keripik sukun sih pernah heee..akhirnya yg gampang yang digoreng tepung saja, kebetulan adonan pisang goreng arbisa masih ada jadi ya pakai itu saja deh, eh ternyata hubby mintanya yang adonannya tebel, jadi nanti saja ditampahin tepunynya biar tebel heee...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pisang Goreng Arbisa


Sukaa banget sama yang namanya pisang, dan alhamdulillah kemarin dapet kiriman pisang dari Banyuwangi, kata ibu sedang panen Wahhh gendut2 pisangnya enaak sekali, memang beda ya pisang dari kampung dengan pisang sini heee...

Baru kali ini sih berhasil kirim pisang, sebelum-sebelumnya busuk di tengah jalan, kata ibu beliau pakai peti kayu yang agak terbuka jadi biar pisangnya tidak cepat busuk, dan benar alhamdulillah pisang sampai dengan selamat dan pas banget setengah mateng.

Begitu dikabarin ibu mau kirim pisang, langsung aja kepikiran untuk bikin pisang goreng arbisa, saya kenal pisang goreng ini di sini, hampir tiap sore pingin pisang goreng ini hee..emang dasar doyan ya. Namun ada yang unik dari pisgor arbisa ini, bentuknya tipis2, dan tepungnya pun tipis jadi kriuk enaak deh. Akhirnya sempet ngeliat cara penjualnya ngiris pisangnya pakai pemotong kaya bikin keripik pisang, langsung bergumam ooo begitu hihihi...

Malem kemaren praktek ngiris pisangnya pakai pengiris keripik pisang dan hasilnya gagal, malah terlalu tipis hihihi..akhirnya di sisir sendiri pake pisau satu persatu. Untuk bahannya pun masih ngira-ngira karena putih dari adonan kok sepertinya oakai tepung beras jadinya saya mencoba pakai teping beras 6 sdm, tepung terigi 2 sdm, SKM saset 1 bungkus, garam secukupnya dan air secukupnya sampai adonan encer. lalu goreng pisang yang disisir setengah tipis tapi ya enggak tipis banget di minyak panas.hmmm..ternyata lumayan rasanya mirip dengan pisang arbisa yang biasa saya beli. Nyam..nyam..nyam..mari makan pisang goreng anget2 kriuk-kriuk :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bacem tahu tempe


Kalau bacem yang satu ini tidak perlu uleg2 bumbu, coba-coba pake bumbu kobe ayam kalasan, enaak banget ternyata bacem tahu tempenya hee..alhamdulillah kebetulan bumbu kobenya dikirim oleh ibu dari Banyuwangi, lumayan kalau kesiangan bangun bisa langsung sreng-sreng tempe tahu bumbu bacemnya hihihi... jadi no resep untuk kali ini ya :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Churros







Sebetulnya bingung antara pingin bikin churros atau bikin amris, tapi trnyata pilihan jatuh pada churros. Sebetulnya pingin praktek resep ini sudah lamaaaa sekali mungkin tahun lalu, tapi ada saja yang membuat tidak jadi membuatnya hihihi alhamdulillah meski dengan penuh perjuangan nyepuitnya, hasil churros resep mb Ricke ini enaaaak sekali, apalagi dimakan anget-anget, krius di luar tapi lembut di dalam..recomended untuk dicoba ^^ makasih mb Ricke.
meski tanpa taburan dan coklat saus tetep uenaaak deh hihihi

saya tuliskan kembali resepnya
CHURROS
by Ricke Indriani

Bahan:
250 ml air
50 gram butter/margarin
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
150 gram terigu protein sedang/all purpose flour, ayak
1/4 sdt vanilla
1 butir telur ukuran besar (saya sering pakai 2 butir karena ukuran telur tidak terlalu besar), dikocok lepas
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng churros

Bahan taburan:
4 sdm gula pasir halus (gula kastor)
1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:
1. Masak air, butter/margarin, gula dan garam hingga mendidih dan butter/margarin meleleh. Matikan api. Masukkan terigu yang sudah diayak dan vanilla. Aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga adonan licin dan kalis (tidak menempel di panci). Angkat. Biarkan sampai agak hangat.
2. Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adonan terasa masih agak susah dispuit, tambahkan telurnya (menjadi 2 butir) karena ukuran telur berbeda-beda.
3. Masukkan adonan ke dalam piping bag/kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang sudah diberi spuit bintang ukuran besar.
4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Atau bisa juga menyemprotkan dulu adonan churros ke atas loyang yang ditabur terigu tipis, lakukan sampai adonan habis. Simpan sebentar di freezer sampai adonan agak mengeras, baru digoreng. Hasilnya lebih cantik. Kali ini saya bikin versi panjang dan bentuk hati.
5. Tunggu sampai agak hangat, baru balut dengan bahan taburan. Sebaiknya jangan saat terlalu panas langsung dibalut karena gulanya akan sedikit meleleh. Atau sajikan dengan chocolate sauce (churros con chocolate)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sayur Kelor dan Simpel Empal





Kalau ditanya salah satu sayur favorit saya ya jawabannya sayur kelor yang nomor satu, alhamdulillah setelah 3x gagal menanam kelor ini akhirnya bisa juga tumbuh subur, padahal biasanya cuma ditancapin tanah saja bisa langsung tumbuh subur, entah mungkin karena faktor kesuburan tanah saja di rumah yang kurang bagus, heeee..lahannya juga seuprit banget.

Untuk empalnya, kebetulan masih ada bumbu kobe ayam bumbu kalasan dan ternyata enaak banget hasilnya, wah tau gitu lebih praktis dan simple nih hihihi.. besok lagi mau coba tempe dan tahu dibacem pake bumbu ini.

Resep sayur kelornya mudah saja saya hanya bawang merah, sereh, garam dan gula. Nah mudah kan tapi rasanya maknyuus apalagi pake sambel wahhh bisa lahap makannya ditambah lagi kerupuk :D


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pizza ala Pizza HUT mb Vita Chitra


Setelah absen dari ngisi blog ini beberapa hari yang lalu, Senang sekali bisa mempraktekan resep dough pizza ala mb vira chitra ini, hasilnya mirip-mirip sama pizza hut, keliatannya hubby doyan setelah mencicipi, makasih banyak mb vita.doughnya empuk tapi ada sedikit alotnya dikit, enaak deh pokoknya hihihi... Sebenarnya dibuatnya juga sudah beberapa hari lalu tapi belum sempet masukin di blog. Dari setengah resep ini saya mendapatkan 2 loyang pizza, dan saus putihnya saya pakai mozarelanya pak Tri.

langsung saja saya tuliskan  kembali resepnya
Pizza dengan Dough ala Pizza Hut
By Vita Citra

Bahan :

  • 500 gr terigu protein tinggi (saya pakai Cakra)
  • 5 gr ragi instant (saya pakai Fermipan)
  • 2 sdt gula pasir
  • 50 ml minyak zaitun (saya pakai minyak biji bunga matahari)
  • 10 gr garam
  • 375 ml air hangat

Toping : untuk toping saya hanya memakai sosis saja
  • Saus bolognaise (siap beli, saya pakai merk Delmonte)
  • Sosis
  • Jamur merang
  • Paprika merah
  • Paprika hijau
  • Bawang bombay cincang

Bahan saus putih :

untuk saus putihnya saya menggunakan keju mozarela, kapan-kapan pingin juga praktek pakai saus putih ala mb vita ^^
  • 1 sdt margarin
  • 1 sdm bawang bombay cincang
  • 1 sdm tepung terigu, jenis apapun ok
  • 250 ml susu cair (3 sdm susu bubuk + air hingga menjadi 250 ml)
  • Sedikit lada
  • Sedikit garam
  • Keju parut secukupnya

Cara membuat saus putih :
  • Larutkan susu dengan terigu, sisihkan.
  • Panaskan margarin, tumis bawang bombay, masukkan larutan susu, lada garam dan keju, sambil terus di aduk, biarkan dingin, siap untuk dijadikan toping pizza.

Cara membuat pizza :
  • Larutkan ragi dengan sebagian air hangat (kira-kira setengah gelas), aduk rata, biarkan 5 menit hingga ragi bekerja.
  • Di wadah berbeda, masukkan tepung terigu, gula, aduk rata, masukkan larutan ragi dan sisa air hangat, uleni hingga setengah kalis, masukkan minyak zaitun dan garam, uleni hingga kalis elastis.
  • Bulatkan adonan dan tutup rapat dengan cling wrap atau serbet lembab, biarkan 40 menit atau hingga mengembang 2 kali lipat dari besar adonan semula.
  • Kempiskan, bagi menjadi 2 atau lebih sesuai dengan ukuran pizza yang diinginkan, giling adonan menjadi pipih dan tatah di loyang yang telah dioleh margarin.
  • Biarkan selama 10-15 menit, tusuk-tusuk bagian tengah dough dengan garpu, beri toping sesuai selera.
  • Biarkan lagi hingga terlihat agak mengembang, beri saus putih, panggang hingga matang (saya pakai oven tangkring, jadi waktu dan suhu hanya berdasarkan perkiraan saja), angkat dan sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soto Daging Madura


Kebetulan ada daging yang tiap hari di angetin, daripada keburu hancur akhirnya uleg-uleglah bumbu soto daging madura, resepnya dari mb Diah Didi makasih ya mb inspirasinya, hanya saja tidak komplit, saya hanya memanfaatkan yang masih ada di kulkas saja. Tapi tetep enak sih hihi...malah dipuji sendiri :D

ya sudah saya tuliskan saja lagi resepnya, silahkan dicoba ^^
Bahan :
500 gram daging sapi bagian tetelan / daging buat rawon
1500 ml air kaldu daging
2 batang daun bawang, iris kecil2
2 batang sledri, iris kecil2
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk
1 sendok teh gula merah / pasir
1 sendok teh kaldu sapi bubuk
Garam secukupnya

Pelengkap :
Soun secukupnya, seduh air panas
Kol 4 lembar, iris halus
Keripik kentang secukupnya
Bawang goreng secukupnya
Sambal rawit, jeruk nipis dan kecap secukupnya

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar, sangrai
4 butir kemiri, sangrai
2 cm kunyit , 1/4 sendok teh merica butiran
2 cm jahe

Cara membuat :
Rebus daging dengan api kecil dengan 2000 ml air hingga keluar kaldu dagingnya dan empuk. Angkat dagingnya potong2. Saring kaldunya dan ukur jadi 1500 ml
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar2 matang, masukkan ke air kaldu. Didihkan kembali, masukkan bumbu2 lain, serta daging. Masak hingga meresap. Terakhir masukkan daun bawang dan sledri.
Susun bahan2 soto di mangkuk, tuangi kuah. Sajikan dengan pelengkap lain.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pembuka Awal Kalender 2015


Telat banget nih postingnya, Alhamdulillah pembuka awal kaleder tahun 2015 dengan bertambahnya umur suami. Happy milad ya hubby Barakallahu Fii Umrik, dan juga semoga dengan bertambahnya umur semakin dewasa dan bijaksana menjadi pimpinan rumah tangga, semoga semua doa terkabul dan semoga yang baik-baik untukmu Hubby.Aamiin...

Hadiah nya hanya nasi kuning sederhana ini, heee..pinginnya masak-masak dengan lauk komplit tapi apa daya kondisi masih belum pulih benar, luka operasi masih sering senut2, tapi alhamdulillah sejauh ini sudah semakin membaik.

Untuk Nasi Kuningnya tetep pakai resepnya NCC, selalu enak komen dari yang nyicipin hihihi..
Nasi Kuning
Source : NCC via Ummu Fatimah

Bahan-bahan :
1 kg beras (harusnya yg 200 gr diganti beras ketan), cuci bersih, tiriskan
1200ml santan
1 sdm kunyit yang dihaluskan/diparut (*ummi: pakai 1,5 sdm kunyit bubuk)
4 lembar daun pandan (*ummi: ga pakai, ga ada stok)
4 lembar daun salam
2 batang serai, geprek, simpulkan (*ummi: ga pakai, ga ada stok)
2 sdm garam
1 sdt gula
2 sdt air jeruk nipis/lemon

Cara Membuat :
  • Kukus beras dan beras ketan (jika pakai) selama kurang lebih 25 menit (*ummi: 30-35 menit), atau sampai setengah matang. Sambil menunggu beras di kukus, kita siapkan bumbunya.
  • Campur kunyit dan santan, kemudian saring (jangan sertakan ampas kunyitnya). 
  • Rebus santan dengan daun salam, daun pandan, serai, gula dan garam hingga mendidih. 
  • Matikan api, masukkan beras yang sudah dikukus ke dalam rebusan santan, aduk hingga rata. 
  • Biarkan air terserap semua oleh beras. Tambahkan air jeruk nipis, aduk lagi hingga rata.
  • Kukus beras kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang (*ummi: kukus 15 menit-an), angkat. 
  • Sajikan bersama lauk pelengkap lainnya ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pizza Nuget


Hubby suka mam pizza ternyata, kalau lagi males masak bisa dengan cepat membuat pizza ini, resepnya masih sama ya,resepnya mb Nikmatul Rosidah, enaak banget rotinya garing tapi empuk, pas banget deh. Bikin seloyang bisa dihabisin sendiri hahaha..senangnya saya ^^...

Resep saya tulis ulang lagi

Bahan-bahan

Tepung Terigu,Pro Tinggi.600 gram
Air hangat370 ml
Yeast ,Ragi Roti2 1/2 sendok teh
Garam2 1/2 sendok teh
Olive oil,/Minyak sayur60 ml
Gula pasir1/2 sendok teh

Cara membuat

1
Campur Ragi dengan air dan gula pasir.Air bisa pakai sebagian dari ukuran.lalu diamkan selama 8 menit biar berbuih.

2

Ayak tepung,lalu tambahkan garam aduk aduk buat lubang ditengah tambahkan minyak.lalu tuangkan Cairan ragi dan sisa air.

3
Aduk dengan tangansampai campur rata.Diamkan selama 5 menit dengan ditutup kain bersih supaya Glutennya rehat. setelah 5 menit keluarkan dan mulai diuleni selama 10 menit.

4

bulatkan adonan dengan dilumuri minyak,lalu tutup dengan kain selama 45 menit atau sampai ukurannya jadi 2 kali lipat. keluarkan adonan lalu bagi menjadi 3.jika memakai loyang letakkan adonan ditengah,biarkan selama 10 menit.

5

setelah 10 menit pipihkan dengan jari jempol tekan tekan ke arah pinggir.

6

Jika Anda tidak punya loyang bisa dengan memakai kertas anti lengket seperti ini.

7

Setelah dipipihkan Crust pizza siap dikasih topping dengan selera masing,masing.Yang sering saya pakai.yaitu.Nanas,Terong,Turkey,Jamur,Sundried tomato,Salmon,Paprika,Onion,dan lain lain.

8

Bisa juga dengan topping bayam tumis dan telor ditengahnya. **Fiorentina pizza** semua pizza dipanggang dengan suhu 200 derajat api atas bawah selama 20 menit.Selamat mencoba.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS