Skip to main content

Posts

Showing posts from March, 2014

Tempe Penyet

Kalau Tempe Penyet sudah umum ya dimana-mana, enak sekali dimakan dengan nasi hangat, disandingkan dengan sayur ase, sayur bening hmm apalagi deh komplit enaknya hihihi...

kali ini hanya mendokumentasikan masakan #recooktahutempeseru saja, resep sambalnya bisa dilihat di resep "sego tempong" ya, dan tempe gorengnya hanya digoreng setelah di bumbui, garam, ketumbar dan bawang putih saja , simple tapi saya suka :D


Martabak dengan kulit krispy

Kali ini bikin kulit martabak sendiri, resepnya dari Mb Dwi Setya, hmm..enak sekali kriuk serasa beli di abang-abang martabah hihihi.. terimakasih ya mbak telah menginspirasi :D seneng deh akhirnya bisa menemukan resep yang pas.

langsung saja resepnya ya :

Eggless Moist chocho Cake versi FQ

nah selalu saja tergiur ingin mencoba resep yang eggless dan ini adalah salah satu resep dari Farah Quinn, dulu sering banget nyatetin di buku kalau dia lagi di tv hihihi...

kue ini meski dipanggang lembut, kata temen yang nyobain enak, dan memang seperti namanya moist banget rasanya, baru sekali ini pakai resep yang pakai cup dan alhamdulillah berhasil juga :D

langsung saja ya ini resepnya

Super moist chocolate cake.
Sumber : Farah Quinn
Caranya mudah sekali. 1 C air hangat, 1/2 C cokelat bubuk, 1 1/2 C terigu, 1C gula pasir, 3/4tsp baking soda, 1/2tsp garam, 1/2C minyak sayur, 1tbs vanilla extract, 2tsp distilled cuka putih. Aduk air dan cokelat bubuk hingga rata, tambahkan bahan lainnya. Aduk kembali hingga smooth. Panggang di oven kurang lebih 30 mnts. Serve with your favorite frosting!

nah cukup sekian ya, mau kerja lagi hihihi :D

Keripik Tempe

Halo Halo teman teman, yang pasti happy long weekend ya, liburtambahan dihari senin wah pasti sudah banyak jadwal liburan nih, heee.. aku mungkin di rumah aja bareng sama hubby dan rencana pingin praktek-praktek beberapa resep yang sudah di bookmark cukup lama :D

oh iya masih di even dapur masak #recooktahu tempe seru, ini adalah salah satu resep yang saya berminat ingin membuat karena penasaran apa bener bisa kriuk ya tempenya, dan taraaa ternyata kriuk loh temen-temen, baru pertama kali bikin dan kriuk banget. bikinnya cuman sedikit sih karena nyoba, dan hubby kelihatannya suka :), bu Sis terimakasih ya atas resepnya.

Keripik Tempe
Sumber :
Bahan-Bahan :
Tempe, tempe diiris tipis jadinya 16 buah16 lempeng
Bawang putih halus1 sendok makan
Ketumbar halus1 sendok teh
Tepung Beras1 cangkir (cup)
Air0.5 cangkir (cup)
Telur Ayam, Kocok lepas, lalu ambil 1/4 nya saja1 butir
Minyaksecukupnya

Cara membuat :
1.Siapkan semua bahan
2. Campur air, tepung beras, irisan daun jeruk, garam, ketumbar dan baw…

Bukan Donat Kentang ^^

weekend kemaren cobain donat, enaaak sekali, hubby suka donatnya, meski g pake kentang, tapi hiks kok tumben-tumbenan lupa nulis sumbernya :'(..padahal enaak sekali rasanya, empuk dan pas rasanya.
tapi sedikit mirip donat kentang mb Nina Nauracake ya hanya saja nggak pake kentang.Alhamdulillah hubby suka :)

saya tuliskan kembali resepnya :

Donat Tanpa Kentang :
Bahan :
Tepung protein tinggi 500 gr
Kuning telur 2 btr
Fermipan 1 st
Susu Bubuk 2 sdm
Air es kurleb 250 cc
Garam 1 st
Butter 50 gr

Cara Membuat :
Dalam Baskom Campur tepung terigu, fermipan, gula, susu bubuk, kuning telur dan tambahi es, uleni sampai rata
Baru masukkan butter dan garam, uleni lagi sampai kalis
Bulatkan tutup dengan kain biarkan mengembang samapi 2 x ukuran
kempeskan dan bulatikan 50 gr, setelah mengembang setengah dari ukuran kempiskan dengan telapak tangan baru dilubangidengan bantuan jari
kembangkan lagi hingga ukuran 2x baru siap digoreng

Tips:
supaya muncul lingkaran cincin maka pada saat menggoreng h…

Brongkos Daging dan Tahu

Nah satu lagi nih masakan asli Jogya yang saya belum pernah makan, googling, jenis brongkos ini macam-macam ada brongkos Jogya berkuah dan brongkos solo tidak berkuah. Masakan ini hampir mirip-mirip sama rawon dari Jatim, hanya saja kuahnya pakai santan, ini yang bikin beda, heee..sama-sama enaaak, unik dan kaya rempah deh ^^, senengnya jadi bisa memasak banyak variasi terimakasih mb Enni Faizah, sudah memperkenalkan masakan ini :)

saya tuliskan kembali resepnya :

Brongkos Daging dan Tahu
sumber : http://dapurmasak.com/resep/2220-brongkos-telur-dan-tahu

Bahan-Bahan :
Telur Ayam, rebus dan kupas5 butir (vira pakai daging)
Tahu Putih5 buah (skip)
Tahu Coklat 5 buah
Kuit Melinjo50 gram (skip)
Bawang Merah8 butir
Bawang Putih3 siung
Kemiri4 butir
Lengkuas (Laos), memarkan3 cm
Kencur 2 cm (skip)
Jahe, memarkan2 cm
Daun Salam 2 lembar
Daun Jeruk5 lembar
Serai2 batang
Cabe Rawit Merah15 biji
Kelapa parut200 gram
Gula Merahsecukupnya
Garamsecukupnya
Kluwak2 buah
Air1 liter

Cara Membuat :

Langkah 1 Halusan bawang …

Besengek Daging dan Tahu

Masih di even #recooktahutempeseru kali ini recook masakan besengek, menurut yang punya resep aslinya masakan ini dari daerah Jawa Tengah. penasaran dan googling, ternyata wah ini masakan warisan nenek moyang di daerah Jawatengah, di Balipun ada juga nama masakan besengek Majapahit, berarti masakan ini sudah ada dari ratusan tahun yang lalu ya hihihi... pantes rasanya kaya renpah yang bikin sedep.sayangnya santan ku kurang kentel :). Jadi nambah wawasan tentang kuliner indonesia makasih Mb Evi

Besengek Tahu Telor
Sumber : http://dapurmasak.com/resep/6789-resep-besengek-tt-tahu-telur

Telur Ayam 2 butir (vira pakai daging)
Tahu Bandung 2 buah (vira tahu putih biasa)
Bawang Merah 5 siung
Bawang Putih 2 siung
Cabai (Cabe) Merah Besar 3 buah
Ketumbar secukupnya
Jintan secukupnya
Terasi secukupnya (vira skip)
Lengkuas (Laos)1 ruas
Serai1 batang
Daun Jeruk1 lembar
Gula Aren1 sendok teh
Garam secukupnya
Kaldu Ayam Bubuksecukupnya
Santan Kental 50 ml (vira santan sedang)
Minyak Goreng1 sendok makan
Air, untuk…

Terik Daging, Tahu, dan Tempe

Langsung ngiler begitu liat Mb DiahDidi posting terik daging & tempe, pas punya daging, tahu,tempe, dan juga plus santan di kulkas, langsung saja segera dibuat biar nggak penasaran, nah bener saja, begitu matang aroma rempahnya hmm.... maknyuss deh sedeeeeep bener.

Barusan makan siang dengan terik ini enaaaak banget, nah akhirnya menemukan lagi resep tradisional yang lezaat, terimakasih mb Diah ^^... serasa di jogja nih menyantap terik nya hihihi :D

saya tuliskan lagi resepnya ya ..
Terik Daging & Tempe
Sumber : Diah Didi

Bahan :
500 gram daging berlemak
1 papan tempe, potong2
4 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
Daun jeruk 3 lembar
Serai 2 batang, memarkan
Kaldu sapi bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula merah 50 gram
Santan sedang 1500 ml

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daging, aduk hingga  berubah warna, masukka…

Ayam goreng Bumbu Laos

Kenal masakan ini awalnya pas magang di kantor pajak Malang, kebetulan ibu-ibu disana semuanya doyan makan, nah sempet ada mbak siapa namanya gitu cerita pernah makan di catering temennya nikah, ya ini ayam bumbu laos, dia kasih tau resepnya, pernah coba juga, yang penting bumbu rempahnya komplit, enaaak sih terasa banget rempah2nya.

kebetulan kok lagi keinget pingin bikin ayam bumbu laos ini ya, hihihi..akhirnya coba resep dari blog Mb Nina yang mengambil resep dari Mb Ricke, sudah pasti hasilnya enaak dan gurih, terasa sekali bumbu rempahnya :D

resep saya tuliskan lagi ya
AYAM GORENG LENGKUAS
Bahan : 1 ekor ayam, potong sesuai selera 1 sdt garam (atau sesuai selera) 1/2 sdt merica bubuk 1 sdt gula pasir 2 helai daun jeruk 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan geprek 400 ml air 3-5 batang lengkuas, diparut (pilih yang masih muda ya). minyak untuk menggoreng secukupnya Bumbu Halus : 7 siung bawang putih 5 butir bawang merah 1 sdm ketumbar 1 ruas lengkuas 3 cm kunyit 3 butir kemiri, …

RAWON

Entah sejak kapan tiba2 jadi kepingin banget makan rawon, padahal biasanya kalau di Jatim paling males makan rawon heeee...sudah lama sekali tidak makan masakan satu ini, sudah kepinginnya sekitar hampir sebulan an, kok ya tiba-tiba lihat tukang sayur bawa kluwek, langsung tanpa pikir panjang ambil kluweknya, dan ke pasar beli daging untuk rawon.

Pas kebetulan juga bapak mertua datang berkunjung ke rumah, jadi semua serba kebetulan, langsung saja dibuat rawonnya :)

Resepnya masih dari resep Ibu Fatmah Bahalwan, bisa dipastikan enaak hasilnya :)...
disantap bersama tempe goreng dan tahu, sedapnyaaa, kalau kepingin lama rasanya kok jadi enaaaak banget ya hihihi..efek dari kepingin rawon.
ya sudah resepnya saya tuliskan lagi ya, :
RAWON
sumber : Bu Fatmah Bahalwan
Bahan:
1 kg     daging sandung lamur
7 sdm   minyak goreng
2 lt       air

Bumbu rempah daun:

1 pt      lengkuas, memarkan
2 btng   serai, memarkan
3 bh     jeruk purut ambil kulit wanginya saja
3 lbr     daun jeruk
1sdt      gula
1 sdt  …

Serba Tahu Tempe

resep mendoan garing Even di DM bulan ini adalah #reecooktahutempeseru, senang sekali sebagai salah satu penggemar tahu tempe nih saya, disamping harganya ekonomis, hemat dikantong, banyak nilai gizi dan sehat...

Dengan berbagai kreasi tahu tempe jadinya masak bisa bervariasi, memasaknya juga lebih praktis hihi...:D
sudah cukup sekian promosi dari saya.

Per tanggal hari ini ada 3 recook dari saya, besok berkreasi dengan menu yang berbeda..semangaat...ibu-ibu :D
resep nuget tahu Salad Buncis Tahu

Gulai Daun Singkong

Kemarin Mbak Endang posting resep gulai daun singkong ala ibunya, langsung ngiler :D, dan inget juga masih ada daun singkong dan daun pepaya yang sudah direbus, akhirnya sorenya sepulang kerja cari-cari yang jual kelapa parut dan alhamdulillah nemu, jadilah masakan ini, terimakasih banyak mb Endang atas sharing resepnya. resep aslinya bisa dilihat JTT

Selamat beraktivitas teman-teman ^^...


Tongseng Ayam

Kebetulan pas ingat ada ayam yang belum dimasak, dan googling jatuh hailah pada resep Tongseng Ayam NCC, hanya saja saya tidak memakai santan. dan hasilnyaaa enaak, tapi sayang hubby kurang suka karena sukanya yang digoreng-goreng heee..ya sudah dibagi-bagi saja ke temen kantor, dan alhamdulillah habis hihihi..bikinnya sedikit.

Langsung saja ya berikut saya tuliskan kembali resepnya :

Rolade Tahu Daun Singkong

Beberapa hari ini sebetulnya malas sekali masak, heee...sering kumat malesnya :D
pekerjaan di dapur itu lumayan ribet dan membutuhkan banyak tenaga, hihihi..jadi senyum-senyum sendiri ada postingan temen yang mengatakan "Cari istri itu yang pintar masak, baru namanya true wife. Kalau cuma bisa ngangetin doang mah namanya microwife " :D jadi merasa tersindir karena saya tidak pintar memasak, namun harusnya perjuangan istri di dapur belajar agar bisa masak harusnya dihargai oleh para suami betul kan ibu-ibu? hihihi...

loh kok malah nyambung ke sini ya...

ya sudah balik lagi ke rolade tahu saja, bikin rolade ini karena sempet kangen sama masakan ibu kantin sewaktu kuliah dulu, rolade tahu daun singkong adalah salah satu favorit saya, hanya saja hasil dari masakan beliau lebih cantik bentuknya :), kalau beliau sepertinya dilapis telur saat terakhir akan di goreng dan saya cukup dengan tepung bumbu tempe ^^..

Tanpa berlama-lama lagi berikut resep dari sajian sedap
Bahan-bahan/bum…

Tumis Daun Pepaya

Hubby request lagi pingin mam daun pepaya, rasanya kan pait. Akhirnya cari2 tips untuk menghilangkan rasa pahitnya daun pepaya, ternyata ada banyak sekali ya tipsnya, ada yang menggunakan lempung, ada juga yang pake batu bata, kalau di Banyuwangi malah pake luntas atau daun santen yang tumbuh sebagai pagar tanaman heeee..., dan ada satu lagi katanya pakai ning-ning njet (air kapur sirih) nah saya pakai yang ini plus baking powder, katanya BP bisa membuat sayuran tetap berwarna hijau. agar tidak terlalu pait disarankan untuk mengganti air rebusan beberapa kali dan benar hasilnya tidak terlalu pahit ^^, tapi saya juga menambahkan daun singkong, ini juga salah satu tips agar rasanya tidak pahit.

Resepnya dari sajian sedap ya, saya tuliskan kembali
Tumis Daun
sumber: sajian sedap sekejap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :   
2 ikat (300 gram) daun pepaya
25 gram teri nasi
4 butir bawang merah, diiris
3 siung bawang putih, diiris
2 buah cabai merah besar, diiris serong
2 buah cabai merah keriting,…

Cheddar cheesecake ekonomis/cotton cheesecake ekonomis