Skip to main content

Rolade Tahu Daun Singkong




Beberapa hari ini sebetulnya malas sekali masak, heee...sering kumat malesnya :D
pekerjaan di dapur itu lumayan ribet dan membutuhkan banyak tenaga, hihihi..jadi senyum-senyum sendiri ada postingan temen yang mengatakan "Cari istri itu yang pintar masak, baru namanya true wife. Kalau cuma bisa ngangetin doang mah namanya microwife " :D jadi merasa tersindir karena saya tidak pintar memasak, namun harusnya perjuangan istri di dapur belajar agar bisa masak harusnya dihargai oleh para suami betul kan ibu-ibu? hihihi...

loh kok malah nyambung ke sini ya...

ya sudah balik lagi ke rolade tahu saja, bikin rolade ini karena sempet kangen sama masakan ibu kantin sewaktu kuliah dulu, rolade tahu daun singkong adalah salah satu favorit saya, hanya saja hasil dari masakan beliau lebih cantik bentuknya :), kalau beliau sepertinya dilapis telur saat terakhir akan di goreng dan saya cukup dengan tepung bumbu tempe ^^..

Tanpa berlama-lama lagi berikut resep dari sajian sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 ikat daun singkong, rebus

Bahan Isi (aduk Rata):
200 gram tahu putih, haluskan
1 sendok makan tepung tapioka
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh ketumbar bubuk
1 batang daun bawang, iris halus
1 butir telur, kocok lepas
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir

Bahan Larutan Tepung: (aduk Rata)
100 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung beras
200 ml air
1/4 sendok teh garam


Cara Pengolahan :
  1. Rebus daun singkong dengan garam dan air sampai lunak. Peras daun singkong. Sisihkan.
  2. Tata daun singkong diatas selembar plastik. Beri bahan isi. Ratakan. Gulung. Ikat kedua ujungnya.
  3. Kukus 20 menit sampai matang. Dinginkan. Potong-potong.
  4. Celup potongan ke larutan tepung. Goreng sampai kuning kecokelatan.
  5. Sajikan dengan saus sambal.

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …