Powered by Blogger.
RSS

Martabak Telur


Alhamdulillah sekarang sudah bisa membuat martabak telur sendiri :)...terimakasih bu Nenis resep kulit martabaknya makyus, garing tapi empuk, mudah juga membuatnya.
Kebetulan ada daging giling yang udah lama nongkrong di kulkas dan taraaa,,,jadilah martabak telur ini, meski menipiskan adonan kulitnya masih kurang bagus tapi hasilnya enaaak sekali, sangat direkomendasikan untuk di coba hihi..

Resepnya saya tuliskan kembali

Bahan kulit (uleni hingga kalis) :
250 gr terigu protein sedang
135 ml air
50 ml minyak goreng
1 sdt garam

Bahan Isi:
telur, bubuk kari, garam,bawang bomay, bawang daun, daging sapi yang digiling .

Cara membuat :
1. Uleni bahan kulit hingga kalis
2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian seberat 50 gr, rendam dalam minyak sebanyak 300 ml selama 2 jam
3. Ambil 1 bagian kulit, pipihkan hingga melebar, lakukan hingga adonan habis, sisihkan
 
 


4. Panaskan minyak dalam wajan ceper, masukkan adonan isi 
5. Lipat bagian pinggir kulit ke arah tengah hingga tertutup rapat, goreng hingga matang, lakukan sampai habis

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Rujak Janganan


Membayangkan masa-masa tinggal di Banyuwangi, tiap hari makan rujak murah meriah dan dengan rasa lezat jadi ngiler, sudah hampir 5 tahun di Jatiasih saya tidak menemukan seorang penjual rujak yang dulu banyak saya temui di kampung halaman. Jadi cuman bisa kepingin makan saja hihihi...
dan karena kepinginnya sudah ditumpuk-tumpuk akhirnya membulatkan tekad untuk bikin sendiri di rumah, mumpung hubby lagi pulang kampung jadi ya masak2 sendiri dan makan2 sendiri deh :D

sayangnya rasanya kurang mantep, gara-gara enggak ada pisang kluthuknya. tapi ya lumayan bisa mengobati rasa kangen saya. bahan-bahannya bisa disesuaikan dengan bahan yang ada di dapur
Rujak Janganan
Bahan :
sayur kangkung direbus
toge, direndam air panas
Lontong
Bahan di haluskan:
kacang tanah goreng
petis
gula merah
garam
cabe rawit
air secukupnya

Cara Pembuatannya cukup mudah : uleg bahan yang dihaluskan lalu masukkan sayur dan lontong, campur jadi satu dan siap disantap ^^..


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kue Lumpur Kentang


Satu lagi snack buat temen-temen di kantor, kuwe lumpur kentang, resep dari

buku resep " 99 Masakan Harian ala Resto Nenis&Sahak", baunya aja udah semriwing enak hihi..sayangnya saya enggak sempet nyicipin, tapi kata temen-temen kue lumpurnya enak banget jadi bikin lagi dong kalau nanti ada waktu :D, terimakasih Bu Nenis dan Pak Sahak.

Langsung saja resepnya dibawah ini ya :
Kue Lumpur
Bahan :
250 gr kentang (kukus)
175 gr terigu protein sedang
175 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
1/2 sdt vanili
2 btr telur
300 ml santan ( dari 1 butir kelapa)
100 gr margarin ( cairkan)
50 gr kismis

Cara membuat :
1. Kocok kentang, terigu, gula pasir, susu bubuk, dan vanili bubuk dgn mikser kecepatan sedang hingga rata.
2. Masukkan telur secara perlahan sambil terus diaduk rata.
3. Tuang santan,aduk rata.
4. Tambahkan margarin cair, aduk rata.
5. Tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam cetakan. Panggang hingga setengah matang, taburi kismis, panggang lagi hingga matang...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cake Kukus Ketan Hitam


Kalau lagi ulang tahun mesti ditagih snack box sama temen-temen, untungnya ulang tahun kali ini jatuh di hari sabtu, jadi ya bisa nyiapin bahan-bahannya. dan untuk salah satu isinya nyobain resep dari blog Cake Fever, mosit banget hasilnya, legit khas bolu ketan hitam, cuman sedikit kemanisan kalau

menurutku, lain kali mau nyoba dikurangin gulanya.

Tapi kata temen-temen pas rasanya dan enak hihihi, so langsung saja ya ini resepnya
Brownies Kukus Ketan Hitam
source : klik disini
Bahan-Bahan :
250 gram tepung ketan hitam
200 gram gula pasir
200 gram minyak goreng
6 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
2 sdm susu kental manis
Cara Membuat:
1. Kocok telur dan gula dengan mikser hingga mengembang dan kental. Masukkan garam dan vanili, kocok rata. Masukkan susu kental manis, kocok rata.
2. Masukkan tepung ketan hitam dengan cara diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata dengan menggunakan spatula besar.
3. Lalu masukkan minyak goreng, perlahan. Aduk balik sampai rata dengan spatula. Pastikan minyak sudah tercampur rata, kalau belum rata nanti kuenya bisa bantat. Kalau susah mencampurnya, masukkan sedikit adonan telur ke minyak dan aduk rata, lalu baru minyak yang sudah dicampur itu dimasukkan perlahan ke adonan telurnya (teknik pancing).
4.Masukkan adonan ke dalam loyang, kukus dengan api sedang selama 20 menit. Jangan pakai api besar supaya permukaan kue tidak bergelombang. Ohya pastikan juga air sudah mendidih saat memasukkan loyang ke dalam kukusan atau klakat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

23.08.2014


Alhamdulillah masih diberi kesempatan sama Allah sampai di umur yang ke 30, udah tua ternyata enggak kerasa jadi kepala 3 hihihi...
Syukur alhamdulillah banyak sekali  moment-moment indah yang Allah kasih, nikmat sehat dan rejeki, ketabahan melewati ujian. Semoga dengan berkurangnya umur ini bisa menjadikan saya istri yang sholeha, menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat. Semoga di tahun ini doa kami untuk segera punya momongan dikabulkan oleh Allah. Aamiin ya Robb..

Terimakasih untuk hubby yang selalu dengan sabar menemani, menyayangi dan mendengarkan keluhan2 dan cerita2 lebay saya hihihi...makasih juga buat kadonya hubby ^^ bakalan sering-sering bikin jus nih :D senangnya..

Kali ini subuh-subuh udah semangat bikin nasi tumpeng ceritanya, dan kebetulan ada resepnya bu Fatmah nasi Pandan hmm..ngiler membayangkan wangi pandan, dan ternyata memang benar begitu matang semerbak wangi pandannya menggoda iman, dan bikin perut laper pingin makan hihihi..

Langsung saja saya tuliskan kembali resepnya

Nasi Pandan

By Fatmah Bahalwan
Source : klik di sini

Bahan:

500 gr   beras putih
100 ml  santan kental
500 ml  air
1 sdm   garam
15 lbr    daun pandan

Cara membuatnya:

  1. Potong-potong daun pandan, blender bersama separuh bagian air, saring peras. Campur air pandan bersama santan dan sisa air hingga jumlah total menjadi 600 ml.
  2. Kukus beras hingga panas. Sementara itu, masak campuran air pandan hingga mendidih. Matikan api.
  3. Campur beras panas dengan air pandan panas, aduk rata dan biarkan semua air terserap habis.
  4. Kukus kembali beras selama 20 menit. Angkat. Sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS