Powered by Blogger.
RSS

Dapur Part#10

Kroket kentang



dulu pernah dapet resep dari majalah masak, lupa tapi apa ya? hihihihi resep kentangnya enak lembuut banget..yummy
Bahan:
500 gr kentang kukus dan haluskan
100 ml air
40 gr margarin
60 gr tepung trigu
1 sdt garam
1 butir kuning telur
2 butir telur, kocok
250 gr tepung panir

Ragout:
2 sdm mentega
1 buah bawang bombay (aku pakai bawang putih) cincang halus
50 gr tepung terigu
200 ml susu cair (aku pakai ultra plain)
100 gr daging cincang (aku pakai ayam direbus dan di suir)
1 buah wortel, potong dadu, rebus
seledri secukupnya
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada

Cara membuat :
1. ragout: panaskan mentega, tumis bawang bombay/bawang putih hingga harum, masukkan tepung terigu, aduk cepat dan tuang susu cair sedikir demi sedikit hingga kental, setelah itu masukkan dagin/ayam, wortel, seledri, garam dan lada bubuk, aduk hingga rata

2. Kulit: didihkan air dan mentega, masukkan terigu, aduk rata dan menggumpal

3. campur kentang dan adonan tepung, garam dan kuning telur

4. ambil satu bagian kulit, pipihka, letakkan ragout, bentuk lonjong, celup ke kocokan telur-panir-kocokan telur-panir.lalu goteng

siyap dinikmati.... ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dapur Part #9

KUE COKLAT

Ada yang salah dengan caraku, xixixi resepnya dari mb Hesti "Choco Chip Muffin" yg dimodif dari Resepnya Bu Sisca Soetomo jadinya kayak gini, xixixixi...sepertinya adonanku terlalu kental dan g pake soda jadinya g bisa bagus. satu lagi karena punyaku tidak di oven seperti di resep tapi di di kukus, xixixixi....

Bahannya:
100 gr margarine, 25 gr butter
50 ml susu cair
2 butir telur
125 gr gula pasir
200 gr tepung terigu
20 gr cokelat bubuk
1 sdt soda kue
1 sdt baking powder
150 gr coco chip



Cara Membuat:

1.Panaskan Oven 200 C, siapkan cetakan muffin
2. ayak tepung terigu, soda kue, baking powder
3. cairkan margarin, butter dan susu cair asal hangat
4. kocok telur dan gula asal gula larut, lalu masukkan tepung terigu dan telur
5. masukkan larutan margarin, aduk perlahan dan tambahkan coco chip.
6. tuang adonan ke cetakan muffin dan panggang hingga 30 menit (punyaku di kukus) xixixi

Kapan2 mau nyobain lagi ^^...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dapur Part #8

Cap-Cay

Tidak ada yg spesial dengan capy cay ku ini, menu makan siang ku ^^

Bahannya :

1 Wortel potong sesuai selera
1/2 bawang bombay
3 siung bawang putih geprek
1 sdt lada
200 gr bakso
1 brokoli hijau
1 tomat
garam dan gula secukupnya

yang barunya aku tambahin sedikit  susu segar, sisa dari buat cocopandan cake xixixixi...hemmm lumayan rasanya jadi lebih gurih loh xixixixi


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

dapur Part #7

LUNCH BOX - "SERUNDENG JAGUNG"


 Heemm yummy...serundeng jagung adalah resep yang kudapat dari mami ku, katanya ini resep asli Banyuwangi ^^, berhubung masih lama pulang kampungnya bikin sendirilah sekarang xixixi, resep berikut adalah modifikasi dari resep mami ku tercinta :D:



Bahan:
- 2 jagung manis
- 100 gr jamur tiram (ini tambahan ku)
- 1 sdm butter
- 1/2 Bawang bombay  (ini tambahan ku)
- 4 siung bawang putih iris tips
- 3 siung bawang merah (resep asli bawang merah yang ada daunnya)
-  1 ruas kencur
- kecap manis 1 sdt
- 1 sdt saos tiram (tambahan ku)
- garam dan gula secukupnya.

Cara membuatnya:
 1. Tumis bawang bombay, bawang putih dan bawang merah dengan butter, setelah harus masukkan kencur dan jagung yang sudah dipipil juga jamur tiramnya.
2. Beri air secukupnya, tambahkan garam, gula, kecap manis dan saos tiram, masak hingga jagung dan jamurnya matang dengan sempurna, jadi deh..^^

Selamat mencoba ya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dapur Part # 6

Coco Pandan Cake


Liat Resepnya di dapurnya mb Hesti jadi ngiler pingin juga ikutan bikin Pandan Butter cake, tapi malah hasilnya jadi cocopandan (huwaaaa...akibat salah ambil pasta pandan). xixixi

Bahan :
75 gr Margarine dan 50 gr butter
110 gula halus
3 butir telur
150 gr tepung terigu protein sedang + 1/2 sdt baking (klo aku +1/2 sdt soda kue)
65ml  susu evaporated (aku pake 100 ml) ditambah 2 sdm pasta pandan (aku pake pasta coco pandan xixixi salah ambil)
1/2 sdt vanili

Cara membuat :
1. Panaskan oven 180 derajat celcius (kalo aku di kukus). siapkan loyang brownies, oles dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu.
2. Kocok margarin, butter, vanili, soda kue, dan gula halus sampai mengembang pucat. tambahkan telur satu persatu
3. Tambahkan separuh bagian terigu dan kocok dengan mixer kecepatan rendah.
4. Masukkan campuran susu dan pasta lalu kocok asal rata, lalu berikut sisa tepungnya kocok kembali.
5. Tuang dalam loyang lalu kukus sekitar 30-40 menit atau samapi tusuk gigi keluar dalam keadaan kering.
6. Taburi dengan coco chip/mesis (dengan keju sepertinya akan lebih lezat ^^)

selamat mencoba....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS