Powered by Blogger.
RSS

Risol Mini




Dan ini adalah olahan snack hasil uprek di dapur semalem, isiannya pakai orak arik sayuran Sebenernya pingin membuat risol yang berbentuk segitiga, yeii bisa dan ternyata butuh kesabaran lebih untuk membuatnya, saya hanya berhasil bikin 3 dan karena kelamaan sisanya lainnya dibuat risol berbentuk tabuhng seperti biasanya :D

Bagus juga ternyata yang berbentuk segitiga, nyesel deh kenapa nggak semua dibentuk segitiga, wkwkwkwk...ya sudah lain kali saja bikin yang segitiga.

untuk kulitnya saya masih setia menggunakan resep dari Teh Nenis Kullit Amris enak, lentur, empuk dan tidak mudah sobek. Kepinginnya sih pakai wajan kwalik, sepertinya kulitnya bisa tipis dan sama besarnya, tapi karena belum punya akhirnya pakai teflon biasa ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Orak-Arik Sayuran


Berawal dari suami yang suka sekali makan kubis, nah tapi karena saya tidak terlalu suka kubis, jadi bingung kubisnya mau dimasak apa. Akhirnya bikin masakan sayuran yang simpel, Orak Arik Sayuran saja, resepnya dari Mb Rina Audie, makasih banyak mb Rina meski simpel orak-ariknya memang enak dimam bersama nasi panas.

Selain dibuat makanan pendamping nasi, orak-arik ini saya buat untuk isian risol mini, hihihihi..nah kan jadi sekalian bisa buat lauk dan cemilan.

untuk Resepnya saya tuliskan kembali :
Bahan :
5 butir bawang merah
2 siung  bawang putih, cincang halus
1 sdt kecap ikan/asin
2 bh wortel, potong/serut bentuk korek api
8 lbr kol/kubis, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
1 bonggol pokcoy/bokcoy iris tipis (skip)
1 tongkol jagung manis, sisir/pipil bijinya
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur ayam
3 buah cabe merah

Cara membuat :
1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, beri kecap ikan.
2. Masukkan wortel dan masak sampai matang. Jika perlu beri 2-3 sdm air supaya cepat empuk.
3. Menyusul kol dan daun bawang, beri garam, gula dan merica, aduk sampai rata.  Cek rasanya. Masukkan jagung manis.
4. Buat lubang di tengah sayur, masukkan telur dan aduk sampai rata. Masak sampai matang. Angkat dan sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Puding Vanila Oreo




Bikin Puding itu gampang-gampang susah, buktinya berkali-kali bikin puding suksesnya bisa dihitung hihihi..salut deh sama yang bikin puding yang bergambar bunga-bunga gitu ^_^.
sebenernya minggu itu males banget mau ngapa-ngapain tapi berhubung kehabisan beras, akhirnya laper dan nyari2 resep gampang, terutama untuk cuaca panas maka pudinglah cemilan yang cocok untuk menyegarkan tenggorokan heee...

Puding Oreo ini enak lembuut banget, cuman hubby kurang suka karena kebanyakan susu katanya, hahaha..ya sudah lain kali mau coba bikin yang seger-seger rasa buah :D

untuk resepnya ada dibawah ini ya

PUDING VANILLA OREO
Sumber : Mb Vivi

Bahan Puding :
1000cc Susu cair fullcream
1bks Agar-agar warna putih
120gr Gula Pasir
10keping Biskuit Oreo, buang krimnya (hancurkan)
1sdt Vanilla pasta
50gr Whipping cream bubuk

Bahan Vla Vanilla :
300cc Susu cair fullcream
2sdm Maizena
60gr Gula
Sedikit garam
1sdt Vanilla pasta

Cara membuat :

1. Puding : Rebus susu, agar-agar dan gula  sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api, masukkan oreo, whipping cream dan vanilla pasta, aduk rata. Hilangkan uap panasnya kemudian cetak menurut selera.

2. Vla vanilla : Rebus semua bahan, aduk-aduk dengan whisker hingga mengental dan mendidih.

3. Sajikan puding oreo dengan vla vanilla.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bolang-Baling Ubi Jalar




Selamat Hari Senin ya teman-teman, seperti biasa setelah libur males banget untuk kembali beraktivitas di hari senin, hee..tapi harus tetep semangaat ^_^.
Oh iya, aktivitas saya minggu kemarin membuat cemilan request hubby, sebenarnya hubby mintanya ceilan ringan, tapi sama sekali nggak punya ide mau bikin cemilan apa. berhunung masih punya ubi jalar, dan kemarin melihat postingan mb Endang JTT, akhirnya coba buat bolang baling Ubi Jalar saja. Sayangnya menurut hubby jajanan ini termasuk snack kategori makanan berat hahaha..padahal rasanya maknyusss banget. Garing diluar dan lembut di dalem.

Resepnya saya tuliskan lagi dibawah ini, saya hanya menggunakan 1/2 resep dibawah ini ;


Bolang-Baling Ubi Jalar Kuning Source : Mb Endang JTT
Bahan: - 200 gram ubi jalar kuning yang telah dikukus *)
 - 300 gram tepung terigu (bisa menggunakan protein tinggi atau sedang, saya menggunakan protein sedang/serba guna)
- 80 gram gula pasir - 3 gram ragi instan, sekitar 1 sendok teh peres bukan munjung  (saya pakai Fermipan) **) - 2 sendok makan susu bubuk full cream, atau jenis susu bubuk lainnya - 1 sendok teh vanilla extract atau 1/4 sendok teh vanili bubuk atau 1/2 sendok teh vanili essence  - 80 ml susu cair dingin - 1 butir kuning telur  - 50 gram mentega/margarine cair + 1/4  sendok teh  garam halus (aduk hingga rata) - biji wijen putih untuk taburan  

Cara membuat:

Kukus ubi hingga benar-benar matang, dan sangat empuk. Tes dengan menusukkan garpu ke ubi, jika garpu masuk dengan mudah hingga ke bagian terdalam ubi maka tandanya ubi telah matang. Keluarkan dari kukusan, biarkan dingin kemudian kupas ubi dan ambil sekitar 200 gram untuk kue. 

Haluskan ubi yang telah dikupas hingga benar-benar halus, bisa menggunakan garpu seperti yang saya lakukan, atau chopper dan food processor.  
 
Sisihkan tepung terigu dari porsi tepung diresep sebanyak 50 gram/1 sendok sayur untuk taburan saat menguleni adonan. Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, susu bubuk dan vanili bubuk (jika menggunakan jenis vanili berbentuk tepung). Aduk rata dengan spatula. Tambahkan susu cair, kuning telur, dan vanilla extract/essence jika menggunakan vanili berbentuk cairan. Aduk hingga rata. 
 
Masukkan ubi jalar yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata. Siapkan meja dengan permukaan yang datar, taburkan permukaan meja dengan tepung terigu yang tadi telah disisihkan. Tuangkan adonan bolang-baling ke permukaan tepung. Lumuri permukaan tangan dengan tepung kemudian uleni adonan sambil sesekali meja atau telapak tangan dilumuri dengan tepung terigu hingga adonan menjadi kalis, lemas, elastis dan sisa tepung habis.  
 
Jika adonan telah mulai lembut dan kalis, buat cekungan di permukaan adonan dan tambahkan mentega/margarine cair sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni hingga semua mentega/margarine habis dan adonan menjadi lembut. 

Membutuhkan sedikit waktu untuk menguleni adonan bercampur mentega cair, sekitar 10 menit, tetapi percayalah proses ini akan membuat adonan menjadi super smooth. 
 
Olesi permukaan mangkuk bekas mencampur adonan dengan minyak goreng. Bulatkan adonan, kemudian letakkan di dalam mangkuk. Tutup dengan kain bersih, dan diamkan minimal 1 jam atau hingga adonan mengembang minimal 2 kali lipat 
 
Siapkan loyang, taburi permukaannya dengan sedikit tepung atau alasi dengan kertas baking. 

Jika adonan telah mengembang, taburi permukaan meja dengan sedikit tepung. Tuangkan adonan dan gilas dengan kayu penggilas yang juga telah dilumuri dengan tepung terigu. Gilas hingga adonan setebal + 2 cm. Potong adonan dengan alat pemotong seperti yang saya gunakan, atau pisau tajam. Bisa berbentuk bulat atau kotak.
 
Tata potongan adonan di permukaan loyang yang telah dipersiapkan, beri jarak antar adonan. Olesi permukaannya dengan susu cair atau air biasa, taburi dengan biji wijen, dan tekan biji wijen perlahan dengan ujung jari agar bisa menempel dengan baik. 

Tutup loyang berisikan potongan adonan, diamkan selama 30 menit. 

Siapkan wajan, beri minyak agak banyak. Panaskan minyak dengan api kecil saja. Goreng bolang-baling di dalam minyak dan jangan masukkan adonan sekaligus banyak agar maksimal matangnya. Goreng dengan api kecil sambil bolang-baling dibalik-balikkan hingga permukaannya matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan, letakkan kue diatas tisu dapur untuk menyerap kelebihan minyak.

Bolang-baling siap disantap hangat-hangat.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pethulo




Oh ya lupa terus belum posting resep petulo yang telah dicoba bulan lalu,bikin jajanan ini gara-gara kangen banget sama makanan di Banyuwangi, biasanya petulo hadir dalam selama bulan ramadhan saja, hiks..sudah 5 tahun tidak bisa makan jajanan ini. selain petulo dari tepung beras biasanya ada prtulo dari pisang. Maknyuss deh.., Ada satu jajanan lagi yang kangen banget dari Banyuwangi yaitu lak-lak, penamakannya sih mirip sama surabi tapi beda di rasa entahlah resepnya bagaimana. Titik-titik kambingpun juga jajanan yang paling favorit hiks tapi dimana ya ada yang jual disini :(.

Ya sudahlah kembali lagi ke resep petulo saja, dari bahan-bahan nya sederhana, seperti biasa jajanan tradisional tidak membutuhkan bahan yang macam-macam namun cukup susah ternyata klo di praktekkan, ada semacam tips2 khusus, nah itu yang bikin malas membuat jajanan transdisional. Hihihi...

Dari bahan sederhana ini yang susah adalah saat mencetaknya, Ya Allah butuh perjuangan, mungkin saya ada salah takaran dalam mebuatnya, hasilnya pun masih berbeda dari petulo yang ada di Banyuwangi, namun begitu sudah bisa mengobati rasa kangenku akan makanan ini. Lain kali harus belajar dari penjual petulonya ya hahaha...kira-kira apa mau ngajarin :D

  Baiklah langsung saja ya ke resepnya, saya menyadurnya dari majalah Femina ^_^

Petulo:
  • 250 g tepung beras, ayak
  • 300 ml santan dari ¼ butir kelapa parut
  • 1 sdt garam
  • 4 lembar daun pandan, simpulkan
  • 50 g tepung kanji, ayak
  • ½ sdt pewarna hijau makanan
  • ½ sdt pewarna merah muda makanan
  • Kuah:
  • 1½ L santan encer dari 1 butir kelapa parut
  • 3 lembar daun pandan, simpulkan
  • 200 g gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 5 cm jahe emprit, memarkan
Cara Membuat:
  1. Petulo: Kukus tepung beras selama 20 menit dalam dandang panas. Angkat. Sisihkan.
  2. Didihkan santan bersama garam dan daun pandan, angkat. Sisihkan daun pandan.
  3. Tuang ke dalam tepung beras kukus, sambil aduk rata hingga agak dingin. Tambahkan tepung kanji, aduk cepat hingga rata.
  4. Bagi adonan menjadi 2 bagian, tambahkan masing-masing dengan pewarna hijau dan merah muda. Uleni hingga rata.
  5. Masukkan ke dalam cetakan putu mayang, tekan hingga adonan berbentuk mi, gulung. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Kukus dalam dandang panas selama 25 menit hingga matang. Angkat. Sisihkan.
  7. Kuah: Didihkan santan bersama daun pandan, gula pasir, garam, dan jahe. Aduk rata perlahan agar santan tidak pecah. Angkat.
  8. Penyajian: Susun ketan, kacang hijau, biji delima, roti tawar, dan petulo dalam mangkuk saji. Tuangi dengan kuah santan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ayam Masak Gurih Kemiri


Seperti biasa sebelum jadwal kasih makan satpam di komplek, saya mencari-cari resep persiapanagar pas jadwal saya tidak kebingungan lagi mau masak apa hihihi. Pas cari di sajian sedap kok tertarik dengan menu ayam masak gurih kemiri, sepertinya sedap. Sayangnya hubby nggak suka ayam dimasak seperti ini, sukanya hanya suka ayam goreng kering atau ayam kentucky, fiuuhh..ya sudah tidak apa-apa heee..

Langsung saja resepnya ya seperti diabwah ini
Ayam Masak Gurih Kemiri
Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
1 ekor ayam kampung muda, dipotong 10 bagian (saya 8 bagian)
2 batang serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
8 buah cabai rawit utuh (skip)
2 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula merah
500 ml santan dari 1 butir kelapa
500 ml air
4 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri, goreng
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh jinten
5 buah cabai rawit (skip)
4 buah cabai merah (10 buah)


Cara membuat ayam masak gurih kemiri:
  1. Panggang ayam di atas bara api sambil sesekali dibalik hingga kuning kecokelatan. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, jahe, dan daun jeruk sampai harum.
  3. Masukkan ayam. Aduk rata. Tambahkan cabai rawit, garam, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Tuang air. Masak sampai ayam empuk.
  5. Tuang santan sambil diaduk sampai mendidih dan matang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Perkedel (Dengan Tepung Kentang)


Perkedel dengan tepung kentang sangat praktis tis deh, seneng banget tanpa pegel uleg menguleg, percobaan pertama bikin perkedel ini saya bikin polosan tanpa campuran daging. untuk resepnya seperti biasadari mb Diah, terimakasih banyak mb, hasilnya enaak banget nggak kerasa kalau itu dari tepung kentang, persis sama dengan kentang asli ^_^..

langsung saja resepnya ya

Perkedel dari Tepung Kentang
Bahan :
100 gr tepung kentang
200 ml air panas
2 siung bawang putih, iris tipis dan goreng
1 sdm bawang merah goreng
1/8 sdt pala bubuk
1/8 merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
garam secukupnya
Telur 1 butir
1 tangkai daun seledri iris halus
Cara membuat :
1. Siapkan 100 gr tepung kentang seduh dengan 200 ml air panas, sambil diaduk hingga jadi adonan kentang kukus lumat
2.haluskan  bawang putih yang digoreng, bawang merah goreng, pala, merica, kaldu bubuk dan garam
3. campurkan bumbu ke dalam kentang halus dan tambahkan telur juga irisan daun seledri
4. bentuk bulat pipih atau sesuai selera
5.celup adonan ke kocokan telur, lalu goreng hingga matang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soto Koyah Surabaya


Dulu saya mengira koyah soto Surabaya itu hanya terbuat dari kelapa yang disangrai, jadi membayangkan saja pingin bikin kok ya males heee.. pas liat di DM ada mb May yang posting Soto Koyah Surabaya, dan koyahnya ternyata simple dari kerupuk udang dan bawang putih yang digoreng, jadi semangat memasak soto koyah hihihi..enak banget apalagi pake ayam kampung, berasa sedepnya :D makasih banyak mb May sudah berbagi resep.

Resepnya saya tulis ulang ya :

Bahan-bahan

1 ekor Ayam kampung besar
1 sdm Ketumbar
6 -7 lbr Daun jeruk kerat-kerat saja
2 bh Kerupuk putih
15 btr Cabe rawit
Pelengkap :
10 btr Bawang putih
1/2 sdt Merica butiran
4 btg Daun bawang besar, masukkan terakhir
2 bh Kerupuk udang
1 bh Kemiri (panggang di teflon), saya tidak pakai
sesuai selera Perkedel
1 7/10 ltr Air untuk merebus
sesuai selera garam, gula, penyedap
Koyah, haluskan :
1 sdt Bawang putih goreng
sesuai selera Garam, penyedap
1 ikat Suun rendam air panas, tiriskan, ganti air dingin
Bumbu penyerta
Sambal, haluskan :
sesuai selera Telur rebus
seruas ibu jari Kunyit
5 cm Jahe, geprek
sesuai selera Jeruk nipis, potong-potong

Haluskan bersama, tumis:

7 butir Kemiri
2 btg Sereh, geprek
sesuai selera Kecap manis, saat disajikan
1 sdt Jintan
3 btr Kapulaga utuh (bisa diskip)
sesuai selera Bawang Merah Goreng, taburan
15 btr Bawang merah 

Cara Membuat :




1. Rebus ayam dengan air, masukkan tumisan bumbu halus, kapulaga, berikut bahan yang digeprek. Tambahkan garam, gula, penyedap. Rebus dengan api kecil sampai kira-kira 45 menit. Masukkan daun bawang besar setelah api dimatikan.  

2. Sambil menunggu ayam selesai direbus, siapkan koyah. Blender semua bahannya: kerupuk putih & kerupuk udang, bawang putih goreng.   

3.Ayam selesai direbus, tiriskan, suwir-suwir.

4.Penyajiannya dalam mangkuk: nasi, suun (kelupaan), taburi ayam suwir, perkedel, telur rebus, air jeruk nipis, tuangi kuah, beri koyah, bawang merah goreng, kecap manis. - Sambal jika suka.




 


                                                    

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nasi Kebuli


Sebetulnya belum pernah nyicip yang namanya nasi kebuli, tapi suami suka dengan nasi yang berbau-bau timur tengah tersebut, eh bener enggak ya :D.
Akhirnya jadi penasaran juga, pas kebetulan liat postingan dari Mb Novika Siregar, kok gampang bikin nasi Kebuli Magic Com, rasanya sih bener-bener berempah :D betul tidak ya rasanya seperti ini. Enaaak sih, secara saya tidak suka dengan kambing dan dengan resep ini pas sekali menggunakan daging sapi heee.. Terimakasih mb Novika. Langsung saja ya ke resepnya dibawah ini..

Nasi Kebuli Magic Com
oleh Novika Siregar
Bahan :
Beras long grain 500 gr
Susu uht 250 ml
Rebusan daging 250 gr (cincang)
Kaldu rebusan daging 250 ml
Pasta kari instan 1 sachet
Setengah bagian bawang bombay (iris)
Setengah bagian paprika hijau(iris) (skip)
Setengah bagian paprika merah (iris) (skip)
Cabe rawit merah yang besar 8 buah (optional) (skip)
2 biji bunga lawang
2 butir kapulaga
3 butir cengkeh
1 ruas kayu manis (2cm)
Garam 1 sdm
air matang 250 ml
cara:

 cuci bersih beras, masukan bahan lain nya, aduk rata. Masak dalam magic jar. Tunggu hingga matang sambil di aduk sesekali.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Urap Megono


Judul dari mb Diah Didi Urap Meono bukan urap biasa, wah dari namanya kok udah bikin ngiler ya hee..seperti biasa pingin praktekin udah lama tapi kok ya malesnya, dan baru kesampean minggu kemaren. Gara-garanya ada budhe tukang sayur yang sekarang punya alat marut kelapa, nah disitu baru kepikiran bikin urap megono ini hihihi..

Hasilnya enaak banget, meskipun nggak ada dagingnya tapi saya ganti dengan udang hmm..dimam sama nasi anget dan tempe mendoan sudah cukup nikmat :D

Langsung saja ya resepnya dibawah ini:


Urap Megono Khas Yogya
Oleh: Mb Diah Didi
 
Bumbu halus : 
8 butir bawang merah, 
5 bawang putih, 
5 buah cabe merah, 
5 butir kemiri, 
1 sendok teh ketumbar.
Bahan lain :
 1 butir kelapa setengah tua, parut panjang, 
2 lembar daun salam, 
2 lembar daun jeruk purut,
 2 batang sereh, 
3 cm lengkuas, 
50 gram gula merah. 
 Daging tetelan 150 gram, rebus sampai matang dan empuk, sisihkan kaldunya.(vira pakai udang)
 Rebon 1 sendok makan dan sepotong tempe semangit ( kira2 50 gram ), potong kecil2.(vira skip)

Cara membuat:
Ulek bumbu2nya hingga halus
Tumis bumbu halus, beri 200 ml air kaldu sapi, 
masukkan udang,n bumbu2 lain, serta garam secukupnya dan 1/2 sendok teh kaldu bubuk.
Tambahkan kelapa parut, lalu aduk rata
Aduk dan gongseng semua bumbu hingga matang dan setengah kering 
Siapkan sayur rebus sesuai selera 
Tambahkan bumbu urap megono secukupnya
Siap disajikan dengan sepiring nasi hangat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS