Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2015

Risol Mini

Dan ini adalah olahan snack hasil uprek di dapur semalem, isiannya pakai orak arik sayuran Sebenernya pingin membuat risol yang berbentuk segitiga, yeii bisa dan ternyata butuh kesabaran lebih untuk membuatnya, saya hanya berhasil bikin 3 dan karena kelamaan sisanya lainnya dibuat risol berbentuk tabuhng seperti biasanya :D

Bagus juga ternyata yang berbentuk segitiga, nyesel deh kenapa nggak semua dibentuk segitiga, wkwkwkwk...ya sudah lain kali saja bikin yang segitiga.

untuk kulitnya saya masih setia menggunakan resep dari Teh Nenis Kullit Amris enak, lentur, empuk dan tidak mudah sobek. Kepinginnya sih pakai wajan kwalik, sepertinya kulitnya bisa tipis dan sama besarnya, tapi karena belum punya akhirnya pakai teflon biasa ^_^

Orak-Arik Sayuran

Berawal dari suami yang suka sekali makan kubis, nah tapi karena saya tidak terlalu suka kubis, jadi bingung kubisnya mau dimasak apa. Akhirnya bikin masakan sayuran yang simpel, Orak Arik Sayuran saja, resepnya dari Mb Rina Audie, makasih banyak mb Rina meski simpel orak-ariknya memang enak dimam bersama nasi panas.

Selain dibuat makanan pendamping nasi, orak-arik ini saya buat untuk isian risol mini, hihihihi..nah kan jadi sekalian bisa buat lauk dan cemilan.

untuk Resepnya saya tuliskan kembali :
Bahan :
5 butir bawang merah
2 siung  bawang putih, cincang halus
1 sdt kecap ikan/asin
2 bh wortel, potong/serut bentuk korek api
8 lbr kol/kubis, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
1 bonggol pokcoy/bokcoy iris tipis (skip)
1 tongkol jagung manis, sisir/pipil bijinya
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur ayam
3 buah cabe merah

Cara membuat :
1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, beri kecap ikan.
2. Masukkan wortel dan masak sampai mat…

Puding Vanila Oreo

Bikin Puding itu gampang-gampang susah, buktinya berkali-kali bikin puding suksesnya bisa dihitung hihihi..salut deh sama yang bikin puding yang bergambar bunga-bunga gitu ^_^.
sebenernya minggu itu males banget mau ngapa-ngapain tapi berhubung kehabisan beras, akhirnya laper dan nyari2 resep gampang, terutama untuk cuaca panas maka pudinglah cemilan yang cocok untuk menyegarkan tenggorokan heee...

Puding Oreo ini enak lembuut banget, cuman hubby kurang suka karena kebanyakan susu katanya, hahaha..ya sudah lain kali mau coba bikin yang seger-seger rasa buah :D

untuk resepnya ada dibawah ini ya

Bolang-Baling Ubi Jalar

Selamat Hari Senin ya teman-teman, seperti biasa setelah libur males banget untuk kembali beraktivitas di hari senin, hee..tapi harus tetep semangaat ^_^.
Oh iya, aktivitas saya minggu kemarin membuat cemilan request hubby, sebenarnya hubby mintanya ceilan ringan, tapi sama sekali nggak punya ide mau bikin cemilan apa. berhunung masih punya ubi jalar, dan kemarin melihat postingan mb Endang JTT, akhirnya coba buat bolang baling Ubi Jalar saja. Sayangnya menurut hubby jajanan ini termasuk snack kategori makanan berat hahaha..padahal rasanya maknyusss banget. Garing diluar dan lembut di dalem.

Resepnya saya tuliskan lagi dibawah ini, saya hanya menggunakan 1/2 resep dibawah ini ;


Bolang-Baling Ubi Jalar KuningSource : Mb Endang JTT
Bahan:- 200 gram ubi jalar kuning yang telah dikukus *)
 - 300 gram tepung terigu (bisa menggunakan protein tinggi atau sedang, saya menggunakan protein sedang/serba guna)- 80 gram gula pasir- 3 gram ragi instan, sekitar 1 sendok teh peres bukan munjung  (saya pak…

Pethulo

Ayam Masak Gurih Kemiri

Seperti biasa sebelum jadwal kasih makan satpam di komplek, saya mencari-cari resep persiapanagar pas jadwal saya tidak kebingungan lagi mau masak apa hihihi. Pas cari di sajian sedap kok tertarik dengan menu ayam masak gurih kemiri, sepertinya sedap. Sayangnya hubby nggak suka ayam dimasak seperti ini, sukanya hanya suka ayam goreng kering atau ayam kentucky, fiuuhh..ya sudah tidak apa-apa heee..

Langsung saja resepnya ya seperti diabwah ini
Ayam Masak Gurih Kemiri
Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
1 ekor ayam kampung muda, dipotong 10 bagian (saya 8 bagian)
2 batang serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
8 buah cabai rawit utuh (skip)
2 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula merah
500 ml santan dari 1 butir kelapa
500 ml air
4 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri, goreng
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh jinten
5 buah cabai rawit (skip)
4 buah cabai merah (10 buah)


Cara membuat ayam masa…

Perkedel (Dengan Tepung Kentang)

Perkedel dengan tepung kentang sangat praktis tis deh, seneng banget tanpa pegel uleg menguleg, percobaan pertama bikin perkedel ini saya bikin polosan tanpa campuran daging. untuk resepnya seperti biasadari mb Diah, terimakasih banyak mb, hasilnya enaak banget nggak kerasa kalau itu dari tepung kentang, persis sama dengan kentang asli ^_^..

langsung saja resepnya ya

Perkedel dari Tepung Kentang
Bahan :
100 gr tepung kentang
200 ml air panas
2 siung bawang putih, iris tipis dan goreng
1 sdm bawang merah goreng
1/8 sdt pala bubuk
1/8 merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
garam secukupnya
Telur 1 butir
1 tangkai daun seledri iris halus
Cara membuat :
1. Siapkan 100 gr tepung kentang seduh dengan 200 ml air panas, sambil diaduk hingga jadi adonan kentang kukus lumat
2.haluskan  bawang putih yang digoreng, bawang merah goreng, pala, merica, kaldu bubuk dan garam
3. campurkan bumbu ke dalam kentang halus dan tambahkan telur juga irisan daun seledri
4. bentuk bulat pipih atau sesuai selera
5.c…

Soto Koyah Surabaya

Dulu saya mengira koyah soto Surabaya itu hanya terbuat dari kelapa yang disangrai, jadi membayangkan saja pingin bikin kok ya males heee.. pas liat di DM ada mb May yang posting Soto Koyah Surabaya, dan koyahnya ternyata simple dari kerupuk udang dan bawang putih yang digoreng, jadi semangat memasak soto koyah hihihi..enak banget apalagi pake ayam kampung, berasa sedepnya :D makasih banyak mb May sudah berbagi resep.

Resepnya saya tulis ulang ya :
Bahan-bahan1 ekor Ayam kampung besar 1 sdm Ketumbar 6 -7 lbr Daun jeruk kerat-kerat saja 2 bh Kerupuk putih 15 btr Cabe rawit Pelengkap : 10 btr Bawang putih 1/2 sdt Merica butiran 4 btg Daun bawang besar, masukkan terakhir 2 bh Kerupuk udang 1 bh Kemiri (panggang di teflon), saya tidak pakai sesuai selera Perkedel 1 7/10 ltr Air untuk merebus sesuai selera garam, gula, penyedap Koyah, haluskan : 1 sdt Bawang putih goreng sesuai selera Garam, penyedap 1 ikat Suun rendam air panas, tiriskan, ganti air dingin Bumbu penyerta Sambal, haluska…

Nasi Kebuli

Sebetulnya belum pernah nyicip yang namanya nasi kebuli, tapi suami suka dengan nasi yang berbau-bau timur tengah tersebut, eh bener enggak ya :D.
Akhirnya jadi penasaran juga, pas kebetulan liat postingan dari Mb Novika Siregar, kok gampang bikin nasi Kebuli Magic Com, rasanya sih bener-bener berempah :D betul tidak ya rasanya seperti ini. Enaaak sih, secara saya tidak suka dengan kambing dan dengan resep ini pas sekali menggunakan daging sapi heee.. Terimakasih mb Novika. Langsung saja ya ke resepnya dibawah ini..

Nasi Kebuli Magic Com
oleh Novika Siregar
Bahan :
Beras long grain 500 gr
Susu uht 250 ml
Rebusan daging 250 gr (cincang)
Kaldu rebusan daging 250 ml
Pasta kari instan 1 sachet
Setengah bagian bawang bombay (iris)
Setengah bagian paprika hijau(iris) (skip)
Setengah bagian paprika merah (iris) (skip)
Cabe rawit merah yang besar 8 buah (optional) (skip)
2 biji bunga lawang
2 butir kapulaga
3 butir cengkeh
1 ruas kayu manis (2cm)
Garam 1 sdm
air matang 250 ml
cara:
 cuci be…

Urap Megono

Judul dari mb Diah Didi Urap Meono bukan urap biasa, wah dari namanya kok udah bikin ngiler ya hee..seperti biasa pingin praktekin udah lama tapi kok ya malesnya, dan baru kesampean minggu kemaren. Gara-garanya ada budhe tukang sayur yang sekarang punya alat marut kelapa, nah disitu baru kepikiran bikin urap megono ini hihihi..

Hasilnya enaak banget, meskipun nggak ada dagingnya tapi saya ganti dengan udang hmm..dimam sama nasi anget dan tempe mendoan sudah cukup nikmat :D

Langsung saja ya resepnya dibawah ini: