Powered by Blogger.
RSS

Kucur atau Cucur Pandan






hmmm.. mulai ketagihan bikin kucur deh setelah kemarin sukses membuat kucur gulmer berserat dan empuk, kali ini nyoba yang rasa pandan. Resepnya sama seperti Kucur atau Cucur Gulmer

cuman gulanya pakai gula putih dan pakai pasta pandan, sedikit kemanisan menurutku, lain kali coba dikurangin gulanya dan ingin pakai pasta pandan dan daun suji homade hee, doakan semoga sukses.
sebelum bikin versi pandan sempet berdiskusi dengan ibu, biar berserat ibu menyarankan pakai air kelapa, tapi penasaran kalau pakai air biasa harusnya juga bisa berserat seperti sebelumnya. Dan taraa terbukti bisa berserat heee..senangnya hatiku :D

meski hubby nggak doyan, alhamdulillah latis juga buat buah tangan ke temennya hubby ^^...dan yang pasti besok bagi-bagi buat temen kanto ^^...

sudah malem, mari dilanjutkan tidur malem, have a nice night ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Zupa Soup



                                               (percobaan kedua yeeeeii)

Doyan banget sama soup yang satu ini, cuman kalo beli dapetnya sedikit dan harganya lumayan mahal, nah jadi semakin ingin menikmatinya nih. hee pas banget musim ujan dan sudah beli korsvetnya. resep puff nya nyontek di blog mb Hesti's Kitchen sedangkan isinya nyontek di NCC
(ini percobaan Pertama)
percobaan pertama g sukses, ternyata lebih bagus kalau di isikan dalam mug bisa mengembang cantik.
percobaan pertama ketipisan adonan puff jadinya gak terlalu bagus, isinya kalau kepenuuhan nanti naik ke atas jadinya juga puff nya g bisa ngembang heeee....
(percobaan pertama juga tapi gagal :D)
dan percobaan kedua dengan mug wow, mengembang sempurna..yaaa namanya belajar heee...semoga kedepannya bisa lebih baik lagi. untuk rasa wow gurih, lebih enak bikin sendiri bisa dapet banyak dan murah meriah heeee...meski hubby enggak doyan sama zupa, tapi ponakanku azbin doyan banget alhamdulillah laris manis, dibagi ke tetangga pun komennya enaak meski penampakannya belum sempurna :D

resep puff bisa liat di sini
dan resep supnya bisa dilihat di sini

Selamat beraktifitas teman-teman..^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kucur atau Cucur






Senang sekali hari ini, bukan karena dapat hadiah atau apa, karena berhasil buat kue kucur, heee..begitu di daerahku kue ini terkenal dengan nama kucur, sedangkan di sini di bekasi biasa dikenal dengan nama cucur. Meski resepnya sangat sederhana bikinnya itu tidak sederhana hahahaha..sudah berpuluh kali gagal bikin kue ini. gagal total...tapi pantang menyerah aja. sempet berfikir udah nggak pingin bikin kucur lagi, eh lha kok di FB NCC berseliweran resep kue ini, heee... akhirnya sambil nunggu hubby pulang ngeplok2 adonan kucur aja deh...



sengaja aku coba diamkan semalaman aja, sekalian pagi2 anget2 dibawa ke kantor buat teman2, dan berharap kucurnya keluar serat dan empuk untuk dimakan.
taraaaaa...abis subuh nggak sabar buat coba dan alhamdulillah berserat dan keluar larvanya pertanda sukses, senengnyaaaa :D

jadinya empuk recomended buat dicoba
Resep kue cucur : 
sumber : UpOetz LuDchu

Bahan :
220ml air
125gr gula merah
2 lembar daun pandan
125 gr tepung beras
30 gr tepung terigu
1/4 Sdt garam

Cara membuat
- didihkan air, gula dan daun pandan sampai gula larut, saring. Diamkan hingga hangat kuku

- campur tepung terigu, tepung beras, garam. Tuang larutan gula sedikit" sambil di Uleni setelah kental keplok" sambil dituangi larutan gula sedikit" sampai habis. Diamkan 30 menit

-panaskan minyak secukupnya tuang adonan, siram" sampai mengembang dan berserat

Note:

- sebelum digoreng adonan di aduk dulu kira" 10 menitan ya biar berserat
- minyak jgn trll panas, pakai api kecil saja klo trll panas bisa" seratnya gg keluar
- adonan berhasil kalau waktu digoreng berserat terus keluar adonan mentahnya dari tengah adonan semacam lava gtu

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mie Schotel






Sudah lama ingin mempraktekan macaroni schotel sebenernya tapi setiap kali ditanya katanya hubby nggak doyan, kebetulan musim hujannya kok nggak berhenti-berhenti dan stock makanan lagi kosong elum belanja, akhirnya nekat aja bikin mie schotel heee..tau deh hubby suka atau enggak.

cemplung-cemplung aja dengan bahan yang masih tersisa di kulkas, dan walah..begitu mateng ternyata hubby doyan heee..jadi nggak sia-sia masaknya.

resepnya seperti berikut ya cuman ada beberapa yang ditambahkan menyesuaikan dengan yang ada
Resep Schotel Mie -Enak dan Ekonomis-
Ala CakeStation

Bahan :
2 bks Mie instant
(saya pakai sedap kare)
250 ml susu cair
3 butir telur
250 gr Daging sapi cincang
(saya pakai sosis ayam 2 buah)
150 gr wortel
(setengah buah wortel potong kotak)
Keju parut
Bawang bombay
Lada, Pala bubuk, Garam
2 sdm munjung tepung terigu
tambahan dari saya jamur enoki

Cara Membuat :
1. Rebus mie instan dan tiriskan.
2. Tumis bawang bombay sampai harum dengan sedikit mentega, lalu masukkan sosis, lada, pala, garam aduk sampai daging berubah warna, lalu masukkan jamur dan wortel.
3. Beri sedikit air, lalu rebus jamur, sosis dan wortel sampai matang
4. Campur 2 sdm tepung ke dalam susu, aduk rata sampai tidak bergerindil. tuang campuran susu ini ke dalam tumisan daging, aduk-aduk sampai agak mengental
4. Tambahkan mie instant yang telah direbus, 2 bungkus bumbu mie instant dan 2 bungkus minyak bumbu, aduk rata.
5. Angkat dari api terakhir tambahkan telur dan sebagian keju, aduk rata
6. Siapkan pinggang tahan panas, oles dengan margarin, lalu tuang campuran mie dan daging jangan lupa taburi dengan keju parut.
7. Oven dengan suhu 160C sampai matang vira sekitar 20 menitan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Empek-empek




Meski gagal berkali-kali tapi masih aja penasaran cara bikinnya dan taraa kali ini berhasil membuat empek2 yang lembut di dalam dan garing di luar seperti kata mbak di blog L'kitchen

tapi sepertinya kebanyakan airnya yang di punyaku karena rasanya agak sedikit kurang garam, atau jangan-jangan kurang menambahkan garamnya atau jangan-jangan juga kualitas dari tepung sagu nih punyaku jelek heee...harus belajar dan belajar. namun begitu hubby suka dengan hasilnya dan habiss bis waaahhh senangnya hatiku :D lebay




bentunya susah ya hihihi...
berikut saya tuliskan lagi ya resepnya:
Pempek Kapal Selam
Bahan
 250 gr fillet ikan
125 ml air
50 ml minyak sayur
1/2  sdm garam
200 gr sagu
Sagu secukupnya untuk di tangan dan taburan
Cara Membuat
  1. Panaskan air ¾ dalam sebuah panci ukuran sedang. Sementara itu masukan semua bahan ke dalam food processor (aku gak merekomendasikan masukan ke blender atau di mikser kecuali kalo ikannya udh dalam bentuk paste halus). Proses sampai tercampur rata dan struktur adonan mengikat, kental dan agak2 kayak permen karet gitu… kalo adonannya udh tercampur rata tapi belum jadi adonan yang menggumpal, nanti hasil pempeknya gak garing
  2. Setelah didapat konsitensi adonan yang dimaksud, pindahkan adonan kedalam wadah atau baskom yang lebih besar, masukan tepung kanji/tapioka/sagu dan diuleni dengan sendok kayu sampai tercampur rata
  3.  Lumuri tangan dan area kerja dengan  sagu. Adonan tadi siap dibentuk sesuai selera. Berhubung hari ini aku buat pempek Kapal selam, jadi seluruh adonan aku bulatkan dan ditimbang masing2 seberat 125gr
  4.  Bentuk seperti buah pear atau tear drop. Bagian yang lebih besar dilubangi sampai didapat cerukan yang bisa memuat telor, jaga jangan sampai kulitnyanya berlubang. Sementara siapkan telor yang akan dimasukan, dari satu butir telor utuh kurangi putih telur separuhnya tuangkan kedalam adonan yang sudah dibentuk tadi, jepit atasnya dengan jari sampai tertutup rapat dan segera masukan ke dalam air yang telah mendidih. Diamkan 1 menit lalu aduk supaya tidak lengket di dasar panci (gambar 11 -17)
  5.  Biarkan agak lama dalam panci tertutup sampai volume pempek membengkak dan sudah lama mengapung dipermukaan air mendidih. Angkat dan tiriskan (gambar 18)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KUE MANGKOK







sebenernya kalau berhubungan dengan pembuatan yang mekar-mekar agak deg-degan khawatir nggak mekrok, tapi kok pingin banget disamping ada temen yang kasih tape nasi yang dibungkus daun jambu, hmm..semakin penasaran akhirnya eksekusi saja biar bisa tidur nyenyak :D

alhamdulillah beginilah penampakanya tidak mau mekar, baca lagi di notenya lagi upst,ada yang salah cetakannya belum dipanasin selama 5 menit dan antar cetakan terlalu rapat


pengukusan ke dua mekar sedikit2, analisa karena kurang panas pas manasin cetakannya hihihi dan kurang penuh juga ngisinya..tapi udah seneng lumayan mekar


pengukusan selanjutnya mekar semua dengan sempurna, wahhh senengnya. tapi ternyata aku kurang begitu suka apa karena pakai tape ketan ya, heee terlalu manis. seneng banget sih jadi laris saya bawa ke kantor diserbu temen-temen :D

resepnya saya tuliskan lagi berikut :

Kue Mangkok Tape Nasi
Source: PRIMARASA (Panganan Tepung Beras & Ketan)
Modified by: Ita-DapurGriyaKhayangan



Bahan:
250 gr tape singkong (saya pakai tape nasi)
350 gr tepung beras
600 ml air hangat (saya hanya pakai 550 ml)
350 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
2 sdt baking powder
sedikit garam (saya sengaja tambahkan agar kue makin legit)
beberapa macam pewarna makanan (merah, hijau, ungu)
Cara Membuat ala Dapur Saya:
1. Blender tape nasi dengan 100 air hangat (air hangatnya diambil dari yang 600 ml).
Tempatkan tape yang sudah diblender dalam wadah, masukkan tepung beras dan 200 ml air hangat, uleni hingga rata.
3. Masukkan gula pasir, tepung terigu dan baking powder, dan sisa air hangat, lalu uleni hingga adonan lembut dan licin. Pukul-pukul adonan dengan telapak tangan hingga gula larut, adonan terasa lembut dan ringan selama 30 menit.
3. Diamkan adonan dengan ditutup plastik wrapp atau serbet bersih selama kurang lebih 2 jam.
4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, beri pewarna kesukaan atau sesuai selera.
5. Siapkan kukusan/langseng, kemudian masukkan cetakan kue mangkok kedalam kukusan panaskan kurang lebih 5 menit. Tuangi adonan hingga penuh rata dibibir cetakan. Kukus selama 15 menit atau hingga kue mangkok matang merekah.


#
Note:
- Cetakan untuk kue mangkok bisa dari bahan porcelen/kaca, atau dari bahan plastik yang biasa digunakan untuk membuat kue talam. Cetakan tidak usah diolesi minyak goreng atau margarin, nanti malah akibatnya kue gagal mekrok lhoo...jadi cetakan harus dimasukkan dalam kukusan dan panaskan 5 menit sebelum diisi adonan kue mangkok, lalu kukus hingga matang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Puding Tape Ketan Hijau




dapet tape ketan hijau dari temen kantor yang mudik, se ember kecil, tapenya yang dibungkus daun jambu kecil-kecil heee buanyak banget dan akhirnya sukses dibagi-bagi tapi tetep aja masih ada separuh ember yang tersisa, akhirnya teman-teman minta tapenya dibawa saya pulang aja tapi besoknya bawa puding tape hihihi...

nggak tau dari dulu saya itu susah bikin puding, apalagi yang berlapi, yang pecah lah, kadang juga nggak bisa nyatu per lapisnya, fiuhh...yang berhasil cuman puding sutra NCC aja :D

akhirnya liat-liat di bookmark resep dan menemukan resepnya mbak Nina " Catatan Nina"
keliatannya mudah diaduk-aduk aja hee...taraaa hasilnya masih jauh cantik punya Mbak Nina, untung alhamdulillah ini puding jadi hahaha...

resepnya saya tuliskan lagi berikut
PUDING TAPE KETAN HIJAU
Bahan:

1 bungkus agar-agar bubuk plain (bisa juga pakai agar-agar hijau)
5 sdm gula pasir (bisa ditambah kalau suka yang lebih manis)
200 gr tape ketan hijau
750 ml santan (bisa juga pakai santan instan yang dilarutkan dengan air)
2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat:
Campurkan agar-agar bubuk dengan gula, tambakan santan. Tambakan daun pandan.
Masak dengan api kecil sambil terus diaduk.
Masak terus hingga mendidih, menjelang mendidih masukkan tape ketan hijau, aduk hingga rata. Matikan api.

Tuang ke dalam cetakan agar-agar yang telah dibasahi air, sisihkan daun pandannya.
Dinginkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Steak Ayam Suka-Suka




Judulnya steak ayam suka-suka, karena resepnya asal aja suka-suka heee..gampang tinggal cemplang-cemplung sesuai filling aja. alhamdulillah hubby suka heee..seneng kalao hubby doyan mam :D

resepnya sederhana sebagai berikut ya :
- tepung terigu serbaguna 6 sdm
- tepung maizena 2 sdm
- tepung bumbu 3 sdm
- BP sedikit
- telur 1 butir
- ayam yg diiris tipis 1/4 kg
- garam secukupnya
- minyak untuk menggoreng
 
cara membuatnya :
kocok telur dan sedikit garam, lalu masukkan ayam, kemudian masukkan ayam ke dalam tepung terigu, maizena, tepung bumbu dan BP yang telah dicampur terlebih dulu, agar tepung lebih tebal celup lagi ayam ke kocokan telur dan balur lagi dengan tepung bumbu, goreng hingga matang.

untuk pelengkapnya : bisa dengan kentang goreng dan mix sayuran yang direbus, bisa juga ditumis dengan menggunakn mentega
untuk sausnya : tupis bawang bombay dengan sedikit margarin hingga layu, beri air secukupnya, beri kecap saus teriyaki,saus sambel, garam, merica, gula dan sedikit perasan jeruk nipis, oh iya saya menambahkan 1 ruas jahe, dan sedikit kecap ikan dan manis hahaha kebanyakan "dan" nya, semua ukuran serba kira-kira saja. untuk lebih kental pakai sedikit larutan tepung maizena. dan taraaaa...siap dinikmati, lebih puas makannya dan hemat di ongkos :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lazy Pizza










Pingin buat pizza yang nggak terlalu ribet, semua bahan-bahan sudah dipesan termasuk beli keju mozarella depok di pak Tri's cheese nggak rugi beli enaak mozarellanya nggak kalah sama yang impor hee..saya cinta produk buatan indonesia.

sudah lama sekali bookmark resep lazy pizzanya JTT mbak Endang  tapi malesnya,padahal sesuai provokasi adonan rotinya tanpa ulenan tetep aja males, lha kok di milis FB NCC pada bikin pizza ini ya, jadi deh ikutan buat juga heee...
ternyata oh ternyata mudah sekali buatnya tinggal aduk-aduk malem hari dan wrapping masukin ke kulkas pagi-pagi habis subuh keluarin dan jadi deh, tidak seribet yang dibayangkan :D
 
hubby habis 3 slice wah senengnya, memang hasilnya rotinya empuuuk banget, saya menambhakan sedikit gula karena berdasarkan rasa yang kemaren-kemaren hubby suka dengan rasa manis, jadi pas dipadukan dengan keju yang berasa asinnya heee...

seneng deh dapet resep praktis dan lezaat, terimakasih mbak Endang sudah berbagi resep ^^
Saya tuliskan lagi resep nya berikut : 
Bahan Adonan Pizza:
- 150 ml air hangat
- 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur biasa
- 1 sendok teh ragi instan, pastikan fresh dan cek masa kedaluarsanya (misal Fermipan)
- 1/2 sendok teh garam
- 180 gram tepung terigu serba guna atau protein tinggi (misal Segitiga Biru atau Cakra Kembar)
- saya menambahkan 2 sdm gula pasir

Cara Membuat :
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula. Masukkan
semua bahan adonan pizza lainnya, aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kasar, lembek dan agak basah. 
masukkan ke plastik wrapping dan di diamkan di kulkas semalaman, paginya adinan pizza siap digunakan.
untuk toppingnya suka-suka aja, kalau saya ini memanfaatkan yang ada di kulkas pakai saus sambal, taburi dengan mozzarela parut, tata sosis dan bawang bombay yang sudah di goreng sebentar dengan sedikit margarin, taburi sedikit origano dan mozzarela potong.
panggang dengan suhu 200 darcel selama kurleb 20 menit (oven saya 190 dercel lama 25 menit)

sangat direkomendasikan buat di coba ^^..bakalan nge pizza terus nih :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS