Powered by Blogger.
RSS

Lagi-Lagi Pisang Goreng






xixixixi..pisang dan pisang, I love it so much^^
gak bakal pernah bosen sama buah yang satu ini, selalu kalau liat orang jualan pisang pingin beli semuanya *hahaha lebay..

Kali ini pakai pisang uli, enak ternyata dan setelah nyicip kok rasanya sama dengan pisang kayu ya #diBanyuwangi nyebutnya gitu, mingkin beda nama atau sejenis ya...hmmm penasaran, kapan-kapan cari informasi di mbah google saja.

Long weekend seperti ini lagi gak asik, hubby belum balik, dan loongweekend serasa biasa aja..#xixixi..tetep semangat aja deh.

Resepnya udah pernah aku tulis ya, pisang goreng kriuk
lagi males nulis, karena akan eksekusi jemuran yang sudah kering alias setrika, yang segunung, karena kemaren-kemaren gak kering #hujan sehari-hari..

sudah ya...have a great weekend ya...
kalau aku have a hard work ya...xixixixixi....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Onde-Onde Ketan Hitam











Ternyata rasama sama saa dengan onde-onde biasanya,berbeda jika ketan hitam dibuat bolu atau cake, maka rasanya lebih gimana gitu xixixixi *legitnya lebih keluar.tapi tetep enak sekali...(makanan kesukaan) ^^.
Kali ini onde-ondenya terasa lebih renyah karena air kapur sirihnya lebih banyak dari yang kemaren :p, dan isinya kumbu kacang hijau...nah yang ini baru pas rasanya, kalau isi ubi ungu seperti punyaku kemaren, hmm kurang klop rasanya *hahaha...pemalas sih.

resepnya masih pakai resepnya mb Diah Didi..Makasih banyak ya mb, akhirnya vira bisa bikin onde-onde..
aku tuliskan lagi resepnya

Onde Onde Ketan Hitam
Sumber: Diah Didi
Bahan Isi:
100 gram kacang hijau, direndam 1 jam
 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa (vira pakai santan kara)
1 lembar daun pandan (vira tidak pakai)
1/4 sendok teh garam
60 gram gula pasir

Bahan Kulit:
150 gram tepung ketan putih
75 gram tepung ketan hitam
50 gram kentang kukus
180 ml air
50  gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
80 gram wijen putih untuk pelapis
minyak untuk menggoreng


Cara Pengolahan :

  1. Isi: kukus kacang hijau 15 menit. Rebus santan, daun pandan, garam, dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan kacang hijau. Aduk sampai kalis. Bentuk bola-bola. Sisihkan.(vira resbus di magic

    com selama lima belas menit dengan air kira-kira 150 ml, dan kemudian matangkan lagi dengan menambahkan santan dan gula hingga matang) lebih mudah dan cepet empuk juga xixixi.
  2. Kulit: rebus air, gula pasir, dan garam sampai larut. Hangat-hangat tuang ke campuran tepung ketan putih, tepung ketan hitam, yang sudah diayak dan tepung sagu / kentang kukus. Uleni kalis.
  3. Ambil adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bola-bola.
  4. Celup ke air. Gulingkan di wijen.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Onde-Onde isi Ubi Ungu






Jajanan Tradisional aku suka sekali, maklum lidah orang desa, xixixi daripada yang berbau-bau keju dan coklat :p.Salah satunya ya si onde-onde ini, percobaan pertama berhasil, makasih ya mb diah, resepnya oke banget, empuk.Bikinnya sepulang kerja dibantuin sama tiya, makasih tiya ^^...

Aku bikinnya cuman 1/2 resep aja, berikut aku tuliskan lagi resepnya
Onde-Onde
Sumber : Mb Diah modif by Vira
Bahan Kulit :
125 gram tepung ketan
25 gram kentang kukus,haluskan (vira pakai 50 gr)
32.5 gram gula pasir halus (vira pakai 30 gr)
1/4sdk the garam
85 ml air hangat
50 gram wijen
minyak untuk menggoreng
Bahan isi :
berhubung lagi gak punya kacang hijau, jadi aku isi saja dengan ubi ungu kukus yang dihaluskan, tanpa panambahan apapun, harusnya pakai gula kali ya, hasilnya kurang mans menurutku ^^

Cara membuat :
Kulit :Campur tepung ketan, kentang,gula pasir,dan garam,aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit,sambil di uleni sampai kalis dan licin
Ambiladonan kulit, kurang lebih 20 gram, bulatkan,pipihkan lalu isi dengan bulatan2 adonan isi.celup ke dalam air dan gulingkan diwijen.
Masukkan dalam minyak dingin.Nyalakan api kecil. Aduk sampai mengapung ,lalu nyalakan api sedang ,goreng hingga matang kecoklatan.

Meski begitu hasilnya empuk sekali, kapan-kapan nyobain lengkap dengan isi kacang ijonya, pasti hasilnya lebih oke..:D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Roti Goreng Isi Kacang Hijau

Pulang dari kerja bingung mau ngapain, hmm..jadi keinget roti goreng isi nya mb Diah Didi, kangen banget dengan roti ini. dulu sewaktu SD ini adalah jajanan favoritku, selain juga roti goreng
Roti goreng isi kacang hijau yang isi tape pun aku suka sekali, xixixi ini *doyan apa hobi makan ya ^^

Mb diah terimakaish banyak ya resepnya, empuk sekali roti gorengnya, kumbunya dari beli bubur kacang hijau madura, terus aku masak sampai airnya menyusut. hahaha ini cara sesat bagi yang pemalas seperti aku :D

resepnya aku tuliskan lagi ya
Sumber : Mb Diah Didi
Bahan :
Tepung terigu protein tinggi 250 gram
Gula pasir 30 gram ( 2 ½ sendok makan)
Garam ½ sendok teh
Susu cair 125 ml
Ragi instan 2 sendok teh
Margarin 25 gram
Kuning telur 2 butir, kocok lepas

Bahan Isi : Kumbu kacang hijau secukupnya.

Cara Membuat :
Campur semua bahan kering, aduk rata.
Buat lubang seperti sumur di tengah adonan.
Masukkan kuning telur di tengah lubang.
Tuangi susu cair sambil di uleni hingga rata.
Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga kalis.
Diamkan adonan selam 45 menit.
Buang gas dalam adonan, bulatkan kecil kecil.
Diamkan kembali 10 -1 5 menit.
Isi dengan kumbu kacang hijau,lalu goreng hingga matan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cheese Cake Kukus

Bahan :
Sumber : Dapurhafi
- 3 butir Telur
2 sdm gula
- 6 sdm terigu
- 2 sdm maizena
- 5 sdm susu bubuk
- 250 ml susu
- 3 sdm SKM
- 125 gr keju
- 1.5 sdm tepung custard
- 5 sdm margarine 



Cara membuat :

- Masak susu UHT, SKM, keju, dan tepung custard sampai mendidih dan agak kental. matikan api
- masikkanmargarine  yang telah dicairkan dan dinginkan
- kocok telur dan gula hingga benar-benar kaku
- masukkan tepung terigu,tepung maizena dan susu bubuk. Aduk rata
- campurkan ke adonan susu. Aduk rata
- kukus sekitar 20-25 menit

Sebenernya pingin sekali experiment di dapur buat hubby ku,
:( sayangnya hubby kerja di luar pulau. semoga selalu dilindungi oleh Allah.aamiin..

Rasa cake ini lembut sekali, bener-bener ngeju...aku gak terlalu suka ternyata tipe-tipe yang kejunya sangat terasa...hihihi tergantung selera ya..tp klo bagi pencinta keju pas banget kue ini karena ngejuuuu sekali :D...



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ayam Krispy (Not so Good)




Minggu Kemaren Hubby ku pulang, duuh senengnya...pingin bikinin masakan kesukaannya,hiks tapi ayam krispynya tidak sesuai harapah heeeheeee...abisnya aku gak pakai telur jadinya lumayan keras.
Resepnya cuman dikira-kira aja hihihi..abisnya udah malem, kena macet capek, tapi tetepsemangat dong masakin buat suami ^^.


Bahannya :
- daging ayam 2.5 gr
- tepung beras 6 sdm
-tepung terigu 2 sdm
- tepung kentucky pedas 1 sdm
- Merica dan garam secukupnya

Cara Membuatnya :
-ayam yang sudah dibersihkan dilumuri dengan jeruk nipis/lemon, lalu berisedikit garam dan merica
- untuk pencelup harusnya memakai putih telur, tapi aku hanya memakai susu uht, hahaha *yang ini ngarang karena lagi g punya telur hihihi
- lalu masukkan ke campuran tepung dan tekan-tekan
-panaskan minyak dan goreng hingga matang
- sajikan dengan saos sambal



Maaf ya huby kapan-kapan lagi dibikin in yang lebih enak...

big love as where you are :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Donat Ubi Ungu








Donat Ubi Ungu ini aku buat dalam rangka bikin cemilan buat Huby ^^, ubi ungunya dapet dari bogor hmmm manis, legit khas ubi ungu hihihi*lebay. Resepnya aku pakai setengah resep dari resep Donat Kentang Ibu Fatmah Bahalwan, terimakasih ibu enak sekali donatnya :)


 saya cuman bikin setengah resep saja, dan kentangnya saya ganti ubi ungu.


 saya tuliskan lagi ya resepnya

Donat Kentang 
Sumber : Ibu Fatmah Bahalwan
250 gr tepung cakra/protein tinggi
100 gr kentang kukus (vira pakai sekitar 250 ubi ungu kukus yang dihaluskan )
50 gr gula pasir
25 gr susu bubuk (vira skip)
1/2 bungkus ragi instant
2 kuning telur
50 ml susu full cream cair dingin/air es (vira pakai 50 ml susu ultra plain hangat)
35 gr mentega/margarin
1/4 sdt garam


 Cara membuat :

1. Aduk semua bahan kering kecuali garam

2. Masuk ubi kukus, susu hangat, telur, aduk sampai kalis

3. Masukkan mentega dan garam, aduk lagi sampai kalis 15 menit. Biarkan sampai adonan mengembang, buang gas yang terbentuk

4. Potong-potong adonan @50gr. Diamkan adonan mengembang sekali lagi, sebentar saja sebelum digoreng

5. Goreng sampai matang, dinginkan. Donat siap diberi toping


hmm ini donat bener-bener enak sekali xixixi...vira abis banyak, dan huby sewaktu mencoba bilang hmmmm *enak, vira terusin hahaha :D


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Brownis Kukus Ketan Hitam






Udah lama pingin banget nyobain cake kukus ketan hitam yangada di bloknya Ummu Fatima
tapi aku pakai eulsifier sedikit, hihi karena masih belum punya baskom yang dari besi untuk teknik pakai dua baskom dengan air panas saat mixer telur agar mengembang, xixixixi...
kata huby biar item tapi enak kok :)...makasih ummu fatima atas resepnya, enak perpaduan coklat dan legitnya tepung ketan hitam. tapi aku lebih suka yang kemarennya ya yang g pake coklat, tapi semua tergantung selera sih ya xixixixi, soalnya vira gak terlalu suka coklat :p

Berikut saya tuliskan lagi resepnya


Brownies Ketan Hitam 

Bahan-bahan :
3 butir telur 
100 g gula pasir
100 ml minyak goreng (vira pakai filma bos)
80 g tepung ketan hitam 
60 gr dark cooking chocolate (DCC), potong kecil2
20 g cokelat bubuk
1 sdm minyak goreng untuk mengolesi loyang

Cara Mambuat :
  • Campur tepung ketan hitam dan coklat bubuk, ayak. 
  • Olesi loyang bundar diameter 18cm dg minyak. Panaskan kukusan.
  • Panaskan Filma bos, matikan api, lalu masukkan DCC, aduk hingga DCC larut. 
  • Kocok telur dan gula pasir dengan mikser kecepatan paling tinggi hingga adonan mengembang dan kental, tidak perlu sampai kaku (kira2 lamanya mengocok 5-10 menit).
  • Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata (tidak ada tepung yg menggumpal di dasar). 
  • Masukkan campuran DCC dan minyak, aduk kembali hingga rata. Matikan mikser.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama 30 menit atau hingga matang dengan api sedang cenderung kecil.
  • Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong2 atau beri topping sesuai selera.
  •  
     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mumpung hubby datang, bikin in nuget ayam kesukaannya, xixixi. Resepnya aku nyobain dari resepnya bu sisca, waktu itu dibela-belain nyatet waktu bu sisca show di elshinta tv xixixixi.

menurutku sih, masih blom sama dengan nugget so good yang biasa saya beli, tapi ya lumayanlah, besok harus diperbaiki lagi.

Berikut Resepnya :
Bahan :
300 gr ayam giling
50 gr tepung sagu
100 ml susu evaporate
2 sdm bawang goreng
merica, garam, gula secukupnya
saya tambah 25 gr keju dan oregano sedikit

Balutan
1 putih telur 
tepung panir

mungkin lain kali kejunya kurang banyak kali ya biar lebih gurih, dan blender ayamnya g terlalu lama, jadi tdk terlalu lembut ayamnya

cara membuat :
dengan menggunakan choper blender semua bahan dan masukkan ke loyang kotak, lemudian kukus hingga matang, setelah matang, dinginkan dan potong-potong seperti korek api, celupkan ke putih telur lalu ke tepung panir. Baiknya di diamkan dalam kulkas terlebih dahulu, berhubung gak punya kulkas ya langsung aja deh goreng haahaha...

note : maaf ya huby, nanti belajar lagi biar rasanya lebih oke.^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pisang Goreng Kriuk






Akhirnya bisa bikin Pisang Goreng kriuk....yeeeee, rasanya seperti ibu-ibu yang jualan di Banyuwangi. Kebetulan dapet pisang uli dari bogor, hmm enak sih rasanya cuman aku tetep lebih cocok sama pisang raja dan pisang kayu xixixixi...tapi senengnya laa.laa.laa....:D

Resepnya dari Mb Shanti
Makasih banyak ya mbak..^^

Saya tuliskan lagi ya resepnya
Bahan :
6 sdm tepung beras
2 sdm tepung terigu
1 butir kuning telur (vira pake 1 butir telur utuh)
2 sdm air kapur sirih
sedikit BP
garam dan air secukupnya

Caranya :
Campurkan semua bahan dan aduk dengan menggunakan tangan atau dengan pengaduk, hingga adonan dirasa cukup "tidak terlalu kental dan encer" masukkan pisang dan goreng dengan api kecil, beneran deh ini kriuk-kriuk xixixixi, tapi hati-hati ya air kapur sirihnya harus bener-bener bening, kl tidak nanti rasa pisang gorengnya jadi pahit.
Jadi inget klo mami bikin rempeyek, pakai air kapur sirih, hasilnya hmm kriuk2 dan empuk. :D
'miss you mami'

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Banana Cake Kukus






Banana Cake Kukus
ini sebenarnya dibuat dalam rangka dapet pisang dari Bogor, hmm harus segera diberdayakan sebelum gak bisa dipake lagi xixixi, kebetulan tetenggaku yang juga temen kantor lagi ultah, jadi sekalian bikin ini cake kukus buat si Tya..

resep aslinya aku lihat dari Just Try and Taste, step by stepnya ada lengkap disini 
rasanya...asli enak, lembut banget di dalam, cuman aku sukanya semacam browkus :)

ini aku tuliskan kembali resepnya
Bahan: 
- 300 gram pisang ambon, lumatkan dengan garpu - jangan diblender (vira pakai pisang raja)
- 240 gram tepung terigu serba guna, saya menggunakan Segitiga Biru
- 2 sendok teh baking powder, pastikan berkualitas baik dan masih fresh
- 1/2 sendok teh garam
- 200 gram gula pasir
- 200 ml susu cair
- 1 1/2 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 3 butir telur ayam, kocok lepas
- 120 ml mentega/margarine cair (vira pakai filma bos)
- 150 gram choco chips (vira tidak pakai)
- 150 gram yoghurt (optional) saya menggunakan merk Yummy

Cara membuat:
Siapkan loyang, olesi dengan mentega dan taburi tepung terigu pada permukaannya. Sisihkan. 

Siapkan mangkuk, campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan.
Siapkan mangkuk yang besar, masukkan pisang yang telah dihaluskan. Tambahkan ayakan tepung terigu kedalam pisang, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan gula pasir, vanila ekstrak, aduk-aduk. Masukkan telur kocok dan susu, aduk seperlunya hanya agar tercampur saja. 

Tuangkan mentega cair ke dalam adonan, aduk rata. Mentega cair suka sekali mengendap di dasar adonan karena itu pastikan spatula menyentuh dasar mangkuk saat mengaduk adonan sehingga mentega cair terangkat keatas dan tercampur baik dengan adonan.
tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Masukkan ke dalam dandang kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya hingga airnya mendidih. Tutupi permukaan kukusan dengan lap bersih yang mampu menyerap air, tutup dengan penutup kukusan rapat-rapat. 

Dengan api sedang, kukus cake selama minimal 50 menit, jangan buka penutup kukusan selama cake di kukus agar cake mengembang sempurna. Setelah lebih dari 50 menit, test cake dengan lidi jika tidak ada adonan yang menempel di lidi keluarkan cake dan dinginkan sebentar di loyang kira-kira 5 menit. Balikkan cake di piring datar, dinginkan sempurna sebelum dipotong-potong dengan pisau tajam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS