Powered by Blogger.
RSS

Sup Sosis Sederhana


Masih dengan masakan-masakan rumah yg dibuat dengan bahan seadanya sup sosis, sosisnya home made, alhamdulillah hubby suka, kalau masak yang penting hubby suka dan doyan makan sudah cukup :D

Resep sosisnya  saya tuliskan kembali


Sosis Sapi

250 gr dgng sapi giling (saya pakai daging giling ayam),
1/2 sdt merica bu2k,
1/2 sdt bwng putih bu2k,
1 btr telur,
4 sdm sagu,
15 ml susu cair dingin ,
sejumput gula pasir,
air dingin secukupnya bila krng ,
Caranya : semua  dicampur jd satu di food processor/chopper/diaduk pke sendok jka g pnya FP atau chopper asal dagingnya sdh digiling
Untuk chasingnya saya pake plastik es mambo,hrsnya pke chasing khusus sosis ya,,,^^
Cara memasukkan,adonan td masukkan dahulu ke plastik segitiga,bar usemprotkan kedlm plastik es,lalu ikat kedua sisinya,kukus 25 menit dan angkat.

Resep Supnya :
Bahan :
1 buah wortel potong korek api
3 sdm kacang polong
100 gr buncis, iris kecik-kecil
2 buah sosis ayam
1 batang daun bawang
2 buah bawang putih geprek
2 buah bawang merah iris tipis
1/2 buah bawang bombay iris tipis 
garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Caranya :
tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah hingga harum, masukkan air dan tunggu hingga mendidih, lalu masukkan sosis, wortel, buncis, kacang polong, garam.merica dan kaldu bubuk cicipi jika rasanya sudah pas masukkan bawang daun.masak hingga sayuran matang dan siap disajikan ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Steak Ayam Sederhana


Hari minggu kelabu hee..setelah pusing berkepanjangan akhirnya bangun juga dan mulai mencari-cari apa yang masih dalam lemari es, dan akhirnya menemukan udang dan ayam yang belum diolah. daripada nanti basi akhirnya dibuat saja menu sarapan pagi yang simple dan hubby suka. Biasanya hubby suka yg digoreng tepung akhirnya berkutat di dapur sejenak, resepnya pakai kira-kira saja seperti berikut :
Bahan :
2 sdm tepung terigu serbaguna
1 sdm tepung maizena
1 sd tepung bumbu
merica, garam secukupnya
1 butir telur kocok lepas
250 filet ayam
250 udang

Cara membuat ;
masukkan filet ayam dan udang ke kocokan telur dan masukkan ke adonan tepung yang sudah dicampur rata, lalu goreng dalam inyak panas hingga matang angkat tiriskan dan sajikan dengan saus.

cara membuat saus,
campurkan 2 sdm saos sambal, 1 sdt kecap asin, 1 sdt kecap manis, 1 sdt minyak ikan dan air secukupnya masak hingga air mendidih dan tambahkan 1 sdt larutan maizena masak hingga mengental, cicipi rasanya jika sudah pas tuang diatas steak ayam dan udang.Siap disajikan dengan nasi hangat ^^

hubby makannya jadi banyak jadi seneng liatnya ^^..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bolu Gulung (Gagal digulung -_-)


Yah beginilah penampakan bolu gulung ekonomisnya teh Nenis yang gagal saya gulung, heee..pingin banget bisa tapi masih perlu belajar lagi. sepertinya ini punya saya ketebelan dan ditambah lagi pakai loyang yg ukuran 14*14 ya jadinya enggak bisa digulung deh heee...

ya sudah nggak papa, dimakan begitu saja, untuknya ponakan doyan banget karena itu gambarnya engry bird hihihi..syukurlah ada yang makan deh ^^..

Resepnya saya tuliskan lagi, kapan-kapan harus berani coba lagi.

BOLKUS GULUNG EKONOMIS (RAINBOW)
by Nenis YasmineCakes BKR


Bahan:
Telur 6 butir
Gula pasir 200 g
Emulsifier 20 g
Vanili bubuk ½ sdt

Terigu (protein sedang) 200 g
Maizena 8 g
Baking powder ½ sdt

Pelengkap :
Santan kental instan 130 ml
Pewarna makanan (merah, kuning, oranye, ungu, biru, hijau) @10 tetes

Untuk filling :
Butter cream 250 g
Keju (parut) 100 g

Cara membuat:
1.Kocok telur, gula pasir, emulsifier, dan vanili bubuk hingga mengembang,
2.Masukkan terigu, maizena, baking powder, dan santan, aduk rata.
3.Bagi adonan menjadi 6 bagian dan beri perwarna makanan.
4.Masukkan masing-masing adonan ke plastik segitiga, lalu semprotkan miring ke loyang yg sdh diberi alas kertas roti, berukuran 24 x 24 x 4 cm.
5. Kukus selama 6 menit. Angkat dan keluarkan dari loyang.
6. Selagi hangat, oles tipis butter cream dan keju, gulung hingga rapi (sekali gulung, jgn di ulang lagi).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bakpao Mawar







Anemia kembali menyerang, kalau udah begitu nggak bisa ngapa2in, mau berdiri rasanya muter2, ya sudah daripada jatuh mending tiduran seharian. alhamdulillah segera membaik setelah hubby beliin sate embek 8 padahal nggak doyan, tp terpaksa harus mam biar cepet sembuh. setelah baikan pingin cemilan anget2 di minggu sore kepikiran pingin praktek bakpai resepnya mbak Diah Didi, mumpung udah beli tepung tang min. dan taraaaa... hasilnya pada pengukusan yang pertama pada mekrok2 dan gak nempel itu ber layer bunga mawarnya, jeleeeek :D, akhirnya dirapetin lagi untuk pengukusan ke dua kalinya, dan alhamdulillah hasilnya lucu, dan sedikit lebih baik dari pengukusan yang pertama hihihi.. (belum bisa rapi-semangat belajar lagi ^^)

resep aslinya silahkan meluncur disini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Eggless Brownies




Mau sedikit cerita, kawasan jariasih baru sajadilewati angin besar, tiba2 saja pintu di sebelah meja kerja kebuka dan langsung aja angin mengobrak-abrik sampai-sampai plafon atas mau pada rubuh, astagfirullah..kaki ini mau lari kok ya lemes rasanya, untung langsung ditolong sama OB, alhamdulillah masih diselamatkan Allah.sampai sekarang masih kerasa seremnya.

Oh iya daripada gemeteran terus mending nulis dan laporan saja di blog, masih nyontek resepnya mbak Rina Audie eggless brownies, meskipun tanpa telur lembutnya enggak kalah sama yang pakai telur banyak heee. malah aku lebih seneng dengan brownis yang ini. Hubby juga doyan, begitu anget2 langsung abis dua :D , tetangga-tetangga dan temen kantor juga bilang enaak heee.. terimakasih ya mbak Rina saya sering mempraktekkan resep-resepnya mbak Rina ^^



Eggless Brownies
Sumber : Rina Audie
Bahan :
250 ml susu cair hangat
1 sdt cuka/air jeruk nipis
80 ml minyak goreng
125 gr tepung terigu serbaguna
60 gr coklat bubuk kualitas bagus
175 gr gula halus
sejumput garam halus
2 sdt soda kue (saya pake 1/2 sdt)
1/4 sdt baking powder (tambahan dari saya)
1/2 sdt kopi bubuk instant (saya gak pake)
1/2 sdt vanili bubuk (saya gak pake)
2 genggam kacang mete panggang, cincang kasar

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 20x20 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 180°C.
2. Campur susu cair dan cuka, aduk rata dan sisihkan sampai menggumpal. Setelah menggumpal campur dengan minyak goreng.
3. Dalam baskom besar ayak terigu, coklat bubuk, soda kue, baking powder, garam, kopi bubuk dan vanili. Masukkan gula halus kedalamnya, aduk rata.
4. Tuangkan campuran susu dan minyak sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata.  Masukkan sebagian kacang mete, aduk rata.
5. Tuang kedalam loyang, ratakan. Taburi dengan sisa kacang mete. Panggang selama 20-25 menit. Jika ditusuk menggunakan lidi masih ada sedikit remahan yang menempel, biarkan saja. Segera keluarkan dari oven. Jangan sampai overbake supaya kue tidak keras. Dinginkan dan sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dorayaki




Beberapa hari libur dari posting, lagi nggak bisa nyambi internetan disela-sela kerja, fiiiuuhh dapet tugas mindahin phone booknya si bos gara-gara di hp barunya hp lamanya nggak bisa support buat mindahin. keriting dan pegel tangan mindahin ribuan kontaknya si bos...hihihihi...tapi alhamdulillah akhirnya kelar juga :D. loh kok nggak nyambung sama kue dorayakinya heee...

sebetulnya sudah pingin banget bisa bikin kue dorayaki tapi malesnya seperti biasa mengantui, nah berhubung  di NCC lagi marak dan berseliweran picnya dorayaki semakin ngiler tiap hari pingin nyomot dan nyobain :D akhirnya malem-malem kemaren menyempatkan bikin.

resepnya saya dapat dari blognya mbak Irene percobaan pertama dorayaki ini dari sumber resep Bogasari.
rasanya lembut tapi agak lumayan seret heee..enaak tapi. untuk isiannya saya pakai selai blubery dan keju. pagi ini udah ludes abis. untuk yang ke dua nanti pingin cobain resepnya bu Fatmah Bahalwan
semangat dorayaki..semangat bekerja lagi hihihi...#nggak nyambng lagi deh ^^


resepnya saya tuliskan lagi :
DORAYAKI
sumber : Bogasari


Bahan:
 3 butir telur ayam
120 gram gula pasir
80 gram air
150 gram terigu Kunci Biru
1/2 sendok teh soda kue
1/2 sendok teh vanille
50 gram margarin cair/minyak sayur (ini aslinya tidak ada, tapi kalau tidak memakai lemak jadi agak seret rasanya)
Cara Memasak :  - Telur dan gula dikocok sampai mengembang.
- Masukkan air sedikit demi sedikit.
- Campur terigu, soda kue dan vanille, lalu masukkan ke dalam kocokan telur.
- Terakhir, masukkan margarin cair/minyak sayur, aduk rata.
- Panggang di cetakan kue lumpur sampai matang.
- Setelah matang ambil dua buah kue, tengahnya isi dengan coklat, selai strawberry sesuai selera.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Udang Goreng Kremes


Lanjutan dari yang tadi nih hee..ujannya ternyata masih belum reda juga awannya gelap an masih juga terdengar suara petir hmm...semoga yang lagi dijalan diberi keselamatan sampai tujuan.aamiin.

resepnya saya liat dari blognya mbak Diah Didi ya..
terimakasih ya mbak selalu menginspirasiku untuk membuat kreasi masakan sendiri untuk hubby dan orang-orang terdekat.

resep nya silahkan liat di sini ya
punyaku kegosongan gorengnya :D tapi tetep kriuk dan enak ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Gabin Fla Ragout Udang


Menunggu hujan yang tiada henti, akhirnya memutuskan untuk teteap di kantor sampai hujan sedikit reda, akhirnya nyambi aja sama ngisi-ngisi blok, semoga begitu selesai nulis hujannya reda. Heee..wong di blog ini jarang nulis yang panjang2 gitu :D

Kemarin malem dengan semangatnya bikin udang goreng kremes buat huby, masak sana-sini, dan nyempetin juga bikin gabin fla ragout ini juga, begitu mateng semua lha kok hubby malah merem..zzzz ya sudah dibuat sarapan besok saja :(

ini untuk resep Gabin Fla Ragout Udangnya
Udang12 buah
Margarinsecukupnya
Putih Telur, untuk pelapis1 buah
BAHAN RAGOUTgram
Margarin1 sendok makan
Bawang Bombay, iris tipis1/4 buah
Bawang Putih, cincang1 buah
Tepung Terigu1 1/2 sendok makan
Wortel, potong dadu rebus sebentar1 batang
Jagung Manis, pipil rebus sebentar1 batang
Air Kaldu175 ml
Garamsecukupnya
Lada (Merica)secukupnya
Gula Kristalsecukupnya
Daun Bawang, iris tipis1 batang

Cara Membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan tepung terigu, aduk hingga berbulir-bulir.
- Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga licin.

Tambahkan wortel dan jagung manis. Bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula pasir hingga rasanya pas.
- Masak hingga mengental, air menyusut dan meletup-letup. Masukkan daun bawang, aduk rata.

tumis udang cincang dengan sedikit margarin sampai matang, tambahkan bahan ragout aduk rata
sikan bahan ragout ke gabin dan tangkupkan atasnya dengan gabin lagi
- celup ke putih telur dan goreng dengan sedikit margarin
- siap disajikan dengan cabe ataupun saus ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Olieballen Pisang, nangka dan Kumbu Kacang Hijau


Masih setia dengan resep-resep di dapur manis, kebetulan masih ada sisa pisang dan kumbu kacang hijau sisa dari bikin onde-onde kemarin. Kebetulan temen-temen kantor minta dibuatin snack buat sarapan katanya heee..ya sudah memanfaatkan yang ada, segera di olah biar tidak berakhir di tempat sampah karena sudah tidak bisa dimakan :D

langsung inget resepnya mbak Rina Olieballen, isinya saya pakai pisang, nangka dan kumbu kacang hijau.semuanya enaak..heee taburan atasnya dengan sedikit keju dan kismis...langsung habis dalam sekejap, ayo silahkan dicoba, resep simple tapi enaaak..apalagi musim hujan sambil ngeteh atau ngopi ^^

saya tuliskan lagi ya resepnya
Olieballen Pisang dan Kismis
Sumber : Olieballen-DapurManis

Bahan :
275 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm gula pasir
1 sdm ragi instant
1/4 sdt garam halus
1 butir telur ayam
175 ml susu cair hangat
2 bh (150 gr) pisang tanduk/kepok/uli/raja, potong dadu
50 gr kismis, rendam air hangat sampai mengembang, tiriskan

Taburan :
gula halus/gula donat
kayumanis bubuk (saya nggak pake)

Cara membuat :
1. Campur dalam baskom tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan garam, aduk rata. Masukkan telur, aduk rata menggunakan sendok.
2. Tuangi susu hangat sambil diaduk menggunakan sendok sampai rata. Adonan yang terbentuk liat, pekat dan sangat kental.
3. Masukkan pisang dadu dan kismis, aduk rata. Tutup baskom menggunakan serbet basah dan diamkan/fermentasikan di tempat hangat selama 45 menit sampai mengembang.
4. Setelah fermentasi berakhir, kempiskan adonan dengan diaduk aduk menggunakan sendok.
5. Panaskan minyak dalam wajan. Dengan menggunakan 2 bh sendok makan yang telah dibasahi minyak goreng, ambil 1/2-1 sdm adonan, bentuk bulat. Goreng dalam minyak. Gunakan api kecil supaya matang sampai ke dalam. Setelah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
6. Setelah dingin taburi dengan gula halus dan kayumanis bubuk kemudian sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Eggless Chocolate Chip Banana Bread






Menu Arisan selanjutnya masih tanpa telur, resepnya mbak Rina Audie kebetulan deket kantor ada yang jual pisang raja mateng pohon dan murah langsung saja dibeli heeee..terus mikir nanti dibuat apa ya? biasa ibu-ibu kalap beli-belinya mikir bikinnya nanti hihihi.... Beruntunglah cari-cari resepnya mbak Rina yang pake pisang dan tanpa telur. langsung saja dipraktekkan.

Enaaak banget mbak, kata tetangga-tetangga ,wah jadi tambah seneng deh semua kue dihabiskan tanpa sisa. heee.. big thanks buat mbak Rina Audie, resep-resepnya oke-oke nih mbak. Bisa banyak belajar, tambah ilmu tentang per dapuran dari Mbak Rina ^^

Saya tuliskan lagi ya resepnya, recommended   buat di coba ayuk, segera dipersiapkan bahan-bahannya ^^
 
Eggless Chocolate Chip Banana Bread



Sumber : Rina Audie



Bahan :
200 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
100 gr gula palem
50 gr gula pasir
250 gr pisang uli/raja/ambon, potong-potong (saya pake 8 biji pisang raja)
100 gr mentega/margarin
1/2 sdt vanili bubuk
75 gr choco chips

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat ukuran 18cm, alasi kertas roti, olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 180° C.
2. Dalam sebuah wadah besar ayak terigu, baking powder dan soda kue, sisihkan.
3. Siapkan blender, masukkan gula palem, gula pasir, pisang, mentega dan vanili. Proses sampai halus.
4. Tuang adonan pisang halus ke dalam ccampuran terigu, aduk menggunakan whisker sampai rata. Adonan yang terbentuk sangat kental ya. Masukkan sebagian choco chips.
5. Tuang ke dalam loyang, hentakkan sedikit supaya rata permukaannya. Taburi dengan sisa chocochips.
6. Panggang dalam oven selama 45-50 menit. Lakukan test tusuk. Keluarkan dari loyang dan dinginkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS