Powered by Blogger.
RSS

Widaran Keju (Fix Renyahnya) :D






Setelah beberapa kali gagal mulai dari adonan kelemesan dan lengket saling nempel tidak bisa dicopot satu satu widaran kejunya, kurang renyah sampai meletus karena minyak terlalu panas, alhamdulillah saran dari ibu kalau bikin 250 tepung kanji pakai 3 telur. Dan nyoba lagi ternyata oh ternyata bener bener empuk dan kresss widaran kejunya, nggak sia sia berdiri lama nyetakin widaran dan bercucuran keringat kena panas kompor hahaha... maaf agak sedikit lebay ya.
 

Resep asli punya mba dewi anggraeni hanya nambah telur satu,sebagai berikut ya
Widaran keju
bahan :
tapioka 250 gram
keju cheddar 100 gram
telur 3 butir
garam sedikit saja
Sedikit air
minyak untuk menggoreng

caranya :
campur semua bahan uleni pakai tangan sampai kalis .
ambil adonan bentuk memanjang dalam minyak dingin,jangan banyak banyak biar hasilnya cantik,nyalakan kompor goreng sampai kecoklatan biar awet renyah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cake Mangga


Tiba tiba ingin memanfaatkan buah mangga yang agak asem di kulkas, sekalian
ikutan challenge IG nya YKMK 2014. Pas browsing ketemulah sama resep di sajian sedap. Rasanya ternyata enak ada manis dan sedikit asem asemnya

Cake Mangga
Sumber:Sajian sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
125 gram tepung terigu protein rendah
1/2 sendok teh baking powder
25 gram gula pasir
75 ml susu cair
50 gram keju oles
50 gram minyak goreng
50 gram mangga harum manis matang, diblender
60 gram kuning telur
200 gram putih telur
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh cream of tartar
100 gram gula pasir

Bahan Olesan:
35 gram selai jeruk halus (skip)

Cara Pengolahan :

Ayak tepung terigu dan baking powder. Tambahkan gula pasir. Aduk rata. Sisihkan.
Panaskan susu cair dan keju oles. Aduk rata. Masukkan minyak goreng dan blenderan mangga. Aduk rata.
Tuang sedikit – sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit – sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
Tuang campuran tepung sedikit – sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk perlahan.
Tuang di loyang 24x24x4 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles sambil digoyang.
Oven 40 menit dengan di rendam dalam loyang yang berisi sedikit air dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang.
Bagi dua cake. Oles salah satu cake dengan selai jeruk halus. Tutup dengan sisa cake. Padatkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jenang Grendul





Liat postingan mba rika bubur candil kok ngiler ya, kalau di daerah saya namanya jenang grendul, biasanya dibuatkan sama simbah kalau pas kesana.alhamdulillah pagi ini bisa sarapan jenang grendul ditambah bubur mutiara :D
Suka sama resep ini, mirip sama hasil buatan nenek, kenyil kenyil tapi nggak alot, apa ya bahasanya :D
langsung saja deh resepnya
Bubur candil ketan
Sumber:Sajian Sedap
Bahan Candil:
150 gram tepung ketan putih
1/2 sendok teh garam
120 ml air hangat
20 ml air daun suji, dari 10 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan

Bahan Bubur:
1.000 ml air
3 lembar daun pandan
150 gram gula merah, sisir
1/2 sendok teh garam
50 gram tepung ketan putih
20 gram tepung sagu
100 ml air, untuk melarutkan
Bahan Kuah:
600 ml santan, dari 1 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
1 lembar daun pandan
Cara membuat:
Candil: campur tepung ketan dan garam. Aduk rata.
Tuang air hangat dan air daun suji sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata. Bentuk bulat. Sisihkan.
Bubur: larutkan tepung ketan, tepung sagu, dan air. Sisihkan.
Rebus air, daun pandan, gula merah, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan candil. Masak sampai terapung.
Tambahkan larutan tepung ketan sambil diaduk. Masak sampai kental.
Kuah: rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.
Sajikan bubur dengan bahan kuahnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Donat Ekspress









Pasti udah pada cobain donat ekspressnya mba Rani Fadila kan ya, super sekali ya donatnya hahaha..tidak perlu profing lama, terus hasilnya menul menul, lembut pula dan tahan lama lembutnya, donat tanpa kentang tapiserasa makan donken , terimakasih bayak ya mba Rani sudah sharing resep.

langsung saja berikut resepnya ya
Sumber : Mba Rani Fadila,
Bahan :
500 gram tepung protein tinggi
50 gram gula pasir
11 gram ragi instan
2 butir telur
175 ml susu cair hangat (susu cair di hangatkan hingga suam kuku)
100 gram butter /margarin
1/2 sdt garam

Cata Membuat :
Campurkan ragi dan susu hangat hingga rata, diamkan sampai berbusa
Dalam mangkuk campurkan gula pasir, terigu dan telur. aduk hingga rata
Tambahkan campuran ragi dan susu sedikit demi sedikit hingga adonan setengah kalis
Tambahkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis
Tambahkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis
Bentuk adonan dengan melilitkan di cetakan berbentuk corong
Goreng donat hingga matang, angkat tiriskan dan corat coret dengan coklat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kue Lumpur (dengan Tepung Kentang)




Masih seputaran Kue Lumpur ya, heee..jangan bosen-bosen lihat postingan tentang kue lumpur ^_^, soalnya saya nggak bosen-bosen makan snack lembut ini, kali ini ditambahkan sedikit pasta pandan enaaak ya tetep, dan seperti biasa resep nya pakai resepnya mb diah didi yang dengan tepung kentang, praktis dan hasilnya enaak banget, padahal saya nggak pakai susu karena lagi nggak punya. Harus cobain resepnya mb Diah ini praktis dan enaak :D, terimakasih ya mba diah.

Resepnya saya tuliskan lagi ya

Kue Lumpur Kentang
          Sumber : Mba Diah Didi
Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang.
100 gram gula pasir ( kalau mau lebih manis tambahin sendiri ya )
125 gram tepung kentang flakes, seduh dengan air panas secukupnya hingga jadi adonan kentang lumat
1 sachet susu bubuk 
1 sachet vanili bubuk atau vanilla cair secukupnya
100 gram margarin, cairkan
2 butir telur
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa dan 1 tetes pasta pandan jika mau hijo kayak punyaku kuenya..jika mau original kuning, ya gak usah pakai.
Cara membuat :
Blender semua bahan hingga jadi adonan kecuali margarin cair hingga halus, masukkan margarin, aduk rata.
Panaskan cetakan kue lumpur, olesi dengan sedikit margarin tipis, tuang adonan setinggi 3/4 cetakan, lalu panggang hingga matang. Taburi kismis ketika hampir matang. Sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Roti goreng bungkus kulit lumpia




Untuk Tema Bulanan Mei Group YKMK 2014
‪#‎YKMK2014_Mei_OlahanYangDigoreng‬
Saya coba membuat roti goreng yang dibalut sama kulit lumpia, sayangnya susah ya haha..jadinya ya nggak cantik sih cuman rasanya kriuk diluar dan soft di dalam ^_^
resepnya ada di bawah ini ya :
Roti goreng bungkus kulit lumpia

Bahan:
Tepung terigu protein tinggi 250 gram
Gula pasir 30 gram ( 2 ½ sendok makan)
Garam ½ sendok teh
Susu cair 125 ml
Ragi instan 2 sendok teh
Margarin 25 gram
Kuning telur 2 butir, kocok lepas

Bahan Isi : Kumbu kacang hijau secukupnya.
Untuk lapisan luar, kulit lumpia secukupnya
Cara Membuat :
Campur semua bahan kering, aduk rata.
Buat lubang seperti sumur di tengah adonan.
Masukkan kuning telur di tengah lubang.
Tuangi susu cair sambil di uleni hingga rata.
Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga kalis.
Diamkan adonan selam 45 menit.
Buang gas dalam adonan, bulatkan kecil kecil.
Diamkan kembali 10 -1 5 menit.
Isi dengan kumbu kacang hijau, bungkus dengan kulit lumpia, dan ikat ujungnya dengan daun pandan,lalu goreng hingga matang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Poffertje Tape


Assalamualaikum,

Sudah lama ya nggak ngeblog, gara-garanya sibuk jualan baju muslim anak jadinya nggak sempat negokin blog, Hahahaha...sok sibuk banget ini orangnya :D

Minggu kemaren sempet beli tape di pasar, nggak tau mau dibikin apa, pokoknya yang penting beli dulu aja :D, nah sudah kebiasaan lapar mata, sampai rumah bingung deh mau diapain nih tape. Kebingungan berlanjut sampai tadi pagi, dan akhirnya baru deh diolah pagi ini, bikin poffertjes aja, resepnya pakai punya mba Puji rahayu, hanya saja saya tambahkan tapi, nggak pake gula tapi pake susu UHT coklat ^_^, enaaak. bikin kue ini juga dalam rangka biar cetakan poffertjes yang sudah dibeli nggak sia2. wkwkwk...

langsung saja ini resep saya tuliskan kembali ya
POFFERTJES
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
80gr tepung terigu serbaguna
30gr gula halus (skip)
1/4sdt ragi instan
125ml susu uht hangat (susu UHT cokelat)
1butir telur
1sdm margarin (sekitar 15gr), lelehkan
sedikit garam
tape singkong secukupnya
Cara:
Campur tepung terigu, gula dan ragi instan, aduk rata.
Kocok lepas telur, dan masukkan susu uht hangat, aduk rata.
Buat lubang di tengah campuran tepung, tuang campuran susu dan telur, aduk rata pakai ballon wisker, masukkan juga tape singkong yang sudah dihaluskan.
Masukkan margarin cair dan garam. Aduk rata.
Diamkan sekitar 30meni, lalu cetak hingga kecoklatan.
Siap disajikan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS