Powered by Blogger.
RSS

Kreasi Nasi Goreng



kreasi berbagai nasi goreng ala temen-temen di Dapur Masak, lumayan menambah varian ketika nggak tau masak apa buat sarapan, dan tidak punya stock apa-apa untuk dimasak yang ada hanya telur, nasi, sosis dan sedikit sawi hijau.

taraa..jadilah menu sederhana dan praktis hihihi...sehat dan mengenyangkan :D
resep asli silahkan meluncur ke DM ya
nasi goreng rempah dan nasi goreng sosis

terimakasih bu Sis dan mb Marieska atas ide untuk olahan nasinya..

Selamat berkreasi dengan nasi ^^...
Jum'at berkah dan weekend menantai cihuuuuy :D
siapin masak-masak buat ketempatan arisan ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BAKMI GODOG





Masih seputaran mie, heee..karena kemarin berhasi bikin bakmie goreng dan masih ada juga bahan-bahan buat mie godog ya sudah bikin mie godog saja buat sarapan hubby...

Hubby suka alhamdulillah.. :D, cuman sedikit kepedesan kayaknya mericanya kebanyakan dikit heee...

ngomongin bakmi godog jadi inget bakmi godog jogja, hmmm..ngiler pingin mam di situ lagi, cuman pernah mam sekali, eh besoknya hubby diajakin g mau jauh katanya :( padahal mumpung di jogja heee...
jadi kapan ya bisa mam bakmi jogja lagi hihihi... *bayangin aja rasanya :D


MIE GODOG JAWA
Bahan :
  • 200 gram mie gepeng, rebus
  • 200 paha ayam, rebus, suwir-suwir (vira tidak pakai diganti sosis)
  • 1 buah tomat, potong – potong
  • 5 lembar kol, potong – potong (vira tidak pakai)
  • 75 gram caisim (bisa pakai sawi hijau)
  • 1 ½ sdm kecap manis
  • ½ sdt kecap asin
  • 2 ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 500 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • vira tambah jamur kuping
Bumbu Halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 5 gram ebi (vira tidak pakai)
Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ayam. Aduk rata
  2. Tambahkan tomat, caisim, dan jamur kuping. Aduk sampai setengah layu. Masukkan kecap asin, kecap manis, garam, dan merica bubuk. Aduk rata
  3. Tuang air. Biarkan mendidih. Masukkan mi. aduk rata.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BAKMI GORENG JAWA




Punya stock mie telur kuning yang sudah lama nggak dimasak, bingung mau dibikin apa, pernah saya masakin bakmi goreng dan hubby tidak suka, jelas saja di ingat-ingat saya masaknya asal-asalan, mienya kurang matang dan bumbunya kurang merata.

Pas banget kemaren blog walking ke blognya Dapur Manis mbak Rina kasih tips juga tentang pembuatan bakmi goreng yang salah satunya mienya dicampur dulu dengan kecap dan bumbu kering, setelah tercampur rata baru dimasukkan ke bumbu yang sudah ditumis heee..benar saja hasilnya sangat lain, enak semua takarannya pas, manis, asin nya ^^... terimakasih mbak Rina, dan taraa yang bikin seneng hubby ngabisin mie nya :D alhamdulillah *senyum lebar.

saya tuliskan kembali resepnya,


Mi Goreng Jawa
Sumber : Rina Audie
Bahan :
1 bks (220gr) mi telur kering
4 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
5 butir bawang merah, iris tipis
2 sdt kecap ikan/asin
1 batang daun bawang, iris halus
1 bh wortel, potong korek api (pas lagi tidak punya simpanan wortel :) diganti dengan jamur kuping)
5 batang sawi hijau, potong-potong
5 lbr kol/kubis, potong kasar (pas tidak ada juga)
5 butir bakso, potong sesuai selera (yang ini tidak ada juga :))
3 bh sosis, potong bulat
2 butir telur, dibuat orak arik (vira pakai telur puyuh yang direbus)

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
4 butir kemiri
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk

pelengkap:
bawang goreng
mentimun
cabe rawit

Cara membuat :
1. Rebus mi sampai matang, angkat dan tiriskan. Siram dengan air dingin beberapa kali sampai mi menjadi dingin. Tuangi mi dengan kecap manis dan saus tiram. Beri garam dan gula pasir, aduk rata dan cek rasanya. Jika suka bisa ditambahkan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Sisihkan.
2. Tumis bawang merah dan bumbu halus sampai wangi. Masukkan kecap ikan, daun bawang dan wortel, aduk rata. Biarkan wortel matang.
3 Masukkan sawi hijau, kol, bakso, sosis, telur orak arik dan mi berbumbu. Aduk rata sampai ke dasar wajan. Cek rasanya. Jika telah matang angkat mi dan sajikan hangat beserta pelengkap.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bakso Goreng Ikan





untuk tantangan DM serba ikan, tetep berkreasi dengan bakso-baksoan kesukaan hubby heee..
bener saja seputaran bakso pasti hubby suka :D, kalau udah gitu jadi ikut seneng karena diabisin sama hubby ^^..
dan untuk resepnya saya nyontek dari sajian sedap dengan sedikit modifikasi ikannya ditambah jadi 250 gr, hasilnya terasa sekali ikannya enaak :D, bisa langsung dimakan atau disajikan dengan kuah bakso hmm yummy, recomended buat di coba ^^

Resepnya saya tuliskan lagi


Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
100 gram ikan tenggiri haluskan (saya 250 gr ikan tengiri)
30 gram tepung terigu protein sedang (vira skip)
100 gram tepung sagu
120 ml air es (pakai es batu 3 buah kecil)
1 batang daun bawang iris halus
2 siung bawang putih haluskan
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh vetsin
minyak untuk menggoreng
Cara Pengolahan :
  1. Aduk rata semua bahan. Bentuk bulat.
  2. Rebus dalam air mendidih sampai terapung.
  3. Angkat dan goreng sampai kekuningan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Potato Bun






lagi-lagi ngiler dengan postingan mb Ricke Ordinary Kitchen sudah banyak komentar bagi yang sudah mencobanya dan recomended banget buat dicoba, empuk dan enaak yang pasti. akhirnya tanpa pikir panjang bikin juga heee sembari disambi setrika, taraaa bener seperti kata temen-temen enak, lembut, mirip kayak beli di bread talk hee.. terimakasih ya Mbak Ricke resepnya selalu oke.

resep aslinya ada di disini silahkan di coba ^^


POTATO BUNS
by Ricke Indriani

Bahan:
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein rendah
6 gr ragi instan
65 gr gula pasir
10 gr susu bubuk full cream
1 sdt vanilla (optional)
2 kuning telur
100 gram kentang kukus, haluskan
125 ml air es (atau susu cair dingin)
1/2 sdt garam
35 gram mentega/margarine

Polesan:
Susu cair

Topping:
Vla vanilla siap pakai

Isi:
Sesuai selera

Cara membuat:
1. Campur terigu, ragi instant, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata.
2. Masukkan vanilla, kuning telur dan kentang sambil diaduk rata. Tuangi air es (atau susu cair dingin) sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis (tidak lengket). Hentikan penambahan cairan jika adonan sudah kalis.
3. Masukkan garam dan mentega/margarine. Uleni kembali sampai kalis dan elastis, permukaan adonan mulus.
4. Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah. Tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan hingga mengembang 2x lipat volumenya. 45 menit hingga 1 jam tergantung kondisi ruangan.
5. Kempeskan adonan, uleni kembali sebentar agar mulus dan elastis kembali. Bagi adonan menjadi 16 bagian sama rata. Bulatkan adonan, diamkan 10 menit. Pipihkan dan isi dengan isian sesuai selera, atau bisa juga tanpa diisi. Bulatkan kembali adonan. Letakkan berjejer dalam loyang kotak berukuran 22x22x7 cm. Tutup dengan plastik wrap, diamkan kembali hingga mengembang, 30 menit.
6. Panaskan oven 180-200'C (oven harus sudah panas saat adonan masuk). Oles permukaan adonan dengan susu cair dan semprotkan vla vanilla di atasnya. Panggang dalam oven selama 15 menit hingga matang dan permukaannya kecoklatan. Keluarkan dari oven dan panas-panas oles permukaannya dengan margarine.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BOLKUS GULMER






yeii, seneng akhirnya bisa juga bikin bolu kukus gula merah ini, tidak mengkerut di bagian bawah dan enaak..heee akhirnya nggak harus beli 30 ribu cuman isi 9 di FM, lumayan sekarang bisa makan sepuasnya :D terimakasih mb Rina Rinso, sejak berhasil bikin makpan kapucino jadi agak pede bikin bolu kukus lagi hiii...hii.. seneng sekali :D
hubby juga doyan sepertinya, apalagi musim ujan enaknya makan bolkus gulmer ini, recomended banget buat dicoba ya silahkan ^^.
Bolu kukus gula merah
sumber blog Mb Rina Audie
Bahan :
200 gr gula merah
200 ml air
1 butir telur ayam
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
250 gr tepung terigu protein sedang (saya pake merk Segitiga Biru)
125 ml minyak goreng

Cara membuat :
1.Rebus gula merah dan air sampai gula menjadi larut. Angkat dari api dan dinginkan. Saring dan ukur sebanyak 275 ml.
2. Alasi cetakan bolu kukus atau cupcake dengan kertas. Panaskan kukusan.
3. Dalam sebuah wadah kocok telur, gula pasir, garam, soda kue dan baking powder sampai mengembang dan gula menjadi larut .Gunakan speed tinggi ya.
3. Masukkan larutan gula merah, kocok rata.
4. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata.
5. Tuangkan minyak goreng, kocok sampai rata. Masukkan adonan ke dalam cetakan sampai penuh.
6. Masukkan ke dalam kukusan yang telah beruap banyak. Beri jarak diantaranya supaya uap air bisa naik ke atas dan menyebar rata sehingga kue bisa mekar semua. Kukus selama 25 menit. Selama mengukus jangan dibuka-buka ya supaya tidak bantat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS