Powered by Blogger.
RSS

BAKMI GORENG JAWA




Punya stock mie telur kuning yang sudah lama nggak dimasak, bingung mau dibikin apa, pernah saya masakin bakmi goreng dan hubby tidak suka, jelas saja di ingat-ingat saya masaknya asal-asalan, mienya kurang matang dan bumbunya kurang merata.

Pas banget kemaren blog walking ke blognya Dapur Manis mbak Rina kasih tips juga tentang pembuatan bakmi goreng yang salah satunya mienya dicampur dulu dengan kecap dan bumbu kering, setelah tercampur rata baru dimasukkan ke bumbu yang sudah ditumis heee..benar saja hasilnya sangat lain, enak semua takarannya pas, manis, asin nya ^^... terimakasih mbak Rina, dan taraa yang bikin seneng hubby ngabisin mie nya :D alhamdulillah *senyum lebar.

saya tuliskan kembali resepnya,


Mi Goreng Jawa
Sumber : Rina Audie
Bahan :
1 bks (220gr) mi telur kering
4 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
5 butir bawang merah, iris tipis
2 sdt kecap ikan/asin
1 batang daun bawang, iris halus
1 bh wortel, potong korek api (pas lagi tidak punya simpanan wortel :) diganti dengan jamur kuping)
5 batang sawi hijau, potong-potong
5 lbr kol/kubis, potong kasar (pas tidak ada juga)
5 butir bakso, potong sesuai selera (yang ini tidak ada juga :))
3 bh sosis, potong bulat
2 butir telur, dibuat orak arik (vira pakai telur puyuh yang direbus)

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
4 butir kemiri
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk

pelengkap:
bawang goreng
mentimun
cabe rawit

Cara membuat :
1. Rebus mi sampai matang, angkat dan tiriskan. Siram dengan air dingin beberapa kali sampai mi menjadi dingin. Tuangi mi dengan kecap manis dan saus tiram. Beri garam dan gula pasir, aduk rata dan cek rasanya. Jika suka bisa ditambahkan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Sisihkan.
2. Tumis bawang merah dan bumbu halus sampai wangi. Masukkan kecap ikan, daun bawang dan wortel, aduk rata. Biarkan wortel matang.
3 Masukkan sawi hijau, kol, bakso, sosis, telur orak arik dan mi berbumbu. Aduk rata sampai ke dasar wajan. Cek rasanya. Jika telah matang angkat mi dan sajikan hangat beserta pelengkap.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Rina Audie said...

mau posting resep baru, lha kok mergoki mi goreng jawa ada di sini. Enak kan, bumbu bisa rata. Kalo bikin mi goreng, nasi goreng atau bihun goreng pake cara ini saja supaya bumbu bisa rata. Jangan ngikuti tukang mie di luar sono. Mereka pake wajan lebar dan masaknya porsi kecil, tentu saja bumbu bisa rata. Lha kebalikan dari kita, wajan pas-pasan, porsi mienya buat berlima, hahaha....

Elvira Agustina said...

hahaha bener banget mbak, mau laporan malah keduluan lagi sama mbak Rina hihihi...tak tunggu postingan resep-resep barunya mbak, terus saya nyontek ya mbak hihihi...:D