Powered by Blogger.
RSS

Bubur Hijau


Bingung memanfaatkan ketan yang udah lama nganggur di rumah, enaknya bikin apa yang nggak ribet, pingin bikin wajik sebenernya tapi kok ya nggak jadi-jadi, dan malah kepikiran bikin bubur hijau. Resepnya pakai resep jenang abang tapi nggak pakai gula jawa, pakai gula putih dan airnya ditambah dengan daun suji dan pandan yang di blender. dan hmmm legit sekali buburnya, sukaa banget dengan aroma daun suji dan pandan yang harum, ditambah dengan santan yang gurih...pas dimakan di musim hujan seperti ini ^_^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Putu Ayu


Sebenarnya ngak niat sama sekali buat bikin putu ayu, tapi liat putu ayunya mb Aida kok menul2, meski tanpa kelapa kelihatannya enaak, akhirnya bikin lah putu ayu.eh bener..menul2 cantik, kali ini saya mencoba cetakan mawar yang sebenernya udah berbulan-bulan tidak dipakai. Terimakasih mb Aida.

Resepnya saya hanya menggunakan 1/4 resep saja, jadinya sekitar 9-10 buah
6 butir telur
500 gr gula pasir
1sdt SP
400 ml santan kental
sedikit garam
500 gr tepung terigu

Cara membuat :
1. Kocok telur, gula pasir dan SP hingga kental
2. masukkan garam, tepung terigu dan santan secara bergantian, aduk sampai rata
3. bagi adonan menjadi 2 warna hijau dan merah.panaskan kukusan hingga beruap
4. olesi cetakan mawar dengan sedikit minyak
5. masukkan adonan ke dalam cetakan dan kukus kurang lebih 10-15 menit
6. tusuk dengan tusuk gigi, jika sudah matang angkat dan keluarkan putu ayu dari cetakan.
7. sajikan selagi hangat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cilok





Hubby ngidam pingin cilok beberapa hari ini,daripada beli mahal 10 bijinya 10 ribu, banyak penyedap rasanya pula.akhirnya sempetin bikin sendiri.ada ide karena hubby suka sama sosis, di isi sosis aja.

Untuk resepnya saya coba pakai resepnya mb diah didi. Enaaak, makasih ya mb. Pagi2 semangat ke dapur demi untuk sarapan cikok isi sosis, beberapa coba di goreng seperti kak yodha, eh enak juga, bener kata mb diah kalau di goreng ala kak yodha lebih gurih. Alhamdulillah kenyang sarapan pagi dengan cilok hihi

Resepnya seperti berikut ya :
Cilok Ebi

Bahan :
100 gram tepung terigu
100 gram tepung tapioka / sagu
Ebi sangrai yang sudah di haluskan 1 sendok makan munjung
200 ml air panas ( secukupnya )
1 siung bawang putih , 2 batang daun bawang yang kecil , iris halus bagian daunnya saja.
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
Bumbu kaldu bubuk 1 sendok teh dan  garam secukupnya

Cara Membuat :
Campur terigu dan bumbu2 lain, tuangi air panas secukupnya sampai adonan basah, tapi tidak cair lho ya. Masukan tepung tapioka, aduk rata saja, jangan di uleni terlalu kuat ya biar nggak terlalu kenyal ciloknya, sampai adonan dapat di bentuk, jik amasih terlalu kering,boleh di tambah air panas sedikit.
Tes rasa dulu, goreng atau rebus adonan cilok sedikit, lalu cicipi rasanya..jika sudah pas sesuai selera, baru
di bentuk bulat2, lalu rebus di air mendidih hingga mengapung dan matang.
Angkat..sajikan dengan sambal kacang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bubur Ayam


ngidam buryam hihihi...biasanya sih beli, tapi hari Minggu kemaren cuaca panas banget, males keluar2, akhirnya keingetan deh pingin bikin buryam ayam kampung, emang beda deh ya kalau pakai ayam kampung gurihnya beda banget. tapi sempet kaget benarkah sekarang ayam kampung satu ekor harganya 70 ribu? biasanya beli di superindo nggak sampai segitu, apa harga2 pada naik ya kan dollarnya udah turun, fiuuh...

ya sudah daripada pusing mikir in harga yang terus-terusan naik, makan buryam aja deh ya, hihihi.. berikut resepnya
Bubur Ayam ala roomvi
Bahan-Bahan :
1.5 cup beras, cuci bersih
airnya banyak, saya cuma kira-kira aja

ayam kampung setengah potong
2 helai daun jeruk
1 buah sereh
2 lembar daun salam
santan bumas 90 ml

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 sdt merica
1 sdt garam
1/2 sdt gula jawa
1/2 ruas kunyit

Cara Membuat:
1. untuk bubur masak di slow cooker sampai menjadi bubur
2. tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, serai dan daun salam, kemudian ayamnya, sedikit digongso lalu tambahkan air secukupnya
3. masak sampai ayam empuk, lalu tambahkan santan bumas.
4. biarkan hingga mendidih, dan koreksi rasanya.
5. angkat dan siapkan bersama buburnya,hidangkan dengan telur rebus dan ati ampela, atau sesuai selera ya


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Donat lempuk



Berasa udah lama nggak posting, kalau lagi nggak mood baking malesnya itu loh, berminggu2 nggak ada kegiatan di dapur, hasilnya boros beli mam di luar hihi.

Udah lama penasaran banget sama donat lempuk mb dame tobing, menul2 dan testimoninya empuk, banyak yang udah coba dan mempengaruhi saya buat bikin juga meski terlambat.hihihi..bener banget enak menul2 dan empuk.makasih ya mb dame.resepnya saya tuliskan lagi di bawah ini :
BAHAN :
250 gr Tepung terigu protein tinggi (protein sedang juga bisa ) saya pakai Segitiga Biru.
6    gr Ragi instan
50  gr Gula Pasir
1    sdm Susu Bubuk
1/4 sdt Baking Powder
50  gr kentang, rebus lalu haluskan
1   btr Kuning Telur
85  ml air dingin
40  gr mentega
Sejumput garam
HOW TO :
1. Dalam wadah campur Terigu, Ragi, Gula Pasir, Susu Bubuk dan Baking Powder. Aduk rata.
2. Masukkan kentang halus dan kuning telur, aduk rata (dengan tangan).
3. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga setengah kalis.
4. Tambahkan mentega dan garam. Uleni hingga kalis elastis.
5. Bulatkan adonan, istirahatkan selama kurang lebih 30-45 menit, atau sampai adonan mengembang 2x lipat. Tutup wadah dengan kain lembab agar adonan tidak kering.
6. Kempiskan adonan, bentuk adonan bulat2 atau giling dan cetak adonan. Istirahatkan lagi selama lebih kurang 30 menit.
7. Panaskan minyak banyak dengan api cenderung kecil. Goreng donat hingga kuning kemasan. Angkat. Tunggu hingga dingin lalu beri topping sesuai selera.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bolu Kukus Gula Merah


Udah sering bikin bolu kukus, tapi masih penasaran pingin ngerasain bolkus gulmernya mb Vivi Liong, sepertinya lembut, dan dari banyak komen yang udah nyoba sih pada bilang enak dan lembut. kepingin banget nyoba dari dulu tapi sempetnya baru tadi pagi. Eeh beneran enaaak banget ternyata lembut persis banget sama yang di jual di pasar. Suka deh pokoknya..bagi yang belum coba buru2 dicoba ya hihihi..

resepnya saya tuliskan ulang dibawah ini :
Bolu Kukus Gula Merah

Bahan:
- Telur ayam 2 butir
- Gula pasir 100 gram
- Soda kue 1 sendok teh
- Baking powder 1/2 sendok teh
- Gula palem 400 gram, rebus dengan 400 ml air hingga gula larut,
angkat dan saring
- Tepung terigu protein sedang 500 gram
- Minyak sayur/jagung 250 ml

Isi: (saya skip)
- Nangka kupas 5 mata, potong dadu kecil
- Misis 50 gram

Cara Membuat:
1. Kocok telur bersama gula pasir, soda kue dan baking powder hingga
lembut dan mengembang.
2. Masukkan satu persatu, sirup gula merah, lalu tepung terigu dan
minyak goreng, sambil diaduk hingga adonan tercampur rata.
3. Tuang sedikit adonan dalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi
cup solo, lalu tambahkan nangka dan tuang kembali sisa adonan hingga
agak penuh.
4. Kukus dalam kukusan yg telah bergolak airnya, kukus selama 25 – 30
menit hingga kue merekah dan matang, angkat. (selama pengkukusan,
jangan dibuka-buka).
5. Sajikan.

Hasil Jadi 12 Buah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS