Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2014

Roti Pisang Bakar

Menu ini memang sangat praktis untuk takjil saat waktu untuk mempersiapkan takjil mepet hahaha..tinggal roti dipanggang dengan mentega dan pisangnya juga dipanggang, taburi keju dan mesis, jadi deh..alhamdulillah takjil sederhana tetep nikmat ^^

semoga kita semua mendapat berkah Ramadhan. Aamiin

Lava Cake

Hiks hampir beberapa minggu ini selalu gagal mencoba resep2 baru, yang salah sepertinya bukan resepnya tapi ya saya sendiri. Apalagi minggu minggu ini yang mulai enggak fokus pingin mudik dan pulang ke kampung halaman. Ya jadi seperti itulah hasilnya gagal, heee.. termasuk lava cake ini.
Meski enggak keluar lavanya coklatnya tapi kue ini lembut banget dan nyoklat banget, enggak heran bila banyak yang menyukai kue ini. kesalahan saya yang pertama adalah enggak melihat note yang di tulis mb Ricke bahwa kue dikeluarkan dari loyang mufin 5 menit setelah keluar dari oven, sedangkan sayang langsung dikeluarkan ya terang saja ya coklat cairnya berantakan kemana2 hahaha,yang kedua akhirnya dioven lagi 10 menit dan hasilnya seperti ini lavanya g ada sama sekali karena kelamaan ngovennya hiks..ya sudah next harus dicoba lagi sampai berhasil, hahaha...

Resepnya saya tulsan kembali
MOLTEN CHOCOLATE CAKE
by Ricke Indriani

Bahan:
225 gram dark chocolate (lebih bagus pakai jenis couverture chocolate,…

Wedang Kolak

Sebetulnya ini adalah resepnya mb Diah Didi Wedang Roti Tawar dan Nangka cuman kebetulan ada pisang dan kaboca yang sudah lama ada di kulkas daripada keburu busuk akhirnya dicampurkan saja jadinya wedang kolak deh hihihi.. hmmm ternyata yummy sekali rasanya, jadi semacam ada rasa mocanya, karena dicampur sedikit kopi, gula jawa dan kayu manis. Nah kebayang kan wanginya hihihi. terimakasih mb Diah berbagi resepnya semoga berkah ya.

Saya tuliskan kembali resepnya :
Wedang Roti Nangka Bahan :
4 lembar roti tawar, panggang   hingga kering di oven atau pakai teflon.
Nangka 50 gram vira menambahkan kabocha dan pisang, dudus dulu dan potong2, tata dalam mangkuk saat akan disajikan Bahan kuah :
1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok makan kopi bubuk
100 gram gula merah, disisir halus ( sesuai selera )
1 lembar daun pandan
2 cm kayumanis
1/4 sendok teh garam
Cara membuat :
Masak bahan kuah hingga mendidih..sambil sesekali di aduk. Masukkan nangka.
Koreksi rasa, manisnya pas belum jika ud…

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Ayam bakar ini salah satu menu untuk berbuka, sayangnya penampakannya tidak merah menarik hati hihihi...hubby juga enggak mam dikiranya pedes kyknya, tp rasanya sih enggak pedes karena dari cabe merah besar aja. Kepingin bikin ayam ini gara-gara liat postingan mb Hesti, hmm..menggoda sekali ayam bakarnya. Terimakasih ya mb atas sharing resepnya ^^

Saya tuliskan kembali Resepnya
Bahan :
- 1 ekor ayam, potong potong menurut selera
- 1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya
- garam secukupnya
- 200 ml santan
- 2 lmbr daun salam
- 5 lembar daun jeruk
- 2 batang sereh, geprek
- 5 sdm minyak untuk menumis bumbu Bumbu halus :
- 7 bauh cabe merah besar
- 10 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 4 butir kemiri
- 1 buah tomat, buang biji
- 1 ruas ibu jari lengkuas, iris halus
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 1 sdt terasi
- 1 sdm gula merah
- 1 sdm asam jawa
- gula pasir & garam secukupnya Cara membuat :
Panggang ayam di oven sampai setengah matang saja.
Tumis bumbu halus, sereh, daun salam dan dau…

Soto Ambengan

Tahu Rebus Sosis

Apa ya nama makanan ini sebenarnya hee..saya asal kasih judul aja, mau bikin yang gampang-gampang dan biasanya hari minggu adalah waktunya nyetok lauk untuk beberapa hari yang bisa di simpan di kulas dan tinggal digoreng aja pas sahur atau buka. Kebetulan ada tahu dan sosis ya sudah bikin makanan ini saja, soalnya hubby suka banget sama sosis dan pasti suka deh hihihi..:D

Resepnya suka suka aja dan menyesuaikan bahan yang ada.
Bahan-Bahan
Sosis sekitar 4 buah dipotong jadi 3 lalu potong jadi 4 tapi panggalnya tidak sampai putus
tahu 10 buah remas-remas
merica secukupnya
wortel 1 buat potong dadu
Bawang daun/pre 2 buah iris tipis
telur 3 buah

Cara membuatnya :
1. aduk jadi satu, tahu, merica, wortel, bawang daun/pre, garam hingga merata.
2. tambahkan telur dan aduk kembali hingga rata
3. olesi cetakan kue talam dengan minyak isi 3/4 bagian dan masukan sosis di tengah-tengah
4.kukus dalam dandang yang telah mendidih sampai matang
5. goreng hingga kecoklatan dan siap disajikan..^^


Lodeh Labu Siam

Lagi-lagi lodeh labu siam, habis enak sih hihihi...untuk lodeh kali ini ditambahkan dengan tahu dan telur puyuh, resepnya dari mb Nina, makasih ya mb, hanya saja lodeh punyaku minus labu siam tapi tetep enaak di mam sama nasi :D..

Resepnya saya tuliskan kembali ;

Bahan : lontong atau ketupat 2 buah labu siam, potong korek api 1 blok tahu, potong dadu dan goreng sebentar hingga berkulit 1 blok tempe, potong dadu , goreng sebentar  100 gr udang kecil, buang kulitnya 15 butir telur puyuh rebus 2 helai daun salam 2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan 15 cabe rawit  1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa 2 sdm minyak untuk menumis Bumbu Halus : 10 buah cabe merah besar (aku buang bijinya) 7 butir bawang merah 3 siung bawang putih 2 butir kemiri, sangrai 3 sdt garam (atau sesuai selera) 1-2 sdt gula pasir Pelengkap : bubuk kedelai bawang goreng kerupuk Cara Membuat : - Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan daun salam dan serai. Aduk rata. - Masukkan ud…

Lumpur Pisang

Kue Lumpur, semua pasti udah pada kenal semua ya, kue tradisional ini memang favorit deh rasanya hihihi..., sebetulnya kemaren mau bikin banana smothies lha kok lupa klo g punya es, ya sudah akhirnya dibuat kue Lumpur Pisang aja, kebetulan pic dari Mb Diah Didi menggoda sekali untuk dicoba, dan memang betul enaak sekali kue lumpurnya, saya hanya membuat setengah resep dan hasilnya lumayan banyak hihihi..

Makasih ya mb Diah, kuenya buat buka puasa kemarin.

Resepnya saya tuliskan kembali :
Lumpur Pisang

Es Podeng

Es Podeng ini biasanya muncul hanya pas ada hajatan pernikahan. Sewaktu saya kecil es ini sangat terkenal dan menjadi idaman saya sebagai anak kecil untuk memakannya saat diajak ibu ke undangan pernikahan hee...namun sayangnya seiring berjalannya waktu es ini sudah mulai memudar dari peredaran, dan digantikan dengan es puter, es krim saat ada hajaan pernikahan :(

ya begitulah, saking kangennya ramadhan ini niat bikin es ini, kalau aslinya terdiri dari puding marmer atau mozaik, setup nanas dan setup kolang kaling.
Lalu saya modif sesuai dengan ahan yang ada di rumah puding mozaik, setup kolang kaling, blewah dan cincau, tak lupa sirup merah.

Biasanya disantap dengan es serut, tapi karena kurang suka kalau terlalu dingin akhirnya saya hanya paka air es saja, heee..

selamat menjalankan ibadah puasa ^^

Savoury Bread Puding

Sebetulnya penasaran banget pingin sekali bisa bikin puding roti, tapi selalu saja malesnya nggak ketulungan hahaha... ya sudah lah. Dan akhirnya mumpung weekend akhirnya bikin juga pudingnya, resep dari blognya Mb Nina. Tertarik bikin karena puding ini adalah jenis puding asin. Setelah matang hmmm..enak sekali ternyata hihihi...

Resepnya saya tuliskan kembali :
SAVOURY BREAD PUDDING
Bahan : 1 bungkus (200 gr roti tawar), potong-potong 600 ml susu cair 5 butir telur, kocok lepas 200 gr daging giling, tumis hingga matang 5 buah sosis, tumis dan iris tipis 100 gr keju cheddar parut 1-1,5 sdt garam 1/2 sdt merica bubuk 1/2 sdt pala bubuk Cara Membuat : - Siapkan pinggan tahan panas, oles tipis dengan margarin. Sisihkan.
- Campur susu cair dan telur, masukkan garam, merica bubuk dan pala bubuk. Aduk hingga rata. - Tata 1/2 bagian roti di dasar pinggan, tuang 1/2 campuran susu di atasnya dan diamkan sejenak hingga meresap.
- Taburi dengan daging giling, sosis dan sebagian keju. Letakkan kemb…

Steak Ayam

Menu Berbuka Puasa kami kemarin, karena lagi enggak punya ide mau dimasak apa ya jadinya cari yang simple-simple aja deh. heee... untuk resepnya sama aja seperti yang dulu pernah dibuat, hanya saja sausnya pakai yang saus berbeque ditambah saus asam manis untuk dapet rasa asem-asemnya. rasanya enaak sih apalagi pas laper hihihi...

selamat menjalankan ibada puasa temen-temen ^^

Bubur ala Ibu

Kangeeen sekali sama mami, rasanya lama tidak ketemu. Untuk mengobati rasa kangen ini jadinya bikin bubur yang biasa mami sediain ketika berbuka puasa dulu, xixixixi, beliau lumayan sering menggabung2 kan beberapa bubur dan bagi saya selalu enaaak apa yang dibuatnya ^^..love you mom.

Bubur ini hanya gabungan bubur mutiara dan bubur kacang hijau, bubur mutiaranya sudah ada resepnya ya di postingan sebelumnya, kalau bubur kacang hijaunya resepnya dibawah ini :
Bahan:
250 gr kacang hijau, rendam 1 jam
1 liter air
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh vanili bubuk
150 gr gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 liter santan
Cara membuat:
1.Didihkan air, rebus kacang hijau, dan daun pandan hingga lunak lalu buang sisa airnya
2.Rebus santan dan vanili sambil diaduk perlahan hingga mendidih dan harum, lalu masukkan kacang hijau yang telah direbus.
3. Sajikan bubur kacang hijau dengan bubur mutiara. Beri pelengkap roti, sajikan.