Skip to main content

Posts

Showing posts from 2015

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Potato's Smile

Beberapa hari lalu ada yang posting kentang goreng yang dicetak smile, cantik. Dilihat dari bahan-bahan yang digunakan mudah, maaf tapi saya lupa nama yang posting tersebut siapa. Mumpung ada long weekend nyoba ahh, siapa tau hubby suka sama kentang gorengnya. Karena saya malas, saya cuman buat dari tepung kentang saja biar praktis dan tidak lama.

Tetoot pas di goreng pertama dengan campuran bahan 1 sdm maizena, berhasil ambyar byar..eehh jadinya seperti kremesan deh hihihi.... nggak mau nyerah di adonan kedua tambah lagi 1 sdm maizena dan masih ambyar..sedikit mayun :D, masih ada sih adonannya, ya sudah tambah lagi 5 sdm tepung maizena coba cetak dan goreng-goreng sreng..sreng jadi dan cantik, meski cuman jadi 4 buah berhasil membuat yang bikin smilee hahaha....

Untuk teman si kentang goreng saya bikin chicken pop corn, di cocol sama saus jadi deh sarapan ala roomvi ^_^.


untuk resepnya ada dibawah ini, takaran kira-kira sih ya :
Potato's Smile
Bahan :
4 sdm tepung kentang
Air Pa…

Tahu Jaletot Tidak Terlalu Pedas

Dari dulu pingin bikin tahu jaletot sendiri cuma ya itu malesnya hihihi..kemaren kesampaian juga bikin tahu jaletotnya, tapi yang saya bikin tidak terlalu pedas, soalnya hubby tidak suka makanan yang pedas. Bikinnya lumayan ribet sih, tapi sesuai sama hasilnya enak, hujan-hujan mam soto ditambah dengan tahu ini.

langsung saja resep bikinnya
TAHU JALETOT
ala Roomvi

Bahan :
5 buah tahu putih (rendam dengan air garam dan goreng hingga kering) itis satu bagian atas tahu dan keruk isinya, sisihkan
1/4 kubis, iris tipis
2 buah bawang putih
2 buah bawang merah
2 buah cabai merah besar
3 buah cabe rawit kecil
1/2 sdt garam
1 sdt gula jawa

Bahan Pelapis
2 siung bawang putih haluskan
1 sdt ketumbar
1/2 sdt garam
terigu saya kira-kira saja

Cara Membuat:
1. haluskan cabe, bawang merah dan bawang putih, gula jawa dan garam
2. tumis bumbu halus dan masukkan kubis, beri sedikit air dan masak hingga matang
3. isikan bahan isi ke dalam tahu
4. campur semua bahan pelapis dan beri air secukupnya hingg…

SOTO AYAM

weekend bingung masak apa, hujan-hujan kok ya pingin mam yang anget2, apalagi hubby sedang nggak enak badan. Bikin soto ayam deh akhirnya. Masaknya nggak seribet bikin tahu jaletot sih hihihi...
Langsung saja resep soto ala roomvi

SOTO
bahan :
4 siung bawang putih
3 siung bawang merah iris tipis
1 sdr merica
2 sdt garam
2 buah serai
4 helai daun jeruk
1 ruas kunyit
1/4 ruas jahe
4 buah daun bawang iris tipis
2 tangkai seledri

Ayam 1/2 kg (direbus dengan daun salam, sere, kunyit, bawang putih, ketumbar, garam dan daun jeruk) lalu goreng sampai kering dan suir-suir

4 butir telur yang direbus
Taoge secukupnya

Cara Membuat
1. haluskan bawang putih, kunyit, merica, garam dan jahe
2. tumis bumbu halus, masukkan irisan bawang merah hingga harum
3. rebus air dikira-kira ini ya airnya, masukkan serai, daun jeruk , seledri dan daun bawang juga bumbu halus yang telah ditumis.
4. masukkan juga suiran ayam dan masak hingga mendidih, koreksi rasa dan soto siap disajikan selagi panas, dengan tamb…

Empek-Empek Dos

Masih seputaran cerita di Musim penghujan, mikir bikin cemilan apa yang tidak butuh bahan yang macem-macem, nah di temen-temen FB kok lagi banyak yang bikin empek-empek Dos, akhirnya saya tertarik juga untuk ikutan bikin empek-empek tanpa ikan ini. Ternyata bener enak, gurih meski tanpa ikan, lebih empuk meski ada kenyal-kenyal, seperti ciri khas empek-empek pada umumnya.

Sambil nonton TV sama keponakan cemal-cemil ini empek-empek sampai habis :D nggak terasa ternyata, seneng juga karena keponakan ku suka sama empek-empek ini, padahal tanpa ikan ^_^

Berikut Resepnya :
Empek - Empek Dos ( Tanpa Ikan ) Bahan Biang : 125 gram tepung terigu protein sedang 250 ml air 1 siung bawang putih yang besar, haluskan 2 sendok teh garam 1 bungkus kaldu bubuk rasa ayam yang ukuran kecil 1 sendok teh gula pasir  2 butir telur Bahan Utama : 200 gram tepung sagu / tapioka Telur 3 - 4 butir untuk isi Cara Membuat : Didihkan air dan semua bumbu untuk bahan biang. Masukkan terigu sambil di aduk hingga rata…

Pisang Limpung Pandan

Bulan Ini sudah memasuki musim hujan, Jadi inget dulu sewaktu masih anak-anak seneng banget main hujan hujanan, dulu nggak pernah kepikiran kalau hujan itu ada petir yang berbahaya, yang dipikir cuman seneng lari-larian sama temen-temen mencari pancuran dari genting hihihi...padahal kalau sekarang dirumah ngeri denger bunyi geluduknya yang menggelegar. Masa kecil yang menyenangkan ternyata :)

Daripada bengong hujan-hujan sendirian di rumah, mumpung ada sebua pisang tanduk, bikin limpang limpung aja, hanya saya menambahkan sedikit pasta pandan dan enaak sih :D hujan-hujan kayaknya berasa lapar.
Biasanya saya request ke Ibu untuk dibuatkan pisang goreng limpung daripada pisang goreng yang utuh, dulu ibu buatnya banyak, tapi rame-rame dimakan dan habis juga :D, jadi kangen sama kampung halaman deh kalau udah kayak gini ^_^.

Berikut ya resep sederhana ala roomvi

Pisang Limpung Panda
Ala Roomvi
Bahan:
10 sdm tepung terigu
1 buah Pisang Tanduk
3/4 sdm gula
1/2 sdt garam
12-15 sdm air
1 te…

Bubur Hijau

Bingung memanfaatkan ketan yang udah lama nganggur di rumah, enaknya bikin apa yang nggak ribet, pingin bikin wajik sebenernya tapi kok ya nggak jadi-jadi, dan malah kepikiran bikin bubur hijau. Resepnya pakai resep jenang abang tapi nggak pakai gula jawa, pakai gula putih dan airnya ditambah dengan daun suji dan pandan yang di blender. dan hmmm legit sekali buburnya, sukaa banget dengan aroma daun suji dan pandan yang harum, ditambah dengan santan yang gurih...pas dimakan di musim hujan seperti ini ^_^


Putu Ayu

Sebenarnya ngak niat sama sekali buat bikin putu ayu, tapi liat putu ayunya mb Aida kok menul2, meski tanpa kelapa kelihatannya enaak, akhirnya bikin lah putu ayu.eh bener..menul2 cantik, kali ini saya mencoba cetakan mawar yang sebenernya udah berbulan-bulan tidak dipakai. Terimakasih mb Aida.

Resepnya saya hanya menggunakan 1/4 resep saja, jadinya sekitar 9-10 buah
6 butir telur
500 gr gula pasir
1sdt SP
400 ml santan kental
sedikit garam
500 gr tepung terigu

Cara membuat :
1. Kocok telur, gula pasir dan SP hingga kental
2. masukkan garam, tepung terigu dan santan secara bergantian, aduk sampai rata
3. bagi adonan menjadi 2 warna hijau dan merah.panaskan kukusan hingga beruap
4. olesi cetakan mawar dengan sedikit minyak
5. masukkan adonan ke dalam cetakan dan kukus kurang lebih 10-15 menit
6. tusuk dengan tusuk gigi, jika sudah matang angkat dan keluarkan putu ayu dari cetakan.
7. sajikan selagi hangat

Cilok

Hubby ngidam pingin cilok beberapa hari ini,daripada beli mahal 10 bijinya 10 ribu, banyak penyedap rasanya pula.akhirnya sempetin bikin sendiri.ada ide karena hubby suka sama sosis, di isi sosis aja.

Untuk resepnya saya coba pakai resepnya mb diah didi. Enaaak, makasih ya mb. Pagi2 semangat ke dapur demi untuk sarapan cikok isi sosis, beberapa coba di goreng seperti kak yodha, eh enak juga, bener kata mb diah kalau di goreng ala kak yodha lebih gurih. Alhamdulillah kenyang sarapan pagi dengan cilok hihi

Resepnya seperti berikut ya :
Cilok Ebi
Bahan : 100 gram tepung terigu 100 gram tepung tapioka / sagu Ebi sangrai yang sudah di haluskan 1 sendok makan munjung 200 ml air panas ( secukupnya ) 1 siung bawang putih , 2 batang daun bawang yang kecil , iris halus bagian daunnya saja. 1/4 sendok teh merica bubuk 1/2 sendok teh gula pasir Bumbu kaldu bubuk 1 sendok teh dan  garam secukupnya
Cara Membuat : Campur terigu dan bumbu2 lain, tuangi air panas secukupnya sampai adonan basah, tapi tid…

Bubur Ayam

ngidam buryam hihihi...biasanya sih beli, tapi hari Minggu kemaren cuaca panas banget, males keluar2, akhirnya keingetan deh pingin bikin buryam ayam kampung, emang beda deh ya kalau pakai ayam kampung gurihnya beda banget. tapi sempet kaget benarkah sekarang ayam kampung satu ekor harganya 70 ribu? biasanya beli di superindo nggak sampai segitu, apa harga2 pada naik ya kan dollarnya udah turun, fiuuh...

ya sudah daripada pusing mikir in harga yang terus-terusan naik, makan buryam aja deh ya, hihihi.. berikut resepnya
Bubur Ayam ala roomvi
Bahan-Bahan :
1.5 cup beras, cuci bersih
airnya banyak, saya cuma kira-kira aja

ayam kampung setengah potong
2 helai daun jeruk
1 buah sereh
2 lembar daun salam
santan bumas 90 ml

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 sdt merica
1 sdt garam
1/2 sdt gula jawa
1/2 ruas kunyit

Cara Membuat:
1. untuk bubur masak di slow cooker sampai menjadi bubur
2. tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, serai dan daun salam, kemudian …

Donat lempuk

Berasa udah lama nggak posting, kalau lagi nggak mood baking malesnya itu loh, berminggu2 nggak ada kegiatan di dapur, hasilnya boros beli mam di luar hihi.

Udah lama penasaran banget sama donat lempuk mb dame tobing, menul2 dan testimoninya empuk, banyak yang udah coba dan mempengaruhi saya buat bikin juga meski terlambat.hihihi..bener banget enak menul2 dan empuk.makasih ya mb dame.resepnya saya tuliskan lagi di bawah ini :
BAHAN : 250 gr Tepung terigu protein tinggi (protein sedang juga bisa ) saya pakai Segitiga Biru.
6    gr Ragi instan
50  gr Gula Pasir
1    sdm Susu Bubuk
1/4 sdt Baking Powder
50  gr kentang, rebus lalu haluskan
1   btr Kuning Telur
85  ml air dingin
40  gr mentega
Sejumput garam HOW TO : 1. Dalam wadah campur Terigu, Ragi, Gula Pasir, Susu Bubuk dan Baking Powder. Aduk rata. 2. Masukkan kentang halus dan kuning telur, aduk rata (dengan tangan). 3. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga setengah kalis. 4. Tambahkan mentega dan garam. Uleni hin…

Bolu Kukus Gula Merah

Udah sering bikin bolu kukus, tapi masih penasaran pingin ngerasain bolkus gulmernya mb Vivi Liong, sepertinya lembut, dan dari banyak komen yang udah nyoba sih pada bilang enak dan lembut. kepingin banget nyoba dari dulu tapi sempetnya baru tadi pagi. Eeh beneran enaaak banget ternyata lembut persis banget sama yang di jual di pasar. Suka deh pokoknya..bagi yang belum coba buru2 dicoba ya hihihi..

resepnya saya tuliskan ulang dibawah ini :
Bolu Kukus Gula Merah

Bahan:
- Telur ayam 2 butir
- Gula pasir 100 gram
- Soda kue 1 sendok teh
- Baking powder 1/2 sendok teh
- Gula palem 400 gram, rebus dengan 400 ml air hingga gula larut,
angkat dan saring
- Tepung terigu protein sedang 500 gram
- Minyak sayur/jagung 250 ml

Isi: (saya skip)
- Nangka kupas 5 mata, potong dadu kecil
- Misis 50 gram

Cara Membuat:
1. Kocok telur bersama gula pasir, soda kue dan baking powder hingga
lembut dan mengembang.
2. Masukkan satu persatu, sirup gula merah, lalu tepung terigu dan
minyak goreng, sambil diad…

Brownies Keju

Sudah lama banget nggak pegang mixer, sukanya bikin kue atau masak yang praktis-praktis saja. Tiba-tiba kemaren anaknya temen kangen brownies keju yang ada potongan kejunya. begitu katanya..hihihi alhamdulillah ya si putera dan kiki suka kue buatan tante ya *hug.

Pesenan si putera dan kiki bikin saya jadi semangat mempersiapkan bahan untuk bikin brownies ini, cuman beli keju kraft sama mikanya aja sih ^_^.
Begitu pulang langsung deh siapin bahan kering, basah, metega cair, panasin kukusan.Mixer, cemplang cemplung, dan masukin adonan yang sudah jadi ke cetakan, dan tiiiiiit....olala mati lampu pas saat cetakan mau dimasukkan ke kukusan.

Fiuuh ya sudah ngukus di gelap-gelapan, belum setengah jam pingin buka kukusan, takut nggak ngembang. Udah lama juga nggak bikin ini brownies, ngembang sih tapi gara-gara dibuka sebelum waktunya browniesnya sedikit mengempis, hiks...tapi tidak terlalu kempis sih untungnya :D, habisnya lupa banget kalau dibukanya nanti saja nunggu udah 30 menit. Oke-oke…

Tahu Walik Udang

Setelah terserang penyakit malas weekend kemaren gara-gara drama korea sih, seharian nonton di kasur, males masak dan bikin kue padahal rencana udah di list pingin bikin ini itu, hasilnya mantengin drama korea :D

ya sudahlah mumpung hari ini rajin, kepingin bikin tahu walik. Hubby suka sekali dengan tahu walik ini, kalau di banyuwangi di perliman ada bakso yang disajikan dengan tahu walik ini salah satunya, karena diwalik tahunya dibuang isinya dan di goreng lagi jadi krispy kriuk-kriuk, enak deh. Meski isiannya kebanyakan kanjinya sih daripada ikannya, cuman tetep aja tahu walik ini enak.

karena banyuwangi jauh, coba-coba bikin sendiri ahhh..tapi isinya daging coba diganti udang. Eeh ternyata ngewalik tahunya susah bener, haha maklum ya pertama, kemungkinan sih akan lebih cantik kalau tahunya bentuk segitiga ya, jadi ngewalik tahunya bisa lebih gampang dari pada yang kota, btw enak sih rasanya, malah mirip batagor, cuman karena tepungnya sedikit dan ikannya banyak jadi terasa kurang…

Nasgor Sederhana

Bingung banget hari Minggu pagi mau bikin sarapan apa, di kulkas bahan sudah habis, mau belanja ke bude juga males keluar, akhirnya bikin nasi goreng aja deh yang super kilat, eeh..malesnya kumat jadinya nggak pake cabe merah, bahan-bahannya juga asal cemplung, sekalian daging dari sate daging khas aceh sekalian dimasukin ke nasi goreng, hasilnya not so bad lah, enak malahan sih :D
Biar menarik dibungkus sama telur, jadi ala-ala nasgor tailan gitu, dan lumayan sih sudah rapi dibanding pertama kali bikin dulu.^_^

Resep cemplang cemplung nya kira-kira seperti ini :
Nasgor Sederhana
Bahan :
1 1/2 piring nasi
4 buah bawang merah iris tipis
3 buah bawang putih, geprek
1 sdm kecap manis
1 sdm saus sambal
1/2 sdt saus tiram
1/2 sdt ebi
1/2 sdt merica
4 sdm sate daging sisa dari (sate daging khas aceh)
2 sdm mentega
Bahan pelapis : 1 butir telur dengan sedikit garam dan merica

Cara membuat,
1. Panaskan mentega hingga leleh, lalu masukkan bawang merah dan putih, tumis hingga harum
2. Masukk…

Apple Green Tea

Cuaca akhir-akhir ini panas sekali, gerah banget jadi nggak pingin kemana-mana. Kemarin coba-coba sih bikin green tea terus dikasih jus apple dan dimasukin ke kulkas semalaman, tapi rasanya nggak ada asem-asemnya, mau dikasih lemon, eeh lupa terus beli lemon. Ya sudah keburu habis deh hahaha..kemaren coba lagi bikin tapi plus dikasih jeruk nipis, dua jeruk nipis masih kurang asem, lha jeruk nipisnya pada mateng-mateng hihihi...
Tapi yang pasti lebih seger dengan adanya tambahan jeruk nipis, enaak deh. sambil nonton moto GP Australia ngemil pukis sambil minum es apple Green Tea, mantap lah ^_^..

Langsung saja resepnya ada di bawah ini :
Apple Green Tea
Bahan-bahan
1 buah green tea 1 buah apel (dijus, ambil airnya) 3 buah jeruk nipis, disesuaikan saja dengan selera untuk tingkat keasaman 1 buah es batu 8-10 sdm gula, yang ini disesuaikan dengan selera saja untuk kemanisan nya 800-1000 ml air mendidih 
Cara Membuat
1.Rendam green tea selama 10 menit dengan air mendidih
2.Tambah kan gula …

Pukis ala abang abang

Nggak rugi deh cobain resep anti gagal dari mbak vita citra ini, pukisnya enak, menul tapi padet, menurut saya lebih enak pukis ini daripada beli si abang abang, habisnya ngantri nya lama banget deh.wkwkwk..

Resepnya saya tuliskan kembali

Pukis Ala Abang abang
Sumber: Mbak Vita Citra
Reecook by Vira
BAHAN:

♥   150 gr tepung terigu protein sedang
♥   1 sdt ragi instant
♥   100 gr gula pasir vira hanya pakai 75 gram
♥   1/2 sdt garam 
♥   100 ml susu cair (bisa juga diganti dengan semua santan)
♥   100 ml santan
♥   1 butir telur
♥   1 sdm margarin, lelehkan (saya pakai 20gr)
♥   1 sdm minyak goreng
♥  1/4 sdt baking powder

ISI : ♥   Pasta coklat / moka secukupnya
♥   Coklat bubuk secukupnya  ♥   Keju potong kotak-kotak / memanjang sesuai selera CARA:
Campur semua bahan kering terkecuali baking powder kedalam 1 wadah dan aduk rata .Di wadah terpisah Campur susu, santan, telur, minyak, santan, aduk rata, masukkan campuran tepung, aduk rata.Tutup rapat dan diamkan selama 30 menit.Masukkan baking powder, …

Sate Godog Khas Aceh

Sate Godog, ya ya..saya baru kenal nama ini baru sekarang ini, gara-garanya masih banyak daging yang harus segera dimasak. dan seperti biasa coba-coba resep baru. Resep khas aceh memang kaya akan rempah, hampir semua rempah-rempah masuk kedalam masakan, jadi cita rasanya Indonesia Banget dan saya suka ^_^.

Berikut ya resep nya
Resep Sate Godog Khas AcehSumber : Resep Masakan Lezat Bahan:
3 sdm minyak, untuk menumis
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, kupas, memarkan
2 cm jahe, kupas, memarkan
2 lembar daun salam
500 g daging sapi, rebus, potong dadu 1½ cm
500 ml santan
250 g kacang tanah, goreng, haluskan
2 sdm air asam jawa
2 sdm kecap manis
1 sdm gula merah
1¼ sdt garam
Bumbu, haluskan:
10 buah cabai merah
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdm ketumbar
1 sdt adas
1 sdt merica putih butiran
1 sdt jintan
Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Tumis kembali hingga matang.
Masukkan…

Martabak Telur

Martabak Mie

Saya kangen dengan jajanan masa kecil dulu, namanya martabak bihun. Martabak ini selalu jadi idola dikalangan tetangga2.toko bude sebelah rumah selalu buka sehabis subuh dan kruyuk2 aneka jajanan seperti donat, martabak bihun, onde2,roti goreng, ketan, dan masih banyak lagi aneka jajanan pasar yang saya lupa.kakung sering banget beli jajanan ini pagi2 sebelum beliau sarapan. Saya yang tukang beli nya, tapi kadang kalung sendiri yang milih, duduk di depan kursi toko sambil cemal cemil, entah habis berapa ya. Hihihi.
Ahhh kenangan itu sudah lama ternyata, saya sudah umur segini, dan kakung pun sudah menghadap sang kuasa.
Masih ingat dalam benak saya kulit martabak bihun itu putih dengan warna kecoklatan di sisi2nya bahkan cenderung agak gosong, namun begitu lembut. Sering saya memimpikan makan martabak ini,ini karena rindu hahaha mulai lebay ya. Namun sepertinya di banyuwangi pun sudah tidak ada lagi yang jual. Fiuuh..cari cari resep pun sepertinya tidak ada. Ya sudah saya nekat saja b…

Strawberry Crepes

Meski crepenya nggak garing seperti yang di jual di mall-mall, ternyata saya lebih suka kulit crepe dengan resep ini, lembut, apalagi di tambah dengan isian buah jadi tambah seger deh ^_^.

Strawberry Crepes


Bahan-bahan
150 gr terigu 400 ml susu cair 1/2 sdt Baking powder 1/4 sdt Baking soda 1/2 sdt garam halus 1 sdm gula pasir halus 1 butir telur 10 buah strawberry
Isian : secukupnya Fla (saya pakai my fla yang diseduh dengan air panas) 1 buah buah mangga 1 buah kiwi secukupnya selai coklat secukupnya nata the coco


Cara Membuat : - Ayak terigu, baking soda, baking powder, garam. Campur dengan gula pasir.- Blender susu dan strawberry kemudian saring, lalu campur dengan telur - Tuang campuran susu ke tepung sambil diaduk dengan whisk sampai rata.- Panaskan wajan teflon, masukkan adonan dan masak sampai matang. - Sajikan dengan bahan isi.