Powered by Blogger.
RSS

Cilok Goreng Crispy



Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya
tepung panir

Cara membuat:
1. Didihkan air, tambahkan bawang putih dan garam, kecilkan api lalu tambahkan terigu. Aduk cepat. Matikan api, biarkan adonan dingin
2. Setelah adonan dingin tambahkan keju parut, aduk rata.
3. Masukkan minyak sayur, uleni sampai rata. Tambahkan telur, uleni lagi sampai rata
4. Tambahkan tepung sagu/tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
5. Bentuk Bulat-bulat dan Rebus pempek dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak & garam . Biarkan mengapung 5-10 menit baru diangkat. Tiriskan, dinginkan min 30 menit sebelum digoreng
7. Celupkan cilok satu persatu ke adonan pelapis dan lapisi dengan tepung panir.
8. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning keemasan. Angkat
9. Segera dimakan ya, kalau sudah dingin akan lebih alot, kalau dimakan hangat-hangat enak empuk deh ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Oey Eric Siswanto said...

Mantap artikelnya, bisa menjadi inspirasi. Salam kenal ya. Thanks for share. Mampir juga ya Resep Masakan