Skip to main content

Posts

Showing posts from 2016

Bakso Tahu (Resep Mba Sri)

Assalamualaikum,

salah satu manfaat silahturahmi adalah jadi belajar dan mendapat ilmu baru cara membuat bakso, sebelumnya kalau bikin bakso selalu nggak jadi, yang adonan terlalu banyak tepung, terlalu empuk  dan ambyar ketika dicetak.padahal sudah memperhatikan tips cara sukses membuat bakso yaitu, di cetak di air mendidih yang sudah dimatikan apinya, membeli daging yang fresh, konon katanya kalau membuat bakso dari daging yang udah nginep di kulkas hasilnya nggak bisa kenyal. Semuanya tidak pernah sukses dari beberapa resep yang sudah dipakai. Kecuali gilingin daging di tukang giling bakso yang racikannya diracik abang nya di pasar, kalau itu pasti jadinya, cuman kurang tau juga di abang penggiling dagingnya ditambahin pengenyal atau tidak.

Semangat pingin bisa belajar membuat bakso adalah termotivasi dari hubby yang sangat senang dengan bakso, makanan apa aja nih kalau ditambah bakso pasti lahap. cuman kalau sering beli agak khawatir juga sih, kebanyakan pakai bumbu penyedap. Alh…

Nasi Uduk Bayam

Assalamulaikum,

Bagaimana dengan cerita long weekend kemaren teman-teman, pasti pada liburan ya. Kalau saya alhamdulillah cuman di rumah aja, bersih-bersih rumah sambil masak-masak ^_^, kalau biasanya males masak, liburan kemaren tumben lagi semangat nguprek di dapur, walau hanya membuat nasi uduk hijau, hijaunya dari bayam.Karena hubby suka sama nasi uduk, dan nggak suka sama bayem yang dimasak sayur bening, jadi kalau digabungkan bayam yang dicampurin ke nasi uduk malah doyan si hubby, alhamdulillah lagi ^_^. Langsung saja berikut resepnya :

Nasi Uduk Hijau
Sumber : http://tinanickitchen.blogspot.co.id/2015/01/nasi-uduk-hijau.html

Bahan :
300 gram beras, cuci bersih lalu tiriskan
250 santan encer

(100 ml air putih + 50 gram bayam, blender hingga halus, setelah itu  disaring 1 batang serai, geprek 2 lembar daun salam 1 lembar daun pandan, sobek dan simpulkan 4 siung bawang merah, iris tipis (saya tidak pakai) 2 sdm minyak sayur, untuk menumis bawang. (saya tidak pakai) Garam secukupnya dan kal…

Siomay Udang

Akhirnya kesampaian juga nih bikin siomay udang, enak ya ternyata apalagi pakai udang yang seger, jadinya siomaynya manis gurih. untuk resepnya masih sama dengan yang pakai udang gulung goreng, perbedaannya hanya kalau siomay tidak dgoreng.Sengaja tidak bikin sambel kacang, pakai saus sambel aja udah enak, mirip sama hakau.

saya tuliskan lagi resepnya
Bahan Kulit :
Kulit Lumpia 4 lembar

Bahan Isi:
100 gram udang, dicincang halus
50 gram ayam giling
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, diiris halus (saya tidak pakai)
1 butir telur
30 ml air es
50 gram tepung sagu

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ebi sangrai, dihaluskan (saya tidak Pakai)

Cara Membuat :
1. Haluskan Bahan isi dan bumbu halus dengan menggunakan food processor, jadinya agak lembek ya. Jangan kuatir nanti jadinya adonan akan mengembang ketika di kukus
2. Isikan bahan isi dalam kulit lumbia dan gulung, lalu hasil gulungan masukkan sekali lagi …

Udang Gulung goreng

Assalamualaikum,

Alhamdulillah bisa update blog di sela-sela kemalasan memasak hihihi..kali ini masih seputar goreng-gorengan yah..kalau resepnya saya ambil dari sajian sedap tapi saya hanya pakai resep yang isiannya saja. Rasa dari udang gulung goreng ini perpaduan antara pempek dan siomay, enak lah rasanya. Untuk kulitnya saya pakai kulit lumpia saja biar praktis, ternyata pas dikukus kulit lumpianya jadi lembut loh, wah kapan-kapan kalau bikin siomay pakai kulit lumpia aja ahh hihihi...

Berikut ya resep modif ala saya
UDANG GULUNG GORENG

Bahan Kulit :
Kulit Lumpia 4 lembar

Bahan Isi:
100 gram udang, dicincang halus
50 gram ayam giling
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, diiris halus (saya tidak pakai)
1 butir telur
30 ml air es
50 gram tepung sagu

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ebi sangrai, dihaluskan (saya tidak Pakai)

Cara Membuat :
1. Haluskan Bahan isi dan bumbu halus dengan menggunakan food processor, jadi…

Tahu Walik

Kangen sama Tahu Walik, biasanya gorengan satu ini adalah pendamping bakso kalau di Banyuwangi. Akhir-akhir ini malah semakin populer aja, dan dijual sebagai snack yang dicocol sama saus tomat. Bakso langganan kalau di Banyuwangi ya Baksonya pak Agus kalau nggak salah, adanya di perliman. dulu sempet beli tahu walik banyak dan dibawa ke Bekasi, eeh tapinya nggak seenak kalau di makan ditempat. Mungkin karena udah bau angin jadinya lebih enak yang fresh sih rasanya ^_^.

Tadi pagi kok ndilalah lagi rajin, udah ada ayam dan tahu di kulkas jadi nguprek bentar dan alhamdulillah berhasil juga tahu waliknya, resep yang ini sih menurutku lebih pas dan enak daripada resep sebelumnya. Langsung saja ya berikut resepnya :
Bahan - bahan Tahu Walik:
10 buah Tahu Bahan yang dihaluskan :��������������������������…

Asinan Buah

Assalamualaikum,

Sebenernya saya sudah tau asinan buah dan sayur semenjak saya bekerja di Bekasi. biasanya teman membawa oleh-oleh pas ada kerjaan di bogor. Saya biasanya cuman melihat temen-temen saya makan soalnya bagi saya yang tidak pernah mencicipi masih maju mundur cicip nggak ya melihat warna yang merah merona :D hihihi..

2 hari yang lalu temen kantor, +anjanidwii syabani  bawain asinan buah yang di bikin mamanya, saat itu tanpa pikir panjang langsung dicobain, eh kok enak ya dan habis semangkok sendiri :D.
Maka dari itu saya penasaran pingin coba bikin asinan buah sendiri, tapi hasil blenderan cabenya saya saring, jadi warna asinan yang saya buat cenderung kurang merah. dan saya juga tidak pakai cabe rawit sehingga rasanya tidak pedas dan kurang cuka juga, jadi asamnya kurang nendang, takaran gula juga saya kurangin soalnya biar saya tidak sakit gigi,garam pun juga begitu karena saya kurang suka asin..

hihihi..yang penting segerlah jadinya asinan buah ini. jadi kalau bikin se…

MIE GORENG WIJEN

Assalamualaikum, sarapan pagi ini dengan MIE GORENG WIJEN, mie adalah salah satu makanan favorite saya dan suami, bahkan kalau ada mie pasti inget sama ponakan satria yang suka nya banget sama mie :D. Saya biasa setok mie @miburungdara, kebetulan lagi ada promo dua gratis satu di BCP minggu lalu, dan hari ini ikut meramaikan #mymbdgram#part2 ya :) MIE GORENG WIJEN
1 bungkus mie  Burung  Dara, direbus
3 siung bawang putih, dicincang kasar
1/2 buah bawang bombay, diiris halus
5 buah bakso  potong sesuai selera
1 butir telur, kocok lepas
Kubis  secukupnya
100 gram tahu, dipotong-potong, digoreng
1/2 sendok makan saus tiram
1/2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
100 ml air
1 1/2 sendok teh minyak wijen
1 sendok makan wijen sangrai
1 batang daun bawang, diiris miring
2 sendok makan minyak untuk menumis
Bahan Bumbu (aduk Rata):
1 sendok makan saus tiram
1/2 sendok makan kecap asin
2 sendok makan kecap manis
Cara Pengolahan :

Lumuri mi dengan…

Sambel Goreng Krecek

Assalamualaikum, Alhamdulillah hari ini bisa update blog lagi, kali ini bikin sambel goreng krecek, masakan kesukaan suami ya yang berkuah-kuah gini, sayang kalau saya kurang pedes ^_^. Langsung saja ke resep ya berikut ini : Bahan - bahan Sambel Goreng Krecek: Bumbu Halus : 4 buah Cabai keriting 4 buah bawang merah 2 buah bawang putih 2 iris laos…

Waffle Bentuk Ikan

Maafkan lagi males nulis jadi kata-katanya copas ya dari IG
Assalamualaikum, sebenernya pagi ini pun Saya masih males nge dapur, tapi apalah daya ngiler Dan ngeces liat postingan mba mitry. Jadi pagi pagi langsung cuss deh bikin hihihi. Beneran waffelnya enak banget, empuk, lembut dan nggak eneg. Tinggal nanti siang beli ice cream. Nyam.. Nyam
Btw ini nekat nggak punya cetakan waffel pake cetakan ikan aja hihi.. #myday#mysunday
#roomvi2016
Kalau yang ini dalemnya saya isi mesis jadi lebih montok ya ikannya, hihihi..enak lah ada manis dari isi dan gurih dari adonan waffel nya.

BELGIAN WAFFLE
By mba Mitry
Bahan-bahan :
1 3/4 all purpose flour
2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1 1/2 cup susu segar
3 kuning telur
1/3 cup coconut oil /bisa juga dengan minyak sayur
1 sdt vanilla extract
40 gr gula pasir halus atau caster sugar
3 putih telur kocok sampai kaku .
Caranya:
Campur tepung terigu gula pasir baking powder dan garam jadi satu dan ayak.
Campur…

Siomay Sayur

Abang siomay sejak musim hujan jadi jarang lewat lagi, mungkin karena udah abis duluan dijalan.Mau nggak mau nyempetin deh jalan pagi ke pasar beli ayam dan udang, abisnya udah ngiler duluan liat siomay nya mba ricke.

Sengaja siomaynya dikasih kol saya sayur sawi biar kalau makan ada sayurannya ^_^. Sebetulnya selain siomay sayur ada juga siomay biasa yang tanpa sayur yang kubuat,tapi nggak kepoto.ke keesokan harinya karena nggak abis jadinya digoreng eh ternyata rasanya persis banget sama otak otak goreng. Enaaak pokoknya :D.
SIOMAY
sumber: Ricke Ordinary Kitchen
Bahan:
500 gram daging ikan tenggiri giling (saya pakai campuran udang dan ayam giling, ga tau berapa perbandingannya yang pasti lebih banyak udangnya, hihihiiii...)
5 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 sdm gula pasir
1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
1 sdm kecap ikan
1 sdm minyak goreng
100 gram labu siam, kupas, cuci bersih, parut kasar dan tiriskan
(tidak perlu diperas airnya)
3 …

Lemet mutiara

Assalamualaikum, Alhamdulillah sudah tiba di hari jum'at lagi ya.seminggu berlalu begitu cepat. Tapi stock mutiara di rumah kok ya masih banyak aja. Udah browsing sana sini ada banyak resep menarik yang pingin si cobain biar nggak dibuat bubur mutiara terus hihihi..dari banyak resep kepincut sama resepnya mba diah didi. Lemet mutiara, sepertinya enak. Dan bener hasilnya memang enak perpaduan singkong dan mutiara. Yuk mari bikin kue tradisional :D
Terimakasih mba diah resepnya maknyus bikinnya nggak ribet ^_^. Lemet Singkong Sagu Mutiara Sumber :Mbak Diah Didi Bahan : 500 gram singkong parut 1/2 butir kelapa parut yang agak muda 100 gram sagu mutiara, rebus hingga mengembang 100 - 150 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya ) 1/2 sendok teh garam 1/4 sendok teh vanili
Cara Membuat : Campur semua bahan Cicipi rasanya, sudah pas belum manis gurihnya sesuaikan selera ( rasa manisnya ketika di cicip harus sudah terasa ya, karena nanti jika di kukus akan berkurang sedikit ) Olesi cetakan dengan se…

Steak Daging dan Kentang Goreng

Assalamualaikum,

late post ya, masaknya udah hari minggu kemaren, karena masih ada sisa daging di frez, jadi saya buat steak tepung saja deh, bikinnya cepet dan hubby doyan banget sama namanya steak. Awalnya mau dibuat nuget tapi karena beberapa tahapan, dikukus, dipanir dan digoreng udah males duluan deh :D.

untuk tepung krispynya seperti biasa pakai resep ini ya

untuk kentang gorengnya, caranya pasti udah pada tau, hanya dikupas, dipotong-potong, rebus setengah matang, tiriskan, beri tepung maizena ditambahkan garam,saya juga menambahkan lada biar sedep, lalu goreng deh. Biasanya dimasukkan ke frez dl, tapi saya biasanya langsung goreng hingga kecoklatan. Siap dihidangkan beserta steak dagingnya, tanpa bumbu steak pakai saus tomat dan sambal aja biar praktis :D hahaha


Kue Rangin

Assalamualaikum,

Kue rangin kalau di sini namanya kue bandros sepertinya :D, kali ini pakai teoung ketan, dulu pernah bikin pakai tepung beras, dan rasanya lebih mantap pakai tepung ketan. Sebetulnya nggak sengaja praktek resep wingko dan bapak sama ibu suka termasuk saya, karena mereka minta yang asin jadi dapet ide dengan resep sama juga bisa nih jadi kue rangin, yang pasti takaran gulanya dikurangin banyak dan tidak pakai telur. Dan alhamdulillah rasanya enak, empuk dan gurih. tinggal beli cetakan yang lebih kecil nih biar sama kayak abang-abang kue rangin, upsst stop beli-beli cetakan deh nggak ada tempatnya, nanti hubby protes karena udah kebanyakan cetakan di rumah dan lemari udah nggak muat hahaha...

Kue Rangin
Bahan:
150 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
400 gr kelapa parut setengah tua, kukus (vira pakai kelapa muda tanpa kukus)
1.5 sdt gula pasir
2 sdt vanili bubuk
1 1/2 sdt garam
300 ml santan kental rebus dengan daun pandan, biarkan hangat (saya tidak menggunakan…

Pepes Ikan

Assalamualaikum,

Alhamdulillah hujan sekarang hampir tiap hari ya, bikin saya mudah lapar aja hihihi... hari ini masakan favorit saya, kalau di Banyuwangi disebuktnya pelasan pindang mernying, nah kalau disini mungkin biasa disebut pepes ikan cue. Ibu saya suka membuat hidangan ini, dan saya pun selalu lahap kalau lauknya ini sama sayur bening atau sayur asem ^_^. Love my mom..

Pepes Pindang Ikan Mernying
Bahan :
10 buah pindang ikan mernying, ambil dagingnya saja
Daun secukupnya
Bumbu dihaluskan :
15 buah cabe merah
2 buah cabe rawit (kalau suka pedas bisa ditambah)
2.5 buah tomat
1 buah kemiri
1-2 sdt asam jawa
2 sdt gula jawa
1 sdt garam
sedikit gula pasir
3 lembar daun jeruk

Cara Membuat :
1. Haluskan semua bumbu, cicipi rasanya jika sudah dirasa pas kemudian campur ikan pindang dengan bumbu halus
2. Lalu bungkus pindang yang sudah berbalut bumbu dengan daun pisang
3. Kukus pindang sampai dirasa matang
4.Terakhir bakar pepes/pelasan hingga kering
5. Siap deh disantap dengan na…

Wingko Babat

Assalamualaikum,

Saya sempat bolak balik nyari resep apa ya untuk menghabiskan stock tepung ketan yang banyak dan takut mubazir nggak bisa dipakai karena kelamaan hihihi..mulai dari pingin bikin klepon tapi nggak jadi, bikin kue ku juga udah 2x, mau bikin putu ayu males ngeluari mixer hahaha..dan akhirnya nyari resep wingko babat.  . Sengaja untuk membuat wingko ini saya pakai kelapa yang muda sekali, hasilnya super enak, empuk, manis, kenyil kenyil. . Pasti bakal jadi bikin dan bikin lagi :D.

Berikut resepnya :
Wingko Babat 
Bahan:
150 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
400 gr kelapa parut setengah tua, kukus (vira pakai kelapa muda tanpa kukus)
250 gr gula pasir
2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
300 ml santan kental rebus dengan daun pandan, biarkan hangat (saya tidak menggunakan semua santan mungkin tersisa 50 ml)
1 butir telur kocok lepas
1 sdm minyak goreng  Cara Membuat:
1. Campur dalam wadah: tepung ketan putih, tepung tapioka, kelapa parut setengah tua kukus, gula pasi…

Bakso krispi

Assalamualaikum,

telat banget ini postingannya, cuman bakso ditepungin krispi aja, tapi suami saya suka banget, semua yang serba bakso suka dan pasti dihabisin :D, fans berat bakso hihihi

untuk resep kulit krispinya sama dengan resep kulit krispi ya.

sekian saja dari saya ^_^, semoga hari ini berjalan dengan lancar dan penuh berkah dari Allah ^_^

Marmer Cake Pak Sahak

Assalamualaikum,

Selamat hari Senin, weekend nya pasti seru ya. Berhubung musim hujan jadi berdiam diri di rumah aja weekend kemaren, dan seperti biasa cari-cari kesibukan baking di dapur, kalau masak lauknya malas tapi kalau baking wuih semangat nya udah semangat 45 hahaha.. dan seperti biasa saya ketinggalan jaman, baru aja cobain resep marmer cake nya pak sahak yang sangat terkenal, dan memang benar rasanya mantap, empuk, dari aromanya saja wanginya kemana-mana, sampe ibu ku bilang harum bikin kue apa :D, manisnya juga pas banget nggak kemanisan jadi seperti review yang sudah pernah coba enaak ^_^

MARMER CAKE JADUL
sumber : Pak Sahak
 Bahan :
5 butir telur
125 gr gula pasir 
1 sdt emulsifier
1 sdt vanilla
150 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
15 gr susu bubuk
100 gr margarin , lelehkan
50 gr minyak sayur
1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest
Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan.
 - Campur d…

Kue Thok

Kue Ku By..Sedap Aneka Kue Tradisional Bahan Isi.. 250 gr kacang hijau kupas, direndam minimal 1 jam 100 gr gula pasir 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa 1/2 sdt garam 2 lembar daun pandan Bahan Kulit... 200 gr tepung ketan 50 gr gula halus 75 gr kentang kukus, haluskan 1 sendok makan minyak goreng 140 ml santan dari 1/4 butir kelapa 1/2 sendok teh garam minyak untuk mengoles pewarna makanan merah dan pasta pandan daun pisang secukupnya Cara Membuat... Bahan Isi... Kukus kacang hijau hingga lembut, lalu haluskan. Masak kacang hijau halus, gula, santan , garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga bisa dibentuk...lalu dinginkan Bahan Kulit.... *Aduk dan uleni bahan kulit hingga lembut, ambil sebagian adonan beri pasta pandan, dan sebagian lagi beri pewarna merah ... *Taburi cetakan dengan tepung ketan *saya olesi dg sedikit miyak* ambil sebagian adonan hijau dan merah tekan didasar cetakan, beri adonan isi yang sudah dibulatkan, tekan tekan hingga memenuhi cetakan. …