Powered by Blogger.
RSS

Kue Rangin






Assalamualaikum,

Kue rangin kalau di sini namanya kue bandros sepertinya :D, kali ini pakai teoung ketan, dulu pernah bikin pakai tepung beras, dan rasanya lebih mantap pakai tepung ketan. Sebetulnya nggak sengaja praktek resep wingko dan bapak sama ibu suka termasuk saya, karena mereka minta yang asin jadi dapet ide dengan resep sama juga bisa nih jadi kue rangin, yang pasti takaran gulanya dikurangin banyak dan tidak pakai telur. Dan alhamdulillah rasanya enak, empuk dan gurih. tinggal beli cetakan yang lebih kecil nih biar sama kayak abang-abang kue rangin, upsst stop beli-beli cetakan deh nggak ada tempatnya, nanti hubby protes karena udah kebanyakan cetakan di rumah dan lemari udah nggak muat hahaha...

Kue Rangin
Bahan:
150 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
400 gr kelapa parut setengah tua, kukus (vira pakai kelapa muda tanpa kukus)
1.5 sdt gula pasir
2 sdt vanili bubuk
1 1/2 sdt garam
300 ml santan kental rebus dengan daun pandan, biarkan hangat (saya tidak menggunakan semua santan mungkin tersisa 50 ml)
 
Cara Membuat:
1. Campur dalam wadah: tepung ketan putih, tepung tapioka, kelapa parut , gula pasir, vanili bubuk, dan garam. Aduk semua bahan dengan tangan sambil diremas2 hingga tercampur rata.
2. Tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit, dengan tetap diaduk menggunakan tangan sambil diremas2 agar gula larut dan adonan tercampur rata.
3. Siapkan panggangan cetakan kue pukis, olesi tipis2 dengan margarin, panaskan cetakan dengan api kecil. Tuang 2 sdm adonan ke dalam cetakan, tutup cetakan, balik wingko jika bagian bawahnya sudah kuning kecoklatan, panggang hingga semua sisi berwarna kuning kecoklatan dan matang merata.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pepes Ikan



Assalamualaikum,

Alhamdulillah hujan sekarang hampir tiap hari ya, bikin saya mudah lapar aja hihihi... hari ini masakan favorit saya, kalau di Banyuwangi disebuktnya pelasan pindang mernying, nah kalau disini mungkin biasa disebut pepes ikan cue. Ibu saya suka membuat hidangan ini, dan saya pun selalu lahap kalau lauknya ini sama sayur bening atau sayur asem ^_^. Love my mom..

Pepes Pindang Ikan Mernying
Bahan :
10 buah pindang ikan mernying, ambil dagingnya saja
Daun secukupnya
Bumbu dihaluskan :
15 buah cabe merah
2 buah cabe rawit (kalau suka pedas bisa ditambah)
2.5 buah tomat
1 buah kemiri
1-2 sdt asam jawa
2 sdt gula jawa
1 sdt garam
sedikit gula pasir
3 lembar daun jeruk

Cara Membuat :
1. Haluskan semua bumbu, cicipi rasanya jika sudah dirasa pas kemudian campur ikan pindang dengan bumbu halus
2. Lalu bungkus pindang yang sudah berbalut bumbu dengan daun pisang
3. Kukus pindang sampai dirasa matang
4.Terakhir bakar pepes/pelasan hingga kering
5. Siap deh disantap dengan nasi anget

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Wingko Babat





Assalamualaikum,

Saya sempat bolak balik nyari resep apa ya untuk menghabiskan stock tepung ketan yang banyak dan takut mubazir nggak bisa dipakai karena kelamaan hihihi..mulai dari pingin bikin klepon tapi nggak jadi, bikin kue ku juga udah 2x, mau bikin putu ayu males ngeluari mixer hahaha..dan akhirnya nyari resep wingko babat.  . Sengaja untuk membuat wingko ini saya pakai kelapa yang muda sekali, hasilnya super enak, empuk, manis, kenyil kenyil. . Pasti bakal jadi bikin dan bikin lagi :D.

Berikut resepnya :
Wingko Babat 
Bahan:
150 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
400 gr kelapa parut setengah tua, kukus (vira pakai kelapa muda tanpa kukus)
250 gr gula pasir
2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
300 ml santan kental rebus dengan daun pandan, biarkan hangat (saya tidak menggunakan semua santan mungkin tersisa 50 ml)
1 butir telur kocok lepas
1 sdm minyak goreng 
Cara Membuat:
1. Campur dalam wadah: tepung ketan putih, tepung tapioka, kelapa parut setengah tua kukus, gula pasir, vanili bubuk, dan garam. Aduk semua bahan dengan tangan sambil diremas2 hingga tercampur rata.
2. Tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit, dengan tetap diaduk menggunakan tangan sambil diremas2 agar gula larut dan adonan tercampur rata.
3. Masukkan telur dan minyak goreng, aduk lagi hingga adonan wingko tercampur rata dan kental.
4. Siapkan panggangan cetakan kue lumpur, olesi tipis2 dengan minyak goreng (saya pakai margarin), panaskan cetakan dengan api kecil. Tuang 2 sdm adonan wingko ke dalam cetakan, tutup cetakan, balik wingko jika bagian bawahnya sudah kuning kecoklatan, panggang hingga semua sisi berwarna kuning kecoklatan dan matang merata.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bakso krispi

Assalamualaikum,

telat banget ini postingannya, cuman bakso ditepungin krispi aja, tapi suami saya suka banget, semua yang serba bakso suka dan pasti dihabisin :D, fans berat bakso hihihi

untuk resep kulit krispinya sama dengan resep kulit krispi ya.

sekian saja dari saya ^_^, semoga hari ini berjalan dengan lancar dan penuh berkah dari Allah ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Marmer Cake Pak Sahak





Assalamualaikum,

Selamat hari Senin, weekend nya pasti seru ya. Berhubung musim hujan jadi berdiam diri di rumah aja weekend kemaren, dan seperti biasa cari-cari kesibukan baking di dapur, kalau masak lauknya malas tapi kalau baking wuih semangat nya udah semangat 45 hahaha.. dan seperti biasa saya ketinggalan jaman, baru aja cobain resep marmer cake nya pak sahak yang sangat terkenal, dan memang benar rasanya mantap, empuk, dari aromanya saja wanginya kemana-mana, sampe ibu ku bilang harum bikin kue apa :D, manisnya juga pas banget nggak kemanisan jadi seperti review yang sudah pernah coba enaak ^_^

MARMER CAKE JADUL
sumber : Pak Sahak
 Bahan :
5 butir telur
125 gr gula pasir 
1 sdt emulsifier
1 sdt vanilla
150 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
15 gr susu bubuk
100 gr margarin , lelehkan
50 gr minyak sayur
1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest
Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan.
 - Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
- Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method).
- Campurkan margarin / butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen.
- Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata.
- Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya.
- Buat motif marmer dengan bantuan, garpu atau tusuk sate.
 - Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh. - Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kue Thok

Kue Ku By..Sedap Aneka Kue Tradisional Bahan Isi.. 250 gr kacang hijau kupas, direndam minimal 1 jam 100 gr gula pasir 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa 1/2 sdt garam 2 lembar daun pandan Bahan Kulit... 200 gr tepung ketan 50 gr gula halus 75 gr kentang kukus, haluskan 1 sendok makan minyak goreng 140 ml santan dari 1/4 butir kelapa 1/2 sendok teh garam minyak untuk mengoles pewarna makanan merah dan pasta pandan daun pisang secukupnya Cara Membuat... Bahan Isi... Kukus kacang hijau hingga lembut, lalu haluskan. Masak kacang hijau halus, gula, santan , garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga bisa dibentuk...lalu dinginkan Bahan Kulit.... *Aduk dan uleni bahan kulit hingga lembut, ambil sebagian adonan beri pasta pandan, dan sebagian lagi beri pewarna merah ... *Taburi cetakan dengan tepung ketan *saya olesi dg sedikit miyak* ambil sebagian adonan hijau dan merah tekan didasar cetakan, beri adonan isi yang sudah dibulatkan, tekan tekan hingga memenuhi cetakan. *Balikkan cetakan sambil di ketuk ketuk hingga kue keluar, letakkan diatas daun pisang, lalu kukus selama 15 menit. Selama dikukus , tutup kukusan harus selalu dibuka tutup *Angkat lalu olesi kue dengan minyak goreng tipis tipis Note... * Selama pengukusan tutup kukusan harus selalu dibuka tutup, supaya bentuk kue tetap bagus *Kue harus dioles minyak setelah matang supaya warnanya mengkilap.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
Kue Ku By..Sedap Aneka Kue Tradisional Bahan Isi.. 250 gr kacang hijau kupas, direndam minimal 1 jam 100 gr gula pasir 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa 1/2 sdt garam 2 lembar daun pandan Bahan Kulit... 200 gr tepung ketan 50 gr gula halus 75 gr kentang kukus, haluskan 1 sendok makan minyak goreng 140 ml santan dari 1/4 butir kelapa 1/2 sendok teh garam minyak untuk mengoles pewarna makanan merah dan pasta pandan daun pisang secukupnya Cara Membuat... Bahan Isi... Kukus kacang hijau hingga lembut, lalu haluskan. Masak kacang hijau halus, gula, santan , garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga bisa dibentuk...lalu dinginkan Bahan Kulit.... *Aduk dan uleni bahan kulit hingga lembut, ambil sebagian adonan beri pasta pandan, dan sebagian lagi beri pewarna merah ... *Taburi cetakan dengan tepung ketan *saya olesi dg sedikit miyak* ambil sebagian adonan hijau dan merah tekan didasar cetakan, beri adonan isi yang sudah dibulatkan, tekan tekan hingga memenuhi cetakan. *Balikkan cetakan sambil di ketuk ketuk hingga kue keluar, letakkan diatas daun pisang, lalu kukus selama 15 menit. Selama dikukus , tutup kukusan harus selalu dibuka tutup *Angkat lalu olesi kue dengan minyak goreng tipis tipis Note... * Selama pengukusan tutup kukusan harus selalu dibuka tutup, supaya bentuk kue tetap bagus *Kue harus dioles minyak setelah matang supaya warnanya mengkilap.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef



Masih berkutat dengan pemberdayaan tepung ketan biar nggak bulukan, salah satunya ya dibikin kue thok, pertama bikin kue thok isinya adalah isian filling keju untuk roti, hasilnya lumayan asin manis, dan saya kurang suka, kalau untuk roti sepertinya memang pas. Sedangkan untuk kue thok yang paling pas ya isi kumbu kacang ya, kacang merah mungkin juga enak. Kapan-kapan mau cobain :D

Awalnya males bikin kue thok ini, takut nanti susah ngeluarin adonan dari cetakan, gimana cara nyetaknya, ternyata gampang banget cuman dibuletin aja adonan uang udah di isi kumbu kacang dan di cetak di cetakan yang diolesin minyak, keluarkan dengan diketuk ketuk cetakannya bunyinya thok thok, nah sama deh sama nama jajanan tradisional ini hahaha..Resepnya bisa di lihat dibawah ini ya :



Kue Ku
By.Sedap Aneka Kue Tradisional
Dari Dapur Itara
Bahan Isi :
250 gr kacang hijau kupas, direndam minimal 1 jam
100 gr gula pasir
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan
Bahan Kulit...
200 gr tepung ketan
50 gr gula halus
75 gr kentang kukus, haluskan
1 sendok makan minyak goreng
140 ml santan dari 1/4 butir kelapa
 1/2 sendok teh garam
minyak untuk mengoles
 pewarna makanan hijau
 daun pisang secukupnya

Cara Membuat :
Bahan Isi :
Kukus kacang hijau hingga lembut, lalu haluskan.
Masak kacang hijau halus, gula, santan , garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga bisa dibentuk...lalu dinginkan
Bahan Kulit :
*Aduk dan uleni bahan kulit hingga lembut, ambil sebagian adonan beri pasta pandan, dan sebagian lagi beri pewarna merah ...
*Taburi cetakan dengan tepung ketan *saya olesi dg sedikit miyak*
ambil adonan tekan didasar cetakan, beri adonan isi yang sudah dibulatkan, tekan tekan hingga memenuhi cetakan.
*Balikkan cetakan sambil di ketuk ketuk hingga kue keluar, letakkan diatas daun pisang, lalu kukus selama 15 menit. Selama dikukus , tutup kukusan harus selalu dibuka tutup
*Angkat lalu olesi kue dengan minyak goreng tipis tipis
Note :
* Selama pengukusan tutup kukusan harus selalu dibuka tutup, supaya bentuk kue tetap bagus *Kue harus dioles minyak setelah matang supaya warnanya mengkilap.






kalau yang ini penampakan isi filling roti keju, resepnya sebagai berikut ya:
RESEP ISIAN KEJU (CHEESE FILLING) UNTUK ROTI MANIS – adaptasi dari catatan-nina.blogspot.com
Bahan-bahan:
  • 75 gr keju cheddar, parut
  • 20 gr susu bubuk fullcream
  • 50 gr tepung terigu protein sedang/serbaguna
  • 35 gr gula pasir halus
  • 25 gr margarin/mentega (saya menggunakan unsalted butter dalam suhu ruang)
  • 1/2 buah lemon, peras buang bijinya
Cara membuat:
  1. Sangrai tepung terigu di atas api kecil. Aduk-aduk terus hingga teksturnya terasa ringan. Jika sudah mencapai tekstur ringan, angkat dan dinginkan.
  2. Campur semua bahan aduk rata hingga berbutir
  3. Masukkan air perasan lemon, aduk rata. Dan isian keju pun siap untuk digunakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bakso Tahu (Cilok Tahu)




Assalamualaikum,

stock daging kurban masih belum diberdayakan, mikir-mikir dibuat apa ya yang suami suka. oh ya bakso hihihi...mumpung pingin cobain chopper ozone yang belinya udah dari th 2013 dan dieman-eman baru dipakai sekarang hahaha...ternyata sip banget buat blender daging cepet halus, nggak rugi deh belinya :D

Kali ini pakai resep dari sajian sedap, dan rasanya kok mirip cilok ya, hmm..ternyata kalau dievaluasi lagi airnya kebanyakan dan kanjinya juga banyak, jadi pantes lah ya rasanya ala-ala cilok gitu kurang berasa dagingnya ^_^.

baiklah langsung saja ya berikut resepnya :
 
Tahu Bakso
Sumber : Sajian Sedap
Bahan Isi:
300 gram daging giling
2 siung bawang putih, dihaluskan
2 sendok teh abon cabai
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh penyedap rasa
1 putih telur
200 ml air es
250 gram tepung sagu
1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat Tahu Bakso Pedas:
1. Campur daging giling, bawang putih, abon cabai, garam, merica bubuk, gula pasir, dan penyedap rasa. Aduk rata.
2. Masukkan putih telur dan air es. Uleni rata. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata. Masukkan daun bawang. Aduk rata
3. Isikan ke dalam tahu sedikit munjung.
4. Kukus di dalam kukusan yang sudah dipanaskan di atas api sedang selama 30 menit sampai matang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ayam Krispi Ala Ala Boboho



Alhamdulillah ayam krispi nya udah mirip sama ayam krispi boboho, kata suami *GR dikit hahaha #roomviblogspot #ayamgorengkrispi
Ayam Krispi
Ala ala boboho
Bahan:
'Ayam tadi cuman sekitar 1/4 'Minyak untuk menggoreng
kg dipotong potong, besar kecilnya sesuai selera
Bumbu pencelup:
4 sdm tepung terigu protein rendah
2 sdm tepung bumbu
2 siung bawang putih dihaluskan
1sdt merica
1sdt garam
1 butir telur
Air secukupnya
Bahan Pelapis:
5-6 sdm tepung terigu protein rendah
2 sdt garam
1.5 sdt merica
1/2 sdt BP

Cara Membuat :
1. Aduk rata bahan pencelup, rendam ayam kira kira 1 jam
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, kira kira ayam terendam
3.aduk rata bahan pelapis, masukkan ayam yang sudah direndam, kalau mau tebel diulangi beberapa kali, sambil sedikit di cubit agar ada kriwil kriwilnya :D
4. Goreng ayam sampai kecoklatan, sajikan selagi hangat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS