Skip to main content

Posts

Showing posts from September, 2016

Kue Rangin

Assalamualaikum,

Kue rangin kalau di sini namanya kue bandros sepertinya :D, kali ini pakai teoung ketan, dulu pernah bikin pakai tepung beras, dan rasanya lebih mantap pakai tepung ketan. Sebetulnya nggak sengaja praktek resep wingko dan bapak sama ibu suka termasuk saya, karena mereka minta yang asin jadi dapet ide dengan resep sama juga bisa nih jadi kue rangin, yang pasti takaran gulanya dikurangin banyak dan tidak pakai telur. Dan alhamdulillah rasanya enak, empuk dan gurih. tinggal beli cetakan yang lebih kecil nih biar sama kayak abang-abang kue rangin, upsst stop beli-beli cetakan deh nggak ada tempatnya, nanti hubby protes karena udah kebanyakan cetakan di rumah dan lemari udah nggak muat hahaha...

Kue Rangin
Bahan:
150 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
400 gr kelapa parut setengah tua, kukus (vira pakai kelapa muda tanpa kukus)
1.5 sdt gula pasir
2 sdt vanili bubuk
1 1/2 sdt garam
300 ml santan kental rebus dengan daun pandan, biarkan hangat (saya tidak menggunakan…

Pepes Ikan

Assalamualaikum,

Alhamdulillah hujan sekarang hampir tiap hari ya, bikin saya mudah lapar aja hihihi... hari ini masakan favorit saya, kalau di Banyuwangi disebuktnya pelasan pindang mernying, nah kalau disini mungkin biasa disebut pepes ikan cue. Ibu saya suka membuat hidangan ini, dan saya pun selalu lahap kalau lauknya ini sama sayur bening atau sayur asem ^_^. Love my mom..

Pepes Pindang Ikan Mernying
Bahan :
10 buah pindang ikan mernying, ambil dagingnya saja
Daun secukupnya
Bumbu dihaluskan :
15 buah cabe merah
2 buah cabe rawit (kalau suka pedas bisa ditambah)
2.5 buah tomat
1 buah kemiri
1-2 sdt asam jawa
2 sdt gula jawa
1 sdt garam
sedikit gula pasir
3 lembar daun jeruk

Cara Membuat :
1. Haluskan semua bumbu, cicipi rasanya jika sudah dirasa pas kemudian campur ikan pindang dengan bumbu halus
2. Lalu bungkus pindang yang sudah berbalut bumbu dengan daun pisang
3. Kukus pindang sampai dirasa matang
4.Terakhir bakar pepes/pelasan hingga kering
5. Siap deh disantap dengan na…

Wingko Babat

Assalamualaikum,

Saya sempat bolak balik nyari resep apa ya untuk menghabiskan stock tepung ketan yang banyak dan takut mubazir nggak bisa dipakai karena kelamaan hihihi..mulai dari pingin bikin klepon tapi nggak jadi, bikin kue ku juga udah 2x, mau bikin putu ayu males ngeluari mixer hahaha..dan akhirnya nyari resep wingko babat.  . Sengaja untuk membuat wingko ini saya pakai kelapa yang muda sekali, hasilnya super enak, empuk, manis, kenyil kenyil. . Pasti bakal jadi bikin dan bikin lagi :D.

Berikut resepnya :
Wingko Babat 
Bahan:
150 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
400 gr kelapa parut setengah tua, kukus (vira pakai kelapa muda tanpa kukus)
250 gr gula pasir
2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
300 ml santan kental rebus dengan daun pandan, biarkan hangat (saya tidak menggunakan semua santan mungkin tersisa 50 ml)
1 butir telur kocok lepas
1 sdm minyak goreng  Cara Membuat:
1. Campur dalam wadah: tepung ketan putih, tepung tapioka, kelapa parut setengah tua kukus, gula pasi…

Bakso krispi

Assalamualaikum,

telat banget ini postingannya, cuman bakso ditepungin krispi aja, tapi suami saya suka banget, semua yang serba bakso suka dan pasti dihabisin :D, fans berat bakso hihihi

untuk resep kulit krispinya sama dengan resep kulit krispi ya.

sekian saja dari saya ^_^, semoga hari ini berjalan dengan lancar dan penuh berkah dari Allah ^_^

Marmer Cake Pak Sahak

Assalamualaikum,

Selamat hari Senin, weekend nya pasti seru ya. Berhubung musim hujan jadi berdiam diri di rumah aja weekend kemaren, dan seperti biasa cari-cari kesibukan baking di dapur, kalau masak lauknya malas tapi kalau baking wuih semangat nya udah semangat 45 hahaha.. dan seperti biasa saya ketinggalan jaman, baru aja cobain resep marmer cake nya pak sahak yang sangat terkenal, dan memang benar rasanya mantap, empuk, dari aromanya saja wanginya kemana-mana, sampe ibu ku bilang harum bikin kue apa :D, manisnya juga pas banget nggak kemanisan jadi seperti review yang sudah pernah coba enaak ^_^

MARMER CAKE JADUL
sumber : Pak Sahak
 Bahan :
5 butir telur
125 gr gula pasir 
1 sdt emulsifier
1 sdt vanilla
150 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
15 gr susu bubuk
100 gr margarin , lelehkan
50 gr minyak sayur
1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest
Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan.
 - Campur d…

Kue Thok

Kue Ku By..Sedap Aneka Kue Tradisional Bahan Isi.. 250 gr kacang hijau kupas, direndam minimal 1 jam 100 gr gula pasir 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa 1/2 sdt garam 2 lembar daun pandan Bahan Kulit... 200 gr tepung ketan 50 gr gula halus 75 gr kentang kukus, haluskan 1 sendok makan minyak goreng 140 ml santan dari 1/4 butir kelapa 1/2 sendok teh garam minyak untuk mengoles pewarna makanan merah dan pasta pandan daun pisang secukupnya Cara Membuat... Bahan Isi... Kukus kacang hijau hingga lembut, lalu haluskan. Masak kacang hijau halus, gula, santan , garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga bisa dibentuk...lalu dinginkan Bahan Kulit.... *Aduk dan uleni bahan kulit hingga lembut, ambil sebagian adonan beri pasta pandan, dan sebagian lagi beri pewarna merah ... *Taburi cetakan dengan tepung ketan *saya olesi dg sedikit miyak* ambil sebagian adonan hijau dan merah tekan didasar cetakan, beri adonan isi yang sudah dibulatkan, tekan tekan hingga memenuhi cetakan. …

Bakso Tahu (Cilok Tahu)

Assalamualaikum,

stock daging kurban masih belum diberdayakan, mikir-mikir dibuat apa ya yang suami suka. oh ya bakso hihihi...mumpung pingin cobain chopper ozone yang belinya udah dari th 2013 dan dieman-eman baru dipakai sekarang hahaha...ternyata sip banget buat blender daging cepet halus, nggak rugi deh belinya :D

Kali ini pakai resep dari sajian sedap, dan rasanya kok mirip cilok ya, hmm..ternyata kalau dievaluasi lagi airnya kebanyakan dan kanjinya juga banyak, jadi pantes lah ya rasanya ala-ala cilok gitu kurang berasa dagingnya ^_^.

baiklah langsung saja ya berikut resepnya :

Tahu Bakso
Sumber : Sajian Sedap
Bahan Isi:
300 gram daging giling
2 siung bawang putih, dihaluskan
2 sendok teh abon cabai
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh penyedap rasa
1 putih telur
200 ml air es
250 gram tepung sagu
1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat Tahu Bakso Pedas:
1. Campur daging giling, bawang putih, abon cabai, garam, merica bubuk, gu…

Ayam Krispi Ala Ala Boboho

Alhamdulillah ayam krispi nya udah mirip sama ayam krispi boboho, kata suami *GR dikit hahaha #roomviblogspot#ayamgorengkrispi
Ayam Krispi
Ala ala boboho
Bahan:
'Ayam tadi cuman sekitar 1/4 'Minyak untuk menggoreng
kg dipotong potong, besar kecilnya sesuai selera
Bumbu pencelup:
4 sdm tepung terigu protein rendah
2 sdm tepung bumbu
2 siung bawang putih dihaluskan
1sdt merica
1sdt garam
1 butir telur
Air secukupnya
Bahan Pelapis:
5-6 sdm tepung terigu protein rendah
2 sdt garam
1.5 sdt merica
1/2 sdt BP

Cara Membuat :
1. Aduk rata bahan pencelup, rendam ayam kira kira 1 jam
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, kira kira ayam terendam
3.aduk rata bahan pelapis, masukkan ayam yang sudah direndam, kalau mau tebel diulangi beberapa kali, sambil sedikit di cubit agar ada kriwil kriwilnya :D
4. Goreng ayam sampai kecoklatan, sajikan selagi hangat