Powered by Blogger.
RSS

Bakso Tahu (Resep Mba Sri)





Assalamualaikum,

salah satu manfaat silahturahmi adalah jadi belajar dan mendapat ilmu baru cara membuat bakso, sebelumnya kalau bikin bakso selalu nggak jadi, yang adonan terlalu banyak tepung, terlalu empuk  dan ambyar ketika dicetak.padahal sudah memperhatikan tips cara sukses membuat bakso yaitu, di cetak di air mendidih yang sudah dimatikan apinya, membeli daging yang fresh, konon katanya kalau membuat bakso dari daging yang udah nginep di kulkas hasilnya nggak bisa kenyal. Semuanya tidak pernah sukses dari beberapa resep yang sudah dipakai. Kecuali gilingin daging di tukang giling bakso yang racikannya diracik abang nya di pasar, kalau itu pasti jadinya, cuman kurang tau juga di abang penggiling dagingnya ditambahin pengenyal atau tidak.

Semangat pingin bisa belajar membuat bakso adalah termotivasi dari hubby yang sangat senang dengan bakso, makanan apa aja nih kalau ditambah bakso pasti lahap. cuman kalau sering beli agak khawatir juga sih, kebanyakan pakai bumbu penyedap. Alhamdulillah resep tahu bakso dari mba Sri inilah yang paling sukses dan enak menurut saya. saya coba pakai daging fresh dari pasar, dan daging giling yang dibeli di supermarket (masuk kulkas semalem) alhamdulillah bisa jadi semua, tetep kenyal hasilnya. Jadi don't worry ya pakai daging yang di freser. Saya beli daging giling karena biar FP di rumah tidak terlalu berat menggiling, hihihi...Langsung saja ke resep ya

Bakso Tahu :
Bahan :
250 gr daging giling
250 gr ayam giling
150 ml air es (ini tambahan dari saya, soalnya kalau nggak dikasih air es FP nya ngaduknya terlalu berat)
100 gr tepung kanji
1/2 ons bawang merah goreng (saya kurangin dikit, nggak sampai setengah ons)
3-3.5 sdt garam (bisa dikurangi kalau terlalu asin, kalau untuk bakso tahu agak lebih asin karena tahunya hambar, kalau dibuat bakso nya aja bisa dikurangi garamnya)
1/2 sdt gula (karena tidak pakai penyedap jadi saya tambahkan gula
1 bungkus royko (saya tidak pakai)
1 sdm bawang putih halus (saya langsung beli bumbu giling di pasar ^_^)
1 buah telur
20 buah bakso goreng (untuk 1 resep ini biasanya adonan baksonya lebih dan saya bikin bakso bulat kecil-kecil)
1 bungkus ladaku merica bubuk

Cara membuat :
1. didihkan air dalam panci, lalu matikan api
2. campukan semua bahan kecuali tahu ke dalam FP
3. giling semua bahan hingga halus dan tercampur rata
4. isikan adonan bakso ke dalam tahu goreng yang di belah atasnya
5. masukkan tahu bakso ke dalam panci yang telah dimatikan apinya
6. jika semua tahu sudah masuk ke dalam panci, hidupkan lagi apinya dengan api yang paling kecil, dan biarkan bakso tahu matang secara perlahan hingga air kembali mendidih dan tahu bakso mengapung
7. tiriskan dan siap disajikan, kalau mau digoreng lagi juga bisa. ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nasi Uduk Bayam


Assalamulaikum,

Bagaimana dengan cerita long weekend kemaren teman-teman, pasti pada liburan ya. Kalau saya alhamdulillah cuman di rumah aja, bersih-bersih rumah sambil masak-masak ^_^, kalau biasanya males masak, liburan kemaren tumben lagi semangat nguprek di dapur, walau hanya membuat nasi uduk hijau, hijaunya dari bayam.Karena hubby suka sama nasi uduk, dan nggak suka sama bayem yang dimasak sayur bening, jadi kalau digabungkan bayam yang dicampurin ke nasi uduk malah doyan si hubby, alhamdulillah lagi ^_^. Langsung saja berikut resepnya :

Nasi Uduk Hijau 
Sumber : http://tinanickitchen.blogspot.co.id/2015/01/nasi-uduk-hijau.html

Bahan :
300 gram beras, cuci bersih lalu tiriskan
250 santan encer

(100 ml air putih + 50 gram bayam, blender hingga halus, setelah itu  disaring
1 batang serai, geprek
2 lembar daun salam
1 lembar daun pandan, sobek dan simpulkan
4 siung bawang merah, iris tipis (saya tidak pakai)
2 sdm minyak sayur, untuk menumis bawang. (saya tidak pakai)
Garam secukupnya
dan kaldu bubuk secukupnya (jika suka). (saya tidak pakai)



Cara membuatnya :
  • Siapkan kukusan, rebus hingga air kukusan mendidih.
  • rebus santan encer dan sari bayam, serai, daun pandan dan daun salam. Aduk2 kemudian masak hingga santan mendidih.
  • Masukkan beras yang sudah dicuci bersih, kemudian tambahkan garam sambil diaduk2 masak hingga santan terserap dan kering, matikan api.
  • Pindahkan nasi aron kedalam kukusan, kemudian masak nasi hingga benar2 matang.
  • Nasi uduk hijaupun siap disajikan dengan bahan pelengkap lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Siomay Udang




Akhirnya kesampaian juga nih bikin siomay udang, enak ya ternyata apalagi pakai udang yang seger, jadinya siomaynya manis gurih. untuk resepnya masih sama dengan yang pakai udang gulung goreng, perbedaannya hanya kalau siomay tidak dgoreng.Sengaja tidak bikin sambel kacang, pakai saus sambel aja udah enak, mirip sama hakau.

saya tuliskan lagi resepnya
Bahan Kulit :
Kulit Lumpia 4 lembar

Bahan Isi:
100 gram udang, dicincang halus
50 gram ayam giling
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, diiris halus (saya tidak pakai)
1 butir telur
30 ml air es
50 gram tepung sagu

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ebi sangrai, dihaluskan (saya tidak Pakai)

Cara Membuat :
1. Haluskan Bahan isi dan bumbu halus dengan menggunakan food processor, jadinya agak lembek ya. Jangan kuatir nanti jadinya adonan akan mengembang ketika di kukus
2. Isikan bahan isi dalam kulit lumbia dan gulung, lalu hasil gulungan masukkan sekali lagi ke dalam kulit lumpia baru gulung dengan ditambahkan bahan isi, jadi dua kali gulung ya^_^, semoga bisa dimengerti
3. Kukus kulit lumpia yang sudah di isi, untuk adonan ini jadinya 2 buah gulungan kulit lumpia. Kukus hingga matang ya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Udang Gulung goreng


Assalamualaikum,

Alhamdulillah bisa update blog di sela-sela kemalasan memasak hihihi..kali ini masih seputar goreng-gorengan yah..kalau resepnya saya ambil dari sajian sedap tapi saya hanya pakai resep yang isiannya saja. Rasa dari udang gulung goreng ini perpaduan antara pempek dan siomay, enak lah rasanya. Untuk kulitnya saya pakai kulit lumpia saja biar praktis, ternyata pas dikukus kulit lumpianya jadi lembut loh, wah kapan-kapan kalau bikin siomay pakai kulit lumpia aja ahh hihihi...

Berikut ya resep modif ala saya
UDANG GULUNG GORENG

Bahan Kulit :
Kulit Lumpia 4 lembar

Bahan Isi:
100 gram udang, dicincang halus
50 gram ayam giling
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, diiris halus (saya tidak pakai)
1 butir telur
30 ml air es
50 gram tepung sagu

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ebi sangrai, dihaluskan (saya tidak Pakai)

Cara Membuat :
1. Haluskan Bahan isi dan bumbu halus dengan menggunakan food processor, jadinya agak lembek ya. Jangan kuatir nanti jadinya adonan akan mengembang ketika di kukus
2. Isikan bahan isi dalam kulit lumbia dan gulung, lalu hasil gulungan masukkan sekali lagi ke dalam kulit lumpia baru gulung dengan ditambahkan bahan isi, jadi dua kali gulung ya^_^, semoga bisa dimengerti
3. Kukus kulit lumpia yang sudah di isi, untuk adonan ini jadinya 2 buah gulungan kulit lumpia. Kukus hingga matang ya
4. Setelah matang, dinginkan, potong serong kemudian goreng hingga kecoklatan
5. Udang Gulung Goreng siap untuk disajikan selagi hangat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tahu Walik


Kangen sama Tahu Walik, biasanya gorengan satu ini adalah pendamping bakso kalau di Banyuwangi. Akhir-akhir ini malah semakin populer aja, dan dijual sebagai snack yang dicocol sama saus tomat. Bakso langganan kalau di Banyuwangi ya Baksonya pak Agus kalau nggak salah, adanya di perliman. dulu sempet beli tahu walik banyak dan dibawa ke Bekasi, eeh tapinya nggak seenak kalau di makan ditempat. Mungkin karena udah bau angin jadinya lebih enak yang fresh sih rasanya ^_^.

Tadi pagi kok ndilalah lagi rajin, udah ada ayam dan tahu di kulkas jadi nguprek bentar dan alhamdulillah berhasil juga tahu waliknya, resep yang ini sih menurutku lebih pas dan enak daripada resep sebelumnya. Langsung saja ya berikut resepnya :
Bahan - bahan Tahu Walik:
  • 10 buah Tahu
  • Bahan yang dihaluskan :
  • 2 siung Bawang Putih
  • 100 gr daging ayam
  • 1 sdm tepung maizena
  • 100 gr tepung kanji
  • 50 ml air es
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt gula
  • 1/2 sdt merica
  • Bahan Lainnya :
  • secukupnya FILMA MINYAK GORENG
Cara memasak Tahu Walik:
1. goreng tahu hingga kecoklatan, bagi dua bentuk segitiga
2. haluskan semua bahan yang dihaluskan hingga tercampur rata
3. sobek bagian atas tahu dan balikkan (bagian luar di dalam dan bagian dalam di luar
4. Isi dengan adonan isi yang telah dihaluskan
5. goreng embali di minyak panas dan banyak hingga benar-benar kering
6. siap disajikan dengan saus sambal atau sambal kecap ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Asinan Buah


Assalamualaikum,

Sebenernya saya sudah tau asinan buah dan sayur semenjak saya bekerja di Bekasi. biasanya teman membawa oleh-oleh pas ada kerjaan di bogor. Saya biasanya cuman melihat temen-temen saya makan soalnya bagi saya yang tidak pernah mencicipi masih maju mundur cicip nggak ya melihat warna yang merah merona :D hihihi..

2 hari yang lalu temen kantor, +anjanidwii syabani  bawain asinan buah yang di bikin mamanya, saat itu tanpa pikir panjang langsung dicobain, eh kok enak ya dan habis semangkok sendiri :D.
Maka dari itu saya penasaran pingin coba bikin asinan buah sendiri, tapi hasil blenderan cabenya saya saring, jadi warna asinan yang saya buat cenderung kurang merah. dan saya juga tidak pakai cabe rawit sehingga rasanya tidak pedas dan kurang cuka juga, jadi asamnya kurang nendang, takaran gula juga saya kurangin soalnya biar saya tidak sakit gigi,garam pun juga begitu karena saya kurang suka asin..

hihihi..yang penting segerlah jadinya asinan buah ini. jadi kalau bikin sendiri semua bisa di sesuaikan dengan selera ya, termasuk pemilihan buahnya. ^_^...


 
Asinan Buah
by @yanthiaguez

Bahan :
4 buah cabe merah besar
Cabe rawit sesuai selera
250 gr gula pasir
2 sdt munjung garam
1 sdt terasi
1 sdm larutan air asam
1 sdm cuka
1 liter air

Buah Versi Saya :
1/4 buah pepaya muda
1/2 buah apel
1/2 buah pier
1/2 buah mangga
3 buah tahu goreng yang dipotong kotak kecil

Cara :
1. kupas semua buah. cuci dengan air matang, potong sesuai selera
2.haluskan cabe merah, cabe rawit dan terasi
3. Siapkan panci, cmapurkan semua bahan kecuali cuka dan buah. Rebus sampai air mendidih, angkat dinginkan
4. setelah kuah dingin tambahkan 1 sdm cuka masak. siramkan kuah dalam potongan buah. Asinan Siap disajikan. Untuk mendapatkan citarasa yang lebih enak, sebaiknya tarus asinan semalaman di dalam kulkas

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS