Powered by Blogger.
RSS

Potato Dough Pizza


sejak mainan flower shop di FB jadi lupa terus update blog, hihihi habisnya sibuk nanem bunga dan menjual berbagai macam aneka rangkaian bunga :D. Selain itu memang malas sekali memasak akhir-akhir ini fiuuh, moodnya entah sedang pergi kemana nih hahaha...

Beberapa minggu yang lalu menyempatkan diri untuk membuat dough pizza dengan tambahan kentang, dan hasilnya empuuk banget, lebih empuk dari biasanya, ponakanku yang kecil suka dengan pizza ini.Hanya kalau lagi malesnya kumat males banget halusin kentangnya hihihi..dasar pemalas ya.

Resepnya saya ambil dari Resep Mb Nikmatul, top banget deh mb, terimakasih banyak ya sharing resepnya.Pizzanya Mlenuk dan Empuk Banget mb ^_^ jadi seneng banget.

Berikut saya copykan resepnya :

Bahan-bahan

Kentang rebus350 gram
Tepung Terigu Protein Tinggi450 gram
Air hangat190 ml
Olive oil50 ml
Yeast/ragi Roti21/2 sendok teh
Garam2 sendok teh
Gula1/2 sendok teh

Cara membuat

1.Aktifkan ragi dengan 50 ml air dan gula.Aduk aduk dan biarkan sekitar 8 menit.Sampai berbusa.

2.Haluskan Kentang dengan Garpu .

3.Di mangkok besar ayak tepung lalu campur dengan garam,lalu remas remas dengan kentang halus,sampai bercampur rata

4.Lalu masukkan minyak dan air campuran ragi aduk terus.sambil masukkan sisa air dikit demi sedikit.lalu uleni terus selama 10 menit.

5.Atau bisa dengan cara seperti ini adonan dipukul pukul dengan Rolling pin selama 5 menit.Untuk supaya tidak lengket saya bungkus Rolling pin dengan plastik

6.Bulatkan adonan lalu lulurin dengan sedikit minyak.kemudian ditutup dengan kain bersih,diamkan untuk mengembang 2 kali lipat selama 45 menit.

7.Kempiskan Adonan kemudian bagi menjadi 3.bulatkan kemudian taruh diatas loyang dan biarkan selama 10 menit diatas loyang dan tutup dengan kain supaya tidak kering.

8Pipihkan adonan dengan jari dari tengah ke arah pinggir.

9Dough crust pizza siap dikasih Topping sesuka selera anda. Panggang di oven yang cukup panas dengan suhu 200 derajat selama 20 menit.Happy Baking.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Teri Nasi

nah teri nasi ini kebetulan beli di pasar, dan langsung aja beli, dugaan sih sama sama teri nasi di Banyuwangi, dan ternyata asin sekali hihihi...padahal kalo di banyuwangi enggak asin sama sekali. Mungkin jenisnya beda ya sudahlah dinikmati saja keasinan teri nasi ini :D

resepnya hanya sederhana saja, 1/4 kg teri nasi, 2 butir telur dan 2 sdm terigu. Semua diaduk dan digoreng hingga kecoklatan. untung saja tidak ditambahkan garam :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pom-Pom Potato Gagal



Sudah banyak berseliweran penampakan pom pom potato yang akhirnya membuat saya kepingin ikutan juga membuatnya, tapi ternyata gagal hehe..gagalnya pas di goreng ambyar jadinya walah-walah, ya sudah berarti harus membuat yang baru lagi. Kalau resep ini pakai susu kental manis, dari testimoni beberapa yang sudah membuat dengan tambahan susu kental manis, rasanya pas manis asin tapi lembek jadinya kentangnya dan kalo digoreng pecah kemana-mana. next harus coba yang pakai susu bubuk. masih penasaran nih :D...

Doakan ya semoga berhasil ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Puding Jagung


mumpung masih ada jagung manis di kulkas, akhirnya disempetin juga bikin puding jagung ini.Kepinginya sih sudah lama sekali, tapi nyobanya baru-baru saja heee...rasa dari puding ini lebih padet, tidak seperti puding sutra yg lebih lembut :) enak tapi, ada aroma jagung manis yang khas.
resepnya dari resepnya mb Hesti, makasih ya mb ^^

Saya tuliskan kembali resepnya :Bahan :
- 1 kaleng jagung manis kernel
- 2 bungkus agar bening
- 200 gr gula pasir
- 650 ml santan
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 2 sdm susu kental manis

Cara membuat :
Pisahkan jagung dari airnya (buang airnya). Blender jagung sampai halus. Peras sambil ditekan-tekan agar sari-sarinya semua keluar. Buang ampasnya.
Campur sari jagung, agar-agar, santan, gula, susu kental manis, garam, dan vanili. Aduk rata.
Masak di atas api sedang sambil diaduk terus sampai mendidih.
Tuangn di cetakan agar. Setelah uap panasnya hilang simpan dalam lemari es.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sayur Asem


Beberapa hari kemarin ngiler liat postingan mb Rina Audie "sayur asem", ya sayur ini memang selalu jadi favorit di keluarga saya, jadi inget dulu begitu pulang sekolah dan ibu memasak sayur asem wah langsung deh habis nasi sepiring hahaha meski lauknya tempe atau ikan asin tetep lebih selera makan-makanan rumahan daripada makan ala resto bule :D, maklum lidahnya lidah Indonesia daerah pedesaan hihihi..

kebetulan dan tumben-tumbenan nih di fresh market dijual blimbing wuluh, isinya 5 biji harganya 2.000 mahal ya, hee..lebih enak kalau punya tanamannya sendiri memang ya, ^_^. Untuk sayur asem kali ini hanya dari kacang panjang dan ditambah sedikit bakso, soalnya huby tidak suka sayur tapi kalau ada baksonya ya jadi mau makan hehee..

Bikin sayur asem ini tadi pagi, super ngebut soalnya seperti biasa abis subuh tidur lagi dan males bangunnya. bahannya hanya bawang merah diiris halus, lengkuas dan daun salam, blimbing wuluh. dimasukkan di air mendidih berikut kacang panjang dan baksonya, jadi deh sayur asem untuk bekal makan siang hari ini.

Semoga kegiatan di hari ini dimudahkan dan dilancarkan. Aamiin


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bakso Tahu


enggak bosen-bosen sama namanya bakso dan tahu hihi ya itu suamiku,kali ini mau bikin bakso dengan resep yang berbeda. Resepnya mb Ita-Dapur Griya Khayangan, mantep banget mb baksonya enaak, tapi bakso tahu saya digoreng langsung tanpa bahan pencelup, tetep enaaak makasih mb Ita sharing resepnya.

Berikut saya tuliskan kembali resepnya :

Tahu Bakso
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Utama:
20 buah tahu goreng bentuk persegi panjang

Bahan Isi:
200 gr daging sapi giling
100 gr daging ayam giling
5 siung bawang putih iris tipis lalu goreng
7 butir bawang merah iris tipis lalu goreng
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 butir telur
50 gr tepung tapioka
50 ml air dingin

Bahan Larutan Pencelup:
1/2 sdm tepung terigu
3 sdm air putih
2 butir telur kocok lepas
1/4 sdt garam
Aduk tepung terigu, garam dengan air putih hingga larut, baru masukkan telur kocok dan aduk hingga rata.


Cara Membuat:
1. Membuat Isi: Campur semua bahan kecuali tepung tapioka dan air dingin, ke dalam alat Food Processor untuk digiling sampai halus. Baru kemudian masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit bersama air, kembali giling hingga daging dan bumbu tercampur rata dan halus.
2. Belah bagian tengah tahu jangan sampai terputus, buat lubang ditengahnya dengan mengambil sebagian isinya, lalu masukkan satu sendok isian daging giling dan padatkan..ratakan sampai permukaan tahu. Lakukan untuk semua tahu hingga adonan isian daging giling masuk kedalam tahu.
3. Kukus tahu bakso hingga matang.
4. Celupkan tahu bakso ke larutan pencelup, goreng di minyak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
5. Tahu bakso siap disajikan dengan sambel botol atau cabe rawit.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

24.08.2014


Lagi-lagi telat posting, hihihi.. satu lagi kreasi tart untuk keponakan yang ulang tahun tgl 24 agustus kemarin, bikinnya kecil di loyang 16 cm, resepnya pakai blackforest ncc, dan buttercreamnya beli jadi. untuk warna masih soft kurang bagus sepertinya, mungkin harus pakai yg america food colour baru bisa bagus hihi...

terus semangat belajar :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Chicken Nugget Bunga


Sengaja beli ayam yang dicacah di fresh market, tapi malesnya itu yang bikin enggak jadi-jadi bikin nugget ayam hee..hubby doyan banget sama nugget cuman kalau seringsering jadi mikir juga kan kalau beli nugget pasti banyak pengawetnya, nah tiba-tiba aja kepikiran nyetak adonannya di cetakan bunga, cantik deh ternyata hasilnya hihihihi...

Resepnya masih pakai resep mb Santita, makasih loh mb, nuggetnya enggak kalah sama beli di suppermarket :D

Saya tuliskan kembali resepnya
Isquranum Febru Santita 
 Bahan:
500g ayam daging di giling,  
2 btr telur kocok,  
4-5 roti tawR tanpa kulit, 
Merica bubuk secukupnya, 
100 ml air/susu jika suka, 
4 siung bawNg putih (dihaluskan) 
Gula pasir sedikit saja.

Bahan2/goreng:
~minyak goreng
~tepung panir
~telur di kocok

Cara buat:
*campur semua bahan dari mulai ayam s/d gula pasir, aduk sampai rata
*siapkan loyang dan olesi dengan mentega
*tuang adonan ke dalam loyang, ratakan lalu kukus selama 20-30 menit
*setelah masak,dinginkan lalu potong2 sesuai selera
*celupkan dalam kocokan telur, lalu balur dengan tepung panir...
Lalu goreng hingga warna kecoklatan..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pizza





Lagi-lagi males masak, dan terus bikin pizza deh. Kali ini mencoba membuat pizza dengan resep mb Nikmatul yang sudah terkenal :D, terimakasih mb empuk pizzany. Untuk toppingnya suka-suka aja sesuai dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Sangat direkomendasikan untuk dicoba, selamat mencoba ^_^

saya tuliskan kembali resepnya

Pizza Dough:

200 gram tepung terigu (mis:cakra kembar)

120 ml air hangat suam kuku (jumlah air bisa berbeda tergantung kadar air tepung)

1 sdt garam

1 sdt Ragi instant

3 sdm minyak goreng


Cara:
Campur tepung dan ragi, tambahkan air hangat sdikit sedikit sambil diuleni, tambahkan minyak dan garam, aduk rata (bisa tambah air jika dirasa terlalu kering)
Uleni sampai kalis ± 20 menit.
istirahatkan dgn ditutup Plastik biarkan mengembang (±40 menit)
Pipihkan adonan, bentuk bundar atau sesuai selera.
Tusuk tusuk dgn garpu.
Olesi permukaannya dgn minyak goreng lalu dengan saus tomat.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS