Powered by Blogger.
RSS

Petulo atau Putu Mayang




Assalamualaikum,

Alhamdulillah udah hari selasa, hari ini kebetulan kok ya kena random audit, hihihi..daripada kepikiran audit, pagi ini nguplek di dapur mau coba Petulo setelah kemaren bikin petolo dari resepnya carabikang kok enak tapi terlalu empuk dan terlalu nglenyer, apa ya bahasa indonesianya :D, karena pakainya kan santal kental,jadi kali ini saya tambahkan sedikit tepung terigu biar empuk rasanya, dan alhamdulillah pas banget deh rasanya udah sesuai selera. Kalau kincanya dutambahkan durian hmm...tambah enak lagi sepertinya. Tips kalau mengukus adonan yang sudah di cetak jangan lama-lama ya nanti bisa tidak terbentuk petulonya karena mleber. Yuk, ke dapur segera bikin ^_^ 



PUTU MAYANG aka PETULO
by @deviirwantari
Pakai setengah resep ya
Bahan:
150 gr tepung beras (saya kurangi 25 gr diganti tepung terigu - kira-kira satu sendok makan)
25 gr tepung kanji
300 ml santan untuk petulo (saya pakai cocomas 100 ml tambahkan air)
1/2 sdt garam

1 sdt gula
Pewarna makanan secukupnya
2 helai daun pandan
Daun pisang untuk alas mengukus, olesi dg minyak  (saya nggak pakai di oles)
Kuah Kinca:
600 ml santan
100 gr gula merah (sesuai selera)
100 gr gula pasir (bisa skip)
1 sdt garam
2 lembar daun pandan
1 sdt vanila cair
1 sdm tepung beras larutkan dg sedikit air
* Masak semua bahan, aduk rata, lalu masukkan larutan tepung beras. Aduk rata kembali, koreksi rasa. Angkat.


Cara membuat: - tepung beras, tepung terigu,garam, gula pasir dan santan yg telah di beri daun pandan dimasak sampai menggumpal, matikan api, masukkan tepung sagu, dan uleni hingga rata
- adonan bagi menjadi 3 bagian. Beri sedikit pewarna merah, hijau dan satunya biarkan putih - panaskan kukusan, alasi dg daun yg telah di olesi minyak (skip), lalu cetak putu Mayang dan kukus selama 10 menit atau hingga matang
Penyajian, siram putu Mayang dengan kuah kinca

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cucur alias Kucur Favorit


Sukaaa banget sama kue cucu atau kucur, mau yang gule merah, atau yang dikasih pewarna ijo atau merah muda biasanya,di pasar deket rumah ada mbah-mbah yang bikin kucur, lariiis banget harus antri biasanya, nggak pernah sepi kue cucur nya selalu ludes jam 9 pagi jadi ya harus cepet-cepetan ngantri ya hahaha.

Rasa cucur si mbah ni kayaknya perbandingannya lebih banyakan tepung terigunya daripada berasnya, penasaran deh nyari-nyari resep yang banyak tepung terigunya, dan nemu di blognya mba puji, recomended deh buat dicoba, aku nggak pakai dikeplok ya hanya pakai mixer 15 menit, tetep bisa berserat ihhh seneng banget pokoknya, maturnuwun mba puji ^_^.

Berikut ya resepnya saya tulis ulang
KUE CUCUR
resep Bu Nah tercintah! haha
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
300gr tepung terigu
200gr tepung beras
250gr gula pasir
500ml air hangat (dibikin dari campuran blanderan pandan suji, atau bisa langsung pakai pasta pandan)/ saya paka air kelapa
100ml air kelapa (bisa diganti air hangat biasa)
1/2sdt garam
Cara:
Campur tepung terigu, tepung beras dan gula pasir. Aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit (1gelas terlebih dahulu), uleni pakai tangan sampai adonan rata dan lembut (adonan masih lengket dan menggumpal kaya adonan roti tp lembek).
Tuang air dan air kelapa sedikit demi sedikit sampai adonan licin.
Tambahkan garam. Aduk rata. (saya mixer kurang lebih 15 menit)
Siapkan wajan dengan sesendok sayur minyak goreng, panaskan dengan api sedang.
Tuang 1sendok sayur adonan. Siram siram minyak pakai sutil. Goreng sampai bersarang dan tengahnya membentuk gundukan kecil dan matang.
Angkat dan tiriskan.
Lakukan sampai adonan habis.
Siap disajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Carabikang alias Bikang




Sudah lama cobain resep bikang tapi nggak pernah berhasil, bukan salah di resep sepertinya tapi ada tips yang tidak boleh dilewatkan ketika membuat bikang adalah harus diaduk aduk adonannya anatara10-15 menit, ternyata pakai mixer pun juga bisa bikin bikang berserat. Selain itu tips kedua adalah cetakan harus panas sebelum adonan bikang dimasukkan. insyaallah bikangnya bagus deh bersarang hasilnya.

Carabikang/Bikang
Resep : Erwintyas
Bahan:
Tepung beras..100
Terigu 2 sdm
Sagu tani 1 sdm
Air santan panas 275 ml..dalam artian santan mendidih didiamkan dulu sampai uap panasnya hilang..dan suhu agak turun...
Gula 75gr
Garam 1/2sdt
Campur semua bahan kecuali santan...santannya didihkan dulu... Panas"(dalam artian santan mendidih didiamkan dulu hilang uap panasnya...dan suhu agaj turun)masukan ke bahan tepung... Aduk pake wishk selama 15_30menit(semakin lama semakin bersarang)
Bagi adonan jadi 3 bagian kasih warna..merah.putih. Hijau...panaskan cetakan..masukan warna hijau 1/3cetakan...setelah setengah matang..maasukan warna putih .sampai 3/4cetakan...setelah setengah matang..maasukan merah...sampai matang...
Setelah matang angkat,taruh diatas gelas,bagian tengah taruh tutup botol,bagian samping potong jadi 6 bagian.
Buka potongan kesamping bawah.jadi dech bikang mawar cantiknya
#api jangan terlalu kecil...
#cetakan harus panas...tandanya ketika adonan masuk ada bunyiiii pessss
#cetakan jangan pernah ditutup sampai matang
#agar kulit kue lembut...begitu matang cetakan angkat dan taroh diloyang yang ada airnya...setelah itu baru kue dikeluarkan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kue Lumpur Ubi Ungu




Assalamualaikum,

Pagi ini saya masih semangat bikin in snack untuk adek yang nginep di rumah, kebetulan bapak ngukus ubi, dan beberapa ada yang ubi ungu, suka banget ngeliat yang ungu ungu saya tertarik bikin camilan lagi yang mudah, kue lumpur jadi pilihannya. soalnya tinggal blender jadi satu jadi deh ^_^, resep mba Diah Didi emang praktis banget, terimakasih banyak ya mba.

Hasilnya seperti biasanya ya lembut, dan saya suka rasa ubi ungu nya, meski kue lumpur kentang pun juga suka, apalagi kalau dari labu kuning ya alias kabocha, wkwkwkwk namanya mah ini doyan.

Berikut ya saya tuliskan ulang resepnya
Kue Lumpur Ubi Ungu
Sumber : Diah Didi

Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang.
100 gram gula pasir ( saya 75 gr)
250 gram kentang, kukus, haluskan selagi panas dengan garpu. (saya ganti dengan ubi ungu)
1 sachet susu bubuk 
1 sachet vanili bubuk atau vanilla cair secukupnya ( optional )
100 gram margarin, cairkan
2 butir telur
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya pakai bumas dan ditambahkan air)

Cara membuat :
Blender semua bahan hingga jadi adonan kecuali margarin cair hingga halus, masukkan margarin, aduk rata.
Panaskan cetakan kue lumpur, olesi dengan sedikit margarin tipis, tuang adonan setinggi 3/4 cetakan, lalu panggang hingga matang. Taburi kismis(saya taburi dengan nangka) ketika hampir matang. Sajikan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Martabak Telur




Assalamualaikum,

Udah hari selasa, hihihi..seperti biasa kalau weekday tuh suka menghitung hari biar cepet weekend, kalau udah weekend kok rasanya cepet berlalu ya :D..
Alhamdulillah akhir akhir ini kok ya rajin banget bikin-bikin, pagi ini karena ada adek sepupu yang jauh jauh datang dari semarang, nyempetin bikin-bikin buat cemilan si adek. Salah satu yang praktis ya martabak telor ini, bikinnya cepet, cuman nunggu bentar sih biar kulitnya bisa elastis.

Resepnya seperti yang pernah saya share sebelumnya ya, bisa dilihat di link berikyt :
http://roomvi.blogspot.co.id/2016/02/martabak-telur-dengan-kentang.html

Selamat mencoba ya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dadar Gulung



Assalamualaikum,

Udah senin aja ya, waktu kok cepet banget berlalu. Alhamdulillah minggu kemaren sempet bikin kue kue yang dulu kepingin banget di praktekin, salah satunya ya darlung ini. soalnya udah terlanjur beli nangka daripada nanti keburu busuk jadi saya campuran unti kelapanya, hmm..enak banget wangi nangka dan kelapa muda.


Untuk resepnya saya intip dari resepnya mba diah didi, karena mini teflonnya jadi lumayan bayak adonan kulitnya. Enak banget kulitnya, untuk pewarna kulitnya saya lagi seneng pakai jus pandan jadi kulitnya ikutan wangi pandan.


Saya tuliskan kembali ya resepnya
Dadar Gulung Isi Unti Kelapa Putih
Sumber : Mba Diah Didi
Bahan Isi:
150 gram kelapa parut kasar
1 lembar daun pandan / vanili bubuk sedikit
1/2 sendok teh garam
50 gram gula pasir / sesuaikan selera saja manisnya
100 ml air

Isi: campur kelapa parut, daun pandan / vanili garam, gula pasir, dan air. Masak sambil diaduk sampai meresap. 
Bahan Kulit:
100 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh garam
1 butir telur
300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
4 tetes pewarna sesuai selera (saya pakai jus pandan untuk pewarna hijau)
Cara Membuat :
Kulit: campur tepung terigu, dan garam. Masukkan telur dan santan sedikit – sedikit. Aduk sampai licin. Tambahkan pewarna merah muda. Aduk rata.
Buat dadar tipis di wajan datar kecil yang dipanaskan dan dioles minyak.
Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat kiri dan kananya. Gulung.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

lupis




Assalamualaikum,

Hari ini saya mau cerita tentang trial and error jajanan tradisional. Benar banget kata orang bikin kue tradisional itu gampang-gampang susah hihihi...seringkali bikin saya jadi frustasi dan senang karena berhasil dan sering banget gagalnya :D

Salahsatunya resepnya lupis ini, beberapa kali coba bikin yang ada itu lupsnya amburadul, padahal merasa udah bener bener di ikat lupis nya, tapi entahlah kemungkinan kurang kuat atau salah melipat. setelah gagal berkali-kalipun masih nggak kapok, kepingin coba lagi setelah banyak resep lupis berseliweran.
Alhamdulillah kali ini malah berhasil bikin lupis, saya lihat cara bungkusnya berkali-kali di you tube dan berhasil horaaay ^_^. Cuman rasanya masih kurang kenyil-kenyil, analisa saya karena jenis ketann

Kalau lupisnya berhasil, yang bikin ngenes sih uceng-ucengnya nggak jadi, akrena direbus di air mendidih, harusnya hanya di kukus :D, jadi nunggu nemu resep yang pas baru update lagi ya hihihi...meskipun kelembekan tetep ikutan nampang bareng sama lupis deh wkwkwk.




Lupis Presto

Sumber Catatan Dapur Vero
Bahan :
500 gr beras ketan cuci brersih, lalu rendam dengan 1 sdm air kapur sirih selama 2 jam.
Setelah 2 jam tiriskan dan beri sejumput garam ( dikira-dikira aja yaa ), aduk rata. Setelah itu bungkus dan semat pakai lidi biar gak lepas.
Cara membuat :
Masukkan dalam panci presto sampai terendam semua ( saya separuh air )
masak selama 1,5 jam. Tergantung presto masing-masing,  saya 1 jam bagian atas begitu dibuka masih kurang lembut, saya tambahkan air dan di rebus lagi dalam panci presto selama 30 menit. 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Martabak Bihun - Kenangan Semasa Kecil


Assalamualaikum,

Bau baunya weekend ya sudah terasa, mumpung ibu lagi masak bihun, jadinya saya semangat untuk bikin kue yang sering saya beli semasa kecil. toko sebelah rumah selalu menawarkan jajanan tradisional termasuk si martabak bihun, sudah sering mencoba resep martabak saya paling cocok memakai resep ini.

Alhamdulillah rasanya hampir mirip, meski kemungkinan ada yang beda ya, karena resep dari bu Aminah outentic dan tidak disebarluaskan hahaha...tapi saya bersyukur hari ini bisa menikmati sarapan martabak bihun dengan cabe rawit hijau, hmm sedep deh...

oke langsung saja resepnya sebagai berikut :

Bahan Kulit
Saya memakai resep berikut http://roomvi.blogspot.co.id/2016/02/martabak-telur-dengan-kentang.html

sedangkan bihunnya sebagai berikut :
Resep Bihun Goreng
Sumber : Sajian Sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
250 gram bihun, diseduh
4 sendok makan kecap manis
2 sendok makan kecap asin
2 buah cabai merah besar, diiris miring
2 buah cabai hijau besar, diiris miring
3 batang caisim, dipotong-potong
10 buah bakso sapi, dipotong 3 bagian
2 butir telur, dikocok lepas
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, diiris
50 ml air
4 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri, disangrai


Cara membuat bihun goreng:
  1. Aduk rata kecap manis, kecap asin, dan bihun. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan cabai sampai harum. Sisihkan ke pinggir wajan. Masukkan telur dan bakso. Aduk hingga berbutir.
  3. Tambahkan caisim, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Masukkan bihun. Aduk rata. Tuang air. Aduk hingga meresap. Menjelang diangkat, tambahkan daun bawang. Aduk rata.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Paru Goreng


Assalamualaikum,

Cerita saya di hari minggu alhamdulillah lagi rajin masak di dapur hihihi..^_^,  paru goreng adalah lauk inceran setelah sekian lama tidak pernah makan paru, lumayan ya jadinya sedikit sekali soalnya mimpes parunya :D hahaha, tapi yang patut disyukuri akhirnya saya bisa juga makan paru goreng *lebay :D, apalagi ada sambalnya duh komplit banget deh sedepnya.

Paru goreng resepnya keluarga Nugraha emang top deh, rasanya itu masis, asin gurih, pas lah dibuat makan. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya :

Paru Goreng
Bahan-Bahan :

  • 1 kg paru sapi, bersihkan (saya langsung iris2, supaya bumbu meresap semua)
  • 1 liter air
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 5 siung bawang putih 
  • 8 butir bawang merah 
  • 2 sdm ketumbar (sangrai)
  • 5 butir kemiri, (sangrai)
  • 4 cm kunyit bakar 
  • 3 cm lengkuas
  • 3,5 sdm garam
  • 3 sdm gula pasir
Cara Membuat :

  • Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus, daun salam, serai sampai wangi
  • Masukkan paru dan air, masak sampai paru empuk dan kuah berkurang banyak (selama 3 jam)
  • Ambil paru, lalu iris tipis2 (saya skip bagian ini karena paru sdh saya iris tipis)
  • Panaskan minyak cukup banyak, lalu goreng paru sampai kering atau sesuai selera.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bika Ambon




Assalamualaikum,

Ikutan terkena virusnya Mba Mitry dan Mba Masita, akhirnya saya pun mencoba membuat Bika ambon resepnya mba Alianti, dengan resep irit telur ternyata rasanya mantap sekali empuk banget dan nyarang, nggak rugi ya praktek kalau hasilnya oke, kenyil-kenyil empuk hahaha...

Saya tuliskan kembali resepnya sebagai berikut :
#PostingHarian_YKMK2014
Bika Ambon buatanku, nyontek resepnya dari postingan mba Mitry 😍
BIKA AMBON
Resep : Alianti

Bahan-bahan:
100 gr tepung sagu
100 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
25 gr (1 sdm ) mentega cair
2 butir telur
Pasta pandan secukupnya
1 bungkus santan kara + air menjadi 200 ml, masak dengan 15 lembar daun jeruk dan 1 batang sereh memarkan.
(Saya pakai 5 lembar daun jeruk, 1 batang sereh dan 1 lembar daun pandan Sejumput garam.
Bahan biang :
50 ml air hangat
1/2 bungkus fermipan ( saya pakai tidak sampai 1/2 bks kira-kira 1 sdt)
1 sdt gula pasir
Caranya :
Campur bahan biang jadi satu dan biarkan hingga berbuih, kira2 10 menit.
Dalam mangkuk campur tepung terigu dan tepung sagu (diayak ), tuang kedalamnya bahan biang dan santan sedikit-sedikit sambil diaduk dengan whisk sampai licin tambahkan pasta pandan secukupnya aduk rata ,tutup dan diamkan selama 20 menit.
Dalam mangkuk lain kocok telur dan gula pasir sampai gula larut., *resep asli gulanya tidak ikut dikocok.
Masukkan kedalam adonan yang sudah didiamkan 20 menit, aduk sampai rata, masukkan mentega cair aduk rata, tutup mangkuk dan diamkan selama satu jam.
Panaskan cetakan menggunakan api kecil, aduk sebentar adonan dan tuang adonan sampai 1/2 tinggi cetakan. Tunggu sampai permukaannya berlubang lalu tutup dan panggang sampai matang balik sebentar supaya permukaannya agak coklat, tidak dibalikpun tidak mengapa.
Selamat mencoba..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bothok Jamur


Assalamualaikum,

Hari Sabtu mendung dan hujan hampir seharian, niat mau kepasar pun urung, karena kalau hujan pasti deh lantainya licin dan becek. Jadilah hanya nonton TV, tidur sampe pusing jadinya hihihi...
TV favorit hari sabtu ya acaranya chef Rudy Chaerudin " Rasa Sayange", kalau nonton pasti udah gemes pingin ikutan praktek masakan yang ditanyangkan saat itu, hihihi..apa daya malesnya nggak ketulungan unutk sekedar jalan ke budhe sayur.

Yang paling bikin kepingin itu ya bothok jamur yang di demokan kemaren, ngebayangin makan pakai sayur asem hmmm udah bikin ngeces, hihihi. Dan hari minggunya semangat pagi-pagi ke pasar untuk beli bahan bikin bothok.

Ada beberapa bahan yang saya ganti dan tambahkan, hasilnya tetep mkanyus ya, secara saya udah lamaaa sekali nggak makkan bothok. Resepnya saya tuliskan kembali ya

Bothok Jamur
Sumber : Chef Rudi Chaerudin
Bahan :
Jamur Kancing (lupa berapa gr nya, saya 1-2 ons jamur), direbus sebentar dan potong kecil-kecil
1/2 Kelapa parut
1 plastik lamtoro (tambahan dari saya)
200 ml santan kental (saya pakai bumas 90 ml saja)
Bahan dihaluskan :
2 butir bawang putih
2 butir bawang merah
sedikit terasi
1/2 sdt ketumbar
sedikit laos (saya ganti dengan kencur)
2 butir kemiri
1 sdt gula
1/2 sdt garam
2 buah cabe merah (saya 1 sdm cabe merah yang sudah dihaluskan)
3 buah cabe rawit (tambahan saya)
2 lembar daun jeruk
1/2 sdt lada

Daun untuk membungkus

Cara membuat :
1. Campur bahan utama dengan Bahan yang dihaluskan  hingga rata
2. Ambil selembar daun pisang, lalu sendokkan adonan bothok, bungkus dan sematkan dengan lidi
3.Kemudian kukus kurang lebih selama 25 menit, hingga daun yang membungkus bothok tidak berkeringat.
4. Sajikan dengan nasi panas ^_^. Bisa juga ditambahkan cabe rawit utuh ya di setiap satu bungkus bothoknya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dodol Labu Kuning


Assalamualaikum,

2017 mudah mudah an mulai rajin coba-coba resep baru lagi dan upload di sini, kali ini saya mencoba dodol labu kuning, kebetulan saya sangat suka sama labu kuning, diapain aja tetep sukaa hihihi...
Dibikin dodol ini pun enaaak loh, pas banget nggak terlalu manis, hasilnya tuh mirip-mirip sama ager-ager dan jenang enak deh ^_^.

Resep asli dari cik Lusi, terimakasih ya cik enak banget nih dodol labunya, recomended buat dicbain, berikut saya tuliskan kembali resepnya

Dodol Labu Kuning
Bahan:
Labu:600 g(buang kulit cuci bersih lalu kukus mateng)
Gula:150 g(bagi yg suka manis bs tambah lagi ya)
Santan: 400 ml
Tepung tapioka/kanji:350 g
Taburan: kelapa parut atau kering,secukupnya
Cara:
Labu,gula ,Santan,dimixer atau blender sampai labu halus,atau tercampur rata.
Lalu masukan tepung aduk rata.
Tuang keloyang yg udah dioles dikit minyak .
Lalu masukin kekukusan yg udah dipanaskan dahulu.
Kukus selama 45 menit atau sampai mateng.
Telah mateng tunggu dingin lalu potong bisa ditaburi dengan kelapa

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS