Powered by Blogger.
RSS

Siomay Sayur

Abang siomay sejak musim hujan jadi jarang lewat lagi, mungkin karena udah abis duluan dijalan.Mau nggak mau nyempetin deh jalan pagi ke pasar beli ayam dan udang, abisnya udah ngiler duluan liat siomay nya mba ricke.

Sengaja siomaynya dikasih kol saya sayur sawi biar kalau makan ada sayurannya ^_^. Sebetulnya selain siomay sayur ada juga siomay biasa yang tanpa sayur yang kubuat,tapi nggak kepoto.ke keesokan harinya karena nggak abis jadinya digoreng eh ternyata rasanya persis banget sama otak otak goreng. Enaaak pokoknya :D.
SIOMAY
sumber: Ricke Ordinary Kitchen
Bahan:
500 gram daging ikan tenggiri giling (saya pakai campuran udang dan ayam giling, ga tau berapa perbandingannya yang pasti lebih banyak udangnya, hihihiiii...)
5 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 sdm gula pasir
1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
1 sdm kecap ikan
1 sdm minyak goreng
100 gram labu siam, kupas, cuci bersih, parut kasar dan tiriskan
(tidak perlu diperas airnya)
3 butir telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, iris halus
200 gram tepung Sagu Tani

Pelengkap:
-Kulit siomay/kulit pangsit
, jika tidak ada langsung bentuk siomay bulat-bulat dengan bantuan 2 buah sendok makan
-Kentang, kukus setengah matang belah dua
-Tahu putih/tahu kulit coklat, potong segitiga
-Telur rebus, dibelah dua
-Pare, dibuang bijinya
Sesuaikan aja dengan selera atau bahan yg ada di rumah

Cara membuat:
1. Campur ikan tenggiri giling/udang+ayam dengan bawang merah halus, bawang putih halus, garam, merica, kaldu bubuk, gula pasir, kecap ikan dan minyak goreng. Aduk rata.
2. Masukkan labu siam. Aduk rata. Masukkan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Masukkan daun bawang, aduk rata.
3. Terakhir masukkan tepung sagu tani. Aduk hingga rata dan kalis. Siap dibentuk dan diisikan ke bahan pelengkap.
4. Kukus dalam kukusan yang telah panas dan beruap sampai matang sekitar 30 menit, tergantung besar kecilnya adonan dibentuk. Siap disajikan hangat.
5. Bila mau digoreng, setelah dikukus angkat dari kukusan. Tiriskan sebentar, lalu goreng sebentar saja hanya sampai kulitnya kuning kecoklatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lemet mutiara


Assalamualaikum,
Alhamdulillah sudah tiba di hari jum'at lagi ya.seminggu berlalu begitu cepat. Tapi stock mutiara di rumah kok ya masih banyak aja. Udah browsing sana sini ada banyak resep menarik yang pingin si cobain biar nggak dibuat bubur mutiara terus hihihi..dari banyak resep kepincut sama resepnya mba diah didi. Lemet mutiara, sepertinya enak. Dan bener hasilnya memang enak perpaduan singkong dan mutiara. Yuk mari bikin kue tradisional :D

Terimakasih mba diah resepnya maknyus bikinnya nggak ribet ^_^.
Lemet Singkong Sagu Mutiara
Sumber :Mbak Diah Didi
Bahan :
500 gram singkong parut
1/2 butir kelapa parut yang agak muda
100 gram sagu mutiara, rebus hingga mengembang
100 - 150 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili

Cara Membuat :
Campur semua bahan
Cicipi rasanya, sudah pas belum manis gurihnya sesuaikan selera ( rasa manisnya ketika di cicip harus sudah terasa ya, karena nanti jika di kukus akan berkurang sedikit )
Olesi cetakan dengan sedikit minyak
Panaskan kukusan
Isi cetakan dengan adonan hingga penuh
Kukus hingga matang
Sajikan ketika sudah dingin ya..jika masih panas, masih agak lengket-lengket

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Steak Daging dan Kentang Goreng


Assalamualaikum,

late post ya, masaknya udah hari minggu kemaren, karena masih ada sisa daging di frez, jadi saya buat steak tepung saja deh, bikinnya cepet dan hubby doyan banget sama namanya steak. Awalnya mau dibuat nuget tapi karena beberapa tahapan, dikukus, dipanir dan digoreng udah males duluan deh :D.

untuk tepung krispynya seperti biasa pakai resep ini ya

untuk kentang gorengnya, caranya pasti udah pada tau, hanya dikupas, dipotong-potong, rebus setengah matang, tiriskan, beri tepung maizena ditambahkan garam,saya juga menambahkan lada biar sedep, lalu goreng deh. Biasanya dimasukkan ke frez dl, tapi saya biasanya langsung goreng hingga kecoklatan. Siap dihidangkan beserta steak dagingnya, tanpa bumbu steak pakai saus tomat dan sambal aja biar praktis :D hahaha


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS