Powered by Blogger.
RSS

Martabak Mesir





Pingin bikin martabak telur sendiri, kebetulan punya daging giling di rumah,hmm lumayan hasil kulitnya empuk tapi sayang saua kurang menambahkan garamnya jadinya kurang asin heee..tapi lumayan juga hubby mau mam meski g habis semua hahaha :D

Resepnya



http://dapurnisa.blogspot.com/2010_08_15_archive.html


  • tepung terigu protein sedang 300 gram
  • garam secukupnya
  • air 175 ml
  • minyak goreng kurang lebih 300 ml


CARA MEMBUAT KULIT:
Campur tepung terigu dengan minyak/margarine cair, telur dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng, diamkan selama 1-2 jam. untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain/serbet .

Cara dan Bahan  Isi martabak :

Bahan Isi :
300 g daging giling
2 batang daun bawang dan batang  bawang diiris,(kalo aku pake poree, atau leek atau pure)
6 sdm bawang bombay iris
4 bawang putih, haluskan
1 sachset bumbu kari pasta atau bumbu gule
6 butir telur
merica dan garam secukupnya.

CARA MEMBUAT ISI :
Tumis bawang bombay, bawang putih, hingga harum, masukkan bumbu gule atau kari

pasta, tambahkan merica, dan irisan dari 1 batang daun bawang dan garam. Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut.Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.

 


Penyeleseian :
Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar, kemudian pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan digilas-gilas).

Ambil mangkok, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling, irisan 2 batang daun bawang, irisan bawang bombay, garam, merica. Aduk-aduk.

Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang.Angkat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nasi Mawut Jala


Minggu yang lalu Mbak Diah Didi posting Nasi Ruwet alias Nasi Mawut kalau di Jatim, picnya bener-bener bikin laper heee..udah lama sekali aku nggak makan nasi mawut, di sini jarang yang jualan. Akhirnya kemarin tanya ke hubby mau makan nasi goreng dan mau jawabnya, mumpung musim ujan dingin-dingin bikin laper dan makan anget2 bikin badan jadi anget juga :D

Resepnya sama aja kalau bikin nasgor pada umumnya ya bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit bila suka, garam, merica, mie yang direbus terlebih dulu, aku suka pake kecap, saos sambal sedikit dan taraa jadi deh dua piring nasi mawut heeee... ditambah toping jala dari telur dadar, telur yang dikocok ditaruh di plastik segitiga lalu di coret2 ke pan teflon jadi deh, nasi mawut hangat di malam yang dingin hahaha :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Makpan Kapucino






Ngiler banget liat Postingan Mbak Rina Audie, mekrok-mekrok menarik hati pingin ikutan makan juga heee...kemaren bikin brownies kukus mekarnya ny. liem nggak sukses, mekarnya sih mekar tapi menciut bagian bawahnya :( hmmm..nggak tau knp sebabnya apa mungkin adonanku terlalu encer. agak was-was sih bisa enggak ya mekar pas nyobain resep makpan ini, pakai tutup kaca akhirnya biar bisa liat, heee sukses mekar banget :D horeeee akhirnya bisa juga. terimakasih mbak Rina, aku cuman bikin setengah resep dari resep mbak rina ini. jadinya cuman 3,5 buah aja tapi tetep seneng karena berhasil mekrok ^^...



Makpan Kapucino
resep aslinya rina-dapurmanis
Bahan :
150 ml susu cair
50 gr coklat blok putih, cincang/serut kecil (saya serut pake parutan keju)
1 bks (20 gr) capucino bubuk
150 gr tepung terigu (saya pake protein sedang)
1 sdt munjung ragi instant
50 gr gula pasir
1/2 sdt baking powder (tambahan dari saya)

Cara membuat :
1. Dalam sebuah panci panaskan susu cair, kemudian masukkan coklat blok putih, aduk sampai larut. Masukkan kapucino bubuk, aduk juga sampai rata dan larut. Angkat dan biarkan hangat.
2. Dalam wadah lain campur terigu, ragi instant dan gula pasir, aduk rata. Tuangi larutan kapucino hangat (hangat lho jangan panas, ntar raginya mati) sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata. Adonan yang terbentuk kental ya.
3. Tutup adonan dan letakkan di tempat hangat selama 45 menit sampai mengembang.
4. Siapkan cetakan kue mangkok (cucing) biarkan kering tanpa dioles minyak atau apapun. Panaskan kukusan sampai beruap banyak.
5. Aduk adonan sampai buihnya hilang. Masukkan baking powder, aduk rata.
6. Tuang kedalam cetakan sampai penuh kemudian dikukus selama 20 menit , dengan menggunakan api besar. Angkat dan biarkan hangat. Lepaskan kue dari cetakan dengan hati-hati.

Note :
1. pastikan ragi yang digunakan masih aktif supaya kue bisa mengembang. Begitu juga dengan baking powdernyaa.
2. Cetakan tidak perlu dioles minyak supaya bisa mekar. Bisa juga menggunakan cetakan bolu kukus yang dialas cup kertas.
3. Adonan yang antri jangan diletakkan di tempat hangat/dekat kompor supaya tidak over fermentasi yang menyebabkan kue mingkem/tidak merekah.
4. Tuang adonan sesaat sebelum dikukus. Jangan biarkan adonan antri di dalam cetakan supaya tidak berbuih/over fermentasi. Jika over fermentasi bisa mingkem ya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS