Powered by Blogger.
RSS

Nge "Roti Sisir "


Idul Adha 1434 H pertama bersama Hubby Alhamdulillah dilewati bersama di rumah saja di Bekasi, lebaran ini rencana mudik ke Jogja, tapi karena hari senin nya di tempat kerja kami tidak libur akhirnya berakhir dengan lebaran dirumah saja. Seusai sholat Idul Adha malas rasanya pergi ke kantr untuk acara penyembelihan hewan qurban, ngeliat darah aja kepala jadi pening takutnya malah pingsan di tempat malah merepotkan hihihihi malah curhat nih :D, ya sudah berhubung di rumah sendirian dan huby sibuk membantu pemotongan hewan qurban di kantor, jadilah aku mencari kesibukan sendiri biar nggak bosen di rumah dan dengan tujuan mengusir kesepian hahaha..:D

pingin banget bikin roti sisir sih udah lama sekali tapi niatnya belom bener-bener jadinya masih kalah sama malesnya yang tidak berkesudahan *lebay deh :D
hari Senin kemarin berhubung kantor sepi, banyak yang cuti akhirnya googling nyari-nyari resep yang maknyus, dan kebetulan nemu banyak resep dari majalah sedap, koki tapi mataku tertarik oleh postingan roti sisir dari blognya dapurmamasofi heee...lengkap dengan step by stepnya. akhirnya bulat sudah tekat untuk mencoba resep dari bogasari ini

rasanya lembut, karena aku sedikit kelamaan manggangnya jadinya agak terlalu garing luarnya, lain kali ovennya hanya 15 menit saja pas kemungkinan. dan lain kali juga pingin coba air esnya diganti sama susu cair hmm kebanyang lebih harum dan lembutnya roti sisir ini.aku hanya bikin setengah resep saja dan hasilnya lumayan banyak buat aku yang hanya tinggal berdua sama hubby. oh iya hubby biasanya nggak suka sama roti-rotian tapi kemarin mau nyobain :D senengnya..

aku tuliskan lagi ya resepnya
Bahan :
  • 350 gr tepung protein tinggi
  • 150 gr tepung protein sedang
  • 7,5 gr ragi instan
  • 100 gr gula pasir
  • 25 gr susu bubuk
  • 3 gr bread improver
  • 2 btr telur
  • 275 gr air es
  • 75 gr margarin
  • 5 gr garam
Cara membuat : 
1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata. Masukkan telur dan sebagian air  2. Setelah adonan menggumpal, masukkan margarin dan garam  3. Tambah kecepatan mikser sampai adonan kalis, angkat adonan  4. Istirahatkan bentar  5. Potong adonan seberat 40 gr. Bulatkan dan istirahatkan lagi

6. Roll adonan memanjang lalu masukkan kecetakan (tiap cetakan 10 biji)

7. Istirahatkan hingga mengembang sempurna 

8. Panggang dioven dengan suhu 160 derajat celcius selama 20 menit hingga matang   
9. Keluarkan dari cetakan, dinginkan 


10. Setelah dingin, iris tiap belahan lalu olesi dengan bahan olesan dan tata kembali dalam cetakan, kemudian panggang lagi 5 menit 
vira nggak dipanggang lagi olesannya cuman margarin sama gulapasir aja.lain kali mau nyoba dipanggang lagi sebentar hee hasilnya pasti lebih yummy ...:D

Bahan olesan :
  • 100 gr margarin
  • 100 gr gula halus
  • 1 sdt essence susu
Cara membuat :
Campur rata, kemudian kocok hingga mengembang

Note :

Tips sukses membuat roti adalah pada saat mengenali adonan kalis, dan ciri-ciri adonan kalis adalah :
  • Terlihat shiny atau mengkilat
  • Dipegang akan terasa ringan dan empuk
  • jika dilebarkan dengan dua tangan maka adonan tidak sobek hingga tipis menerawang
Jika menginginkankan telstur roti yang soft dengan pori kecil, sebaiknya waktu memasukkan adonan dalam oven dalam kondisi under proof atau adonan belum mengembang sempurna
   


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: