Powered by Blogger.
RSS

Bakso Ayam Kenyal



Selalu Suka dengan resep-resepnya di blog Just Try and Taste-Bu Endang dan satu lagi yang penasaran pingin coba yaitu ya bakso ayam ini, menurut yang sudah mencoba bakso ayam ini kenyal meski sedikit sekali pemakaian tepung maizenanya. Dan iya ternyata kenyal hmm enaaak deh, jadi ada ide klo nanti dapet arisan dibuatin ini aja, lumayan enak dan harganya ayam nggak semahal harga daging :D hahahaha...ibu-ibu ta seirit mungkin dan ingin tetap menyajikan makanan sehat dan bergizi :D, alhamdulillah hubby lumayan suka, meski sukanya memang yang daging :D. Ya sudah saya tuliskan saja kembali resepnya 
resep asli ada di sini
 
Bakso Daging Ayam
Resep diadaptasikan dari blog Lily's Wai Sek Hong - Meatballs Ala Don

Untuk + 40 buah bakso

Bahan bakso:
- 500 gram daging ayam, saya menggunakan bagian dada
- 125 ml air es
- 1 sendok makan kecap ikan
- 1 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
- 1/2 sendok makan gula pasir 
- 1/2 sendok makan minyak goreng
- 2 sendok makan tepung maizena
- 1 1/4 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Lainnya:
- Air es untuk merendam bakso 

Bahan kuah:
- 2 liter air kaldu dari air rebusan bakso plus tulang-tulang ayam
- 2 sendok teh kaldu bubuk 
- 5 siung bawang putih, haluskan
- 2 sendok makan kecap ikan
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh garam
- 2 batang daun bawang
- bawang merah goreng sebagai taburan
- minyak untuk menumis


Cara Membuat : 
Siapkan daging ayam, anda bisa menggunakan bagian daging ayam di dada atau paha, saya memilih untuk menggunakan bagian dada karena mudah memisahkan tulang dan dagingnya. Potong-potong kubus dan masukkan ke food processor. Proses hingga halus. 

Jika daging telah halus, tambahkan 5 sendok air es ke dalam gilingan daging. Tambahkan air es sesendok demi sesendok. Terus proses hingga cincangan daging membentuk gumpalan. Matikan food processor. Tuangkan daging ke dalam mangkuk besar. 

Jika anda melakukan cara manual, maka gunakan daging ayam cincang. Tambahkan air es sesendok demi sesendok sambil daging diaduk dengan spatula hingga serat-serat daging terlepas dan terpisah. 

Siapkan mangkuk kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng dan tepung maizena ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata. 

Tuangkan larutan tepung ke permukaan adonan daging, aduk perlahan dan biarkan cairan terserap. Kemudian aduk hingga benar-benar merata. 
Keluarkan adonan dari freezer, ambil 1 sendok makan adonan dan dengan bantuan sendok lainnya bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan diameter 1 1/2 cm. Masukkan adonan yang telah berbentuk bulat ke air panas. Lakukan hingga semua adonan habis.

Adonan yang masuk ke air panas akan mengapung sendiri. Ketika panci telah terlihat penuh oleh adonan, hidupkan kembali kompor dan rebus menggunakan api kecil. Jaga jangan sampai air mendidih hingga bergolak, air hanya dididihkan hingga mengeluarkan letupan-letupan kecil saja bukan  benar-benar mendidih. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk bakso dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang.
Test kematangan dengan mengambil sebutir bakso dan belah, jika bagian tengahnya masih berwarna pink rebus kembali hingga matang. 

Siapkan mangkuk berisi air dan es batu, tiriskan bakso dengan saringan kawat, sisihkan airnya untuk kuah. Masukkan bakso ke dalam air berisi es dan rendam hingga dingin. Bakso siap untuk diolah sesuai keperluan atau masukkan ke dalam wadah rapat dan bekukan di freezer.  

Membuat kuah:
Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum dan matang. Angkat. 

Siapkan panci berisi air rebusan bakso, tambahkan tulang belulang ayam (jika ada). Tambahkan tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk dan kaldu bubuk. Rebus hingga mendidih, masukkan bakso dan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya. Angkat.  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: