Skip to main content

KUE LUMPUR




Sabtu kemarin agak bete banget di rumah, udah nyiapin beberapa perencanaan, dari bikin bubur kacang hijau, roti tawar sendiri, dan kue lumpur ini. kue lumpurnya rencana buat acara kumpul-kumpul warga platinum yang mau berbeque an bareng-bareng.

Ternyata rencana tinggal rencana deh, tukang kitchen setnya dateng jam 10 pagi. padahal waktunya ngoven roti, jadinya g jadi roti nungguin sampai masnag selesai. dan nggak selesai-selesai juga sampai ashar. pingin nasngis aja, kue lumpur belom dibikin, bikin puding kacanya berantakan juga karena udah sore.

bener juga keburu-buru malah salah takaran pudingnya untuk yang kaca harusnya 1 bungkus jadinya cuman setengah bungkus. puding kacanya gagal total, dibalik g bisa set akhirnya ambyar kemana-mana huwaaaa...  :(, belom lagi mikirin kondisi yang berantakan, belom nyapu dan ngepel juga duuh remek rasanya badan. heeee malah jadi curcol.

dengan sedikit tenaga akhirnya cepet-cepet dibuatlah si kue lumpur ini. pas banget sebelum maghrib udah bisa cetak dan mateng. untungnya nggak kayak pukis ya yang harus nunggu dulu adonan sebelum di cetak ihihihi, agak terhibur juga ternyata dengan mulusnya kue lumpur resep dari Bu Fatmah Bahalwan yang terkenal se antero food blogger :)

langsung saja ya saya copas kan resepnya. saya bikinnya persis se resep dibawah ini, dan jadi sekitar 15 buah ukuran sedang, semua bilang enaaak kuenya dan laris manis tambah seneng deh :D
pelipur lara di weekend yang menyedihkan, kapan-kapan nyobain yang resep lumpur kentangnya ^^
 
Kue Lumpur Labu Kuning :
sumber : NCC
Bahan:
300 ml    santan, sedang kentalnya
½ sdt     garam                 
2 btr      telur                  
150 gr    labu kuning, kukus haluskan -- vira pakai kentang
130 gr    tepung terigu           
120 gr    gula pasir

Cara membuat:
  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan labu kuning halus, aduk rata. Tuangi santan secara bertahap sambil diaduk rata.
  2. Panaskan cetakan kue lumpur, tuang adonan ¾ penuh. Tutup. Biarkan setengah matang, buka tutupnya, hias dengan kismis.
  3. Tutup lagi masak sampai matang. Angkat.

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …