Skip to main content

Posts

Showing posts from 2018

Cornflake Cheese Ball Cookies

Cornflake Cheese Ball Cookies
Bahan :
150 gr butter
75 gr margarin
75 gr gula pasir halus
1/2 sdt vanilla bubuk
2 kuning telur
1 putih telur
100 gr keju parmesan bubuk
425 gr tepung terigu protein rendah / sedang
25 gr susu bubuk @indomilk

Tambahan saya:
Cornflake, blender

Cara Membuat :
1. Kocok butter, margarin dan gula hingga tercampur rata dan gula larut kemudian masukkan vanilla dan susu bubuk.
2. Masukkan telur satu persatu dan kocok hingga tercampur rata.
3. Masukkan keju parmesan, kocok rata.
4. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk memakai spatula hingga tercampur rata.
5. Pulung adonan bentuk bulat kecil, gulingkan di atas gula palm (saya di cornflake) hingga tertutup rata.
6. Tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin dan panggang dengan suhu 140'C hingga matang.
7. Angkat, pindahkan ke cooling rack dan biarkan dingin baru dimasukkan ke wadah kedap udara

Red Velvet Cookies

Assalamualaikum,

Mulai nyicil isi isi lagi blog ini biar ada update terbaru, kali ini save resep resep kuker yang kemaren dibikin pas bulan puasa ^_^
Red Velvet Cookies
Sumber : @tintinrayner
50 grMargarin
50 gr Butter
90 gr Gula Halus
1 butir Telur
1 sdt Pewarna Merah,saya Cross super Red
135 Tepung Kunci/protein rendah
12 gr Maizena
12 gr Susu Bubuk
3 gr Cokelat Bubuk
1/4 sdt Baking Powder,saya Hercules
1/4 sdt Vanilla Cream bubuk
50 gr Chocochips (saya pakai kismis)
1 sdm Parmesan bubuk

Topping : Nougat kacang

1. Mixer Butter+Margarin+Gula Halus max 2 menit aja atau cukup sampai creamy,lalu masukkan telur dan pewarna merah,kocok hanya sampai rata aja
Matikan mixer yah :)
2. Masukkan tepung+maizena+susu bubuk+BP+Vanila cream bubuk dan coklat bubuk yang uda di ayak,aduk pake SPATULA aja sampe rata.
3. Tambahkan kismis+parmesan,aduk hingga rata pake Spatula.
4. Siapkan loyang yang sudah dioles margarin/kertas roti.
ambil 1 sdm adonan lalu taburi kacang nougat
5. Panggang dalam suhu 160 menit selama 30 me…

Pethulo

Assalamualaikum,

Semangat hari Senin ya, di Bulan baru Bulan July 2018, udah lama ini nggak isi blog. Kali ini saya mau berbagi resep pethulo, nyetaknya cuman pakai plasti segitiga aja, ternyata lebih cantikan pakai plastik segitiga daripada pakai cetakannya akar kelapa, soalnya gede gede sih :D, rasanya pun alhamdulillah udah mirip sama yang dijual dipasaran. Ini resepnya mba Yoenita, makasih ya kakak, hanya saja saya pakai perbandingan 1:1 tepung beras dan kentang, hasilnya tetep empuk lo meski dingin ahh senangnya akhirnya bisa dapat resep yang pas. Jadi nggak perlu nunggu setahun pulang kampung pas lebaran biar bisa menikmati pethulo ini, kadang pas pulang kampungpun yang jualan masih libur, dan keburu balik lagi merantau, sedihhh ya ^_^.
Putu Mayang Kentang
100 gr tepung beras (resep asli 200 gr tepung beras)
100 gr kentang di kukus lalu haluskan (resep asli tidak pakai), kalau mau pakai tepung kentang cukup sekitar 25 gram, beri air panas hingga berbentuk seperti kentang tumbuk ya

TELUR DADAR PADANG

Assalamualaikum,

Suka beli telur dadar Padang ini biasanya,sekarang bikin sendiri hahaha Alhamdulillah.
Telur Dadar Padang
Sumber Ine Setiawati
Bahan:
5 btr telur
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
Kelapa parut secukupnya,sangrai
2 btg daun bawang,iris tipis
2 bh cabe merah,iris
Tambahan saya :
2 sdm tepung beras
Setengah butir tomat iris kecil
Bumbu:
secukupnya Garam,merica,kaldu jamur
Cara membuat: ✍️Sangrai kelapa parut sampai kecoklatan
✍️ Campur semua bahan jadi satu, dadar dengan api kecil hingga matang. Sajikan dengan nasi hangat , nyummy.
.

Precet Pisang

Assalamualaikum,

Makanan selama bulan puasa yang dikangenin salah satunya precet pisang, udah lama banget sejak merantau saya nggak makan takjil ini, hiks kangeeeeeen banget. Alhamdulillah pas weekend kemaren bisa nyempetin bikin , mumpung ada rezeki dapet pisang dari R3 hihihi, makasih ya bunda puri.
Hampir setiap hari biasanya kami sekeluarga makan takjil precet pisang namanya, hampir mirip dengan putu Mayang, hanya saja komposisi pisang lebih banyak, dan karena precet nya sudah manis jadi kuahnya tidak pakai gula Jawa,hanya pakai sedikit garam. Untuk pisangnya sendiri lebih cocok pakai pisang raja, atau kadang juga ada yang pakai pisang kepok. Namun kalau pakai pisang raja yang manis jadi berasa lebih legit aja kudapan ini 😍😊😘😘😘, lumayan bisa ngobatin kangen Banyuwangi.

Precet Pisang
Bahan:
350 ml santan kental (saya pakai satu buah kelapa parut, yang 350 buat precet dan sisanya buat kuah)
4-5 sdm gula pasir, sesuaikan selera ya dan tingkat kemanisan pisang
1/2 sdt garam
50 g…

Pentol ala Roomvi

Assalamualaikum,

Untuk buat pentol ini resepnya saya modifikasi dari resepnya cilok kemarin, daging gilingnya ditambah dan tepung kanjinya ditambah dikit
Bahan cilok :
250 gr daging sapi giling (
125 ml air
1 Sdm tepung terigu
1btr telur
150 gr tepung sagu/tapioka
1sdt bawang goreng
1sdm kaldu bubuk
1sdt garam
1sdt gula
Cara buatnya :
Didihkan air beserta garam,gula,kaldu bubuk lalu kecilkan api dan masukkan tepung terigu aduk cepat lalu matikan api
Taruh dlm wadah dan biarkan hangat, lalu masukkan telur bawang goreng aduk rata lalu masuk daging giling yang sudah dihaluskan aduk rata
Lalu masukkan tepung tapioka/sagu aduk rata sampai agak kalis
Didihkan air sambil menunggu oles telapak tangan dgn minyak lalu bentuk adonan bulat2 kecil sampai habis
Masukkan ke air yg mendidih dan masak sampai mengapung tanda matang, tiriskan

SEMUR

Assalamualaikum,

Sebetulnya saya paling males kalau disuruh masak, daripada masak lebih suka baking. Tapi kasihan hubby sih jarang dimasakin, heee. Akhirnya weekend kemaren membulatkan tekad untuk masak dan sayapun masak pentol lagi kesukaan hubby. Kali ini pentolnya dimasak semur aja, liat dari resepnya ci Titin Rayner, enaaak banget alhamdulillah. Makasih ya ci Titin.

SEMUR
SUMBER : TITIN RAYNER
Bahan :
500 gram Daging Sapi giling good quality ( dagingnya udah saya bikin pentol)

2 buah Kentang,kupas potong sesuai selera

2 buah Tomat merah matang

1 biji Bawang bombay besar,iris tipis

1 siung Bawang putih,haluskan

Kecap secukupnya

Garam/penyedap secukupnya,sesuai selera

Gula secukupnya,sesuai selera

sesuai selera Pala,parut

Merica bubuk,sesuai selera

2 sdm Saus Tiram

1 sdm Saus Tomat botolan

2 sdm Margarin,untuk menumis
Cara Membuat:

Panaskan margarin,tumis bawang2an sampai harum+layu

Masukkan pentol,beri kecap manis,gula,pala,merica,saus tiram,garam

Masak terus sampai meresap

Nastar Renyah

Assalamualaikum,


Kue kering satu ini mesti nggak pernah absen dari suguhan tamu saat lebaran 😁😁. Resep Nastar ini lebih kokoh dari biasanya yg full butter. Enak juga hihihi, berikut resepnya :
Nastar
Bahan:
125gr mentega
125gr margarine
1 kuning telur
50gr gula halus
50gr susu bubuk
50 gr maizena
250gr tepung terigu

Cara:
1. Kocok mentega, margarine, gula dan telur hingga tercampur rata
2. Masukkan susu bubuk , terigu dan maizena
3. Aduk pake sendok kayu
4. Ambil adonan, bulatkan, pipihkan hingga lebar, taruh selai
ditengah, bungkus dan bulatkan atau bentuk lonjong
5. Panggang suhu 100 derajad selama 30 menit, keluarkan. Oles kutel, dua kali oles.Panggang hingga kecoklatan
.

PIE SUSU GREEN TEA

Assalamualaikum,

Jum'at berkah, alhamdulillah bisa bikin pie ini sebelum berangkat kerja hari ini, soalnya punya stock adonan pie nya di kulkas, jadi tinggal uplek sebentar di dapur, taaraaaa jadi deh ini si pie susu nya.

Bahan Kulit

Sumber Hesti Kitchen: 
- 150 gr margarine/butter
- 300 gr terigu
- 3 sdm gula halus
- 1/2 sdt garam halus
- 2 kuning telur
- 3-5 sdm air es
- 1 kuning telur (untuk olesan)
Cara membuat:
1.Campur, tepung, gula, garam. Aduk sampai rata. Tambahkan margarin/butter. Aduk sampai tepung berbutir butir menyelimuti margarin/mentega. Tambahkan kuning telur sambil diaduk menggunakan garpu sampai berbutir-butir. Tambahkan air es sedikit-sedikit sambil diaduk sampai menggumpal. Bungkus cling wrap, simpan di kulkas 15 menit.
2.Keluarkan dari kulkas bagi 6 bagian dan pipihkan ke dalam cetakan dan panggang 15 menit

Bahan inti Tart telur

source :Vita Lim

5 butir telur ukuran besar

1 sdt green tea bubuk (tambahan saya)

1/2 cup gula kastor
1 1/2 cup air panas
1 cup susu cair (saya …

CILOK DAGING FAVORIT

Assalamualaikum,
Ini adalah sedikit modifikasi dari resepnya mba Anna, terimakasih ya mba. Ini ciloknya nggak alot, cuman sepertinya saya harus menambahkan lagi porsi dagingnya biar lebih kerasa heee, pingin bikin ala ala penthol :D
Bahan cilok :
100 gr daging sapi giling
125 ml air
30 gr tepung terigu
1btr telur
125 gr tepung sagu/tapioka
1sdt bawang goreng
1sdm kaldu bubuk
1sdt garam
1sdt gula
Cara buatnya :
Didihkan air beserta garam,gula,kaldu bubuk lalu kecilkan api dan masukkan tepung terigu aduk cepat lalu matikan api
Taruh dlm wadah dan biarkan hangat, lalu masukkan telur bawang goreng aduk rata lalu masuk daging giling yang sudah dihaluskan aduk rata
Lalu masukkan tepung tapioka/sagu aduk rata sampai agak kalis
Didihkan air sambil menunggu oles telapak tangan dgn minyak lalu bentuk adonan bulat2 kecil sampai habis
Masukkan ke air yg mendidih dan masak sampai mengapung tanda matang, tiriskan

KUE RANGIN

Assalamualaikum,

Masih edisi nyicil nyimpen resep, hiks ternyata banyak banget yang belum sempet ke save nih,
semangaaat, mumpung bentar lagi weekend. :D loh nggak ada hubungannya ya. Saya udah cocok saya resep dibawah ini, enaak buat sarapan, apalagi anget anget, hmm...jadi kangen nih pingin bikin lagi ^_^
Kue Rangin
Bahan:
150 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
400 gr kelapa parut setengah tua, kukus (Saya pakai kelapa muda tanpa kukus)
1.5 sdt gula pasir
2 sdt vanili bubuk
1 1/2 sdt garam
300 ml santan kental rebus dengan daun pandan, biarkan hangat (saya tidak menggunakan semua santan mungkin tersisa 50 ml)

Cara Membuat:
1. Campur dalam wadah: tepung ketan putih, tepung tapioka, kelapa parut , gula pasir, vanili bubuk, dan garam. Aduk semua bahan dengan tangan sambil diremas2 hingga tercampur rata.
2. Tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit, dengan tetap diaduk menggunakan tangan sambil diremas2 agar gula larut dan adonan tercampur rata.
3. Siapkan panggangan cetakan kue pu…

KENTANG KEJU

Assalamualaikum,

Snack kekinian sekarang yaitu kentang keju, enak loh, bikinnya simpel terus rasanya enak, sayangnya hubby lagi diet jadinya nggak dilanjutin lagi deh bikin snack berbau goreng-gorengan .

Beberapa yang udah coba bilang enak, jadi yuk cuzz ke dapur bikin snack sehat buat anak-anak heee...

KENTANG KEJU
Bahan:
Dua buah kentang kukus
Secukupnya keju
4 sdm tepung maizena
Cara membuat:
Haluskan kentang dengan garpu
Masukkan keju dan tepung maizena, aduk rata
Bentuk sesuai selera lalu goreng, tiriskan minyak dan segera sajikan.

BIJI KETAPANG

Assalamualaikum,

Mulai lagi nyicil nyicil nyimpen resep reccok an, biar gampang nyarinya :D. Jujur saya baru nyicip biji ketapang setalah hampir 8 tahun  di Bekasi, saya nggak nyangka ternyata enak ini snack, gurih dan sedikit manis karena ada perpaduan antara kelapa yang disangrai dengan gula pasir, hee enaaak deh pokoknya. Resepnya dari mba Iien Soegie, Makasih banyak ya mba.

Biji Ketapang

PIE BRO

Assalamualaikum,

Snack satu ini patut dipertimbangkan ya, enak banget perpaduan brownies sama pie, coba deh yummy pokoknya
Sumber : hesti kitchen
Bahan :
- 150 gr margarine/butter
- 300 gr terigu
- 3 sdm gula halus
- 1/2 sdt garam halus
- 2 kuning telur
- 3-5 sdm air es
- 1 kuning telur (untuk olesan)
Cara membuat:
1.Campur, tepung, gula, garam. Aduk sampai rata. Tambahkan margarin/butter. Aduk sampai tepung berbutir butir menyelimuti margarin/mentega. Tambahkan kuning telur sambil diaduk menggunakan garpu sampai berbutir-butir. Tambahkan air es sedikit-sedikit sambil diaduk sampai menggumpal. Bungkus cling wrap, simpan di kulkas 15 menit.
2.Keluarkan dari kulkas bagi 6 bagian dan pipihkan ke dalam cetakan muffin. Sisihkan. Masukkan adonan brownies dan panggang hingga matang.
Bahan brownies
Sumber: erlinalim

Bahan
- 150 gram Dark Cooking Chocolate (DCC)
- 40 ml minyak sayur
- 50 gram butter
- 2 butir telur
- 150 gram gula pasir halus
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 35 gram coklat bubuk
-…

SIOMAY AYAM SAYUR

Assalamualaikum,

Ngebut nih ya upload recook resep yang udah beberapa bulan lalu, sembari nungguin hubby lembur sekalian nih tulis-tulis resep yang udah lama ketumpuk , heee sayang kalau nggak terdokumentasi. Kalau siomay ini emang dari dulu penasaran pingin sekali bisa bikin kulit siomay sendiri yang lembut, soalnya kalau pakai kulit pangsit hasilnya keras dan hubby nggak suka, nah makanya nih coba pakai resep kulit gyoza resepnya mba Hesti, hmm..beneran deh empyuuk dan lembut, hubby aja suka banget sama siomay nya, Nah kan yuk cuzzz langsung ke resep