Powered by Blogger.
RSS

Kue Lumpur (Metode Sus)





Assalamualaikum,

Alhamdulillah ya weekend kemaren diguyur hujan, kalau hujan-hujan seperti biasa jadi cepet banget lapernya. Kebetulan masih punya kentang di kulkas, daripada diem aja nguplek lah sebentar di dapur. Yang paling praktis ya bikin kue lumpur, cuman kali ini pingin yang pake metode kue sus, perbedaannya hasil dari kue lumpur ini lebih halus dan nggak kerasa tepungnya, satu lagi di permukaan si lumpur lebih ke bolong-bolong ya ^_^, jadi pakai metode apa aja menurutku sama enaknya. Berikut ya saya copy kan lagi resepnya

Kue Lumpur
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani, adapted from Saji
 
Bahan:
200 gram kentang, dikukus dan dihaluskan

250 ml air
75 gram margarin
150 gram terigu protein sedang
125 gram gula pasir halus
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanilla

6 butir telur
200 ml santan, rebus dengan 2 lembar daun pandan, dinginkan
200 ml susu cair

Topping:
Kismis secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan air dan margarin sambil diaduk hingga mendidih.
2. Kecilkan api. Masukkan terigu. Aduk hingga rata dan kalis (tidak menempel di panci). Matikan api. Masukkan gula pasir, garam dan vanilla. Aduk rata.
3. Pindahkan ke baskom/wadah yang lebih besar. Masukkan kentang. Aduk rata. Dinginkan.
4. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok rata dengan mixer kecepatan rendah hingga telur habis dan adonan lembut. Tuang santan dan susu cair sedikit demi sedikit sambil dikocok rata.
5. Panaskan cetakan kue lumpur. Tuang adonan hingga 4/5 penuh, tutup dan biarkan setengah matang.
6. Taburi kismis. Tutup kembali dan masak hingga matang dan permukaannya sudah tidak basah. Angkat dengan menggunakan spatula kecil.
#roomvi2017 #doyanbaking #shareresep #kuelumpur

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bolu Caramel/Sarang Semut





Assalamualaikum,

Sepertinya udah lama nih nggak update blog, sering nya bolu sarang semut berseliweran di FB dan IG jadi semakin penasaran pingin bikin, meski nggak yakin juga, takut nggak keluar sarang nya. Karena udah bertekat bulat sebulat bola :D akhirnya bikin juga tuh.
Dari beberapa proses pembuatannya yang paling bikin males tuh bikin karamelnya, takut gosong , takut nempel ^_^, tapi ternyata bisa juga, meskipun ketelatenan sih yang wajib ada saat bikin kue.

Berhasil bikin adonan, dan cair ternyata adonannya, tapi dari beberapa resep kebanyakan di tulis bahwa adonan memang cair dan itu yang membuat cake caramel nya bersayang. Ya udah saya percaya, terus langsung deh itu adonan di oven. 30 menit sudah eeh nggak juga set, masih cair dalemnya. udah worry aja takut gosong tapi adonan masih cair :D, tambah lagi 15 menit baru deh adonan set. (tahapan ini saya riwa-riwi depan oven :D) maklumlah baru pertama kali bikin.

Tahap selanjutnya di dinginkan dulu setelah dirasa cake nya udah matang sempurna. Udah nggak sabar tuh padahal pingin motong cake nya, nyarang nggak?. Setelah beberapa jam anget, langsung deh potong-potong, ternyata nyarang ini si cake, duh senengnya :D
 
Caramel Cake / Bolu Sarang semut
By ayuaudri91
Recook by vira

Bahan =
500 gram gula pasir
500 cc air
Siapkan wajan yg agak tebal..nyalakan api kecil aja...tuang gula..biarkan menjadi angus..jgn diaduk. Cukup goyangkan wajan biar gula larut rata angusnya. Tuang air...biarkan gula larut dan menyusut sampai sisa akhir 500cc. Dinginkan.

200 gram mentega ( aku pake blueband ) lelehkan dan biarkan dingin...sisihkan.

5 butir telur
200 cc susu kental manis ( aku pake skm coklat )
1/2 sdt vanili
Whisk sekitar 8 mnt sampai rata..sisihkan

150 gram sagu
150 gram terigu segitiga
1sdt baking powder
1sdt soda kue
Ayak jadi 4 bahan keringnya ya

Di wadah yg agak lebar...masukkan bahan kering. Buat cekungan pada bagian tengah...tuang sedikit demi sedikit adonan telur ...aduk melingkar dengan bantuan whisk.
Setelah rata...masukkan mentega cair ...ratakan...terakhir tuang bertahap cairan caramel.
Ratakan...saring ..tuang ke loyang. ( loyang wajib olesi mentega dan tabur dengan sedikit terigu )
Panggang api atas bawah suhu 160 derajat celcius sampai matang.
#roomvi2017 #doyanbaking #shareresep
#cakecaramel #mykitchen #myweekend

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Gabin Fla Kentang


Alhamdulillah pagi ini sarapan sama gabin fla kentang, setelah beberapa minggu off dari perbakingan  hari ini coba yang tidak ribet, habis nya ngiler liat posting mba @julirahmayani 😂😂
Gabin Fla
Sumber mba hanhany
Recook by Vira
BAHAN :
Gabin Secukupnya ( saya Pake Gabin kong guan)

Minyak Goreng Secukupnya
BAHAN FLA :

200 gr tape singkong ( saya ganti tepung kentang yang ditambah air panas)

1 sachet susu kental manis putih
100 gr gulapasir ( manis sesuai selera)
100 gr tepung terigu
250 cc air
1/2 sdt garam
CARA MEMBUAT :

Dalam Wadah masukkan kentang bersama susu kental manis dan gulapasir,lalu masukan tepung terigu,garam,aduk rata,tuangi air sampai semua bahan manjadi halus tercampur rata.

Masak dengan api kecil Bahan Fla sampai mengental dan matang.
Dinginkan..
Ambil Satu Gabin,beri Fla tape diatasnya ratakan secukupnya,tutup dgn gabin lagi lalu rapikan pinggirannya,lakukan hingga selesai.

Panaskan Minyak,goreng gabin sebentar aja bolakbalik cukup sekali,biar tetap renyah dan tidak bnyk mngandung minyak,angkat tiriskan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Loro Lemu


Assalamualaikum,

Satu lagi kue basah yang terkenal di Banyuwangi yaitu Loro Lemu, kalau bahasa indonesianya Sakit Gemuk, hihihihi jangan ketawa ya.Memang darisana nya nama resepnya aneh. Kenapa dinamakan seperti itu saya tidak tau :D. Resepnya sama persis sama nagasari cuman isinya pakai sabrang atau ketela rambat yang di potong kotak-kotak, cobain deh rasanya enaak loh, kalau aku suka keduanya baik nagasari atau si loro lemu.

Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr tepung tapioka
• 130 gr gula pasir
• 800 ml santan kekentalan sedang
• 3 lbr daun pandan, sobek2
• Ubi Jalar  secukupnya, potong2kotak
• Garam secukupnya
• Daun pisang utk membungkus

Cara membuat :
✔ Masak santan, gula pasir, garam dan daun pandan, aduk2, gunakan api kecil. Masak hingga gula larut. Matikan api. Dinginkan
✔ Masukkan tepung beras dan tepung tapioka ke dlm santan, aduk hingga rata. Pindahkan ke atas kompor.
✔ Masak sambil diaduk hingga tdk bergerindil. Masak hingga adonan mengental. Angkat.Campurkan Ubi jalar yang sudah dipotong potong
✔ Siapkan daun pisang, masukkan adonan secukupnya, lalu bungkus tum. Lakukan sampai habis.
✔ Kukus selama 20 mnt / hingga mateng

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nagasari NY. Liem


Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya

Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr tepung tapioka
• 130 gr gula pasir
• 800 ml santan kekentalan sedang
• 3 lbr daun pandan, sobek2
• Pisang kepok secukupnya, potong2
• Garam secukupnya
• Daun pisang utk membungkus

Cara membuat :
✔ Masak santan, gula pasir, garam dan daun pandan, aduk2, gunakan api kecil. Masak hingga gula larut. Matikan api. Dinginkan
✔ Masukkan tepung beras dan tepung tapioka ke dlm santan, aduk hingga rata. Pindahkan ke atas kompor.
✔ Masak sambil diaduk hingga tdk bergerindil. Masak hingga adonan mengental. Angkat
✔ Siapkan daun pisang, ambil beberapa sendok adonan, letakkan pisang, tutup dg adonan. Bungkus daun pisang. Lakukan sampai habis.
✔ Kukus selama 20 mnt / hingga mateng.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Wajik Talas



Assalamualaikum
Adem ya hawa nya hari ini, bikin perut gampang lapar 😂😂. Hari ini serba ungu se sendu cuaca hari ini 😅😆. Wajik Ketan
Bahan:

250gr beras ketan putih
150ml santan kental

50ml air(untuk percikan)
2lmbr daun pandan
100gr gula pasir
1/2 sdt garam

Pasta talas secukupnya
Cara membuat : -cuci beras ketan sampai benar2 bersih -rendam beras ketan yg sdh d cuci bersih selama 2-3 jam, tiriskan -kukus beras ketan sambil sesekali diperciki air selama 25-30 menit sampai kelihatan mengembang dan empuk ,matikan api -masak santan, gula, pasta Talas dan garam sampai mendidih dan gula benar2 larut dan agak mengental -masukkan ketan yg sudah d kukus kedalam rebusan gula aduk terus hingga rata dan kering meresap -cetak wajik ketan ke dlm loyang kotak yg sudah dioles dgn minyak dan padatkan,tunggu sampai wajik ketan benar2 dingin kemudian dipotong2 (pakai loyang cetak kecil2)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cucur Talas


Assalamualaikum
Dari pagi hujan jadi nggak bisa kemana mana, eh biasanya weekend juga nggak kemana mana ding 😂😂. Jadi inget kemarin baru beli pasta Talas, jadi hari ini langsung diberdayakan. Kue cucur rasa talas,enak loh 😄😊 mungkin karena saya doyan banget sama cucur jadi rasa apa aja suka hihihi.

Bahan :
220ml air
100 gr gula putih
2 lembar daun pandan
125 gr tepung beras
30 gr tepung terigu
1/4 Sdt garam

Cara membuat - didihkan air, gula dan daun pandan sampai gula larut. Diamkan hingga hangat kuku - campur tepung terigu, tepung beras, garam. Tuang larutan gula sedikit" sambil di Uleni setelah kental keplok" sambil dituangi larutan gula sedikit" sampai habis. Diamkan 30 menit -panaskan minyak secukupnya tuang adonan, siram" sampai mengembang dan berserat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS