Skip to main content

Posts

Cilok

Resep cilok dari mba fitri sasmaya
Cilok Saos Kacang
.
.

Bahan:
🔸125 gram tepung terigu (sekitar 12 sdm)
🔸125 gram tepung tapioka (sekitar 13 sdm)
🔸200 ml Air panas 🔸secukupnya gula, merica dan Garam
🔸4 siung bawang putih, haluskan (saya pakai bawang putih bubuk sekitar 1 sdm)
🔸1 buah Daun bawang, iris halus

Bumbu saos kacang:
🔸100 gram kacang tanah, goreng
🔸8 buah cabe rawit, goreng
🔸2 lembar daun jeruk,goreng dulu biar ga pahit
🔸1/2 sdt kencur bubuk, bisa pakai yg fresh
🔸8 buah bawang putih, goreng
🔸30-50 gram gula jawa, sesuai selera
🔸1 sdt air asam jawa
🔸Secukupnya garam
🔸secukupnya kecap manis
🔸secukupnya saos sambal 
Cara membuat:
🔸buat saos nya:
Recent posts

Kulit Risoles

Assalamu'alaikum


Resep kulit lumpia : 
250 gr terigu Kunci Biru
1 sdm tepung tapioka / tepung kanji
2 btr telur ukuran kecil
1/2 sdt garam 
3 sdm olive oil / minyak sayur
700 ml air

Caranya : 
whisking telur & garam sampai kental berbuih, lalu beri air, masukkan terigu, tepung tapioka, olive oil, aduk2 terus dengan whisking sampai licin halus tidak ada yg menggumpal
Olesi teflon dengan minyak goreng, tunggu sampai panas lalu dadar tipis2
Saya pakai teflon ukuran 26 cm buat kulitnya
Sering diaduk aduk dengan whisk supaya kulitnya tidak gampang sobek
Satu resep ini menghasilkan 16 bh kulit dg teflon diameter 26 cm

Onde Onde

Assalamualaikum



Berkali kali gagal dalam membuat onde one membuat saya menyerah hihihi, tapi entah kenapa tiba tiba kepingin bikin lagi onde. Alhamdulillah setelah puluhan purnama gagal bikin onde onde, tahun ini berhasil bikinnya, dan tidak pecah selama digoreng, kokoh tapi lembut nggak keras. Terimakasih mba Ricke sharing resepnya.

Es Lapis aka Es Gabus

Bismillah,
Es kue, es lapis, es gabus, es apalagi ya sebutan untuk es ini? Kalau pernah ngerasain es ini berarti kita seumuran ya 🤭. Es Lapis
Bahan:
1 bungkus tepung hunkwe
150-165 gr gula, tergantung selera ya manisnya
900-1.000 ml santan
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili atau bisa pakai daun pandan
Tambahan: pasta red velvet dan coklat bubu 1 sdt @vanhouten_id

Cara membuat:
☑ Campur semua bahan jadi satu kecuali bahan tambahan
☑ Masak dan aduk aduk hingga adonan menjadi mengental, kayak bikin bubur sumsum
☑ Koreksi rasa manisnya jika sudah pas bagi adonan menjadi 3, putih lebih banyak, merah ditambah dengan pasta RV dan coklat dengan menambahkan coklat @vanhouten_id . ☑ Cetak di loyang brownies selang seling, putih, merah, putih, coklat dan terakhir putih. Tunggu hingga benar benar dingin, potong potong sesuai selera. Dan dinginkan. Es Lapis siap dinikmati selagi dingin 😍🤭.

Ogura Cake

Bismillah,
Dari sekian ogura yang sempet di foto 🤭. Ogura cheese ini lembut dan wangi keju.
OGURA CAKE
Sumber: titinrayner
BAHAN 1:
5 butir Kuning Telur
1 buti Telur utuh
40 grMinyak
85 grSantan instan kental
95 grTepung Kunci biru
1 / 2sdt Vanila Cream / esen
2sdt Biji Poppy

BAHAN PUTIH TELUR:
5 btrPutih Telur
1/4 sdt Garam
85 grGula Pasir
1/4 sdtCream tar2 bole ganti 1 sdr peresan jeruk nipis
Tambahan: keju lembaran 6
Cara Membuat
1) Aduk semua bahan 1 sampai rata ya, sisihkan
2) Kocok putih telur + garam + Krim tar2 / air jeruk nipis sampai keluar busa, masukkan gulpas secara bertahap sampai menyentuh puncak lembut aja
3) Masukkan kocokan putih telur ke Pasta 1 lanjut sampai rata pakai spatula, aduk balik
4) Tuang ke dalam loyang 22 cm yg udah di kertas. Sepertiga adonan dulu lalu beri keju lembaran lalu masukkan lagi sisa adonan.
5) Panggang selama 55-60menit suhu 160-170 drjt, dengan teknik Au Bain Marie (letakkan 1 loyang lebi besar di bawah loyang utama, lalu dikasi udara se…

Chiffon Cake

Bismillah,
Ini adalah pengalaman pertama bikin chiffon cake. Loyangnya udah lama dikasih sama mami. Dulunya mami suka bikin cake termasuk si chiffon ini. Udah lama baca baca resep chiffon tapi males bikinnya, takut ngeluarin chiffon nya susah, nggak bisa ngembang dll. Alhamdulillah panggang chiffon ini cm pake orang aja dan emang harus sabar nungguin si chiffon sampai benar benar dingin dengan loyang terbalik, baru deh dikeluarin, meski beberapa sompel sompel tapi nggak terlalu parah. Yang bikin seneng dalam beberapa menit cake ini abis di makan temen temen 🤭😁

RESEP PANDAN CHIFFON CAKE
Source by fenz
Bahan 1:
6 kuning telur
150g tepung protein rendah (kunci biru), ayak
40g gula pasir
1/2 sdt garam
130ml santan kental + extract pandan
75g minyak sayur

Bahan 2:
7 putih telur
130g gula pasir
1 sdm air lemon / jeruk nipis (opsional)

Cara:
- Panaskan oven suhu 180°c, siapkan loyang chiffon
- Kocok kuning telur, garam dan gula sampai mengembang, tambahkan santan, extract pandan dan minya…

Lapis Legit

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah kesampaian juga praktek lapis legit. Ini karena emang weekend nggak kemana mana jadilah nyari nyari kerjaan praktek bikin cake yang emang lumayan lamaaaa banget, sepertinya lebih dari dua jam praktek nya 🤭. Dan saya pun kapok males bikin lagi untuk kedua kalinya, yang penting udah pernah ngrasain praktek nya meski cm setengah resep aja 😁.LAPIS LEGIT Khas Bangka
Source : ayuaudrey
_
Bahan :
500 gr mentega ( mix blueband 350 & wisman 150 gr )
450 gr gula halus
1 sdt vanili
20 butir kuning telur
1/2 kaleng susu kental manis
230 gr tepung terigu
20 gr susu bubuk
15 butir putih telur ( kalau ayam kampung )
5 butir putih telur ( kalau ayam negri )

Cara :
1. Mixer mentega + gula n vanili dgn kecepatan tinggi sekitar 8 menit. turunkan kecepatan, masukan kuning telur 1/1 setelah rata naikan lg kecepatan.
masukan susu kental manis, mixer sekitar 15 menit
2. Ayak terigu n susu bubuk, sisihkan
3. Turunkan kecepatan mixer. masukan tepung secara brtahap, s…