Powered by Blogger.
RSS

Lemper goreng


Udah lama pingin cobain resepnya lemper goreng dari kobe, tapi pas ngukus ketannya malam-malam eh malah lupa abis ternyata stok santan wkkwkwk, ya sudah ngrebusnya dilanjut besok lagi. hasilnya kurang sesuai harapan nih, mungkin karena terputus ya ngukus ketannya ke esokan harinya :D kapan-kapan cobain lagi ahh..:D

resepnya sebagai berikut ya
Lemper Goreng
By Kobe

Bahan Lemper

  • 300gr beras ketan (rendam 1 jam)
  • 150ml santan (dari 1/2 btr kelapa)
  • garam secukupnya
  • 2 lbr daun pandan (simpulkan)
  • 2 btr telur (kocok)
  • 1 bks KOBE Breadcrumbs 300 gr
  • 500ml minyak goreng

Bahan Isian

  • 200gr ayam fillet
  • 1 bks KOBE Bumbu Kalasan 80 gr
  • 1 lbr daun salam
  • 100ml santan (dari 1/4 btr kelapa)
  • 2 sdm minyak goreng
  • garam secukupnya

Cara membuat Isian

  1. Rebus ayam fillet. Setelah direbus, suwir-suwir kemudian ditumbuk
  2. Siapkan panci. Masukkan santan, garam, 1/2 bks KOBE Bumbu Kalasan, daun salam, ayam yang sudah ditumbuk dan 2 sdm minyak goreng. Masak lalu aduk hingga kuah menyusut. Angkat dan sisihkan

Cara membuat Lemper

  1. Cuci beras ketan yang sudah direndam. Kukus hingga matang selama 15 menit. Kemudian angkat
  2. Rebus santan, garam dan daun pandan. Angkat kemudian campur ketan dengan santan. Aduk rata. Diamkan selama 10 menit hingga santan menyerap. Kukus kembali ketan hingga matang selama 35 menit. Angkat
  3. Ambil 1 sdm adonan ketan, pipihkan dan masukan isian lemper. Tutup dengan adonan ketan dan padatkan. Masukkan kedalam cetakan lemper, padatkan dan keluarkan (bisa dibentuk sesuai selera tanpa cetakan)
  4. Lakukan hingga adonan habis
  5. Celupkan ketan ke dalam telur yang sudah dikocok kemudan gulingkan ke dalam KOBE Breadcrumbs. Ulangi hingga 2 kali
  6. Panaskan minyak. Goreng lemper hingga bewarna kuning kecoklatan dan matang.
  7. Angkat dan tiriskan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Telur Asin Bawang





Panen Yang Kedua nih telur asin bawang, kali ini pakai resepnya Ibu Salimah Rini. Kalau diresep sih memang seharusnya 21 hari biar masir, kuning telur berminyak dan berpasir, khasnya telur asin. Sebetulnya saya hanya ingin 18 hari panen eh tapi malah kelupaan. Ada kejadian juga yang bikin was-was nih telur asinnya bakalan nggak jadi. Nah bawang yang saya pake buat ngerendem itu baceman bawang, Pakai itu karena biar irit sih bikin baceman bawangnya saya kebanyakan. lha kok bau nggak enak ternyata setelah direndam kira-kira hampir 2 mingguan. karena panik saya buang itu airnya dan telurnya saya cuci lagi, terus direndam lagi biar nggak bau. Pas lupa juga tambha seminggu lagi masih bau ternyata akhirnya telur di cuci lagi sebelum di kukus. dan matengnya sih ternyata nggak bau ya, dan pas di iris wana kuning telurnya cantik dan ada minyaknya. Alhamdulillah, akhirnya telurnya nggak jadi dibuang, padahal ,umayan 20 butir telur bebek yang dibuat telur asin :D, pengalaman deh besok-besok pakai bawang yang fresh aja :D

resepnya saya tuliskan dibawah ini ya:
Bahan :
30 telur bebek kualitas baik (jika direndam tenggelam dan cangkang tebal) saya hanya 20 butir telur
150 gram bawang putih ulek
300 gram garam halus (harus ditimbang ya bunda karena kadang kadang sebungkus garam kurang berat timbangannya
Air kurang lebih 1800 ml
Cara buat :
Masukkan garam dalam toples,kasih air ,lalu aduk hingga garam hancur menyatu dengan air
Masukkan bawang putih,aduk rata ,masukkan telur
Rendam selama 21 hari ya

silahkan dicoba ya ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kue lumpur tepung kentang



Sudah lama tidak masuk dapur nih, penyakit malasnya kambuh, untuk menghilangkan penyakit malas saya coba bikin snack yang gampang tinggal blender "Kue Lumpur" pakai tepung kentang jadi nggak pakai ulek2.
suka dengan yang praktis-praktis ^_^. Meski di permukaan nya agak sedikit berlubang karena kelamaan blender telurnya, alhamdulillah temen-temen kantor pada suka, ponakan juga suka wah bikin capek-capek hilang kalau kayak gini, mudah-mudahan mulai semangat lagi ya masuk ke dapurnya :D

Resepnya masih pakai resepnya mba diah Didi, maknyus deh. Makasih banyak ya mba, resep-resepnya selalu oke deh ^_^.

Resepnya saya tuliskan kembali


Kue Lumpur Kentang

Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang.
100 gram gula pasir
250 gram kentang, kukus, haluskan selagi panas dengan garpu. (saya pakai tepung kentang dikasih air panas)
1 sachet susu bubuk 
1 sachet vanili bubuk atau vanilla cair secukupnya ( optional )
100 gram margarin, cairkan
2 butir telur
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara membuat :
Blender semua bahan hingga jadi adonan kecuali margarin cair hingga halus, masukkan margarin, aduk rata.
Panaskan cetakan kue lumpur, olesi dengan sedikit margarin tipis, tuang adonan setinggi 3/4 cetakan, lalu panggang hingga matang. Taburi kismis ketika hampir matang. Sajikan

Kue Lumpur Kentang
Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang.
100 gram gula pasir ( kalau mau lebih manis tambahin sendiri ya )
250 gram kentang, kukus, haluskan selagi panas dengan garpu.
1 sachet susu bubuk 
1 sachet vanili bubuk atau vanilla cair secukupnya ( optional )
100 gram margarin, cairkan
2 butir telur
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
Cara membuat :
Blender semua bahan hingga jadi adonan kecuali margarin cair hingga halus, masukkan margarin, aduk rata.
Panaskan cetakan kue lumpur, olesi dengan sedikit margarin tipis, tuang adonan setinggi 3/4 cetakan, lalu panggang hingga matang. Taburi kismis ketika hampir matang. Sajikan.
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/04/kue-lumpur-kentang.html#sthash.N4nhb7LE.dpuf

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ogura Cake ‪#‎YKMK2014_April_MotifCake‬


Ogura Cake, sebetulnya sudah banyak bertebaran digrup-grup kuliner, sudah niat dari dulu pingin coba. Tapi kalau inget-inget dulu pernahbikin cheese cake selalu gagal dan basah dalamnya meski dipanggang lama, kok niat bikinnya jadi luntur. Cara pemanggangan au bin marie agar cake yang dihasilkan lembut, bikin saya sedikit trauma karena gagal beberapa kali hahaha...

Berhubung pingin ikut meramaikan YKMK challenge bulan April, jadinya coba dibulatkan tekad untuk bikin ini cake :D bahasanya lebay. Setelah searching2, manteplah pakai resepnya Ce Titin Rayner dari cookpad, soalnya sliweran resepnya beliau di cookpad, dari berbagai macam rasa dan keliatan menggiurkan sekali cake nya ^_^..

Thema Bulan Ini adalah Motif Ogura atau Chiffon Cake, saya memilih Ogura karena saya tidak punya loyang chiffon :D..Setelah Bolak-Balik ngintipin cakenya ngembang nggak ya ngembang nggak ya, terus was-was apakah putih telur bisa ngembang atau tidak dengan tambahan lemon. Ternyata rasa dag dig dug saya terjawab dengan hasil ogura yang ngembang cantiik, tidak kempes dan lembutnya itu loh wow deh. Tapi inget inget karena telurnya banyak sedikit direm deh makannya biar nggak kolesterol ^_^....

Baiklah saya tuliskan kembali resepnya ya :
Ogura Zebra Cake With Coconut
By Titin Wayner
bahan a :
65 gr Tepung Kunci
10 gr Maizena
5 butir Kuning Telur
1 butir Telur Utuh
50 cc Minyak Goreng
60 cc Santan Kental
1 sdm Bubuk coklat item diseduh 2sdt air

bahan b :
5 btr Putih Telur
85 gr Gula Pasir
1/2 sdt Cream Of tar2 /peresan jeruk nipis
1/4 sdt Garam
Cara Membuat
Aduk semua bahan A pake whisk sampai rata kecuali Bubuk Cocoa Item
Kocok bahan B sampai mengembang softpeak(masukkan gula bertahap).
--- Lalu masukkan bahan B ke pasta A bertahap aduk pake SPATULA dengan teknik aduk balik.
Bagi menjadi 2 bagian sama rata, 1 bagian dikasi cairan Cocoa Black/cokelat item,aduk rata.
Tuang ke dalam loyang kotak/bulat 20cm yang uda dialasi kertas (saya nggak punya kertas roti, pakai kertas nasi hihihi)
Tuang selang seling tiap warna ya
Panggang 160-170 derajat selama 50-60 menit dengan sistem Au Bain Marie (loyang utama dialasi loyang lain yang lebih besar yang uda di isi air setinggi 1.5cm)
Jangan lupa Test Tusuk krn suhu tiap oven beda2.
Kalau uda mateng jungkirkan ke rak kawat untuk buang uapnya.. 
Setelah dingin potong-potong (Ini saya nggak sabar belum dingin udah dipotong :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Telur Asin Bawang




Recook Telur Asin nya Mb Lys Ty, Terimakasih ya mb akhirnya saya bisa panen telur asin juga. tapi masa panen hanya 14 hari soalnya tidak suka terlalu asin. Bagi saya asinnya pas, hanya kuning telurnya masih kurang cantik dibanding dengan punya mb Lys  ^_^
Resepnya saya tuliskan kembali :

Telur Asin Bawang
made by Dapoer Lys
Bahan :
10 butir Telur bebek mentah dengan kwalitas yang baik.
400 gr Garam dapur
10 siung Bawang putih, geprak
1200 ml Air mineral
 

Cara Membuat :
Cuci telur bebek hingga bersih, dan gosok kulitnya menggunakan spons kasar yang biasa digunakan untuk mencuci piring, agar pori-pori kulit atau cangkang telur lebih terbuka.
Rebus air hingga mendidih, masukan garam, aduk rata hingga garam larut, matikan api.
Masukan bawang putih yang telah dicuci bersih kemudian di geprak, aduk rata dan biarkan hingga air benar-benar dingin.
Tuang air kedalam wadah kedap udara, bisa wadah plastik atau wadah yang terbuat dari kaca, masukan telur satu persatu dan tutup wadah hingga rapat.
Simpan wadah ditempat yang teduh selama rentang waktu 14 hari sampai 20 hari, aku menyimpannya selama 18 hari dan setelah hari ke 10 posisi telur ditukar, yang tadinya ada dibawah dipindah keposisi atas agar asinnya merata.
Setelah masa panen tiba, cuci bersih telur dibawah air yang mengalir, kemudian lap hingga kering.
Bungkus telur dengan lap kering dan kukus selama 30 - 1 jam, aku mengukusnya hingga 45 menit. Kemudian biarkan hingga dingin didalam kukusan baru kemudian dikelurakan dan Telur Asin Bawang siap untuk disantap

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS