Powered by Blogger.
RSS

Telur Asin Bawang





Panen Yang Kedua nih telur asin bawang, kali ini pakai resepnya Ibu Salimah Rini. Kalau diresep sih memang seharusnya 21 hari biar masir, kuning telur berminyak dan berpasir, khasnya telur asin. Sebetulnya saya hanya ingin 18 hari panen eh tapi malah kelupaan. Ada kejadian juga yang bikin was-was nih telur asinnya bakalan nggak jadi. Nah bawang yang saya pake buat ngerendem itu baceman bawang, Pakai itu karena biar irit sih bikin baceman bawangnya saya kebanyakan. lha kok bau nggak enak ternyata setelah direndam kira-kira hampir 2 mingguan. karena panik saya buang itu airnya dan telurnya saya cuci lagi, terus direndam lagi biar nggak bau. Pas lupa juga tambha seminggu lagi masih bau ternyata akhirnya telur di cuci lagi sebelum di kukus. dan matengnya sih ternyata nggak bau ya, dan pas di iris wana kuning telurnya cantik dan ada minyaknya. Alhamdulillah, akhirnya telurnya nggak jadi dibuang, padahal ,umayan 20 butir telur bebek yang dibuat telur asin :D, pengalaman deh besok-besok pakai bawang yang fresh aja :D

resepnya saya tuliskan dibawah ini ya:
Bahan :
30 telur bebek kualitas baik (jika direndam tenggelam dan cangkang tebal) saya hanya 20 butir telur
150 gram bawang putih ulek
300 gram garam halus (harus ditimbang ya bunda karena kadang kadang sebungkus garam kurang berat timbangannya
Air kurang lebih 1800 ml
Cara buat :
Masukkan garam dalam toples,kasih air ,lalu aduk hingga garam hancur menyatu dengan air
Masukkan bawang putih,aduk rata ,masukkan telur
Rendam selama 21 hari ya

silahkan dicoba ya ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: