Skip to main content

Telur Asin Bawang




Recook Telur Asin nya Mb Lys Ty, Terimakasih ya mb akhirnya saya bisa panen telur asin juga. tapi masa panen hanya 14 hari soalnya tidak suka terlalu asin. Bagi saya asinnya pas, hanya kuning telurnya masih kurang cantik dibanding dengan punya mb Lys  ^_^
Resepnya saya tuliskan kembali :

Telur Asin Bawang
made by Dapoer Lys
Bahan :
10 butir Telur bebek mentah dengan kwalitas yang baik.
400 gr Garam dapur
10 siung Bawang putih, geprak
1200 ml Air mineral
 

Cara Membuat :
Cuci telur bebek hingga bersih, dan gosok kulitnya menggunakan spons kasar yang biasa digunakan untuk mencuci piring, agar pori-pori kulit atau cangkang telur lebih terbuka.
Rebus air hingga mendidih, masukan garam, aduk rata hingga garam larut, matikan api.
Masukan bawang putih yang telah dicuci bersih kemudian di geprak, aduk rata dan biarkan hingga air benar-benar dingin.
Tuang air kedalam wadah kedap udara, bisa wadah plastik atau wadah yang terbuat dari kaca, masukan telur satu persatu dan tutup wadah hingga rapat.
Simpan wadah ditempat yang teduh selama rentang waktu 14 hari sampai 20 hari, aku menyimpannya selama 18 hari dan setelah hari ke 10 posisi telur ditukar, yang tadinya ada dibawah dipindah keposisi atas agar asinnya merata.
Setelah masa panen tiba, cuci bersih telur dibawah air yang mengalir, kemudian lap hingga kering.
Bungkus telur dengan lap kering dan kukus selama 30 - 1 jam, aku mengukusnya hingga 45 menit. Kemudian biarkan hingga dingin didalam kukusan baru kemudian dikelurakan dan Telur Asin Bawang siap untuk disantap

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …