Powered by Blogger.
RSS

Telur Asin Bawang




Recook Telur Asin nya Mb Lys Ty, Terimakasih ya mb akhirnya saya bisa panen telur asin juga. tapi masa panen hanya 14 hari soalnya tidak suka terlalu asin. Bagi saya asinnya pas, hanya kuning telurnya masih kurang cantik dibanding dengan punya mb Lys  ^_^
Resepnya saya tuliskan kembali :

Telur Asin Bawang
made by Dapoer Lys
Bahan :
10 butir Telur bebek mentah dengan kwalitas yang baik.
400 gr Garam dapur
10 siung Bawang putih, geprak
1200 ml Air mineral
 

Cara Membuat :
Cuci telur bebek hingga bersih, dan gosok kulitnya menggunakan spons kasar yang biasa digunakan untuk mencuci piring, agar pori-pori kulit atau cangkang telur lebih terbuka.
Rebus air hingga mendidih, masukan garam, aduk rata hingga garam larut, matikan api.
Masukan bawang putih yang telah dicuci bersih kemudian di geprak, aduk rata dan biarkan hingga air benar-benar dingin.
Tuang air kedalam wadah kedap udara, bisa wadah plastik atau wadah yang terbuat dari kaca, masukan telur satu persatu dan tutup wadah hingga rapat.
Simpan wadah ditempat yang teduh selama rentang waktu 14 hari sampai 20 hari, aku menyimpannya selama 18 hari dan setelah hari ke 10 posisi telur ditukar, yang tadinya ada dibawah dipindah keposisi atas agar asinnya merata.
Setelah masa panen tiba, cuci bersih telur dibawah air yang mengalir, kemudian lap hingga kering.
Bungkus telur dengan lap kering dan kukus selama 30 - 1 jam, aku mengukusnya hingga 45 menit. Kemudian biarkan hingga dingin didalam kukusan baru kemudian dikelurakan dan Telur Asin Bawang siap untuk disantap

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: