Powered by Blogger.
RSS

Sarikaya Pisang

Berawal dari Mbak yang kirim-kirim sarikaya pisang hmm enaknya buat buka puasa, terus karena aku doyan eh besoknya aku dikirimin tuh pisang kepoknya :) ya sudah bikin lagi sendiri aja sarikaya pisangnya, lembut seger, enaaak pokoknya :D resepnya masih dari resepnya Ibu Fatmah Bahalwan, terimakasih banyak ya ibu. cuman sedikit saya tambah pisang kepoknya dan dihancurin bener-bener terasa pisangnya :D enak banget, recomended buat dicoba ^^

Sarikaya Pisang Kepok

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

5 bh      pisang kepok, iris tipis melintang
125 gr   gula jawa
25 gr     gula pasir
100 ml  air
4 btr      telur
250 ml  santan kental
2 lbr      daun pandan, sobek-sobek
4 cm     kayu manis
½ sdt    garam

Cara membuatnya:

  1. Masak air, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut, angkat, saring, dinginkan.
  2. Kocok telur dan santan hingga tercampur rata, tuangi air gula jawa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  3. Susun pisang kepok dalam pinggan tahan panas, siram dengan adonan santan telur. Selipkan kayu manis dan daun pandan.
  4. Kukus dalam dandang selama kurang lebih 60 menit. Angkat, dinginkan.
- See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=2375#sthash.Qg1UGkvJ.dpuf

Sarikaya Pisang Kepok

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

5 bh      pisang kepok, iris tipis melintang
125 gr   gula jawa
25 gr     gula pasir
100 ml  air
4 btr      telur
250 ml  santan kental
2 lbr      daun pandan, sobek-sobek
4 cm     kayu manis
½ sdt    garam

Cara membuatnya:

  1. Masak air, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut, angkat, saring, dinginkan.
  2. Kocok telur dan santan hingga tercampur rata, tuangi air gula jawa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  3. Susun pisang kepok dalam pinggan tahan panas, siram dengan adonan santan telur. Selipkan kayu manis dan daun pandan.
  4. Kukus dalam dandang selama kurang lebih 60 menit. Angkat, dinginkan.
- See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=2375#sthash.Qg1UGkvJ.dpuf





Sarikaya Pisang Kepok
by Fatmah Bahalwan
Bahan:
5 bh      pisang kepok, iris tipis melintang
125 gr   gula jawa
25 gr     gula pasir
100 ml  air
4 btr      telur
250 ml  santan kental
2 lbr      daun pandan, sobek-sobek
4 cm     kayu manis
½ sdt    garam
Cara membuatnya:
  1. Masak air, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut, angkat, saring, dinginkan.
  2. Kocok telur dan santan hingga tercampur rata, tuangi air gula jawa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  3. Susun pisang kepok dalam pinggan tahan panas, siram dengan adonan santan telur. Selipkan kayu manis dan daun pandan.
  4. Kukus dalam dandang selama kurang lebih 60 menit. Angkat, dinginkan.

Sarikaya Pisang Kepok

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

5 bh      pisang kepok, iris tipis melintang
125 gr   gula jawa
25 gr     gula pasir
100 ml  air
4 btr      telur
250 ml  santan kental
2 lbr      daun pandan, sobek-sobek
4 cm     kayu manis
½ sdt    garam

Cara membuatnya:

  1. Masak air, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut, angkat, saring, dinginkan.
  2. Kocok telur dan santan hingga tercampur rata, tuangi air gula jawa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  3. Susun pisang kepok dalam pinggan tahan panas, siram dengan adonan santan telur. Selipkan kayu manis dan daun pandan.
  4. Kukus dalam dandang selama kurang lebih 60 menit. Angkat, dinginkan.
- See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=2375#sthash.Qg1UGkvJ.dpuf

Sarikaya Pisang Kepok

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

5 bh      pisang kepok, iris tipis melintang
125 gr   gula jawa
25 gr     gula pasir
100 ml  air
4 btr      telur
250 ml  santan kental
2 lbr      daun pandan, sobek-sobek
4 cm     kayu manis
½ sdt    garam

Cara membuatnya:

  1. Masak air, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut, angkat, saring, dinginkan.
  2. Kocok telur dan santan hingga tercampur rata, tuangi air gula jawa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  3. Susun pisang kepok dalam pinggan tahan panas, siram dengan adonan santan telur. Selipkan kayu manis dan daun pandan.
  4. Kukus dalam dandang selama kurang lebih 60 menit. Angkat, dinginkan.
- See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=2375#sthash.Qg1UGkvJ.dpuf

Sarikaya Pisang Kepok

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

5 bh      pisang kepok, iris tipis melintang
125 gr   gula jawa
25 gr     gula pasir
100 ml  air
4 btr      telur
250 ml  santan kental
2 lbr      daun pandan, sobek-sobek
4 cm     kayu manis
½ sdt    garam

Cara membuatnya:

  1. Masak air, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut, angkat, saring, dinginkan.
  2. Kocok telur dan santan hingga tercampur rata, tuangi air gula jawa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  3. Susun pisang kepok dalam pinggan tahan panas, siram dengan adonan santan telur. Selipkan kayu manis dan daun pandan.
  4. Kukus dalam dandang selama kurang lebih 60 menit. Angkat, dinginkan.
- See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=2375#sthash.Qg1UGkvJ.dpuf

Sarikaya Pisang Kepok

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

5 bh      pisang kepok, iris tipis melintang
125 gr   gula jawa
25 gr     gula pasir
100 ml  air
4 btr      telur
250 ml  santan kental
2 lbr      daun pandan, sobek-sobek
4 cm     kayu manis
½ sdt    garam

Cara membuatnya:

  1. Masak air, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut, angkat, saring, dinginkan.
  2. Kocok telur dan santan hingga tercampur rata, tuangi air gula jawa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  3. Susun pisang kepok dalam pinggan tahan panas, siram dengan adonan santan telur. Selipkan kayu manis dan daun pandan.
  4. Kukus dalam dandang selama kurang lebih 60 menit. Angkat, dinginkan.
- See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=2375#sthash.Qg1UGkvJ.dpuf

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tekwan "segernyaaa" ^^




ini hasil olahan dari tengiri yang setengah kilonya lagi, hmm tekwan memang seger ya padahal baru kali ini makan. Kalo di Gaby selalu aja tergoda sama empek-empeknya, padahal klo liat temen makan sebenernya pingin makan juga sayang perutnya g muat :D

taraa hasilnya memang seger banget seperti baunya heee..:D meski minus sama bunga sedap malam dan ebi tetep maknyus resep dari NCC yang saya ambil dari blognya mb Ricke ^^

Saya tuliskan lagi bahannya ya, saya hanya mencoba setengah resep saja :)
Bahan biji tekwan:
1 kg ikan tengiri (atau ikan laut lainnya)
700 gr tepung sagu tani
500 ml air
30 gr garam
2 sdt kaldu bubuk
1 sdt lada
100 gr telur (aku pakai 2 butir ukuran sedang
Air secukupnya untuk merebus biji tekwan

Cara membuatnya:
1. Haluskan daging ikan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, masukkan telur dan aduk rata. Beri tepung uleni hingga rata dan kenyal, beri garam dan kaldu bubuk, uleni rata. 
2. Masak air dipanci hingga mendidih, ambil sedikit adonan dengan sendok teh (ga usah dibulet-buletin, sendoki secara acak aja), celupkan dalam air mendidih. Biarkan mengapung. Angkat dan tiriskan.

Sup udang (kuah tekwan):
Bahan:
250 gr udang, kupas kulitnya dan potong kepalanya, cincang kasar (klo aku kulit dan kepala udang tidak dibuang tapi disangrai untuk kaldu udang)
250 gr bengkoang, potong korek api
50 gr jamur kuping kering, rendam, potong halus (aku pakai jamur kuping segar)
100 gram sedap malam kering (bunga pisang), simpulkan (vira minus ini)
15 bh bawang merah iris halus (vira haluskan)
10 bh bawang putih, iris halus (vira haluskan)
2,5 ltr air (tambahkan sesuai keperluan)
10 buah ebi, haluskan (vira minus ini )
1,5 sdt lada halus
3 sdt kaldu bubuk
5 sdt garam
1 sdt maggi seasoning (optional) (vira minus ini)
Sedikit minyak untuk menumis.

Pelengkap:
Sohun, rendam air panas hingga lunak, tiriskan
Bawang merah goreng, untuk taburan
Daun bawang, iris halus
Sambal cabe rawit

Cara membuatnya:
1. Sangrai kulit dan kepala udang yang telah dibersihkan sampai agak kering. Sisihkan.
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum, masukkan udang, masak hingga berubah warna.
2. Masukkan bengkoang, jamur kuping,  dan semua bumbu, aduk rata.
3. Panaskan air, masukkan kulit dan kepala udang yang telah disangrai.  Masak hingga mendidih. Buang kulit dan kepala udangnya. Masukkan tumisan bawang, udang dan sayuran.
4. Tata sohun dalam mangkuk, sajikan biji tekwan dengan kuahnya, taburi bawang merah goreng dan daun bawang. Beri sambal cabe rawit bila suka. Nikmat disantap panas-panas.

*Biji tekwan yang sudah jadi bisa disimpan dalam kulkas/freezer, jika mau disajikan tinggal direbus kembali dalam air mendidih sebentar saja hingga mengapung.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Empek-Empek ^^ enakyoo..






Minggu lalu, membulatkan biat untuk kepasar khusus beli ikan tengiri 1 kg untuk bikin empek-empek dan tekwan, hihihi..jadi setengah resep aja, soalnya cuman berdua sama hubby dan dibagi2 juga ke tetangga ehh masih juga nggak habis2 :D

tapi ini enak empek-empeknya, miriplah sama empek2 gaby, sayangnya malesnya bikin kuah cukonya :D,

resepnya dari resep bu NCC yang dimodif sama bunda Ricke terimakasih banyak buat sharing resepnya :)
empek-empeknya empuk banget deh ^^ senangnya bisa bikin sendriri di rumah, rencana kalau babe datang mau dibikin in empek-empek saja kesukaan beliau heeee :)
saya tuliskan lagi ya resep beserta notenya dari blog just my ordinary kitchen
Empek-Empek
Bahan A:
50 gram terigu
200 ml air
2 sdm garam
2 sdt gula pasir
4 siung bawang putih, haluskan
2 sdm minyak goreng

Bahan B:
1 kg daging ikan tenggiri (berat bersih dagingnya saja/fillet), haluskan ~ lebih bagus setelah dihaluskan daging ikannya dibekukan di freezer dahulu, ketika akan dipakai baru dithawing di suhu ruang
200 ml air
2 butir telur, kocok lepas ~ optional jika menginkan pempek yang teksturnya lebih lembut dalamnya

Bahan C:
1 kg tepung sagu tani ~ biasanya tidak akan terpakai semuanya, kadang hanya 700-800 gram saja yang terpakai. Penambahan tepung sagunya bertahap sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dg tangan sampai dirasa sudah cukup dan bisa dibentuk.

Air yang banyak untuk merebus pempek
Minyak untuk menggoreng
Telur untuk isian pempek kapal selam

Pelengkap:
Cuko pempek (kuah pempek) ~ resepnya di bawah ya
Timun, potong kotak kecil-kecil
Ebi yang dihaluskan
Mie kuning atau sohun
Sambal rawit klo mau lebih pedas


Cara membuat:
1. Bahan A: Campur terigu, air, garam, gula pasir dan bawang putih halus. Aduk rata. Masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga mengental. Angkat. Masukkan minyak goreng, aduk rata dan dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas sekitar 30 menit. Sisihkan.
2. Keluarkan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dari freezer, biarkan mencair dan dagingnya lemas kembali. Dalam keadaan masih dingin, campurkan air dan telur. Aduk rata dengan tangan hingga homogen.
3. Keluarkan bahan A dari kulkas, campurkan dengan bahan B, aduk dengan tangan hingga rata.
4. Masukkan bahan C (sagu tani) sebagian dulu, kemudian aduk dengan tangan (ujung jari) asal rata saja, jangan diuleni terlalu lama. Tambahkan lagi sebagian, aduk lagi dengan ujung jari asal rata. Hentikan penambahan sagu jika dirasa adonan sudah cukup dan bisa dipulung.
5. Adonan siap dibentuk sesuai selera (kapal selam, lenjer, bulat, dll).
6. Rebus pempek yang sudah dibentuk dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak goreng (agar tidak lengket satu sama lain) hingga pempek mengambang. Angkat dan tiriskan . Dinginkan. Pempek siap digoreng.

Pempek kapal selam:
1. Pecahkan 1 butir telur ke cangkir kecil, bila perlu buang putih telurnya sedikit agar isian pempek tidak terlalu penuh sehingga mempersulit dan membuat cepat bocor. Tergantung ukuran telurnya juga. Telur tidak perlu dikocok. Sisihkan.
2. Lumuri kedua telapak tangan dengan sagu. Ambil adonan pempek, sekitar 150 gram atau sesuai selera besarnya. Bulatkan dengan telapak tangan. Tekan tengahnya dengan jari, kemudian perlahan buat lubang hingga berbentuk seperti kantung. Bagian bawah harus lebih tebal dari bagian atas agar adonan tidak bocor saat diisi. Pipihkan pinggiran bibir mangkuk adonan. Setelah lubang dirasa cukup, tuang perlahan telur dari cangkirnya. Jangan terlalu penuh, sisakan space untuk merekatkan.
3. Rekatkan bibir adonan dengan cara dijepit-jepit dengan jari sampai benar-benar menyatu. Cemplungkan ke dalam air mendidih perlahan-lahan jangan dibanting! Masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Cuko pempek (kuah pempek):
Bahannya:
Gula aren yang berwarna pekat (saya pakai gula aren bubuk)
Asam jawa
Cuka makan (optional)
Air
Bawang putih, haluskan
Ebi sangrai, haluskan
Cabai rawit hijau dan merah (klo mau pedas pakai yang merah), haluskan
Tongcai (saya jarang pakai karena keseringan gak ada di rumah, tapi ini salah satu kunci membuat cuko pempek yg enak)
Garam

Caranya:
Rebus air, gula aren, asam jawa sampai gula larut. Angkat dan saring. Buang ampasnya.
Masukkan bawang putih dan garam. Rebus kembali hingga mendidih. Masukkan ebi, tongcai dan cabai rawit. Masak sebentar. Cicipi. Siap dipakai.

Sajikan pempek bersama pelengkapnya.

Note:
Jumlah sagu yang ditambahkan akan sangat berpengaruh kepada hasil akhir pempek. Semakin banyak sagu yang ditambahkan pempek akan semakin kenyal dan agak keras.
Bila menggunakan ikan gabus, hasilnya akan lebih lembut dibanding menggunakan tenggiri.
Bila menggunakan ikan lain pilih yang dagingnya berwarna putih dan tidak gelap agar hasil pempeknya tidak berwarna kusam atau gelap.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pukis Pandan "Yummyy"




udah lama banget pingin nyobain resep pukisnya dapur sheryl keliatan di pic nya menul2 empuk gitu. weekend ini sebetulnya nggak ada rencana bikin pukis, pas bikin es lapis masih ada sisa santannya, jadi sayang akhirnya buka-buka kliping dan langsung aja bikin kue pukis, hubby seneng juga sama kue pukis :D ya sudah di siang hari yang panas bikin setengah resep dulu.

waahh jadinya beneran menul2 dan empuk banget yummy deh ini pukisnya, terimakasih bunda sheryl. kapan-kapan dicoba yang original aja ditabur mesis request suami. seneng juga ponakannku juga doyan, anget2 langsung habis dua. laris manis deh :D

resepnya aku tuliskan lagi, saya cuman coba setengah resep, hasilnya udah banyak sekitar 20 an lebih, doyan banget sama pukis dari resep ini ^^

PUKIS PANDAN
bahan:
500 gr tepung terigu
250 gr gula pasir
2 telur
1/2 bungkus ragi instant
100 gr mentega leleh
kurleb 750 cc santan hangat
1 sdt garam
perasa pandan

cara membuat:
1. campur semua bahan kering, tambahkan telur.
2. uleni sambil tambahkan mentega leleh. uleni sampai rata.
3. tambahkan perasa pandan dan santan hangat sedikit - sedikit sambil diuleni hingga santan habis. tambahkan garam.
4. diamkan minimal 1 - 2 jam.
5. panaskan cetakan pukis, poles mentega, tuang adonan hingga hampir penuh, tutup. biarkan matang.
6. angkat, sajikan selagi hangat. atau bisa juga di maem pas udah dingin pun tetep empuk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Putu Ayu"Bantet nih" huhu :D



Pingin banget bikin putu ayu sendiri, setiap kali lewat jalan pulang sore2 banyak yang menjual putu ayu, cuman malesnya buat mampir, atau pas diangkot juga bisanya ngeliatin aja, seperti biasa pake resep putu ayu nya mbak Diah Didi tapi bandel nih gara-gara santennya aku pake semua 90 ml (males simpen sisa santan bumasnya :D), harusnya cuman 50 ml aja heee bantet deh, aku cuman bikin setengah resep dari resepnya mbak diah,soalnya kata mbak diah jadinya 15 buah, kebanyakan kalau cuman tinggal berdua sama hubby, jadinya bikin setengah aja. harusnya adonannya kental, tapi yang aku buat encer kebanyakan santen, jadinya kayak gini deh :D

harus dicoba lagi mumpung masih ada nih kelapa parutnya hee...

resep asli liat di sini
jangan dibandingkan dengan punya nya mb Diah yang menul-menul cantik hahaha...

ternyata masih banyak jadinya aku bawa buat bekal di kantor, eeeh, pagi-pagi udah ludes diserbu temen-temen katanya enaak, bikinnya yg banyak doong hahahaha :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bakso ikan, dipadukan dengan Mie ^^

Hubby lagi banyak kerjaan dan nggak doyan mam, hmm.. jadi bingung nih klo hubby nggak doyan mam, banyak pikiran kali ya jadinya nggak nafsu makan. Sekalian ikut even DM dengan bahan mie ayam 2 telor, akhirnya searching resep yang bertema bakso saja, biar hubby doyan mam lagi heee...

nemu juga resepnya Rudy Choirudin, perkedel mie namanya, karena aku modif jadinya aku bikin saja satu versi goreng dan satu versi bakso ikan heee.. jadinya Bakso ikan goreng dan rebus :D, alhamdulillah sepertinya hubby suka :D

resep aslinya saya tuliskan lagi, dari resep ini aku bagi dua digoreng dan rebus :D


Perkedel Mie
sumber Rudy Choirudin
Bahan :
- 1/2 kg ikan giling segar (vira pake 1/4 ikan tengiri dan 1/4 udan)
- 1 bungkus mie telor (saya pakai mi cap 3 telur) (vira pakai 1 keping mie telor)
- 1/2 sdm garam
- 1 sdt merica
- 1sdm kecap inggris
- air dingin 150 cc
- seledri/ daun bawang diiris halus
- 4-5 siung bawang putih cincang
- minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
- haluskan ikan giling dengan blender, tambahkan air dingin, bawang putih cincang dan merica, blender sampai ikan berwarna putih halus
- setelah halus, tambahkan garam dan kecap inggris, gilingan ikan akan mengental.
- rebus mie telur setengah matang lalu tiriskan
- campurkan mie rebus dengan ikan yang telah diblender. tambahkan daun sop dan daun bawang, aduk rata
- bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil berdiameter 3-4 cm
- goreng dengan minyak yang tidak terlalu panas sampai berwarna kuning kecoklatan.(setengah adonan vira beri mie yang sudah direbus dan digoreng, setengahnya lagi dibuat bakso ikan dengan tambahan 3 sdm tepung tapioka)
- sajikan. :)
- perkedel mie enak disantap dengan kuah bakso atau dicocol dengan saos sambal..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cocoa Condensed Milk Pound Cake


ada pengingat dari skype kalau ternyata 14 september ulangtahunnya Galuh, waduh telat nih, ya sudah weekend kemarin di niatin buatin kue yang coklat semua, sesuai dengan kesukaan galuh coklat heee...

googling dan ketemu resep dari vivian pang kitchen. pas bikin ada banyak kejadian, dari gasnya abis pas  ngrebus air dan ada salah langkah juga hahaha..pikirannya lagi ruwet ada banyak undangan dari tetangga pindahan rumah, ada tukang ac, belum nyiapin makan siang juga hahaha... sok sibuk nih :D


alhamdulillah berhasil terselesaikan, meski belum rapi tapi alhamdulillah bisa bikin kue surprise buat ulang tahun galuh hahaha...kapan-kapan pingin di kukus aja sepertinya moist banget kuenya...

saya tuliskan lagi ya resepnya:

Bahan-bahan :
  • butter125 gram
  • Gula Halus40 gram
  • Susu Kental Manis120 gram
  • Kopi, campur dengan 1 sdt air panas1/2 sendok makan
  • Tepung Terigu Protein Sedang120 gram
  • coklat bubuk50 gram
  • Baking Powder1 sendok teh
  • Telur Ayam2 buah
  • coklat chipsecukupnya
  • coklat ganache secukupnya
  • Vanili1 sendok makan


Cara Membuat :
kocok butter dengan gula halus sampai mengembang
tambahkan pasta vanila, kopi dan SKM, mixer hingga tercampur rata
nah yang ini saya kebalik harusnya ada di step 4 dan step 4 ditukar di step 3 heee ^^.
masukkan telur satu persatu dan kocok hingga rata
tambahkan tepung, coklat bubuk, dan baking powder, mixer hingga rata
masukkan coklat chip dan aduk rata kembali dan masukkan ke loyang yang sudah dioles dengan margarin
Isi loyang dengan air panas dan letakkan di rak bawah, sedangkan loyang berisi adonan pada posisi atasnya, panggang selama 25 menit, suhu 180 C. kemudian ambil loyang berisi air, dan oven kembali selama 20 menit dengan suhu 150C atau sampai kue matang
angkat, dan dinginkan, saya pakai loyang 8 inch, sepertinya kebesaran loyang jadinya ketipisan heee smile 
hias kue sesuai selera dengan ganache coklat warna ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Banana Bread - Love this Recipe So Much ^_^






Masih cerita seputar pisang kepok nih yang beli kemarin, belum habis juga dan akhirnya nyari-nyari resep dari pisang hee.. nemu di blognya Mb Nina Agustina, langsung aja weekend kemarin segera ke dapur nyiapin bahan-bahan, dan senangnya dapet resep yg nggak pake mixer :D, atasnya agak gosong, mungkin karena aku pake api atas, lain kali coba nggak pake api atas pasti lebih cantik :D...
versi yang aku coba ini yang original tanpa keju, kalau pakai keju pastinya lebih yummy ya, apalagi sama coklat heee..tapi yang ini aja udah enaknya banget-banget deh hahaha..bahasanya nggak baku ya :D

aku tuliskan lagi resepnya, recomenden banget buat dicoba sesuai dengan komennya mb Nina ^_^..


BANANA BREAD
Source : Joy of Baking, modified by Ricke Indriani


Bahan:
230 gr terigu all purpouse
100 gr gula kastor
30 gr gula aren bubuk (bisa saja diskip dan memakai gula kastor seluruhnya)
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt garam
2 butir telur ukuran besar kocok lepas
113 gr margarin yang dilelehkan
450 gr pisang ambon matang (kurang lebih 3 buah), hancurkan dengan garpu
1 sdt essens vanilla

Garnish (optional)
potongan pisang , keju atau chocochips
 
Cara Membuat:
Panaskan oven 180'C, siapkan loyang loaf, olesi dasar dan sisinya dengan margarin, taburi sedikit terigu, sisihkan
Campur dan ayak tepung terigu, baking powder, soda kue dan garam, aduk hingga merata
Masukkan gula kastor dan gula aren bubuk, campur hingga rata, sisihkan
Dalam sebuah wadah lain, campur pisang yang telah dihaluskan dengan telur, mentega leleh dan essens vanilla, aduk hingga rata
Masukkan campuran pisang ke campuran tepung, aduk balik hanya sampai tercampur rata saja, tidak usah sampai lembut dan halus
Tuang ke dalam loyang, tata garnish di atasnya, oven selama kurleb 60 menit atau sampai matang dan kecoklatan
Lakukan tes tusuk utk mengetahui tingkat kematangannya
Angkat dan dinginkan, simpan di tempat kedap udara agar tidak kering


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS