Skip to main content

Posts

Showing posts from September, 2013

Sarikaya Pisang

Berawal dari Mbak yang kirim-kirim sarikaya pisang hmm enaknya buat buka puasa, terus karena aku doyan eh besoknya aku dikirimin tuh pisang kepoknya :) ya sudah bikin lagi sendiri aja sarikaya pisangnya, lembut seger, enaaak pokoknya :D resepnya masih dari resepnya Ibu Fatmah Bahalwan, terimakasih banyak ya ibu. cuman sedikit saya tambah pisang kepoknya dan dihancurin bener-bener terasa pisangnya :D enak banget, recomended buat dicoba ^^

Sarikaya Pisang Kepokby Fatmah Bahalwan
Bahan: 5 bh      pisang kepok, iris tipis melintang
125 gr   gula jawa
25 gr     gula pasir
100 ml  air
4 btr      telur
250 ml  santan kental
2 lbr      daun pandan, sobek-sobek
4 cm     kayu manis
½ sdt    garam
Cara membuatnya:Masak air, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut, angkat, saring, dinginkan.Kocok telur dan santan hingga tercampur rata, tuangi air gula jawa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.Susun pisang kepok dalam pinggan tahan panas, siram dengan adonan santan telur.…

Tekwan "segernyaaa" ^^

ini hasil olahan dari tengiri yang setengah kilonya lagi, hmm tekwan memang seger ya padahal baru kali ini makan. Kalo di Gaby selalu aja tergoda sama empek-empeknya, padahal klo liat temen makan sebenernya pingin makan juga sayang perutnya g muat :D

taraa hasilnya memang seger banget seperti baunya heee..:D meski minus sama bunga sedap malam dan ebi tetep maknyus resep dari NCC yang saya ambil dari blognya mb Ricke ^^

Saya tuliskan lagi bahannya ya, saya hanya mencoba setengah resep saja :)
Bahan biji tekwan:
1 kg ikan tengiri (atau ikan laut lainnya)
700 gr tepung sagu tani
500 ml air
30 gr garam
2 sdt kaldu bubuk
1 sdt lada
100 gr telur (aku pakai 2 butir ukuran sedang Air secukupnya untuk merebus biji tekwan

Cara membuatnya:
1. Haluskan daging ikan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, masukkan telur dan aduk rata. Beri tepung uleni hingga rata dan kenyal, beri garam dan kaldu bubuk, uleni rata.  2. Masak air dipanci hingga mendidih, ambil sedikit adonan dengan sendok te…

Empek-Empek ^^ enakyoo..

Minggu lalu, membulatkan biat untuk kepasar khusus beli ikan tengiri 1 kg untuk bikin empek-empek dan tekwan, hihihi..jadi setengah resep aja, soalnya cuman berdua sama hubby dan dibagi2 juga ke tetangga ehh masih juga nggak habis2 :D

tapi ini enak empek-empeknya, miriplah sama empek2 gaby, sayangnya malesnya bikin kuah cukonya :D,

resepnya dari resep bu NCC yang dimodif sama bunda Ricke terimakasih banyak buat sharing resepnya :)
empek-empeknya empuk banget deh ^^ senangnya bisa bikin sendriri di rumah, rencana kalau babe datang mau dibikin in empek-empek saja kesukaan beliau heeee :)
saya tuliskan lagi ya resep beserta notenya dari blog just my ordinary kitchen
Empek-Empek Bahan A:
50 gram terigu
200 ml air
2 sdm garam
2 sdt gula pasir
4 siung bawang putih, haluskan
2 sdm minyak goreng

Bahan B:
1 kg daging ikan tenggiri (berat bersih dagingnya saja/fillet), haluskan ~ lebih bagus setelah dihaluskan daging ikannya dibekukan di freezer dahulu, ketika akan dipakai baru dithawing di suh…

Pukis Pandan "Yummyy"

udah lama banget pingin nyobain resep pukisnya dapur sheryl keliatan di pic nya menul2 empuk gitu. weekend ini sebetulnya nggak ada rencana bikin pukis, pas bikin es lapis masih ada sisa santannya, jadi sayang akhirnya buka-buka kliping dan langsung aja bikin kue pukis, hubby seneng juga sama kue pukis :D ya sudah di siang hari yang panas bikin setengah resep dulu.

waahh jadinya beneran menul2 dan empuk banget yummy deh ini pukisnya, terimakasih bunda sheryl. kapan-kapan dicoba yang original aja ditabur mesis request suami. seneng juga ponakannku juga doyan, anget2 langsung habis dua. laris manis deh :D

resepnya aku tuliskan lagi, saya cuman coba setengah resep, hasilnya udah banyak sekitar 20 an lebih, doyan banget sama pukis dari resep ini ^^

PUKIS PANDAN bahan:
500 gr tepung terigu
250 gr gula pasir
2 telur
1/2 bungkus ragi instant
100 gr mentega leleh
kurleb 750 cc santan hangat
1 sdt garam
perasa pandan

cara membuat:
1. campur semua bahan kering, tambahkan telur.
2. uleni sambil …

Putu Ayu"Bantet nih" huhu :D

Pingin banget bikin putu ayu sendiri, setiap kali lewat jalan pulang sore2 banyak yang menjual putu ayu, cuman malesnya buat mampir, atau pas diangkot juga bisanya ngeliatin aja, seperti biasa pake resep putu ayu nya mbak Diah Didi tapi bandel nih gara-gara santennya aku pake semua 90 ml (males simpen sisa santan bumasnya :D), harusnya cuman 50 ml aja heee bantet deh, aku cuman bikin setengah resep dari resepnya mbak diah,soalnya kata mbak diah jadinya 15 buah, kebanyakan kalau cuman tinggal berdua sama hubby, jadinya bikin setengah aja. harusnya adonannya kental, tapi yang aku buat encer kebanyakan santen, jadinya kayak gini deh :D

harus dicoba lagi mumpung masih ada nih kelapa parutnya hee...

resep asli liat di sini
jangan dibandingkan dengan punya nya mb Diah yang menul-menul cantik hahaha...

ternyata masih banyak jadinya aku bawa buat bekal di kantor, eeeh, pagi-pagi udah ludes diserbu temen-temen katanya enaak, bikinnya yg banyak doong hahahaha :D

Bakso ikan, dipadukan dengan Mie ^^

Hubby lagi banyak kerjaan dan nggak doyan mam, hmm.. jadi bingung nih klo hubby nggak doyan mam, banyak pikiran kali ya jadinya nggak nafsu makan. Sekalian ikut even DM dengan bahan mie ayam 2 telor, akhirnya searching resep yang bertema bakso saja, biar hubby doyan mam lagi heee...

nemu juga resepnya Rudy Choirudin, perkedel mie namanya, karena aku modif jadinya aku bikin saja satu versi goreng dan satu versi bakso ikan heee.. jadinya Bakso ikan goreng dan rebus :D, alhamdulillah sepertinya hubby suka :D

resep aslinya saya tuliskan lagi, dari resep ini aku bagi dua digoreng dan rebus :D

Cocoa Condensed Milk Pound Cake

ada pengingat dari skype kalau ternyata 14 september ulangtahunnya Galuh, waduh telat nih, ya sudah weekend kemarin di niatin buatin kue yang coklat semua, sesuai dengan kesukaan galuh coklat heee...

googling dan ketemu resep dari vivian pang kitchen. pas bikin ada banyak kejadian, dari gasnya abis pas  ngrebus air dan ada salah langkah juga hahaha..pikirannya lagi ruwet ada banyak undangan dari tetangga pindahan rumah, ada tukang ac, belum nyiapin makan siang juga hahaha... sok sibuk nih :D


alhamdulillah berhasil terselesaikan, meski belum rapi tapi alhamdulillah bisa bikin kue surprise buat ulang tahun galuh hahaha...kapan-kapan pingin di kukus aja sepertinya moist banget kuenya...

saya tuliskan lagi ya resepnya:

Bahan-bahan : butter125 gramGula Halus40 gramSusu Kental Manis120 gramKopi, campur dengan 1 sdt air panas1/2 sendok makanTepung Terigu Protein Sedang120 gramcoklat bubuk50 gramBaking Powder1 sendok tehTelur Ayam2 buahcoklat chipsecukupnyacoklat ganache secukupnyaVanili1 sen…

Banana Bread - Love this Recipe So Much ^_^

Masih cerita seputar pisang kepok nih yang beli kemarin, belum habis juga dan akhirnya nyari-nyari resep dari pisang hee.. nemu di blognya Mb Nina Agustina, langsung aja weekend kemarin segera ke dapur nyiapin bahan-bahan, dan senangnya dapet resep yg nggak pake mixer :D, atasnya agak gosong, mungkin karena aku pake api atas, lain kali coba nggak pake api atas pasti lebih cantik :D...
versi yang aku coba ini yang original tanpa keju, kalau pakai keju pastinya lebih yummy ya, apalagi sama coklat heee..tapi yang ini aja udah enaknya banget-banget deh hahaha..bahasanya nggak baku ya :D

aku tuliskan lagi resepnya, recomenden banget buat dicoba sesuai dengan komennya mb Nina ^_^..