Skip to main content

Tekwan "segernyaaa" ^^




ini hasil olahan dari tengiri yang setengah kilonya lagi, hmm tekwan memang seger ya padahal baru kali ini makan. Kalo di Gaby selalu aja tergoda sama empek-empeknya, padahal klo liat temen makan sebenernya pingin makan juga sayang perutnya g muat :D

taraa hasilnya memang seger banget seperti baunya heee..:D meski minus sama bunga sedap malam dan ebi tetep maknyus resep dari NCC yang saya ambil dari blognya mb Ricke ^^

Saya tuliskan lagi bahannya ya, saya hanya mencoba setengah resep saja :)
Bahan biji tekwan:
1 kg ikan tengiri (atau ikan laut lainnya)
700 gr tepung sagu tani
500 ml air
30 gr garam
2 sdt kaldu bubuk
1 sdt lada
100 gr telur (aku pakai 2 butir ukuran sedang
Air secukupnya untuk merebus biji tekwan

Cara membuatnya:
1. Haluskan daging ikan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, masukkan telur dan aduk rata. Beri tepung uleni hingga rata dan kenyal, beri garam dan kaldu bubuk, uleni rata. 
2. Masak air dipanci hingga mendidih, ambil sedikit adonan dengan sendok teh (ga usah dibulet-buletin, sendoki secara acak aja), celupkan dalam air mendidih. Biarkan mengapung. Angkat dan tiriskan.

Sup udang (kuah tekwan):
Bahan:
250 gr udang, kupas kulitnya dan potong kepalanya, cincang kasar (klo aku kulit dan kepala udang tidak dibuang tapi disangrai untuk kaldu udang)
250 gr bengkoang, potong korek api
50 gr jamur kuping kering, rendam, potong halus (aku pakai jamur kuping segar)
100 gram sedap malam kering (bunga pisang), simpulkan (vira minus ini)
15 bh bawang merah iris halus (vira haluskan)
10 bh bawang putih, iris halus (vira haluskan)
2,5 ltr air (tambahkan sesuai keperluan)
10 buah ebi, haluskan (vira minus ini )
1,5 sdt lada halus
3 sdt kaldu bubuk
5 sdt garam
1 sdt maggi seasoning (optional) (vira minus ini)
Sedikit minyak untuk menumis.

Pelengkap:
Sohun, rendam air panas hingga lunak, tiriskan
Bawang merah goreng, untuk taburan
Daun bawang, iris halus
Sambal cabe rawit

Cara membuatnya:
1. Sangrai kulit dan kepala udang yang telah dibersihkan sampai agak kering. Sisihkan.
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum, masukkan udang, masak hingga berubah warna.
2. Masukkan bengkoang, jamur kuping,  dan semua bumbu, aduk rata.
3. Panaskan air, masukkan kulit dan kepala udang yang telah disangrai.  Masak hingga mendidih. Buang kulit dan kepala udangnya. Masukkan tumisan bawang, udang dan sayuran.
4. Tata sohun dalam mangkuk, sajikan biji tekwan dengan kuahnya, taburi bawang merah goreng dan daun bawang. Beri sambal cabe rawit bila suka. Nikmat disantap panas-panas.

*Biji tekwan yang sudah jadi bisa disimpan dalam kulkas/freezer, jika mau disajikan tinggal direbus kembali dalam air mendidih sebentar saja hingga mengapung.

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …