Powered by Blogger.
RSS

CILOK favorit deh :D




Semenjak pindah dari pasuruan jarang sekali aku bisa menikmati jajan ini *inget SD dulu suka jajan cilok ni sepulang sekolah hihihi....akhirnya nemu resepnya mb Rina Rinso - terimakasih mbak resepnya maknyuus tenaaan :D.

Awal pertama bikin rasanya masih alot,  sempet mikir kok alot kenapa ya, cek resep lagi dan memang benar ada yang salah saat pertama bikin airnya kurang dan kurang lama merebusnya ^^.
weekend kemarin sempetin lagi bikin ahh..masih penasaran dan taraaa sesuai dengan yang diharapkan. cilok empuk dengan berasa daging heee...alhamdulillah hubby keliatannya suka hahaha...sipp kapan-kapan bikin cilok bakar deh :D

resepnya aku tulis lagi ya


Cilok 
By Rina Rinso
Bahan :
150 gr aci/tapioka/kanji
150 gr tepung terigu
3 siung bawang putih, haluskan (biar praktis saya parut aja pake parutan keju) vira pakai bawang putih bubuk
1 batang daun bawang, iris halus
Vira tambahkan beberapa daging yang dicincang ^^
250-300 ml air kaldu
1/2 sdt garam
Tepung terigu untuk cadangan
Saus tomat/sambal
Kecap manis

Bumbu kacang :
200 gr kacang tanah goreng/sangrai/panggang, haluskan
5 siung bawang putih, goreng
5 buah cabe merah besar, goreng
5 buah cabe keriting, goreng
1/2 sdt garam
2 sdt gula pasir
250 ml air


Cara membuat :
1. Bumbu kacang : haluskan bawang putih goreng, cabe goreng dan garam. Tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan air, menyusul kacang halus. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Biarkan mendidih dan cek rasanya. Masak sampai bumbu mengental (tingkat kekentalan sesuai selera ya) dan keluar minyaknya. Angkat dan dinginkan.
2. Cilok : campur aci, terigu, bawang putih dan daun bawang dalam wadah besar, aduk rata dan sisihkan.
3. Rebus air kaldu dan garam sampai mendidih. tuang kedalam campuran aci tadi sambil diaduk menggunakan sendok kayu, sedikit demi sedikit sampai bisa dipulung. Air jangan dituang semua. Lihat dulu kondisi tepung, jika dirasa sudah cukup, hentikan penggunaan airnya. Biarkan jadi hangat. Dengan menggunakan tangan, uleni sampai rata. Jika terlalu lembek tambahkan terigu sedikit demi sedikit sampai bisa dipulung. Bentuk bulat-bulat.
4. Panaskan air dalam panci sampai mendidih. Rebus bulatan tadi sampai mengapung. Setelah mengapung lanjutkan merebus selama 10-15 menit supaya matang sampai ke dalam. Angkat dan tiriskan.
5. Sajikan cilok bersama dengan bumbu kacang, saus tomat/sambal dan kecap manis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: