Powered by Blogger.
RSS

Endog Encit Ala Ibu


Sudah lama sekali rasanya nggak makan masakan rumah, beda tangan beda rasa heeee, apalagi masakan ibu di rumah sederhana dan sehat. satu lagi yang sekarang udah jarang banget aku makan namanya "endog encit". mirip sih dengan telur bumbu petisnya surabaya tapi kalau endog encit pakai cuka biar telurnya lebih kenyal *tips ala ibu ku ^^

bumbu-bumbunya sederhana dan rasa yang menonjol itu daun jeruknya wangiii, bikin makan nambah terus :D. udah kepingin banget jadinya sms ke mami deh bumbu-bumbunya apa aja, sekalian udah dikirim petis banyuwangi dan cukanya heee...#nyidam ceritanya :D

malem-malem dengan semangat menyiapkan bumbunya dan taraa ternyata telur ayam kampungnya tinggal 3 yaah sudahlah dimasak aja semuanya ^^

Endog Encit
ala Ibu Saya

Bahan-Bahan :
Bawang Putih3 siung
Bawang Merah5 siung
Jahe1/4 ruas
Cabai (Cabe)3 buah
Daun Jeruk2 helai
Sereh1 buah
Lada (Merica)1/2 sendok teh
Gula Jawa secukupnya
Garam secukupnya
Petis secukupnya
Kecap Manis secukupnya
Cuka secukupnya
Air secukupnya
 
Cara Membuat :
uleg semua bahan bumbu hingga halus
*ternyata masakan lebih sedep kalau diuleg heee ketauan yang jarang nguleg-uleg grin 
masak telur hingga matang
 
tumis bumbu hingga harum, masukkan sereh dan daun jeruk lalu tambahkan air secukupnya, masukkan kecap dan sedikit cuka
note : cuka berfungsi untuk mengeyalkan telur

 
masukkan telur

 masak hingga air menyusut dan siap disajikan ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Zebra Steam Cake








24 Agustus, keponakan Abin ulang tahun ke 3 dan sehari sebelumnya 23 Agustus aku yang ultah heeee nggak ada yang tanya ya, :D bingung cari ide bikin kue tart apa, karena memang belom bisa menghias dengan baik. akhirnya belajar di you tube cara pembuatan buttercream transfer. Sudah direncanakan sebulan sebelumnya ingin sekali bisa membuat buttercream transfer emon alias doraemon. Tokoh kartun kesukaan abin dan juga kesukaanku hahaha.
akhirnya membulatkan tekad untuk bisa bikin buttercream transfer. ada step by stepnya bisa dilihat di sini. Jauh dari yang dicontohkan, tapi sudah lumayan seneng akhirnya berani juga mencoba dari sesuatu yang belum pernah dicoba. insyaallah akan terus belajar heee supaya bisa jadi lebih baik. Aamiin...

untuk base cake nya aku pakai resepnya bu fatmah bahalwan, zebra cake kukus, karena sekalian praktek aku belom pernah nyobain resepnya, enaaak... kata abin hahaha...anaknya suka, wow emon, abin mau ate katanya :D jadi tambah seneng deh anaknya suka tart buatanku  :D

big hug *semoga thole menjadi anak sholeh , cerdas dan menjadi kebanggaan orang tua . Aamiin
saya tuliskan lagi resepnya. Aku cuman menggunakan setengah resep dari resep di bawah ini dan menggunakan loyang  bulat 20 cm
Zebra Steam Cake
Sumber : Buku NCC/Fatmah Bahalwan

Bahan A :
8 btr telor
250 g gula pasir
1 sdm SP
1/2 sdt garam

Bahan B :
250 g terigu
50 g susu bubuk

Bahan C :
50 g mentega cair
50 ml susu cair

Bahan D:
75 g margarin, lelehkan
2 sdm kopi instan, cairkan
1 sdm pasta moka

Cara Membuat :
1. Kocok bahan A hingga mengembang dan kental. masukkan bahan B sambil diayak. Aduk rata, timbang dan bagi menjadi dua bagian sama rata.

2. Satu bagian diberi bahan C aduk rata. sisihkan.

3. Satu bagian lagi, diberi bahan D, aduk rata sisihkan.

Penyelesaian :
1. Ambil loyang bulat ukuran 24 cm. tuang satu centong adonan putih dibagian tengah. tuang diatasnya satu centong adonan moka, tepat di titik tengah yang sama. tuang lagi adonan putih, bergantian dengan adonan moka di satu titik, hingga adonan habis. biarkan adonan melebar sendiri, motif zebra akan terbentuk dengan sendirinya.

2. Kukus di dlm panci pengukus yang telah dipanaskan terlebih dahulu selama 1 jam hingga matang. angkat.

3. keluarkan dari loyang dan biarkan dingin

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Gunung Ijen - Banyuwangi ^^

Gunung Ijen salah satu tempat wisata di banyuwangi yang sebenarnya sudah nggak asing di telinga penduduk sekitar, eksotisme kawahnya mampu memanjakan mata subhanallah indah (itu kata orang-orang yang pernah ke sana) heee aku belum pernah ke sana gara-gara nggak pernah boleh sama ibuk naik gunung.

Kebetulan pas libur lebaran kemarin alhamdulillah lumayan panjang 2 minggu jadi bisa di bagi satu minggu di banyuwangi dan di jogja (rumah mertua).Hawa dingin sedang melanda Banyuwangi waktu itu jadi rencana naik ke ijen gagal-gagal terus, sementara aku jadi sakit gara-gara kecapekan ada di bis selama 28 jam hmm...perjuangan mudik ngebis nih :D. secara tidak direncana akhirnya pas hari terakhir malemnya ke Jogja  hubby ngajakin ke sana ya udah nekat aja jalan ke sana :D dan alhamdulillah sampai tapi sayang nggak sampai puncaknya, disamping kondisi badan nggak mendukung dan waktunya mepet banget.
Kata orang sekitar untuk naik orang yang belum terbiasa membutuhkan waktu selama 3 jam perjalanan wew...aku nggak pernah naik gunung nih pasti bayangin ngos-ngosan :D ya sudahlah menikmati pemandangan dibawah saja.

Perjuangan naik ke kaki gunung saja wuiih ternyata cukup berat ya, jalannya berkelok-kelok ke kanan dan ke kiri, menanjak, dan pastinya berkabut dan sempet tangannya hubby jadi es batu hahaha :D, tapi hampir naik kaki gunung alhamdulillah ada matahari jadinya lumayan anget deh :)

di sepanjang perjalanan lumayan banyak yang berhenti karena mesinnya panas, dan kita alhamdulillah lagi bisa sampe dengan selamat meski dengan motor :D

Kalau dari rumah arahnya ke atas, daerah SMU giri dan glagah terus naik ke arah licin

 
nah ada patung barong ini belok kanan (maap ke kiri - barusan dapet protes dari hubby hahaha), kalau terus ke arahnya wisata oseng dan kalibendo





setelah dari situ ikuti arah saja mengikuti jalan dan petunjuk jalan dijamin pasti sampai heee...sampai kira-kira di tempat penyewaan mobil jip ada petugas yang memberi karcis dan kita disuruh bayar sekitar 5 ribu rupiah . dari situ perjalanan tanjakan dan berkelok-kelokpun dimulai :D

 Ini salah satu jalan yang berkabutnya hmm ...dingiiin sekali :D
 yang ini semakin ke atas semakin hangat karena matahari sudah mulai muncul :D


 Cuaca cerah, seger deh hawa di sini :D
 ini jalan menuju kawah sayang nggak bisa naik :p
 berkelok-kelok nih jalannya :D
 bagus yaaaa ^^
 Melewati perkebunan kopi


 kalau yang ini ada yang lagi narsis :D
 melewati panorama hijau disepanjang jalan ^^

 Jadi recomended deh untuk dikunjungi...^^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Rujak Soto Asli Banyuwangi lho :D

 Senangnya Pulang ke Kampung Halaman, sesuatu yang dikangenin adalah ya Rujak Soto ini, seperti mendarah daging hahaha...makanan yang selalu disuka dari kecil. jadi inget sepulang sekolah 3 hari dalam satu minggu nggak pernah absen nih beli rujak soto.

Dulu masih tinggal di tengah kota jadinya banyak yang jual rujak ini. berhubung sekarang agak kepinggir rumahnya dan pas moment lebaran nggak ada yang jualan jadinya bikin aja di rumah :D

berikut ya resep dan pembuatannya ala Vira, silahkan dicoba bagi yang penasaran. dan jangan lupa kalau mampir ke Banyuwangi nyicipin rujak sotonya ya ^^

Bahan-Bahan :
sayur hijau, sayur-sayurannya disesuaikan saja bisa kangkung, bayam, taoge, kacang dllsecukupnya
Timunsecukupnya
Tempe, di gorengsecukupnya
Tahu, di gorengsecukupnya
Kacang Tanah, di gorengsecukupnya
Pisang Kluthuksecukupnya
Garamsecukupnya
Gula Merahsecukupnya
Petissecukupnya
Soto Beningsecukupnya
Lontongsecukupnya
Cabai Rawitsecukupnya

Cara membuat :
Rebus sayur-sayuran, bisa dipilih sayur sesuai selera
Cuci timun dan pisang kluthuk




 Goreng Tempe dan tahu

Siapkan lontong
Goreng kacang tanah
Siapkan soto bening, biasanya pakai soto babat, karena pas lebaran susah carinya akhirnya dibuatlah soto daging campur-campurgrin

Ulek kacang, gula merah, garam, pisang kluthuk, cabe, petis

Masukkan sayur-saruan,tahu/tempe, lontong dan timun campur jadi satu
Siram dengan soto beserta dagingnya, siap dinikmati dengan kerupuk ataupun emping. jika suka tambahkan kecap smile





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jangan Cecek (Sayur Cecek Kuah Santan)

Jalan pagi kepasar sama suami di Banyuwangi, senangnya bisa menghirup udara segar di pagi hari. Beda banget dengan di bekasi udaranya sudah tercemar hihihi...jadi kalap belanja di pasar, selain harganya jauh lebih murah serasa lebih alami aja sayur2 an di sini #lebay :D

memborong sayur-sayuran, tempe, dan sejenak melihat ibu-ibu penjual cecek hmm.. langsung deh pingin bikin cecek kuah santan, lama sekali nggak masak masakan ini langsung aja tanpa pikir panjang beli dan dimasak di rumah buat buka puasa, alhamdulillah laris dan habis :D

berikut resep cemplang cemplungnya :)
Bahan-Bahan :
Bawang Merah, iris tipis10 siung
Bawang Putih, iris tipis5 siung
Cabai (Cabe), merah; iris tipis1 buah
Lengkuas2 ruas
Cabai Rawit5 buah
Daun Salam1 lembar
Daun Jeruk3 lembar
Santan, instant180 ml
Airsecukupnya
Kemiri3 buah
Tahu, potong kotak5 buah
Tempe, potong kotak1 buah
cecek, potong kotak1 kg

Cara membuat :
Iris tipis semua bumbu


potong kotak cecek, tahu dan tempe
 
goreng tempe dan tahu setengah matang

tumis bumbu hingga layu dan harum

tambahkan air secukupnya dan masak cecek hingga empuk, masukkan garam dan gula secukupnya
masukkan santan dan masak hingga mendidih, sajikan



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lebaran di Jogja

 Jogja selalu istimewa, begitu kata slogannya, hihihi...beruntung aku punya suami orang Jogja jadi kalau liburan gini bisa jalan-jalan keliling jogja sepuasnya :D

Liat di wallnya Mbak Diah katanya ada menu baru di Jejamuran Stik King Oyster Mupeng deh pingin nyicipin, fotonya mbak Diah bikin ngiler sih hahahaha :D.

Pas juga posisi lagi ada di kabupaten, hubby lagi ngurus pindah KTP dan KK langsung deh meluncur ke jejamuran. Sampai sana wahh ada renovasi ternyata sekarang jadi lebih bagus, jamurnya juga cantik- canyik warna-warni hihihi...

ini penampakan king Oysternya, enak loh  harganya Rp. 18.182 enak deh rasanya kenyil-kenyil. hihihi daripada daging aku lebih milih ini :D
Sehabis kenyang makan di jejamuran, selanjutnya ketemuan sama keponakan di taman pintar hmmm....asik juga disana apalagi yang punya anak kecil ya pasti seneng banget :D hihihi


Kalau yang ini kuliner mie taik yang ada di jalan kaliurang km 5, depan dunkin donat. pengunjung restonya, tertarik melihat atraksi si juru masak yang bikin mienya di luar. jadi bener-bener fresh. dibuatkan mienya jika ada yang pesan hmmm yummy deh, silahkan dicoba jika berkunjung ke Jogja :D

Liburan hampir usai yuk siap-siap packing balik lagi ke jakarta dan memulai aktivitas seperti biasa :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tape Ketan Hijau



 Masih penasaran dengan cara pembuatan tape ketan, karena pas lebaran tahun kemarin ibuku gagal bikinnya, akhirnya memberanikan diri untuk mencoba kembali heeee, masih dengan resep NCC tapi dengan sedikit tambahan pakai rebusan air daun laos heeee....ini warisan dari simbahku dulu yang katanya dengan air rebusan daun laos nanti rasa tapenya jadi manissss...:D. Ada beberapa step yang aku nggak lakukan yaitu merendam ketan semalaman, nah jadinya ya agak-agak ngletis gitu hahaha tapi nggak terlalu ngletis banget. besok-besok lagi harus bener-bener nurut sama resep pasti nggak bakalan gagal :d

dan taraaaa ternyata betul sekali akhirnya berhasil dan manisss jadi seneng. sayangnya huby yang suka dengan tape nggak kebagian mencicipi tapenya karena ngambek hahahaha...

ya sudah nanti dibuatkan lagi setelah lebaran

Bweikut saya tuliskan lagi resep dari bu Fatmah, Terimakasih ibu enaaak sekali tapenya :)

Tape Ketan Hijau

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr  beras ketan
1 ltr      air
2 sdm   pasta pandan
400 ml  air
3 bh     ragi tape bulat
5 sdm   gula pasir
vira menambahkan rebusan daun laos

Cara membuat:

  1. Cuci beras ketan hingga bersih, rendam dalam campuran 1 liter air dan pandan pasta semalaman. Tiriskan. Kukus hingga panas kepul-kepul.
  2. Sementara itu didihkan 400 ml air (vira airnya ditambahkan daun laos), siram-siram kedalam ketan kukus yang masih panas, aduk rata. Kukus kembali 15 menit, angkat, dinginkan hingga betul-betul dingin.
  3. Haluskan ragi tape.
  4. Susun ketan hijau dalam wadah, taburi ragi tipis-tipis, taburi gula pasir, timpa lagi dengan ketan, taburi lagi dengan ragi dan gula. Tutup rapat, biarkan selama 3 hari.















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS