Skip to main content

Posts

Showing posts from 2017

Marmer Cake (Law Thomas)

Assalamualaikum,

Ini marmer cake kala itu, kue ini kesukaan mami banget., makanya bela belain bikin kalau lagi sempet. Resepnya dari Chef Law Thomas yang terkenal di grup2 baking, memang seperti reviewnya, cake ini enak banget nggak seret dan tetep bisa ngembang walau tanpa SP. Berikut ya resepnya :

Marmer Cake

Sosis Solo Goreng

Assalamualaikum,

Kegiatan di long weekend kemaren salah satunya bikin sosis solo goreng untuk bapak-bapak yang kerja bakti di kompleks, bersih bersih selokan persiapan buat musin penghujan. Alhamdulillah sosis solonya langsung ludes dan enak kata bapak-bapak. Resepnya saya pakai resepnya mba Diah Didi ya, hanya saja ayamnya saya ganti dengan daging giling. Silahkan dicoba

Sosis Solo Goreng
Bahan Kulit :

300 gram tepung terigu protein sedang

500 ml air

4 butir telur ukuran sedang

1/2 sendok teh garam

Bahan Isi :

300 gram daging ayam bagian dada, rebus dan suwir halus.

5 siung bawang merah

2 siung  bawang putih

1/2 sendok teh merica bubuk

1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk

1 - 2 sendok teh gula pasir ( sesuai selera ya manisnya )

50 ml air

Cara Membuat :

Campur semua bahan kulit, aduk rata, saring hingga adonan halus dan tidak menggerindil

Isi : Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan ayam. Aduk rata.

Tambahkan air dan bumbu-bumbu lain. Aduk sampai bumbu meresap  dan kerin…

Ketan Kirip

Assalamualaikum,
Mumpung lagi rajin ketak ketik jadi sekalian posting ketan kirip kalau di Banyuwangi biasa dikenal nya, kalau disini ketan bubuk kedelai. Yang langka disini ya bubuk kedelai nya 😂😂😂 disini yang lagi trend ketan susu.

KETAN BUBUK
Recook dari rumahnawa
Bahan :
500 gram ketan (rendam 2 jam)
400 ml santan
3/4 sdt garam
2 lembar daun pandan

Bahan Bubuk :
100 gram kedelai
2 siung bawang putih
2 buah daun jeruk
3 sdm gula pasir
1/4 sdt garam

Bahan Taburan :
Kelapa parut secukupnya dan kukus 5 menit (supaya kelapa tidak cepat basi)

Cara membuat :

Cara membuat bubuk kedelai : sangrai kedelai, bawang putih dan daun jeruk sampai kedelai kering dtandai dengan kedelai menjadi renyah tapi jangan sampai gosong, dinginkan, dan haluskan kedelai, bawang putih dan jeruk yang telah disangrai bersama dengan gula pasir dan garam sampai halus (sy menggunakan blender)
Cara memasak ketan : kukus ketan 20 menit, didihkan santan bersama garam dan pandan, kemudian masukkan ketan yang su…

Tahu Lontong

Assalamualaikum,

Musim hujan marger mau ngapa-ngapain ya, hawanya alhamdulillah nya dingin, jadi gampang ngantuk dan stay aja di kamar. Apalagi ada mami yang nginep di rumah beberapa bulan ini, jadi manja banget nih heee....oh ya mumpung ada mami kemarin kami bikin tahu lontong, ternyata nggak sesusah yang saya bayangkan bikinnya. Dulu saya sering bikin tapi karena rasanya beda dengan tahu lontong yang di Banyuwangi jadinya males mau bikin lagi ^_^.

Langsung aja ya ke resep.
Tahu Lontong
by my Mom
Berikut resep lontongnya dulu

Lontong slow cooker
Bahan:
Beras untuk 7 lontong kecil
Daun secukupnya
Air panas secukupnya
Cara membuat :
Cuci beras hingga bersih masukkan ke daun yang dibentuk tabung dengan lidi
Isi daun pisang tersebut dengan setengah beras
Masukkan air panas ke slow cooker dan lontong
Lalu nyatakan high, dan masak selama 5 jam
Tiriskan lontong, Dinginkan


Bahan Tahu Lontong :
Lontong secukupnya
1 bungkus tahu goreng setengah matang
Toge secukupnya yang sudah direndam air panas hingga…

Custard Cheese Muffin

Assalamualaikum,

Jangan bosen ya saya upload muffin lagi, Muffin adalah salah satu yang paling favorit dari semua kue. setelah bikin muffin coklat yang sangat di suka keponakan sekarang bikin yang asin asin, pakai keju dan pandan, cocok lah ya keju sama pandan. Resepnya ada di bawah ini

Bahan :   Sumber : Titin Rayner             50 gr Maizena              100 gr Gula Pasir Halus 200 ml Susu Cair  75 gr Butter 160 gr Keju Parut (kraft) (saya hanya 100 gr) 75 ml Minyak Sayur  1/2 sdt Vanilli bubuk good quality 2 butir Telur 80 gr Gula Pasir(saya skip) 150 gr Tepung Segitiga/Kunci 1.5 sdt Baking Powder  Tambahan saya 1 sdt pasta pandan
TOPPING : cheddar parut/dadu(saya keju parut dan kacang)

Kentang Smiley

Assalamualaikum,

Weekend kemaren tepar, hiks abis diambil darah pusing tujuh keliling, udah di kasih mimum kopi masih nggak mempan, pinginnya tidur terus seharian. Untungnya pagi pagi masih sempet buatin hubby kentang smile yang di request jumat malem :D, Resepnya sederhana kalau mau bisa di stock di frezer tinggal goreng deh kalau mau mam ^_^

Kentang Smile
Bahan:
4 sdm tepung kentang, tambahkan air hangat hingga menjadi seperti kentang rebus yang dihaluskan
3 sdm tepung maizena
1 sdm tepung panir
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica
50 gram keju di parut
Cara membuat :
Campur semua adonan jadi satu
Gilas adonan dan cetak bentuk bulat
Untuk mata dengan sedotan
Untuk mulut dengan sendok
Diamkan dalam frezer 30 menit
Keluarkan dan goreng hingga kecoklatan
Sajikan dengan saus sambal

Belajar Bikin Bekal #MenuVarian2 (Semur Ayam)

Assalamualaikum,

Sambil mengisi waktu iseng-iseng pingin mendokumentasikan foto-foto varian bekal, yang mau saya dokumentasikan resep semur ayam nya, sebetulnya rencana bikin mie ayam sendiri, tapi seperti biasa rencana tinggal rencana, soalnya males. Tapi malah bikin mie goreng, nah loh hahaha...Resep Semur ayam nya enak, hampir mirip sama yang dibeli di tukang mie ayam, resepnya ternyata resep soto yang dikecapin dan ditambah laos sama ketumbar. Resepnya saya nyontek dari resepnya mama Zildan, saya tulis kembali resepnya dibawah ini

Semur ayam 1/2 kg dada ayam cincang Secukupnya jamur tiram atau kancing Bumbu halus: 6 siung bawang merah 3 siung bawang putih 4 butir kemiri 1/2 jempol kunyit 1/2 jempol jahe 1 sdm ketumbar bubuk 1/2 sdt lada bubuk Bumbu geprek 1 jempol lengkuas geprek 1 batang sereh geprek 2 daun salam 2 daun jeruk 2 batang daun bawang iris Kecap manis  Cara Membua…

Tongseng Tanpa Santan

Assalamualaikum,

Late post lagi, save recook resep tongseng JTT hanya saja saya skip santannya ya soalnya sum sum nya sudah berlemak, dan ternyata enak sih. Gurihnya dapet dan resep ini menjadi favorit kami sekeluarga resep ini. Apalagi hubby suka banget sama masakan tongseng, jadi next saya pasti bikin lagi, terimakasih mba  endang sudah sharing resep yang makyus banget

Tongseng Tanpa Santan
Bahan:
- 1 buah paha kambing (berat daging sekitar 1 kg), potong-potong daging sebesar 2 x 2 cm - 1/4 buah kubis, rajang kasar - 4 buah tomat merah, potong dadu - 2 batang daun bawang rajang halus - 2 liter air untuk merebus daging Bumbu dihaluskan: - 6 siung bawang putih - 8 siung bawang merah - 3 buah cabai merah keriting  - 1 1/2  sendok teh merica butiran - 4 butir kemiri disangrai - 2 sendok teh ketumbar butiran, sangrai - 1/4 sendok teh jinten - 1/2 buah pala
- 2 cm kunyit segar - 3 sendok makan minyak untuk menumis Bumbu lainnya: - 5 lembar daun jeruk purut, sobek kasar - 4 lembar daun salam - 2 batang se…

Pukis Pandan

Assalamualaikum,

Late post ya, weekend kemarin sempetin baking, nggak mau bolos padahal badan kurang enak, hihihi.Bakingnya sih cuman bikin pukis aja, kali ini pakai resep dari sajian sedap. Hasilnya saya kurang begitu suka karena menurut saya kurang lembut jadinya pukisnya. Tapi lagi lagi sesuai selera ya   . Saya tambahkan pasta pandan di resep berikut ya
Pukis
Sajian Sedap
Bahan:
1 sendok teh ragi instan
50 ml air hangat
3 butir telur
1/4 sendok teh garam
125 gram gula pasir
225 gram tepung terigu protein sedang
150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
15 gram margarin, dilelehkan
1/4 sendok teh esens vanili
1/8 sendok teh cokelat pasta

Cooking Steps Cara Pengolahan :
Larutkan ragi instan dan air hangat. Diamkan 10 menit sampai berbusa. Kocok telur, garam, dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan dengan kecepatan rendah bergantian dengan santan. Tambahkan larutan ragi instan. Kocok perlahan. Diamkan 30 menit sampai mengembang. Masuk…

Muffin Cokelat Favorit

Assalamualaikum,
Alhamdulillah kemarin malem masih sempet bikin muffin buat bekal hari ini, dan laris manis Alhamdulillah. Bikinnya ditemenin sama kakabi, seneng kalau ditemeni anak sholih satu ini, jadi nggak terasa udah selesai aja, nggak terasa karena diajakin ngobrol
Sebetulnya dulu udah pernah bikin muffin yang super enak ini, saya liatnya dari blog mba Hesti, karena ci Titin juga upload muffin super moist ini, saya juga latah nih kepingin bikin juga soalnya udah niat banget belanja coklat di Titan demi si Muffin ini hihihi..ya begitulah sedikit cerita sebagai pengantar si Muffin. Bagi yang belum pernah mencoba wajib di coba ya, satu kata : enak sekali. Bagi yang tidak suka manis seperti saya silahkan dikurangi gulanya
Dan Lepard
Bahan :
50 gr Maizena
3 sdm Cokelat Bubuk good quality
100 gr Gula Palem (saya skip)
225 Susu Cair
75 gr Butter aku pake Orchid (saya pakai mentega)
125 gr Coklat blok potong kecil (saya hanya 75 gr)
75 ml Minyak Sayur 2 butirTelur
110 grgula Pasir b…

Martabak Manis Favorit

Assalamualaikum,
Percobaan martabak manis, meski belum sempurna tapi seneng banget udah bisa bersarang, next coba lagi. Berhubung nggak punya banyak waktu untuk diemin adonan jadi saya bikin nya malem tanpa ragi, soda dan butter, paginya baru deh diublek lagi. Nggak sempet juga foto foto cantik, takut telat ngantor jd seadanya aja. Yang coklat aja khusus buat temen yang nggak suka keju dan pencinta coklat buat icip icip 😂😂😂. Makasih ci titin, resep martabak nya oke banget 😘

Martabak Manis
Bahan

250 gram tepung terigu protein sedang
15 gram susu bubuk
1/4 sdt Baking Powder
50 gram gula pasir Halus
1/4 sdt Garam Halus
300 ml air putih
1/2 sdt Ragi Instant
3 butir telur
30 gram Gula Pasir
3/4 sdt Soda Kue
25 Gram Butte lelehkan

Topping : susu Kental Manis,Meisyes,keju Parut

Cara membuat

1 Campur terigu,susu bubuk,baking powder,gula pasir halus dan garam.aduk rata
2 Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus dikeplok2 menggunakan whisk untuk memasukkan udara sebanyak mungkin
3 tambahkan ragi …