Skip to main content

Tahu Lontong




Assalamualaikum,

Musim hujan marger mau ngapa-ngapain ya, hawanya alhamdulillah nya dingin, jadi gampang ngantuk dan stay aja di kamar. Apalagi ada mami yang nginep di rumah beberapa bulan ini, jadi manja banget nih heee....oh ya mumpung ada mami kemarin kami bikin tahu lontong, ternyata nggak sesusah yang saya bayangkan bikinnya. Dulu saya sering bikin tapi karena rasanya beda dengan tahu lontong yang di Banyuwangi jadinya males mau bikin lagi ^_^.

Langsung aja ya ke resep.
Tahu Lontong
by my Mom
Berikut resep lontongnya dulu

Lontong slow cooker
Bahan:
Beras untuk 7 lontong kecil
Daun secukupnya
Air panas secukupnya
Cara membuat :
Cuci beras hingga bersih masukkan ke daun yang dibentuk tabung dengan lidi
Isi daun pisang tersebut dengan setengah beras
Masukkan air panas ke slow cooker dan lontong
Lalu nyatakan high, dan masak selama 5 jam
Tiriskan lontong, Dinginkan



Bahan Tahu Lontong :
Lontong secukupnya
1 bungkus tahu goreng setengah matang
Toge secukupnya yang sudah direndam air panas hingga matang
Bawang goreng secukupnya

Bahan Bumbu:
1/4 Kacang tanah goreng hingga matang
5-10  cabe rawit di kukus lalu tiriskan
1 sdt petis setiap kali bikin bumbu secukupnya 1 mangkok
Kecap lupa diukur, sesuai selera aja ya :D

Cara membuat Bumbu:
Blender kacang goreng dan cabe rawit dengan sedikit air, hingga setengah halus, lalu simpan di toples kedap udara
Untuk satu mangkok bumbu, masukkan petis dan kecap, lalu capur rata.
Setelah itu masukkan 3 sdm kacang yang sudah di haluskan, dan beri sedikit air aduk hingga rata.
Bumbu kacang siap. Simpel kan.

Penyelesaian:
Iris lontong dan tata dalam piring
Potong-potong tahu secukupnya, lalu beri toge dan siram dengan bumbu kacang.
Terakhir taburi dengan bawang goreng dan kerupuk sebagai pelengkap ^_^
 

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …