Powered by Blogger.
RSS

Tempe dan Tahu Bumbu Kuning


hmm.. kira-kira apa ya namanya, resep bumbu-bumbu untuk tahu dan tempe ala abang-abang disekitar kosan dulu di Malang ini diajarkan oleh mb Tatik, mbak yang punya kos-kosan dulu. Tapi bener hasilnya gurih mirip sama yang dijual abang-abang    penjual lalapan ayam, tempe dan tahu goreng yang selalu ramai diserbu anak-anak kos ^^, sampai sekarang resepnya masih tersimpan rapi di catatan resep saya heee.. terimakasih mb Tatik atas resepnya.

Berikut ya saya tuliskan resepnya
Tempe dan tahu bumbu kuning
sumber : Mb Tatik
Bahan :
1 papan tempe iris sesuai selera dan kerat-kerat tiap sisinya
5 buah tahu
2 buah sereh
2 buah daun salam
2 buah daun jeruk
2 buah bawang putih haluskan dengan ketumbar bubuk, kunyit dan garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat :
1. didihkan air
2. masukkan bumbu yang sudah diuleg, sereh, daun salam dan daun jeruk juga tempe dan tahu
3. masak hingga air menyusut, angkat dan tiriskan
4. Simpan dalam lemari es, bila diperlukan tinggal menggoreng saja.
silahkan dicoba ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Wedang Ronde


Udah mulai terserang batuk dan meriang, gara-gara salah satu temen kantor kena flu jadinya virus dengan mudah menyebar ke seluruh ruangan hikss, akhirnya bikin minuman yang anget-anget jahe dengan bola-bola dari ketan. Yups bener sekali wedang ronde.Tapi karena males biar cepet isinya dari selai kacang saja dan hmm hasilnya juga nggak kalah enak kok hihihi...

meski isinya nggak kompit rasanya enak banget, resepnya seperti biasa dari mb diah didi, makasih banyak ya mb. selain bisa menghangatkan tubuh juga mengenyangkan hihihihi...cocok di musim penghujan.

Langsung saja saya tuliskan kembali resepnya:


Wedang Ronde

Bahan Kulit:
100 gram tepung ketan, 1 sendok makan tepung sagu, 1/4 sendok teh garam, 100 ml air hangat ( kurang lebih ya ), 1 tetes pewarna merah muda, 1 tetes pewarna hijau tua

Bahan Isi (aduk Rata):
50 gram kacang tanah kupas, disangrai, dihaluskan, 1-2 sendok makan gula pasir (vira pakai selai kacang)

Bahan Kuah:
800 ml air , 150 gram jahe, dibakar, dikupas, dimemarkan, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun jeruk , 100 gram gula pasir, 1 sendok makan gula merah, garam ½ sendok teh

Bahan Pelengkap:
25 gram kacang tanah kupas, disangrai (vira tidak pakai),
 100 gram kolang kaling, dipotong-potong tipis

Cara Membuat:
1. Kulit: aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.( air bisa ditambah atau di kurangi..yang penting adonan sudah kalis atau bisa di bentuk ) 
2. Bagi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
3. Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
4. Kuah: rebus air, jahe, dan daun pandan serta daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai beraroma.
5. Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai larut. Saring.
6. Sajikan hangat ronde bersama kuah dan bahan pelengkapnya.
Tips : Sebaiknya membentuk bulatan..langsung di masukkan ke air yang sudah mendidih, supaya bentuknya bisa bulat rapi..jika di bulatkan dulu dan di taruh di wadah..suka peyok2 bentuknya rondenya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

oseng kacang panjang dan tempe


Satu lagi masakan sayur yang saya buat kemarin, oseng jacang panjang dan tempe. resepnya saya ambil dari sajian sedap. Jarang sekali saya memasak kacang panjang, padahal dulu suka makannya masakan jangan asem kacang panjang ala mami, segeeer ^^, tapi karena hubby tidak suka sayur-sayuran berkuah jadi dimasak oseng-oseng saja. Langsung saja ke resep ya

Tumis Tempe dan Kacang Panjang
sumber : Sajian Sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
300 gram tempe, potong panjang
4 lonjor (50 gram) kacang panjang, masing-masing potong 3 cm
75 gram ikan jambal, seduh, goreng, memarkan, suwir-suwir (vira tidak pakai)
3 siung bawang putih, iris
5 butir bawang merah, iris
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
3 buah cabai hijau besar, iris serong
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan kecap manis
300 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis


Cara Pengolahan :
  1. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Tambahkan cabai hijau. Masak sampai layu. 
  2. Masukkan tempe, kacang panjang dan ikan jambal. Aduk rata.
  3. Tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk, kecap manis, dan air. Masak sampai matang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pare ala Babe


Masih seputar masak-memasak minggu kemarin, kok ya tiba-tiba kepikiran untuk masak pare, jadi ini pengalaman pertama saya masak pare. kenapa kok tiba-tiba pare? nah itu karena babe saya penyuka pare, mami saya juga suka hanya saya saja yang cuman kadang-kadang makan. Tapi setelah liat di internet begitu banyaknya manfaat dari buah pare ini yang antara lain :

Ini Dia Khasiat Sayuran Pare Untuk Anda :

1.  Mengusir Diabetes
Adanya antidiabetes di dalam pare dipercaya mampu menekan resiko diabetes pada anda. Selain itu  kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.
2.  Menangkal Sel kanker
Wanita rentan terhadap beberapa kanker yang membuat ancaman bagi dirinya, kanker serviks sebagai pembunuh nomber satu disusul oleh kanker payudara diperingkat selanjutnya, sehingga penting untuk anda dalam menangkal sel kanker. Pare mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker dengan kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di tubuh anda.
3.  Menurunkan Berat Badan
Pare merupakan sayuran yang direkomendasikan untuk anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga kestabilan berat badan anda. Dalam secangkir pare ternyata memiliki 16 kalori sehingga mampu membuat anda mengontrol nafsu makan dan membuat anda cepat kenyang. Tidak ada salahnya anda untuk mengkonsumsi pare di dalam menu makan anda sehingga membantu anda mendapatkan berat badan ideal.
4.  Membersihkan Darah
Sayuran pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah anda. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara di jus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Konsumsi rutin pada pagi dan malam hari, dengan demikian dapat membantu anda dalam membersihkan darah.
5.  Memerangi HIV/AIDS
Adanya kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 ternyata mampu membatasi perkembangan HIV. Pernytaan tersebut didukung penelitian yang dilakukan pada beberapa pasien yang mengidap AIDS yang diberikan ekstrak pare dan hasilnya kekebalan tubuh pasien tersebut meningkat.
6.  Melancarkan Pencernaan
Sayuran pare kaya dengan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten. Rasa pahit pada sayuran pare ternyata sangat baik untuk membantu anda dalam mengatasi masalah pencernaan. Anda boleh menambah menu makan anda dengan beberapa olahan pare.
7.  Mengatasi Asma
Sebuah studi dengan konsumsi sayuran pare ternyata merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara yang kuat. Ini bagus untuk anda yang menderita asma.
8.  Kecantikan
Tidak banyak yang tahu ternyata vitamin c yang dihasilkan oleh pare dapat membantu anda dalam memelihara kecantikan anda selain itu ancaman efek buruk dari sinar ultraviolet dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayuran pare.
Selain itu juga ternyata sayuran pare juga dapat menurunkan demam, bisul, disentri amuba, wasir , bronkhitis obat malaria dan penyakit kuning. Masihkah anda ragu untuk mengkonsumsi sayuran pare, setelah mengetahui banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda.

akhirnya saya mencoba untuk hidup lebih sehat dengan makan banyak sayur-sayuran.setelah dapet parenya langsung saya telp mami dan menanyakan resepnya, berikut resep ala babe hehehe

Oseng Pare :
Bahan:
1 buah pare
2 buah bawang putih iris tipis
5 buah bawang merah iris tipis
5 buah cabe keriting uleg
1 lembar daun salam
2 iris laos
1 sdt gula jawa
1-2 sdm kecap
garam dan gula pasir secukupnya
 minyak untuk menumis secukupnya
 
Cara membuat:
1. keluarkan isi parenya, terus iris tipis-tipis dan beri garam terus diremas-remas hingga getahnya hilang, lalu cuci bersih hingga beberapa kali, kemudian rebus pare tadi di air mendidih jangan terlalu lama angkat dan tiriskan.(kata babe cara ini untuk menghilangkan rasa pahit dari pare)
2. panaskan minyak, masukkan cabe keriting uleg, bawang merah, bawang putih, daun salam dan laos, tumis hingga harum.
3. Masukkan pare, beri sedikit air, tambahkan kecap, gula jawa, gula pasir dan garam, koreksi rasa lalu angkat dan sajikan. Rasanya bener-bener enggak pahir horeee :D maacih babe..
 
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Telur Bumbu Bali dan Nasi Kuning



Tumben lagi rajin di dapur, bikin nasi kuning, telur bumbu bali,sayangnya yang nguleg bumbu balinya saya alhasil ulekannya tidak sehalus ulekan hubby hihihi..
suami saya senang sekali dengan nasi kuning atau nasi uduk, untuk menyambut suami pulang saya akhirnya mulai semangat kembali masak-masak :D

untuk nasi kuningnya simple saja, cukup pakai magic com, hasinya tidak kalah enak ^^. Berikut ya resepnya
Nasi Kuning Magic com :
3 cup nasi
1 bungkus kecil bumas
2 lembar daun jeruk
3 sereh geprek
3 lembar daun salam
garam 1 sdt
1 sdm perasan jeruk lemon
setengah ruas kuning uleg kasih sedikit air dan saring

Cara membuat :
1. cuci bersih nasi beri air secukupnya (kalau saya airnya satu ruas dari jari telunjuk kalau diukur dari permukaan beras)
2. masukkan santan, daun jeruk, daun salam, sereh, air kunir, perasan jeruk lemon,dan garam, aduk rata.
3. masukkan ke dalam magic com,aduk sekali ketika air dalam megicom mendidih lalu tutup kembali
4. aduk-aduk kembali setelah nasi kuning matang. tunggu beberapa menit hingga matang dengan sempurna.
5. Nasi kuning hangat siap untuk disajikan ^^

Telur Bumbu Bali
Bahan :
4 butir telur kukus sampai matang
10 buah cabe merah (kalau ingin pedas bisa ditambahkan cabe rawit)
2 buah bawang putih
6 buah bawang merah
3 iris lengkuas
1 buah sereh
1 buah daun jeruk
1 sdt gula merah
1/2 sdt kecap
gula pasir dan garam secukupnya

Cara membuat :
1. goreng telur yang sudah dikukus hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan
2. uleg cabe merah, bawang merah, bawang putih.
3. panaskan sedikit minyak lalu masukkan ulekan cabe merah, bawang merah dan putih, lengkuas, sereh, daun jeruk, tumis hingg harum.
4. setelah harum masukkan telur, beri sedikit air, gula jawa, gula pasir, garam dan kecap.
5. biarkan airnya menyusut, koreksi rasa dan siap disajikan



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Puding Strowbery




Sariawan melanda mau makan rasanya enggak enak, kok kebetulan mb Nina upload Puding Strowbery, keliatannya seger banget jadi ngiler. Kebetulan punya stock strowbery di kulkas, daripada keburu busuk akhirnya segeralah dibuat puding strowbery yang segeeer :D

Biasanya kalau bikin puding enggak pernah sukses, rasanya aneh dan kadang bentuknya enggak set, eh ternyata masak pudingnya harus bener-bener mendidih hihihihi...ya meski gagal berkali-kali bikin puding tapi tetep semangat beli bubuk pudingnya dan entah kapan-kapan deh mencoba resep-resep puding yang telah lama di bookmark hahahahaha...

Kembali lagi ke resep Puding Mb Ika Damayanti yang saya peroleh dari blognya Ummu Fatimah, enaak ternyata segeer banget, saya kira akan asem ya rasanya ternyata tidak, dikit asemnya segeeer deh pokoknya :D

berikut resepnya saya tuliskan kembali
Resep Puding Strawberry


Bahan:
500 ml susu
1 bks agar-agar bubuk warna merah
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
15 bh stroberi, potong-potong
200 ml yoghurt
1 sdm nutrijel bubuk rasa strawberry

Cara Membuat:
1. Campur susu, agar-agar, nutrijel bubuk, gula pasir, dan garam. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk. Masak sampai mendidih.
2. Masukkan stroberi, masak sebentar (kira-kira 1 menit), angkat segera dan biarkan uapnya hilang (tidak terlalu panas). Masukkan yoghurt , aduk rata.
3. Tuang ke dalam cetakan puding. Diamkan sampai puding mengeras. Sajikan dingin ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nasi Uduk Beras Hitam


Sudah lama banget nggak update blog, maklum yang punya blog lagi males masak dan kebetulan lagi sakit demam dan batuk jadi deh nggak pernah masak hihihi...
beberapa bulan ini merasa kalau tiap kali memasak kok ya berasa enggak enak, mungkin mood memasak ku lagi pergi entah kemana hiks, yang biasanya semangat masuk dapur malah sekarang jadi ogah-ogahan hiks :(...

Baiklah mulai sedikit-sedikit membangun mood memasak lagi, harus tetep semangat ^^..
dimulai dengan yang mudah, memasak nasi uduk kesukaan suami dengan magic com heee..tinggal cempung-cemplung, aduk dan jadi nasi uduk yang enaak...warnanya pun cantik :)

Resep Nasi Uduk Magic Com
Bahan :
3 cup beras putih 1/2 cup beras hitam
1 bungkus santan bumas ukuran yang kecil
3 lembar daun salam
2 buah serai geprek
1 sdt garam
air secukupnya

Cara membuat :
1. Cuci bersih beras putih dan beras hitam
2. Masukkan 1 bungkus santan bumas dan air secukupnya (air tergantung masing-masing jenis beras, ada yang suka nasi lembek dan ada suka nasi yang pera, jadi tergantng selera ya)
3. masukkan juga daun salam, serai dan garam aduk rata, terakhir masukkan campuran beras putih dan hitam. Masak dalam Magic com sampai matang, aduk rata dan hidangkan dengan taburan bawang merah....^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS