Powered by Blogger.
RSS

Hanya Kulit Ayam Crispy


Suami Suka sekali dengan kulit ayam yang garing, kemarin minggu sempet beli kulit ayam di superindo, dan seperti biasa akhirnya digoreng kering saja, soalnya saya nggak doyan kulit ayam heee....

Untuk bahan-bahan membuatnya sih mudah, hanya pakai takaran kira-kira tepung terigu, tepung maizena (perbandingannya 1:2), garam, merica, BP (bisa skip), dan telur ayam
Caranya: celupkan kulit ayam ke telur, dan balur dengan tepung, goreng di minyak yang panas dan banyak hingga terendam, goreng hingga kecoklatan, angkat, tiriskan dan dinginkan lalu masukkan ke toples. Jadi lah untuk lauk beberapa hari :D


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pisang Molen


Masih belum bisa membuat pisang molen dengan baik, sebagian adnan copot-copot dari pisangnya dan sebagian kecil saja yang enggak copot hee...nggak punya gilingan pasta sih upst alesyan ya :D
kulit molen ini sangat renyah, resepnya seperti biasa dari mb diah, makasih banyak ya mb. kulit molennya mirip dengan abang-abang gorengan penjual molen kriuuk deh meski sudah dingin, tapi harus semangaaat belajar lagi melilitkan adonan yang baik supaya tidak mudah lepas saat digoreng fiuuuh :(.

Oh iya, pisangnya pisang kayu, hasil dari kebun sendiri di Banyuwangi. Sukaaa banget sama pisang kayu, hampir mirip pisang raja tapi lebih langsing dan berbeda rasanya, manis manis enaak deh hihihi....
Beberapa kali ibu mengirimkan pisang dari Banyuwangi awal-awalnya busuk semua, lha pisangnya ditaruh di dus, terus sampai Bekasi 3-5 hari. Nah kan kepanasan deh jadinya hihihi, tapi beberapa kali pengiriman terakhir kirimnya pakai peti kayu yang tidak rapat, berhasil, berhasil pisang sampai dengan selamat alias tidak busuk, tapi mahaaalnya, kan peti kayunya berat heee...dan akhirnya menemukan ide kalau pengiriman dilakukan dengan keranjang buah, taraaa pisang sampai dengan selamat dan tidak berat di ongkir :D. Begitulah sedikit pengalaman saya dengan pengiriman pisang jarak jauh hahaha..lha kok malah jadi cerita pengiriman pisang ya.

Ya sudah langsung saja resepnya saya tuliskan lagi disini.


PISANG MOLEN RENYAH
Sumber : Diah Didi
Bahan :
• 250 gram tepung terigu protein tinggi
• 50 gram gula halus (vira pakai gula pasir yang dicairkan dalam air hangat)
• 60 g mentega , cairkan ( pakai margarin juga bisa )
• 50 ml air hangat
• 1 kuning telur
• Pisang raja secukupnya
• Garam 1/4 sendok teh
• 1 sdt vanilli

Cara Membuat :
• Campur terigu, gula, garam, vanilli, aduk hingga rata. Masukkan kuning telur dan mentega, tuang air sedikit-sedikit, ulenin adonan hingga kalis. Tutup adonan dengan plastik/serbet bersih, diamkan ± 20 menit
•  Ambil secukupnya adonan, giling setebal kira-kira 2 mm, lebar ± 3-4 cm, kira-kira sepanjang 30 cm.
•  Gulungkan ke dalam pisang, lakukan hingga adonan habis.
•  Goreng dalam minyak, usaha kan semuanya tercelup. Setelah kuning balik, angkat, tiriskan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Gulai Ikan Tuna


Jarang sekali masak ikan-ikan an soalnya saya tidak terlalu suka ikan, entah mengapa baunya tetep aja amis meski udah dikasih jeruk nipis.Mungkin hanya perasaan saja hehehehe....
Kebetulan suami pingin dimaskin tuna, akhirnya cari-cari resep, awalnya pingin digoreng tepung tapi kok ya masak goreng-gorengan terus, dan Taraaaa hasilnya adalah gulai ikan tuna, resep dari Tabloid Nova hihihi..kalau saya cicip masih aja ada dikit2 bau khas ikan, tapi kata suami enak enggak amis :D alhamdulillah kalau begitu, jarang soalnya masak ikan-ikanan hihihihi.

Langsung saja ya resepnya ada di bawah ini:
Gulai Ikan Kakap
Resep: Nuraini Wahyuningsih
Uji Dapur: Klub Nova
Bahan:
500 gr ikan tuna (vira kasih jeruk limau dan garam, terus di goreng dulu)
2 bh kentang, potong 4 bagian (vira tidak pakai)
2 btg serai, memarkan
3 lbr daun jeruk, potong-potong
500 ml santan cair
minyak untuk menggoreng
Haluskan:
1 sdt ketumbar
3 bh cabai merah
5 bh bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit
3 btr kemiri
½ sdt lada
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai harum, masukkan ikan tuna, masak sampai ikan berubah warna.
2. Tambahkan kentang dan santan, aduk-aduk agar santan tidak pecah.
3. Masak sampai semua bahan matang. Sajikan gulai ikan dengan nasi hangat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Hongkong atau Bakwan Sayuran




Makanan ini namanya Hongkong kalau di Banyuwangi, sering bikin tapi kok ya rasanya kurang seperti yang di jual-jual ya, akhirnya cari-cari resep dan pagi ini coba resep bakwan sayur NCC. Pas baca resepnya kok ada santennya, selama ini kalau bikin bakwan sayur enggak pernah pakai santan, enak sih ternyata heee...terimakasih NCC. Bakwannya kriuk-kriuk kalau pas abis digoreng, belum tau kalau nanti sudah dingin masih kriuk atau tidak.

Resepnya saya tulis ulang
Bakwan Sayur
Sumber: NCC
Bahan:
minyak sayur secukupnya, untuk menggoreng
2 helai seledri, iris iris
2 helai daun bawang, iris halus
100 gram wortel segar, iris panjang panjang
50 gram kubis, buang gagangnya, iris tipis tipis
50 gram paprika, bisa yang merah atau hijau, iris tipis tipis
50 gram tauge atau kecambah
Kemudian siapkan juga bahan yang digunakan untuk adonan bakwan sayur renyah.
220 ml santan kental
1 butir telur
100 gram tepung beras
100 gram tepung terigu
Sedangkan bahan yang terakhir untuk membuat bakwan sayur adalah bumbu-bumbu.
garam secukupnya
1 cm kunyit
setengah sendok teh merica
4 siung bawang putih besar
5 siung bawang merah besar
Cara membuat resep bakwan sayur yang renyah:
Haluskan semua bumbu menjadi satu
campur adonan dengan bumbu, aduk sampai merata
campurkan semua sayuran ke dalam adonan dan aduk sampai rata.
panaskan minyak sayur secukupnya
goreng adonan dengan ukuran dua buah sendok adonan menjadi satu.
goreng sampai kuning kecoklatan, angkat lalu tiriskan.
Bakwan sayuran yang renyah ini sangat enak dinikmati pada waktu hangat, bisa disantap denagn cabai hijau atau saus tomat. Semoga Resep bakwan sayuran renyah ini bisa menjadikan panduan memasak anda, selamat berkreasi untuk mencobanya.
Campur adonan tepung dengan bumbu halus, aduk rata dan menjadi adonan lembut. Masukkan sayuran, aduk rata. Panaskan minyak cukup banyak di atas api sedang, goreng per dua sendok sayuran adonan hingga matang. Angkat dan tiriskan. Hidangkan panas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Buncis Cabe Hijau


Masih meramaikan tantangan sarapan cepat DM 5 hari berturut-turut, pagi ini memasak buncis kesukaan suami, biasanya sih hanya dioseng biasa dengan saus tiram, takut hubby bosen akhirnya cari-cari resep dan nemu resep dari sajian sedap, sepertinya praktis dan enak, ternyata betul enak juga rasanya hihihi...

Seperti biasa ada beberapa modif dari resep sajian sedap, gulanya saya pakai gula jawa dan saya tidak memakai tomat. tapi rasanya tetep maknyus, alhamdulillah meski mepet-mepet waktu masaknya tetep bisa se

Bahan-bahan

buncis100 gr
telur1 butir
cabai hijau diiris serong 2 buah
daun salam1 buah
lengkuas1 cm
garam1 sdt
merica1/4 sdt
gula jawa1/2 sdt
air100 ml
minyak untuk menumis2 sdm
Bumbu Tumbuk Kasar :
bawang merah4 siung
bawang putih2 siung
cabe merah buang isinya1 buah

Cara membuat

1
Panaskan minyak, tumis bumbu kasar, cabai hijau, daun salam dan lengkuas sampai harum

2
masukkan telur. Aduk sampai berbutir. Masukkan buncis tumis sampai layu

3
Masukkan garam, merica, dan gula jawa aduk rata. Tuang air, masak sampai matang. Siap disajikan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Omlete Makaroni dan Sayuran


Nah untuk sarapan cepat hubby di hari ketiga pagi ini adalah Omlete makaroni dan sayuran, lumayan ekspress tinggal cemplung-cemplung, tapi sayangnya susah juga ngebalik omlete nya hee.. *harus banyak latihan nih :D
sayur-sayuran yang ditambahkan di omlete ini disesuaikan dengan bahan yang ada di dapur, lumayan lah cepet juga bikinnya hihihi..mudah-mudahan hubby cocok sama rasanya.

oke, langsung saja saya tuliskan resepnya dibawah ini

Omlete Makaroni dan Sayuran

Bahan-bahan

makaroni rebus2 sdm
jamur kuping iris tipis1 helai
sayur hijau1 helai
wortel10 gr
brokoli rebus dan cacah 10 gr
keju diparut10 gr
garamsecukupnya
susu cair plain10 ml
telur2 butir

Cara membuat

1
Kocok telur,garam dan susu cair

2
Campurkan keju,brokoli,sayur,jamur kuping,wortel dan makaroni

3
panaskan sedikit minyak dan tuang adonan omlet,tutup wajan,balik hingga matang siap disajikan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tempe Tahu Goreng Pandan


Untuk sarapan cepat saya hari kedua lebih simple tahu tempe goreng pandan. Untuk bumbunya pakai bumbu kobe ayam kalasan, tapi kok kepingin ditambahkan daun pandan enak kali yaa, dan ternyata enaak baunya sedeeep hee, dari hasil gorengannya sebenarnya enggak terasa pandannya, cuman baunya ituloh yang bikin semriwiing menambah nafsu makan hahaha...:D

Jadi membayangkan bikin sambel mentah buatan babe terus sama rebusan selada air, hmm..nyam nyam nyam... hihihi..
Bumbu kobe ayam kalasan ini saya cocok banget rasa manis dan asinnya pas, jadi gurih enak deh pokoknya, mau itu ayam, tahu, tempe, daging, telur enaaak semua, kapan-kapan mau cobain terlurnya aah hihihi..
 Langsung saja ya resep ada di bawah ini

Tempe Tahu Goreng Pandan

Bahan-bahan

tempe5 iris
bumbu kobe ayam kalasan 1/2 bungkus
tahu kuning5 buah
minyak secukupnya
air200 ml
daun pandan iris5 helai

Cara membuat

1
Rebus tahu,tempe,bersama bumbu kobe ayam kalasan dan daun pandan

2
panaskan minyak,goreng tahu dan tempe hingga kecoklatan

3
tiriskan,dan siap disajikan selagi hangat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Scramble Eeg Cheese Melt


Akhirnya kembali bisa aktif di DM hee..udah lama enggak aktif soalnya, untuk memeriahkan tantangan sarapan cepat kali ini saya membuat sarapan praktis untuk 3 orang, resep saya ambil dari sajian sedap tapi dengan beberapa pengurangan dan penambhaan bahan yang di sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

sambil menikmati hujan yang sehari-hari datang scramble cheese melt ini membuat sarapan pagi saya kenyang tapi tidak banget jadi pas lah ya hihihi...
sayangnya hubby sedang keluar kota, lain kali mau siapin sarapan cepat untuk hubby :D

Langsung saja ya berikut resepnya

Scramble Eeg Cheese Melt

Bahan-bahan

telur2 buah
susu cair65 ml
merica secukupnya
garamsecukupnya
roti tawar kupas3 buah
saus barbeque secukupnya
keju mozarela 50 gr

Cara membuat

1
Aduk telur,susu cair merica dan garam sampai rata

2
panaskan teflon dan masukkan adonan telur aduk aduk,lalu sisihkan

3
olesi roti tawar dengan saus,beri scramble eeg,lalu taburi dengan keju mozarela

4
Panggang selama 7 menit hingga keju mozarela meleleh,sajikan dengan saus sambal jika suka

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sakura Pandan


Sebetulnya masih penasaran sama kue sakura rasa pandan, akhirnya nyoba lah sakura tanpa telur dengan penambahan pasta pandan, untuk resepnya sudah pernah saya posting ya di sini ya airnya diganti dengan santan dan gulanya tidak dibuat karamel, direbus dengan santan sampai gula larut.

Sayangnya belum sempet cobain keburu dibawa ke mushola depan kompleks untuk acara maulid, tapi dari baunya sepertinya masih kurang mantap ya heee...harusnya pakai daun suji dan pandan asli pasti beda deh wanginya. Baiklah kapan-kapan nyobain resep yang baru :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Risoles Makaroni


Sudah memasuki musim hujan, hampir setiap hari hujan tak terkecuali pagi ini. Menunggu nunggu sampai setengah delapan pagi eh ternyata tambah deras saja hujannya, akhirnya tetep berangkat dengan jas hujan dan hikss ternyata masih aja basah semua dari jilbab sampai baju atas :(' untunglah minta tolong temen pinjem jilbabnya :D.

Eh maksud hari mau ngomongin masalah risoles kok malah ke hujan ya hihihi.. ini ceritanya lagi ketagihan bikin risoles gara-gara amris yang dibuat kemaren uenaaak banget, sebetulnya bikin risol ini dadakan juga karena ada acara maulid nabi di mushola depan kompleks, kalau mau bikin amris lagi tapi enggak ada sosis, berhari-hari hujan bikin enggak bisa belanja bulanan, stok bahan mulai menipis. Untung masih ada makaroni sebungkus, mending dibuat isiannya risol aja daripada enggak kepakai dan rusak.

Untuk kulit risolnya tetep pakai kulit risol dari teh Nenis *udah terlanjur cinta heeee...tidak mudah robek suka banget sama resep kulit risolnya, makasih ya Teh Nenis. resepnya ada di di sini ya

Untuk Isinya pakai resepnya dari majalah Sedap sebagai berikut :

Bahan Isi:
1/4 buah bawang bombay, dicincang halus
3 sendok makan tepung terigu protein sedang
250 ml susu cair
25 gram makaroni pipa, direbus
25 gram wortel, dipotong kotak, direbus
25 gram sosis ayam, dipotong kotak
25 gram keju cheddar parut
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk
2 sendok makan margarin untuk menumis

Bahan Pelapis:
2 butir telur dan 1 sendok makan air, dikocok lepas
50 gram tepung panir kasar
minyak untuk menggoreng


Cara Pengolahan :
  1. Isi : panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Tambakan tepung terigu. Aduk sampai berbutir.
  2. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin.
  3. Masukkan makaroni, wortel, sosis ayam, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan keju cheddar parut. Masak sampai kental. Angkat.
  4. Ambil selembar kulit. Beri isi. Bungkus bentuk kotak.
  5. Celup ke telur. Gulingkan di tepung panir kasar. Lakukan pelapisan 1 kali lagi.
  6. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

AMRIS




Alhamdulillah akhirnya setelah sekian lamanya ingin sekali bikin AMRIS dan nggak jadi-jadi, pagi ini terwujud bikinnya, sempet berpikir kalau buat AMRIS ini cepet, eeh ternyata nak nuk nya lama juga kira-kira sejaman, bikin cuman setengah resep jadi 11 buah, lumayan banyak juga dan yang pasti enaaaaaaak, makasih banyak ya teh Nenis, ini AMRIS kriuk tapi lumer dimulut hehehe...

untuk Isinya saya tidak pake daging asap tapi pakai sosis kesukaan suami. Seneng sudah terbayarkan penasaran bikin ini AMRIS dan kapan-kapan harus bikin lagi ini kyknya heeee...

Saya copas kan kembali resepnya, silahkan dicoba ^^
RISOL TEKEDA (AMRIS)
source by : Liliana - di acara Latbaran NCC Bekasi 2007
modif by nenis.

Untuk kulit :
4 butir telur yg fresh
250 gr terigu segita biru
500 ml air putih
100 ml susu cair
merica + garam secukupnya

bahan isi :
10 telur rebus, potong 8 bagian
12 lembar daging asap (smoke-beef)
250 gr keju diparut halus
200 ml mayonaise buat olesan

cara membuat :
uleni telur + terigu hingga kenyal2 sambil dicomot2 dengan 5 jari,
banting2 sebentar agar elastis
masukan susu + air, aduk dengan tangan hingga tidak ada yg grunjulan lagi...
tercampur dengan air+susunya
cetak dengan wajan kwalik....hingga selesai..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tahu Jamur Masak Bawang


Liat postingan mb Rina Audie Tahu Buncis masak bawang kok jadi ngiler ya pingin bikin juga, keliatannya enak, meskipun simple bahan-bahannya. Jadi langsung saya dibuat dan eeh ternyata di rumah tidak nyetok buncis adanya tahu dan jamur saja, hee..ya sudah buncisnya diganti dengan bawang dan ada beberapa bahan juga yang tidak ada yaitu bawang bombay dan kecap ikan jadi terpaksa di skip, setelah matang rasanya memang maknyusss ^^ meski ada bahan yang kurang, makasih banyak ya mb Rina ^^

Langsung Saja ya saya tulis Bahan-Bahannya :
Bahan :
350 gr tahu putih, potong dadu
200 gr buncis -vira ganti dengan jamur
5 butir bawang merah, iris tipis
1/2 butir bawang bombay, iris memanjang - skip
3 siung bawang putih, cincang kasar
5 bh cabe merah keriting, iris miring
1 bh tomat merah, potong kasar
1 sdt kecap ikan -skip tidak punya
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
150 ml air

Cara membuat :

  1. Goreng tahu asal berkulit, angkat dan tiriskan. Potong jamur miring/serong.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu. Menyusul  cabe merah, dan tomat . Aduk-aduk sampai wangi.
  3. Masukkan tahu goreng, saus tiram, garam, gula pasir dan merica. Tuangkan air dan masak sampai mendidih. Koreksi rasanya.
  4. Jika air sudah berkurang/menyusut masukkan jamur dan masak sebentar. Angkat dari api dan sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS