Skip to main content

Posts

Showing posts from December, 2015

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Potato's Smile

Beberapa hari lalu ada yang posting kentang goreng yang dicetak smile, cantik. Dilihat dari bahan-bahan yang digunakan mudah, maaf tapi saya lupa nama yang posting tersebut siapa. Mumpung ada long weekend nyoba ahh, siapa tau hubby suka sama kentang gorengnya. Karena saya malas, saya cuman buat dari tepung kentang saja biar praktis dan tidak lama.

Tetoot pas di goreng pertama dengan campuran bahan 1 sdm maizena, berhasil ambyar byar..eehh jadinya seperti kremesan deh hihihi.... nggak mau nyerah di adonan kedua tambah lagi 1 sdm maizena dan masih ambyar..sedikit mayun :D, masih ada sih adonannya, ya sudah tambah lagi 5 sdm tepung maizena coba cetak dan goreng-goreng sreng..sreng jadi dan cantik, meski cuman jadi 4 buah berhasil membuat yang bikin smilee hahaha....

Untuk teman si kentang goreng saya bikin chicken pop corn, di cocol sama saus jadi deh sarapan ala roomvi ^_^.


untuk resepnya ada dibawah ini, takaran kira-kira sih ya :
Potato's Smile
Bahan :
4 sdm tepung kentang
Air Pa…

Tahu Jaletot Tidak Terlalu Pedas

Dari dulu pingin bikin tahu jaletot sendiri cuma ya itu malesnya hihihi..kemaren kesampaian juga bikin tahu jaletotnya, tapi yang saya bikin tidak terlalu pedas, soalnya hubby tidak suka makanan yang pedas. Bikinnya lumayan ribet sih, tapi sesuai sama hasilnya enak, hujan-hujan mam soto ditambah dengan tahu ini.

langsung saja resep bikinnya
TAHU JALETOT
ala Roomvi

Bahan :
5 buah tahu putih (rendam dengan air garam dan goreng hingga kering) itis satu bagian atas tahu dan keruk isinya, sisihkan
1/4 kubis, iris tipis
2 buah bawang putih
2 buah bawang merah
2 buah cabai merah besar
3 buah cabe rawit kecil
1/2 sdt garam
1 sdt gula jawa

Bahan Pelapis
2 siung bawang putih haluskan
1 sdt ketumbar
1/2 sdt garam
terigu saya kira-kira saja

Cara Membuat:
1. haluskan cabe, bawang merah dan bawang putih, gula jawa dan garam
2. tumis bumbu halus dan masukkan kubis, beri sedikit air dan masak hingga matang
3. isikan bahan isi ke dalam tahu
4. campur semua bahan pelapis dan beri air secukupnya hingg…

SOTO AYAM

weekend bingung masak apa, hujan-hujan kok ya pingin mam yang anget2, apalagi hubby sedang nggak enak badan. Bikin soto ayam deh akhirnya. Masaknya nggak seribet bikin tahu jaletot sih hihihi...
Langsung saja resep soto ala roomvi

SOTO
bahan :
4 siung bawang putih
3 siung bawang merah iris tipis
1 sdr merica
2 sdt garam
2 buah serai
4 helai daun jeruk
1 ruas kunyit
1/4 ruas jahe
4 buah daun bawang iris tipis
2 tangkai seledri

Ayam 1/2 kg (direbus dengan daun salam, sere, kunyit, bawang putih, ketumbar, garam dan daun jeruk) lalu goreng sampai kering dan suir-suir

4 butir telur yang direbus
Taoge secukupnya

Cara Membuat
1. haluskan bawang putih, kunyit, merica, garam dan jahe
2. tumis bumbu halus, masukkan irisan bawang merah hingga harum
3. rebus air dikira-kira ini ya airnya, masukkan serai, daun jeruk , seledri dan daun bawang juga bumbu halus yang telah ditumis.
4. masukkan juga suiran ayam dan masak hingga mendidih, koreksi rasa dan soto siap disajikan selagi panas, dengan tamb…

Empek-Empek Dos

Masih seputaran cerita di Musim penghujan, mikir bikin cemilan apa yang tidak butuh bahan yang macem-macem, nah di temen-temen FB kok lagi banyak yang bikin empek-empek Dos, akhirnya saya tertarik juga untuk ikutan bikin empek-empek tanpa ikan ini. Ternyata bener enak, gurih meski tanpa ikan, lebih empuk meski ada kenyal-kenyal, seperti ciri khas empek-empek pada umumnya.

Sambil nonton TV sama keponakan cemal-cemil ini empek-empek sampai habis :D nggak terasa ternyata, seneng juga karena keponakan ku suka sama empek-empek ini, padahal tanpa ikan ^_^

Berikut Resepnya :
Empek - Empek Dos ( Tanpa Ikan ) Bahan Biang : 125 gram tepung terigu protein sedang 250 ml air 1 siung bawang putih yang besar, haluskan 2 sendok teh garam 1 bungkus kaldu bubuk rasa ayam yang ukuran kecil 1 sendok teh gula pasir  2 butir telur Bahan Utama : 200 gram tepung sagu / tapioka Telur 3 - 4 butir untuk isi Cara Membuat : Didihkan air dan semua bumbu untuk bahan biang. Masukkan terigu sambil di aduk hingga rata…

Pisang Limpung Pandan

Bulan Ini sudah memasuki musim hujan, Jadi inget dulu sewaktu masih anak-anak seneng banget main hujan hujanan, dulu nggak pernah kepikiran kalau hujan itu ada petir yang berbahaya, yang dipikir cuman seneng lari-larian sama temen-temen mencari pancuran dari genting hihihi...padahal kalau sekarang dirumah ngeri denger bunyi geluduknya yang menggelegar. Masa kecil yang menyenangkan ternyata :)

Daripada bengong hujan-hujan sendirian di rumah, mumpung ada sebua pisang tanduk, bikin limpang limpung aja, hanya saya menambahkan sedikit pasta pandan dan enaak sih :D hujan-hujan kayaknya berasa lapar.
Biasanya saya request ke Ibu untuk dibuatkan pisang goreng limpung daripada pisang goreng yang utuh, dulu ibu buatnya banyak, tapi rame-rame dimakan dan habis juga :D, jadi kangen sama kampung halaman deh kalau udah kayak gini ^_^.

Berikut ya resep sederhana ala roomvi

Pisang Limpung Panda
Ala Roomvi
Bahan:
10 sdm tepung terigu
1 buah Pisang Tanduk
3/4 sdm gula
1/2 sdt garam
12-15 sdm air
1 te…