Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2017

Pentol Ala Jatim

Assalamualaikum,

Late post ya, temen kantor sebenernya lama pingin makan pentol ala ala jatim, jadi seperti cilok yang kerasa dagingnya.udah browsing sana sini nemulah resepnya mba Arfi cookpad
Pentol ala Jatim
250 gr daging sapi giling 150 gr tepung Aci /tapioka 5 siung bawang putih 3 sdt merica 2 sdt garam secukupnya air untuk rebusan sesuai selera saos dan kecap utk cocolan  Cara membuat : Haluskan bawang putih beserta merica dan garam. (Kalo saya diblender) Campur bumbu halus dengan daging giling. Uleni sampai bumbu merata,tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Sebetulnya utk pemberian tepung tapioka bisa sesuai selera yah,makin banyak nanti hasilnya makin kenyal. Mulai cetak adonan berbentuk bulat seperti bakso atau sesuai selera,kalo saya kadang pake isian keju leleh biar lebih istimewa hehehe. kemudian sambil dimasukkan ke Air rebusan yang sedang mendidih Rebus pentol hingg…

Godog Gedang

Assalamualaikum
Weekend saya hari ini di rumah saja 😅 bersih bersih rumah sambil menyelesaikan setrika an. Maklum yang punya rumah jarang banget punya mood bersih bersih hihi. Pagi ini sembari bersih bersih sambil bikin godog gedang ala ala saya. Pisang nya pakai pisang uli. Pisang ini hampir mirip dengan pisang kayu. Meski ada sedikit perbedaan tapi bisa ngobatin kangen makan pisang kayu favorit saya 😂😂
Godog Gedang
250 great tepung protein tinggi
1/2 sdt garam
2 sdm susu cair
1/2 sdt fermipan
1/4 sdt soda kue
1 butir telur
7 pisang uli yang sudah dikukus lalu lumatkan
Air hangat secukupnya
Cara membuat
Campur semua bahan jadi satu
Diamkan adonan selama setengah jam
Goreng di minyak yang sudah dipanaskan
Ambil adonan dengan menggunakan sendok ice cream dan goreng hingga kecoklatan
Sajikan selagi hangat

Iwel Iwel

Assalamualaikum

Iwel iwel namanya kalau di Jawa Timur, sengaja bikin kue kue yang pakai daun, soalnya kalap liat banyak daun seger di kampung 😂😂
Iwel - iwel
Resep ibu setyani pujiastuti
Bahan Yang Disiapkan Untuk Membuat Iwel-Iwel :
- 500 gram tepung ketan
- 1 butir kelapa muda (dikupas dan diparut)
- 1/2 sendok garam

Bahan Tambahan :
-  150 gram gula merah (gula jawa) Cincang halus untuk isi
- daun pisang dan lidi
-

Cara Membuat :
1. Campurkan semua bahan seperti tepung ketan, garam dan kelapa muda. aduk hingga rata.
2. jika sudah ambil 2-3 sendok adonan lalu letakan di atas daun pisang dan isi dengan gula merah secukupnya dan bungkus.
3.setelah semua telah dibungkus, lalu masukkan kedalam kukusan, dan kukus selama 30 menit hingga matang.

Gimbal Jagung

Assalamualaikum,

salah satu gorengan yang menjadi favorit saya dari semenjak kecil yaitu gimbal jagung, nikmat banget apalagi ibu membuat sayur bayam plus sambel hmm..lengkap sudah makan siang panas-panas sepulang sekolah menyantap masakan ibu.

Masakan ibu memang selalu melekat di hati anak anak nya ^_^, apapun yang dibuat ibu selalu enak disantap, saat udah berumah tangga seperti ini saya selalu kangen masakan ibu, maklum jauh merantau dari kampung halaman :D
Gimbal Jagung Bahan :
Bahan di Blender : 2 buah jagung manis 5 siung bawang merah 2 buah cabe rawit 1 ruas kencur 2-3 lembar daun jeruk purut 1/2 sdt garam 1 sdt gula 1/2 sdt ketumbar Bahan Lainnya : 2-3 sdm tepung terigu secukupnya minyak goreng  Cara Membuat : Blender sampai halus bahan yang diblender (ini sesuai selera ada yang suka halus atau campuran halus dan beberapa dipip

Muffin Labu

Assalamualaikum,

Minggu kemarin sengaja bikin muffin labu dari labu butternut, lumayan lebih mahal dari labu labu biasa yang saya beli, abis pingin liat mpasi mba azza mam labu ini kok telap telep hahaha..ternyata rasanya enak, kalau aku sih doyan labu biasa doyan, yang jenis ini juga doyan :D hahaha...

Resep muffin dari mba puji ini ngak terlalu manis jadi saya suka, saya hanya menambahkan keju diatas muffin ini, jadi rasanya lebih gurih ^_^, monggo yang mau mencoba, saya tuliskan kembali resepnya

Muffin Labu 
@pujihamzah
1 butir telur
75 gram margarin
5 sdm gula pasir
100 gram labu, kukus dan haluskan
1,5 cup tepung terigu serbaguna
1/2 cup susu cair
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1 sdt essens vanilla
Panaskan oven di suhu 190°
Campur tepung, baking powder, soda kue dan garam, sisihkan.
Kocok margarin dan gula sampai tercampur saja dengan whisker (saya pake mixer)
Masukkan puree labu, kocok lagi.
Masukkan campuran tepung bergantian dengan susu cair.
Aduk sebentar saja, jangan ov…

BAVARIAN DONUTS

Assalamualaikum,

Baru sempet nulis ulang resep bavarian donut, sumber @Mbaiyya, saya suka sekali mencoba berbagai resep donut dan jatuh cinta sama resep ini, meski nggak pakai kentang dijamin deh dalemnya lembuut banget dan chrispy di luar. Jadinya gendut-gendut :D.

Kalau saya bikin biasanya nggak pakai creamnya, ditaburaja dengan sedikit gulahalus, masyaallah enak banget buat sarapan pagi. Apalagi makannya anget anget gitu ya hihihihi... oke deh langsung aja ya berikut copy resepnya, silahkan dicoba ^_^

BAVARIAN DONUTS
by @Mbaiyya

Bahan:
235gr tepung cakra
75gr segitiga biru
30gr gula pasir
4gr ragi instan
1 butir telur
120-140gr whip cream+susu cair (30gr whip cream cair+100ml susu cair)
30gr butter
3gr garam halus
Taburan: donat icing

Cara:
Campur terigu+gula+ragi instan. Masukkan telur+whip cream, aduk rata. Masukkan susu perlahan, aduk rata. Jgn ampe kelembekan, hentikan susu bila dirasa sdh cukup.
Uleni hingga kalis. Masukkan butter+garam. Mixer/uleni lagi hingga kalis elasti…

Kecipir Keju

Assalamualaikum
Mau ikutan setor @baking_bareng untuk tema #bakingbareng19_berasketan, olahan beras ketan nya saya coba praktek bikin kecipir keju 😊😂. Lumayan olahraga jempol sama sauna depan kompor, hihihi
Kecipir Keju
Bahan
250 tepung ketan
3 telur
1/2 sdt garam
1 sdm margarin
50 gram keju
Cara Membuat :

Kocok telursampai berbusa kental,
lalu masukkan semua bahan ,aduk sampe rata,
Tambah sedikit air kalau adonan keras
cetak dalam minyak dingin,
Lalu goreng menggunakan api kecil.
Angkat jika sudah kecoklatan
Siap disajikan
#roomvi2017
#doyanbaking
#berbagiresep
#kecipirkeju
#cemilanenak

Alhamdulillah masuk grid :D

Cake Coklat Kukus

Assalamualaikum,

Late post nih,belum sempet nulis ulang resep buat disimpen, sewaktu watu butuh tinggal buka :D. Resep yang saya praktekkan kali ini cake coklat kukus dari JTT, enak sih tapi coklat saya sepertinya terlalu hitam :D, kalau rasanya sih enak

Berikut saya tulis ulang resepnya :
Bahan cake:
- 170 gram mentega/margarine - 150 gram gula halus (blender gula pasir hingga menjadi tepung) - 200 ml susu cair(anda bisa pakai susu kotak UHT, susu kental manis atau susu bubuk yang dicairkan dengan air. Yang penting susu berbentuk cair, coklat atau putih semua bisa) - 2 butir telur ayam, kocok lepas dengan menggunakan garpu - 110 gram tepung terigu protein rendah atau serba guna (mis. Segitiga Biru atau Kunci Biru) - 50 - 60 gram coklat bubuk, gunakan kualitas yang baik agar cake berwarna gelap dengan rasa nendang dan tidak pahit. Saya pakai merk Bensdorp. - 1/4 sendok teh baking soda (resep asli 1/2 sendok teh), jika tidak pakai BS ganti dengan 1/4 sendok teh baking powder - 1 sendok…

Widaran Keju Renyah

Assalamualaikum,

Salah satu hasil kegiatan pulang kampung yaitu bikin widaran keju bareng sama adik sepupu dan keponakan, yang maunya ikut ikutan tantenya hihihi..sambil dibuat mainan :D
Pernah bebrapa kali bikin widaran keju ini mulai dari pakai tepung ketan, tepung kanji dan kali ini pakai resepnya teh nenis pakai tepung sagu. seperti kata teh nenis rasanya renyah banget, enak.Menurut saya lebih enak dan kres daripada pakai tepung kanji ataupun tepung ketan.

Kalau bikin rame rame nggak kerasa banget, tapi kalau bikin sendiri lama hihihi...punggung yang nggak kuat. Berhubung dibantuin jadinya cepet selesai.

Widara Keju
Sumber : Teh Nenis
Recook by Vira
Bahan :
500 gr tepung sagu
1 bungkus keju
5 butir telur
secukupnya garam/kaldu bubuk
sedikit air bila masih terlalu keras adonannya

Cara Membuat :
Uleni semua bahan jadi satu
Pilin sedikit adonandalam minyak dingin
Goreng widaran sampai kecoklatan


Jenang Grendul

Assalamualaikum,

I 'm back hihi, biasa karena libur lebaran banyak nganggur daripada tidur terus, saya mengisi kegiatan bikin-bikin alias praktek sajian sajian tradisional saja bersama sepupu dan ibu tercinta ^_^.
Sajian khas favorit keluarga kami yaitu jenang grendul, sajian ini biasanya menjadi menu spasial di rumah si mbah pas lagi lebaran, karena si mbah nggak ada ya jadinya nggak pernah ada deh jenang grendul. Biasanya kalau sekali bikin si jenang ini bisa beberapa panci gede, maklum lah ya banyak banget orang nya, dan habis tak bersisa hihihi...
Saya sudah mencoba beberapa kali dari yang butiran jenang nya di didihkan dulu di air biasa sampai matang baru dicemplungin ke air gula merah,hasilnya kurang oke sih menurut saya. Dan kali ini berhasil, si bulatan jenangnya dimasukkan ke air gula jawa sampai menyusut, baru deh ditambah larutan tepung ketan, hasilnya menurut saya lebih cantik^_^.

yuk yang mau buat
Bubur Candil Ketan
Sumber : mba Diah Didi
Bahan bola bola candil :
100…

Cantik Manis

Assalamualaikum,
Ceritanya waktu mudik kemaren belanja tepung hunkwe di supermarket, nah ada beberapa warna kuning, hijau, merah, coklat dan putih. Saya mengira sama aja, soalnya pernah beli yg warna coklat di sini tuh tepung nya tetep warna putih. Nah saya ambil hunkwe yang bungkus nya kuning dan ketika dimasak taraaa warna cantik manis ku jadi kuning 😂😂😂
CANTIK MANIS
Sumber : sajian sedap
Bahan:
70 gram tepung hunkwe 
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa 
2 lembar daun pandan, diikat simpul
1/2 sendok teh garam 
120 gram gula pasir 
1/8 sendok teh vanili bubuk 
10 gram sagu mutiara putih dan pewarna hijau, direbus
10 gram sagu mutiara putih dan pewarna merah, direbus

Cara membuat:

Larutkan tepung hunkwe di dalam 250 ml santan (dari 500 ml santan). Sisihkan.Rebus sisa santan, daun pandan, garam, gula pasir, dan vanili bubuk sambil diaduk sampai mendidih.Tuang larutan tepung hunkwe. Aduk rata. Masak lagi sambil diaduk sampai meletup-letup. Angkat. Masukkan sagu mutiara. Aduk sampai sag…