Powered by Blogger.
RSS

Lumpia Kare Bihun Superior






Ini setoran ketiga kalinya untuk tantangan jagung superior, hubby ku sepertinya suka :), kalau masak aneh-aneh hubby ku tidak suka, jadi klo masak aneh2 cuman dapet capeknya aja hahahaha...

Resep kali ini simple2 aja ya tapi alhamdulillah habis. xixixixi..senangnya #lebaynya kumat :D
 Berikut resepnya :
Lumpia kare Bihun Superior
oleh Vira
Bahan-Bahan
  • Bihun Jagung Superior, masukkan di air mendidih selama 4 menit dan tiriskan, potong-potong100 gram
  • Bawang Putih, cincang3 siung
  • bumbu karesecukupnya
  • Garamsecukupnya
  • Minyak Wijensecukupnya
  • Telur Ayam, satu untuk di tumisan bihun satu sebagai perekat2 butir
  • Kulit Lumpia, satu untuk di tumisan bihun satu sebagai perekat


Cara Membuat :
1.tumis bawang putih hingga layu, masukkan telur dan orak arik
2.masukkan bumbu kare dan garam, kemudian masukkan bihun
3.setelah bihun tercampur rata, masukkan minya wijen dan aduk kembali. Cicipi rasanya, jika dirasa pas angkat
4.siapkan kulit lumpia, isikan bihun di dalamnya, rekatkan dengan kuning telur. Lakukan sampai habis
5.panaskan minyak goreng dan goreng lumpia hingga habis. sajikan dengan menggunakan saus ataupun cabe hijau ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kering Bihun Superior






Masih di tantangan di dapur masak even memasak bihun superior ini, ada kepikiran bikin yg kering saja, sekalian nanti buat isian nasi box untuk syarat pindahan rumah. Udah kebayang nih capeknya hihihi.. tapi tetep semangat ya mau nempatin rumah baru :D

Resepnya dari Tabloid Sedap, aku nyontek di blognya mb Hesti makasih mbak, cuman yg ini aku bikinnya nggak pake dendeng xixixi, yang simple saja.hmm enak bumbunya, kaya akan rempah. cocok kalau bikin kering yang lainnya pakai resep ini saja :).

Resepnya aku tuliskan lagi ya
Kering Bihun Campur
Sumber Majalah Sedap Modifed by Vira
Bahan : 
- Bihun Jagung Superior100 gram
- Kacang Tanah100 gram
- Lengkuas secukupnya
- Daun Jeruk, kalau punya daun jeruk banyak bisa ditambahkan 2 lembar daun jeruknya lagi1 lembar
- Gula Merah30 gram
- Garam1 sendok teh
- air asam jawa1 sendok makan
- Bawang Merah, digoreng secukupnya secukupnya
- Gula Pasirsecukupnya
- Minyak Goreng, untuk menggoreng dan menumis secukupnya
- Cabai (Cabe), haluskan3 buah
- Bawang Putih, haluskan3 buah
- Ketumbar, bubuk1 sendok teh
 
Cara Membuat :
1.Goreng Bihun di dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai mekar dan kering, angkat dan sisihkan.
2.Goreng kacang tanah hingga matang, angkat dan sisihkan
3Tumis bumbu halus,lengkuas,daun jeruk sampai harum
4.Masukkan gula merah, garam, gula pasir dan air asam. masak hingga kental
5.Tambahkan bihun kering dan kacang goreng.aduk sampai semua berbalut dengan bumbu
6.Tambahkan bawang goreng dan aduk rata kembali. Siap dihidangkan ^^, atau dinginkan dan masukkan 7.kedalam wadah kedap udara.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Widaran Keju atau Telur Gabus






Udah hampir menginjak hari-hari puasa dan mulailah searching-searching cemilan-cemilan praktis untuk ibukku di Banyuwangi. kepikiran bikin widaran keju, soalnya bapak ibukku sukanya yang gurih-gurih, nah ketemulah resepnya Mbak hesti, langsung deh malem-malem eksekusi, karena di komennya mbak hesti katanya kurang ngeju akhirnya kejunya aku tambah saja sekalian ngabisin stok. aku cuman bikin setengah resep. hmm rasanya kurang renyah karena aku cuman telur satu xixixixi.. harusnya dua kali ya.
berikut aku tuliskan lagi resepnya
aslinya bisa dilihat disini
 



Bahan :
3 butir telur
25 ml air
1 ¼ sdt garam
150 gr tepung sagu tani
75 gr maizena
50 gr tepung protein sedang
100 gr keju parut
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
1.       Kocok telur lepas, air dan garam sampai rata
2.       Tuang ke campuran tepung sagu, terigu dan maizena yang sudah diayak. Aduk rata
3.       Masukkan keju parut.aduk rata dengan tangan
4.       Pilin kecil lalu masukkan ke dalam wajan berisi minyak dingin.lakukan sampai lumayan banyak
5.       Nyalakan api sedang.goreng sampai kering dan matang. Angkat dan tiriskan minyaknya.
6.       Hilangkan uap panasnya dan taruh di wadah kedap udara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Roti Kepang #Roti edisi 1




Mencari kesibukan di hari jumat, ya biasa buka-buka blog Mb diah dan menemukan resep roti pisang kepang goreng, langsung deh penasaran. daripada nggak bisa tidur akhirnya cobain juga xixixixi...
dari beberapa goreng ternyata hasilnya kurang cantik karena aku pakai minyaknya sedikit, nah kepikiran di oven saja dan taraaa...cantik hasilnya, keponakan juga suka senengnya, aku juga suka hahaha...*penggemar roti-rotian sih.kalau suami nggak suka sama roti jadi ya di diemin aja nggak dimakan hihihi...
resep asli bisa dilihat  di sini lengkap dengan step by stepnya terimakasih ya mbak Diah ^^


resepnya aku tuliskan lagi ya..

Roti Kepang Pisang
By Diah Didi

Bahan :
Tepung terigu protein tinggi 250 gr
Gula pasiir 30 grGaram ½ sdt
Susu cair 125 ml
Ragi Instan 2 sdt
Kuning Telur 2 butir, kocok lepas



Bahan Isi : Pisang kapok atau Raja 10 buah

Cara membuat :
Campur semua bahan kering, aduk rata
Buat lubang seperti sumur di tengah adonan
Masukkan kuning telur di tengah lubang
Tuangi susu cair sambil di uleni hingga rata
Tambahkan margarine dan garam, uleni lagi hingga kalis.
Diamkan adonan selama 45 menit
Buang gas dalam adonan, bulatkan kecil-kecil jadi 10 buah
Diamkan kembali 10-15 menit. Pipihkan dan kerat kedua sisinya
Isi dengan pisang, pilin seperti kepang, lalu goring atau oles dengan kuning telur dan susu masukkan ke oven
Sajikan ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior




untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung, dibagi ke pokanakan dan temen, eh ponakan ku rebutan sama ayah dan bundanya, request minta dibikinin lagi atee , hihihi siyap nak akan dibikin lagi sesi berikutnya :D

berikut ya resepnya
Kue Rumput Laut
Porsi: 8 orang
 Waktu Masak: 40 menit

 Bahan-Bahan

  • Bihun Jagung Superior200 gram
  • Santan230 ml
  • Gula Pasir160 gram
  • Tepung tapioka5 sendok makan
  • kelapa parut, kupas bersih dan parutsecukupnya
  • Garamsecukupnya
  • pasta pandan1 sendok makan
  •  Cara Membuat

    1.rebus air sampai mendidih dan masukkan bihun, rebus satu menit (sesuai petunjuk dalam kemasan)
    2.angkat dan tiriskan, potong-potong bihunagar tidak kepanjangan
    3.masak santan dan gula
    4.tambahkangaram secukupnya, masak hingga mendidih
    5.setelah mendidih, masukkan pasta pandan, campur rata
    6.masukkan bihun superior, kemudian tunggu sampai mendidih kembali, angkat
    7.masukkan seta aduk cepat tepung tapioka, aduk sampai rata
    8.olesi cetakan putri ayu dengan minyak goreng
    9.masukkan 1 sdt kelapa parut kedalam cetakan, ditekan-tekan sedikit
    10.masukkan adonan bihun, ratakan
    11.kukus dalam dandang yang telah dipanaskan terlebih dahulu dan kukus selama kira-kira 20 menit
    12.setelah 20 menit angkat dan keluarkan dari cetakan, sajikan ^^
    Note :
    Jika tidak suka manis maka kurangi saja ya porsi gulanya :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

cake Tape keju


Dari dulu pingin bikin yang berbau-bau keju, akhirnya kesampaian juga nih bikin cake tape keju dari resep bu Fatmah, terimakasih ya bu,enak sekali cakenya, beda sama proll tape yang terasa masih basah, yang ini aku suka.sayang sekali aku hanya bikin setengah resep jadinya kurang tinggi :), lai kali mau coba bikin lagi 

resepnya saya tuliskan lagi ya :
Cake Tape keju
Resep by Fatmah Bahalwan (NCC)

Bahan :

8 btr kuning telur
6 btr putih telur
250 gr margarin
250 gr gula kastor
250 gr tepung terigu
400 gr tape singkong haluskan
3 sdm susu kental manis
50 gr keju Cheddar parut.

Cara Membuat:

  • Kocok margarine dan gula kastor hingga pucat dan mengembang, masukkan kuning telur satupersatu, kocok terus hingga tercampur benar.
  • Masukkan tape halus yg sudah dicampur dengan susu kental manis, aduk rata. Lalu tuangkan pula terigu.
  • Kocok putih telur hingga kaku, masukkan kedalam adonan tape, aduk rata. Tuang juga sebagian keju, ratakan.
  • Tuang adonan kedalam loyang, taburi atasnya dengan sisa keju, panggang dalam oven +/- 45 menit, hingga matang.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

OMURICE


Senangnya bergabung di grup dapurmasak banyak ide memasak di daur, salah satunya omurice ini. Jadi inget dulu pas kerja di pasuruan suka banget beli ini sama teteh, tapi namanya apa ya lupa nasi goreng thailand klo gak salah. Dulu juga gak kepikiran kalau ternyata caranya pake mangkuk nyetaknya hihihi..
resepnya bisa dilihat di sini

bikinnya aku masih belum rapi, tapi terus semangat belajar :D...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Arem-Arem Telur




Antara Arem-Arem, Kare dan Opor nih mirip-mirip ya.xixixi..
kali ini bikin arem-arem telur sama tempe saja, malem-malem, ternyata hmm enak juga #narsisnya kumat hahaha...

Resepnya ala ibuku
Bahan-Bahan :
Telur 4 butir rebus dan buang kulitnya
Tempe kebetulan adanya setengah dari 1 butir utuh tempe, goreng sebentar
sere 1 batang geprek
laos secukupnya
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 2 siung haluskan
Cabe Merah 2 batang haluskan
Kunyit bubuk secukupnya
Ketumbar bubuk secukupnya
Kemiri secukupnya
Daun salam 2 lembar
Merica bubuk secukupnya
Garam dan gula secukupnya
Sun Kara 500 ml

 Cara Membuat :
1. Tumis  Bawang merah, putih, cabe merah, kemiri yang sudah dihaluskan sampai wangi.(aku suka sampai agak kering)
2. lalu masukkan kunyit, ketumbar dan merica bubuk, daun salam, sereh, laos, garam dan gula. Lalu masukkan telur dan tempe dan beri sedikit air.
3.Setelah itu masukkan sun kara aduk hingga mendidih. cicipi bila ada bumbu yang kurang tambahkan hingga rasa dirasa pas. Masukkan cabe rawit bila suka.
4. Siap dihidangkan :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Siomay " Yeiii akhirnya bisa bikin sendiri "





Hari itu huby lagi ngidam siomay,  tapi ternyata lagi nggak ada yang jualan. hmmm...akhirnya beli di sebuah resto dan waaa harganya lumayan mahal. Akhirnya membulatkan tekad untuk membuat Siomay sendiri di rumah, cek blog walking nemu resepnya bu Endang, dan di dapurmasak nemu resepnya mb Liza dan tara..hasilnya lumayan banyak, dan bisa juga pengiritan, hihi..sepertinya hubby juga doyan.

Oke meskipun bentuknya masih tidak bagus, next harus tetep semangat belajar dan belajar memasak :D..lebay ya hahaha...

Resepnya sebagai berikut :

Bahan isi:
by Ibu Endang-Just Try & Taste
- 100 gram daging ayam cincang, saya menggunakan bagian dada
- 100 gram udang, buang kepala dan kulit, cincang
- 200 gram ikan tuna, cincang (saya memakai ikan tengiri)
- 3 sendok makan tepung tapioka
- 1 butir telur
- 100 ml air

Bumbu:
- 1 sendok teh soy sauce (saya tidak pakai)
- 1/2 sendok teh saus tiram
- 1 sendok teh kecap ikan
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 2 siung bawang merah, parut
- 1 1/2 siung bawang putih, parut
- 1 1/2 sendok makan ebi kering, rendam air panas (saya tidak pakai)
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh jahe parut
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh garam

Saus kacang:
- 200 gram kacang tanah, goreng, tiriskan
- 3 buah cabai rawit
- 3 buah cabai merah keriting
- 3 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 2 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 300 ml air
- 1 sendok makan minyak untuk menumis 


Cara membuat:
Masukkan semua bahan isi siomay dan bumbu ke dalam mangkuk, aduk rata. 

Siapkan blender, masukkan adonan ke dalam blender, tambahkan air dan proses hingga lembut. Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, cicipi rasanya.masukkan ke kulit pangsit dan kukus hingga matang ^^


Cara membuat saus kacang:
Panaskan wajan, beri minyak, tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang. Angkat.

Haluskan kacang goreng dan bumbu tumis, tuangkan ke dalam panci kecil, tambahkan air, garam, gula, kaldu bubuk dan kecap manis. Masak hingga mendidih dan mengental. Cicipi rasanya. Angkat.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KUE LUMPUR








weekend, sibuk mikiri bikin kue apa buat pak tukang, kebetulan ada niatan bikin kue lumpur sejak lama, tapi tidak menemukan pandannya, jkt susah kalau mau cari yang gini-gini. harusnya ada ya di pasar tradisional atau fresh market xixixixi...

kebetulan dapetnya malah di hari-hari, cetakannya dapet dari mami yang dipaketin dari Banyuwangi hahaha..jauh ya jalan-jalan itu si cetakan lumpur.

akhirnya membulatkan semangat untuk membuat si kue yang hmm...aku suka :D
dan ternyata si hubby bilang enaak :D horeee...terimakasih ya bu Fat resepnya.

cuman ada bolong-bolong di permukaan lumpurnya, sepertinya aku mengocok telur dan gulanya terlalu lama, jadinya berbusa dan bikin gak bagus permukaannya.

belum juga beli sutil nih, jadinya ngangkatnya susah dari cetakannya hiks :(, meski begitu rasanya enak xixixixi...terus praktek lagi biar semakin bisa bikin kue lumpur yang bagus hahaha...#semangat :D

KUE LUMPUR
by : Fatmah Bahalwan
Bahan:
500 gr gula pasir
500 gr tepung terigu
1 kg kentang, kukus dan haluskan
200 gr margarine, lelehkan
5 btr kuning telur
4 btr putih telur
1 ltr santan
1 sdt vanilli
1 sdt garam
200 gr kismis, untuk taburan
Cara membuat:
  1. Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang (tidak perlu naik), masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
  2. Tuangi santan, aduk rata, masukkan kentang halus dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata.
  3. Terakhir, taung mentega leleh, aduk rata.
  4. Panaskan cetakan kue lumpur, poles mentega, tuangi adonan hingga ¾ penuh, tutup, biarkan setengah matang taburi kismis, tutup lagi, biarkan sampai matang. Angkat. Variasi taburan lain bisa menggunakan parutan keju, irisan nangka, coklat mesis, dll

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ROTI TUNA SAUS MAYO

hujan lebat, kilat dan angin, hmmm...alhamdulillah untungnya sudah sampai di rumah dan cucian sudah kering. nggak bisa keluar dan belum masak lagi aduuh tepok jidat #hihihi lebay ya.

akhirnya inget kalau ada resep dari teman di dapur masak mb Melia, cek stock sepertinya semuanya sudah tersedia, tepung cakra, keju, tuna, mayones. yuk pakai lengan aja ngueninya, sambil nonton MCI di RCTI hhihihihi..nggak kerasa udah kalis.

sayangnya aku nggak bisa membuat bentuk rotinya bagus seperti punya mb Melia hihihi...harus banyak-banyak latian nih. padahal empuk banget rotinya enak, terimakasih ya mb sudah sharing resep :)
akhirnya di adinan yang kedua aku bikin bentuk pizza saja jadinya lebih bagus hihihi...
berikut resepnya bisa dilihat disini
dan ini lah penampakannya hasil nguplek di dapur hihihi jelek kan ya rotinya buatanku malu tutup muka :D












  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Balado Terong


Senangnya bergabung di DM, jadi banyak inspirasi untuk memasak harian :)
kali ini pingin masak sendiri mumpung ada hubby di rumah, senangnya dapur bisa beroprasi kembali.
sayur terong saja untuk menu hari ini, dan resepnya dapat dari Mbak Karadefin makasih ya mbak resepnya :) dan berhubung lagi dilanda malas menulis, silahkan lihat resepnya disini

hmm.. memang masakan rumah itu lebih sehat ya, karena bahan-bahan dan kebersihannya adalah dari diri sendiri :D...
temen kantor juga udah mulai membawa bekal jadi semangat untuk memasak dan membaawa bekal ke kantor :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ayam Saus Inggris


Beli ayamnya utuh dan dibagi 12 sama masnya, na karena masih penasaran cobain resepnya mb inggried temen di Dapur Masak, akhirnya beberapa ayam aku buat Ayam Saus Inggris, resepnya bisa diliat di sini

Resep ini andalan dikala malas memasak, betul sekali testimony mb Inggried di awal resep, benar-benar praktis dan tidak merepotkan dengan banyak bumbu. dan taraaa akhirnya bekal makan ke kantor dengan ayam saus inggris ini hihihi...:D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ayam Goreng Krispy






Tanya ke Hubby Pingin Ayam dimasak bumbu bali apa saus Inggris, jawabnya Ayam goreng krispy xixixi..hubby ku memang sukanya yang goreng-gorengan. Pikir-pikir nggak baik juga memaksakan masak yang tidak disukai hubby, kan tujuanku masak ya masakin hubby hihihi...lebay.

Akhirnya putar haluan dari yang pingin ayam bumbu bali jadi bikin ayam goreng krispy aja. Resepnya sama dengan yang aku buat untuk pelapis jamur kriuk, karena udah cocok sama kriuknya dan rasanya. sayang masih belum bisa bikin keritingnya, hmm..kurang telaten aja sih, harusnya dua kali celup ke telur nanti jadinya akan sebagus keriting ayam goreng yang dijual-jual heeee...masaknya malem sih udah capek jadi kurang maksimal #alesyaaan ya..hihihi :D

keliatannya sih enak, tapi nggak tau lagi hubby belum komen apa-apa :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nuget yummy



Nuget itu bisa dikatakan makanan kesukaan hubby ku, eh tapi hubby biasa bilang makan sama tempe dan kecap aja suka kok, xixixixi...memang saya sangat bersyukur punya suami yang nggak pilih-pilih makanan, rajin bersih-bersih tapi tidak rajin menabung hiihihihihi...#peace ya hubby :)

sebetulnya bikin masakan atau makanan kesukaan hubby bikin semangat ngedapur, dulu pernah bikin cuman rasanya masih kurang mirip dengan yang dijual-jual hihihi, mungkin pake bahan kimia kali ya yg bikin jadi kenyal. nah kali ini di dapur masak bu Taty ada posting nuget sayur, ditambah lagi bu endang ada juga postingan tentang nuget, akhirnya menyingsingkan lengan dan buat nuget dulu xixixixi...

Nugget Ayam dengan Wortel


Bahan & Bumbu:
- 400 gram daging ayam cincang
- 1/2 buah wortel serut kasar
- 1/2 buah bawang bombay, serut kasar
- 3 buah bawang putih, parut atau haluskan
- 2 butir telur
- 2 sendok makan tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji bisa juga menggunakan tepung maizena
- 1 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam - 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu ayam bubuk (optional)
- 1 sendok makan kecap ikan (fish sauce)
- 4 sendok makan tepung panir, bisa diganti dengan oatmeal instan
- 5 sendok makan mayonaise

Untuk lapisan permukaannya:
- 2 butir telur, kocok lepas
- tepung panir secukupnya

Cara membuat:
Siapkan loyang, pastikan ukuran loyang anda pas dengan dandang kukusan yang anda miliki, karena nantinya adonan akan kita kukus. Alasi permukaan loyang dengan kertas minyak/kertas baking, olesi permukaan kertas dan bagian samping loyang dengan minyak. Sisihkan.
Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan nugget, aduk rata dengan spatula. 
Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah kita siapkan, ratakan permukaannya agar smooth. Kukus adonan selama 25 - 30 menit hingga benar-benar matang. Adonan yang kurang matang akan lembek dan sulit dipotong. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS