Powered by Blogger.
RSS

Browkus Keju #ngejuuu ^^

 
Berawal dari niat bantuin temen untuk acara di yasinan buleknya xixixixi...salah satunya ya brokus keju ini, dan satu lagi chocholate cake pan, nah pas narsis masang di DP bbm, akhirnya bermunculanlah orderan selanjutnya xixixi..alhamdulillah.setelah itu ada lagi hari ini yang order :), komen yang pertama udah abis mbak dalam waktu kurang dari satu jam, ada juga sepupunya yang disembunyiin buat sarapan besok hahaha... nah yg order hari ini komen enak banget masih ada stock lagi enggak, terus bilang juga pasti nanti anak ku suka, padahal yang order ke dua ini menurutku kurang sempurna, mau aku bikin in lagi kue permintaan maaf eh malah bilangnya enggak usah mb kuenya enak banget hihihihi..alhamdulillah.
 
sebetulnya bukan berniat jualan kue, tapi seneng aja bikin sebuah kue, meski begitu cobain resep bingung mau dikemanain sisanya, akhirnya ya bagi-bagi ke temen kantor, ehh ternyata banyak yg suka, dan berakhirlah dengan pesen kue ke aku hahahaha..
meski belum pernah nyobain tapi dari baunya aja udah ngejuuu banget deh pokoknya, pantes bagi penggemar keju akan suka dengan kue ini :D
 

aku dapet resepnya dari blognya mb Nina, makasih mbak ya, ijin share lagi di sini resepnya.
BROWNIES KUKUS KEJU

Bahan A :
2 butir telur utuh
2 butir kuning telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla
1/2 sdm emulsifier
1/4 sdt garam
Bahan B :
75 gr tepung terigu protein sedang
25 gr susu bubuk full cream
20 gr maizena
1/2 sdt baking powder
(campur dan ayak seluruh bahan ini)
Bahan C :
25 gr butter
85 ml minyak sayur kualitas baik
Bahan D :
50 gr keju cheddar potong dadu
(beri taburan terigu)
Cara Membuat :
- Panaskan kukusan hingga beruap banyak
- Siapkan loyang 30x10x3 cm (aku pakai loyang oval), oles tipis margarin, alasi kertas roti dan oles tipis kembali. Sisihkan.
- Kocok bahan A (kecuali garam) hingga mengembang dan kental berjejak. Tambahkan garam, kocok lagi sebentar.
- Masukkan bahan B ke bahan A, aduk rata.
- Tambahkan keju cheddar, aduk rata.
- Masukkan campuran butter dan minyak. Aduk balik hingga tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang, dan hentakkan loyang untuk mengeluarkan udara yang ada dalam adonan.
- Kukus dengan api sedang selama 30-45 menit hingga matang.
- Keluarkan dari loyang dan dinginkan di atas cooling rack.
- Siap dihias sesuai selera.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pok Coy Siram


Mumpung ada hubby nih, masak-masak ahhh..xixixixi, daripada jajan di luar. sayangnya pasarnya jauh banget dari rumah, yah kalau mau beli apa-apa yg bagus harus ke giant, meski nggak terlalu jauh-jauh amat ya harus naik angkot juga hiiihihi, untung ada temen yang ke Giant jadi nitip aja :D

resepnya aku nyontek dari temen di dapurmasak, bu Emma makasih ya resepnya.
setidaknya hubby mau makan sayur daripada bakso-bakso teruus #kesukaannya siy hihihi :p
resepnya sederhana,praktis dan yang pasti menyehatkan.

Berikut ini resepnya ya..
Sayuran PokCaoy4 batang
Saus Tiram2 sendok makan
Kecap Manis1 sendok makan
Tepung Maizena1 sendok teh
Bawang Bombaysecukupnya
Bawang Putih2 siung
Bawang Merah2 siung
Lada (Merica)secukupnya
Garamsecukupnya
Gula Pasirsecukupnya

tambahan dari vira pakai jamur shinji *tetep penyuka jamur ini :D
 
Cara membuat :
1.Cuci bersih sayuran Pok Coy diair mengalir biarkan utuh jangan dipotong ( Tapi sesuai lesera kalau saya lebih suka utuh jadi lebih menarik saat dihidangkan.
2.Didihkan air kurang lebih satu liter atau secukupnya . setelah mendidih bubuhi garam sedikit lalu rebus sayuran sebentar aja kurang lebih 5 menit . angkat dan siram dengan air dingin tiriskan.
3.etelah sayuran sdh siap, cincang bawang putih , bawang merah, iris kasar bawang bombay, tumis dengan sedikit minyak setelah harum tambahkan saos tiram dan sedikit mazena yg sdh dicairkan dengan air.
4.Setelah saos sudah matang siramkan diatas sayuran Pok Coy .santaplah saat masih panas

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Empek-Empek Dos


lagi-lagi jadi ibu RT yang galau, karena hubby lagi tugas luar kota xixixi. nggak pernah masak di dapur, tapi setelah liat postingan temen di dapur masak dan  ibu Endang seperti biasa bikin ngiler dan penasaran pingin bisa bikin empek-empek, dan di situ lengkap sekali step-stepnya hihihi...senengnya, langsung deh pulang ngantor langsung deh praktek.

rasanya sih menurutku lumayan, secara kan nggak ada ikannya hihihi, nanti akan bikin yg pake ikan, pas hubby datang dan nyicip ternyata dia nggak suka karena nggak ada rasa ikan katanya hahaha...baiklah lain kali nyobain yang ada rasa ikannya :D


 saya tuliskan lagi ya resepnya :
Pempek Dos: Pempek tanpa ikan

Bahan: - 250 ml air - 2 sendok teh garam - 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk - 125 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru) - 2 butir telur - 200 gram tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji/tepung kentang (potato starch)
Isi: 4 butir telur, kocok lepas
Saus cuko: - 200 gram gula merah - 100 gram gula pasir - 500 ml air - 3 sendok makan cuka atau 100 ml air asam Jawa
Bumbu yang dihaluskan untuk saus: - 8 siung bawang putih - 5 cabai rawit merah - 3 cabai merah keriting - 1 1/2 sendok makan ebi kering - 1/2 sendok makan garam

 
 

Cara Membuat :

Siapkan panci kecil, masukkan air, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga air mendidih, aduk hingga bahan larut. Kecilkan api kompor, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit menggunakan tangan kiri sementara tangan kanan mengaduk cepat dengan menggunakan spatula. Sebaiknya jangan menggunakan spatula balon seperti yang saya lakukan, karena adonan akan menggumpal di dalam kawat balon. 

Aduk hingga adonan kalis dan matang. Lakukan dengan cepat karena adonan cepat mengeras dan gosong. Angkat dan biarkan hingga dingin. 


Tuangkan adonan tepung yang telah dingin ke dalam mangkuk mikser, tambahkan 1 butir telur kemudian kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. Tambahkan lagi 1 butir telur dan teruskan mengocok hingga terbentuk adonan yang halus, bebas gumpalan seperti gambar.

Jika ingin cara yang lebih mudah, masukkan semua bahan ke dalam food processor dan proses hingga adonan menjadi halus.  

Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka/kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. 

Ambil segumpal adonan, kira-kira sebesar bola ping-pong, bulatkan dengan menggelindingkannya di telapak tangan.  

Letakkan bola adonan di tangan kiri, tekan bagian tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan hingga terbentuk cekungan. Lebarkan dan dalamkan cekungan dengan jari anda, tujuannya adalah kita akan membuat kantung di adonan agar bisa diisi dengan kocokan telur.

Jangan buat kantung terlalu lebar, tetapi buatlah kantung yang dalam. Mulut kantung yang lebar akan membuat kita susah untuk menutupnya ketika telah diisi telur, telur yang mengenai permukaan kantung akan membuat adonan susah lengket ketika akan ditutup.

ekan-tekan kantung agar menipis dan mau memanjang. Jika kantung telah jadi dan cukup dalam untuk menampung kocokan telur, tuangkan kira-kira 4 sendok makan kocokan telur, hati-hati jangan sampai menetesi permukaan kantung adonan.  Tutup kantung dan jepit dengan jari anda hingga menempel dengan baik, tekuk ujung-ujungnya agar tidak terbuka saat di rebus. 

Masukkan pempek ke dalam air mendidih, rebus hingga matang. Pastikan untuk merebus pempek hingga telur benar-benar keras. Pempek yang telah mengapung bukan berarti telur telah matang, lanjutkan terus merebus hingga pempek dan telur matang. Kira-kira membutuhkan waktu 20 menit untuk membuatnya matang atau tekan dengan jari anda, jika kantung telah keras berarti telur telah matang.

Goreng pempek dalam minyak panas hingga permukaannya kecoklatan, angkat dan tiriskan.   
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

pangsit goreng atau pangit rebus :D



Senangnya bergabung di grup dapur masak, banyak inspirasi untuk memasak masakan sehari-hari. nah kali ini penasaran gimana bikin pangsit goreng dan rebus xixixi secara hubby ku suka dengan yang berbau bakso dan siomay. akhirnya ketemulah resep untuk membikin ini pangsit. Meski hubby sukannya yg direbus karena empuk hahahaha :D

kombinasi resep C. Panda dan satunya lupa sumbernya dari mana, ngapunten hihihi...

aku tuliskan lagi resepnya :


1. 150 gr dada ayam (1 buah fillet dada ayam)
2. 300 gr udang
3. 3 siung bawang putih
4. ½ sdt merica
5. 50 ml air
6. 1 batang daun bawang, cincang halus (vira tidak pakai karena pas nggak ada yang jual)
7. 150 - 200 gr tepung sagu/tepung tapioca
8. 1 sdt garam
9. 1 sdt gula pasir
10. Kulit pangsit/wonton pastry ukuran 15 cm x 15 cm (50 lembar)
11. Minyak untuk menggoreng

 
 Cara membuat:
1. Haluskan dengan blender atau food processor ayam dan udang bersama.
2. Tuang ayam & udang halus ke dalam wadah/baskom, tambahkan bawang putih dan merica yg telah dihaluskan, beri garam, gula dan air. Aduk rata
3. Tambakan daun bawang cincang, aduk rata, kemudian masukkan tepung sagu/tapioca, aduk rata kembali.
4. Siapkan kulit pangsit , isi dengan 1 sdt adonan di tengah, kemudian bentuk sesuai selera.
5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang agar matang sampai ke dalam.
6. Sajikan dengan sambal botolan.

Cara membentuk model perahu:
- Isi 1 sdt adonan di tengah kulit pangsit
- Lipat menjadi segitiga sama kaki
- Tarik dan rekatkan ujung sisi kiri dan kanan beri sedikit lem (cukup dengan membuat larutan terigu dan sedikit air sampai kental)
- Kemudian tarik ke arah sebaliknya hingga membentuk perahu dengan tonjolan di bagian tengah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kumis Naga atau Bola Udang Ayam Keriting






 Melihat temen di Dapur Masak Mb Hanif posting bola udang ayam keriting kok menggiurkan untuk dicoba ya xixixi... ditambah lagi liat di blognya mb Diah hmm jadi penasaran, dan akhirnya bikin juga Sabtu kemarin mumpung ada yang makan masakanku xixixixi siapa lagi kalau bukan hubby tersayang :)...

hasilnya hmm enak kriuk-kriuk sayangnya aku gorengnya kegosongan, terus bikin keritingnya kurang jecil-kecil jadinya yah kurang cantik, hihihi lain kali belajar lagi deh :)

Resepnya aku tulis lagi ya, dan menyesuaikan dengan bahan yg ada di dapurku
Bahan:
1. 75 gr dada ayam 
2. 150 gr udang
3. 2 siung bawang putih
4. ½ sdt merica
5. 50 ml air
6. 100 gr tepung sagu/tepung tapioca
7. 1 sdt garam
8. 1 sdt gula pasir
9. Kulit pangsit
10. Minyak untuk menggoreng

 
 Cara membuat:
1. Haluskan dengan blender atau food processor ayam dan udang bersama.
2. Tuang ayam & udang halus ke dalam wadah/baskom, tambahkan bawang putih dan merica yg telah dihaluskan, beri garam, gula dan air. Aduk rata
3. masukkan tepung sagu/tapioca, aduk rata kembali.
4. Siapkan kulit pangsit , isi dengan 1 sdt adonan di tengah, kemudia bentuk sesuai selera.
5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang agar matang sampai ke dalam.
6. Sajikan dengan sambal botolan.

Cara membentuk model perahu:
- Isi 1 sdt adonan di tengah kulit pangsit
- Lipat menjadi segitiga sama kaki
- Tarik dan rekatkan ujung sisi kiri dan kanan beri sedikit lem (tdk perlu putih telur…bikin kuning telurnya mubazir ajah:D….cukup dengan membuat larutan terigu dan sedikit air sampai kental)
- Kemudian tarik ke arah sebaliknya hingga membentuk perahu dengan tonjolan di bagian tengah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tahu Bakso Ungaran


Lagi-lagi tergiur oleh postingan tahu bakso ungaran yang diposting oleh Bu Endang apalagi baru-baru ini di jual tahu bakso ungaran di deket kantor, laris manis dan harganya lumayan.hmm... daripada beli terus mending coba bikin, mumpung hubby lagi ada di rumah dan seneng dengan bakso-baksoan :D...kalau nggak ada suami dapur berhenti beroprasi hihihihi secara kan masaknya buat hubby, klo makan sendiri males  jadinya ke dapur :p..

dan tara..hmm memang makyus resepnya bu Endang terimakasih ibu, kata hubby enaaak xixixii jadi seneng rasanya, capeknya jadi hilang.

Aku tuliskan lagi resepnya, aku cuman bikin setengah resep, dan tahunya pakai tahu sumedang yang kecil-kecil jadinya 20 buah



Tahu Bakso ala Ungaran
Resep Ibu Endang

Untuk 25 - 30 buah tahu bakso 

Bahan:
- 25 - 30 buah tahu goreng atau tahu pong atau tahu Sumedang ukuran 3 x 3 cm, iris bagian tengahnya hingga membentuk kantung
- 300 gram daging sapi giling
- 300 gram daging ayam giling
- 200 gram tepung sagu
- 2 butir telur ayam ukuran besar
- 1 batang daun bawang, cincang halus (optional)

Bumbu, haluskan:
- 8 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1 1/2  sendok teh merica butiran
- 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok makan garam (sesuai selera)

Air untuk merebus tahu bakso:
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 1/2  sendok makan garam
- 2 1/2 liter air
Cara membuat:

Siapkan mangkuk masukkan daging sapi, daging ayam, daun bawang dan  bumbu halus. Uleni adonan dengan tangan hingga tercampur rata dan serat-serat daging tercerai berai atau tidak menggumpal lagi. Masukkan telur, uleni hingga rata dan tambahkan tepung sagu. Aduk dengan tangan hingga menjadi adonan yang smooth. Cicipi rasanya.
Jika anda menggunakan food processor atau blender maka masukkan semua bahan bakso dan bumbu ke dalam alat dan proses hingga halus dan lumat. 
Masukkan satu sendok makan adonan bakso ke tengah tahu yang telah diiris hingga terbuka, jejalkan adonan dengan ujung-ujung jari hingga padat dan mengisi rongga tahu. Keunggulan menggunakan tahu pong/tahu Sumedang adalah rongga yang cukup besar di tengah tahu membuat kita mengisi adonan hingga maksimal. 
Siapkan panci, beri air dan bumbu untuk merebus tahu bakso. Rebus hingga air mendidih. Masukkan tahu yang telah diisi adonan ke dalam air mendidih. Rebus hingga tahu mengapung dan matang. Angkat tahu menggunakan saringan kawat dan tiriskan. 
bisa langsung dimakan atau digoreng sebentar..hmmm tidak perlu beli mahal hasilnya jadi banyak dan sehat :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS